Liburan ke Gresik, tapi bingung mau berwisata kemana? Tak perlu bingung, berikut ini ada 14 rekomendasi tempat wisata Gresik yang terkenal memiliki pesona menakjubkan. Mulai dari wisata pantai eksotis, bukit kapur, pulau-pulau menawan, hingga beberapa destinasi yang sedang kekinian.

Gresik merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang terkenal sebagai daerah industri penghasil semen terbanyak di Indonesia. Selain itu, Gresik juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Maka tak heran, jika banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara menghabiskan waktu liburan disini.

Salah satu destinasi wisata di Gresik yang sering menjadi tujuan wisatawan, adalah wisata religi seperti makam Sunan Gresik (Sunan Maulana Malik Ibrahim), Petilasan Sunan Kalijaga, dan makam Sunan Giri. Tak hanya itu saja, ternyata masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menakjubkan dan wajib dikunjungi.

1. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik
Image Credit: Wisatagresikblog.wordpress.com

Nah buat Anda yang ingin merefresh otak atau terhindar dari panasnya cuaca, bisa mengunjungi Telaga Ngipik Gresik. Destinasi wisata ini menyuguhkan pesona alam yang sangat menakjubkan, air telaga yang tenang dan bening berpadu dengan udara sejuk khas Kabupaten Gresik.

Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap mulai dari toilet hingga tempat untuk membeli souvenir. Ada juga perahu atau sepeda air, yang bisa disewa untuk mengelilingi Telaga Ngipik. Tak perlu takut kepanasan, karena ada banyak pepohonan dan beragam tanaman yang tumbuh rindang di sekeliling telaga.

Harga Tiket: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Jarangkuwung, Ngipik, Kec. Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur.

2. Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari
Image Credit: Wisataalamgosari.com

Lokasi wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di daerah Gresik. Sendang Pancuran Gosari memadukan konsep alam dan miniatur bangunan unik yang terbuat dari kayu bekas, sehingga sangat cocok untuk untuk spot foto Anda.

Tempat wisata ini memiliki suasana pedesaan dilengkapi dengan keindahan alam perbukitan kapur yang begitu mempesona. Selain itu, di Sendang Pancuran Gosari juga ada kolam bidadari.

Diantara peninggalan bersejarah yang ada di Sendang Pancuran Gosari, terdapat kuburan kuni Tugaran, situs pengelolaan gerabah dan prasasti Gua Buntulan yang berada di atas bukit kapur Gosari. Tempat ini terletak di lereng bukit kapur Desa Gosari. Untuk sampai ke Sendang Pancuran Gosari, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Gresik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gosari, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

3. Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk
Image Credit: Alamasedy.com

Bukit Kapur Sekapuk, menjadi salah satu destinasi wisata Gresik yang paling populer di kalangan wisatawan. Wisata ini menawarkan pemandangan bukit kapur yang sangat luas, eksotis, dan megah mirip dengan Bukit Jaddih Madura.

Berada di Bukit Kapur Sekaruk, Anda bisa memuaskan hasrat berfoto karena banyak spot foto yang sangat instagramable. Atau melihat berbagai aktivitas yang sedang dilakukan para penambang, usahakan Anda mengunjungi saat siang hari agar terhindar dari truk-truk pengangkut hasil tambang.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekapuk, Kec. Ujung Pangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

4. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Image Credit: Heikaku.com

Pantai Mombhul terletak di kepulauan terpencil. Pantai ini memiliki panorama keindahan alam yang sangat mempesona dengan dilengkapi hamparan pasir putih yang luas.

Tempat ini juga masih asri dengan dikelilingi hijaunya pohon-pohon di sekitar pantai. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Mombhul, karena tempat ini dilengkapi dengan berbagai wahana buatan. Seperti penangkaran penyu, spot foto yang uni dan waterboom kolam asin.

Pantai Mombhul memiliki daya Tarik sendiri yaitu mempunyai symbol Ikon Rusa Bawean yang menjadi Ikon ASEAN Games 2018. Ikon tersebut dipajang pada gerbang masuk pantai. Pantai ini juga pernah menjadi vanue Sail To Indonesia pada tahun 2019.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kab. Gresik, Jawa Timur.

5. Bukit Jamur

Bukit Jamur
Image Credit: Dakatour.com

Berbeda dengan Bukit Kapur Sekapuk, destinasi ini sudah ditinggalkan oleh penambangnya. Mengapa bernama jamur, dikarenakan area bekas galian mengalami pengikisan alami, dan membentuk menyerupai sekumpulan jamur.

Berlibur ke Bukit Jamur akan memberikan pengalaman baru layaknya menjelajah negeri dongeng. Dengan mengeluarkan biaya yang murah, Anda bisa puas mengelilingi bukit atau berfoto di banyak spot yang instagramable. Agar mendapat pesona yang eksotis, sebaiknya berkunjung saat pagi atau sore.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bungah, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

6. Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu
Image Credit: Faktualnews.co

Destinasi wisata ini merupakan sebuah mata air yang berbeda dengan mata air lainnya karena airnya berwarna biru secara alami. Aroma airnya sangat tajam khas dari belerang. Masyarakat setempat memanfaatkannya untuk merendam kaki.

Konon air dari Banyu Biru Lowayu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sampai sekarang warga setempat belum bisa menjelaskan bagaimana tempat ini bisa mengandung belerang.

Untuk masuk ke tempat ini Anda tidak perlu membayar. Anda bisa menikmati pemandangan dengan merendam kaki. Suasana di Banyu Biru Lowayu masih asri dengan tanaman dan pohon yang sangat rindang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lowayu, Kaliagung, Bangeran, Kec. Dukun, Kab. Gresik, Jawa Timur.

7. Kampung Kemasan

Kampung Kemasan
Image Credit: Gresikkab.go.id

Gresik memang gudangnya spot-spot instagramable, salah satunya Kampung Kemasan. Nama dari destinasi wisata kampung ini, berasal dari satu marga yang berada di Gresik yaitu marga Kemas. Disini Anda bisa melihat banyak bangunan kolonial bergaya Cina dan Eropa, yang masih kokoh berdiri.

Berkunjung ke Kampung Kemasan, jangan lupa membawa kamera yang Anda miliki. Karena ada banyak bangunan kuno klasik, yang bisa dijadikan sebagai spot foto instagramable. Pemandangan Kampung Kemasan, akan semakin menakjubkan saat menjelang petang alias senja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Abdul Karim Gg. III No.24, Kemuteran, Pekelingan, Kec. Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur.

8. Wisata Bajak Laut

Wisata Bajak Laut
Image Credit: Youtube.com (Adi Warsito)

Destinasi wisata ini adalah kolam renang atau wahana air yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata Bajak Laut juga menyediakan banyak sekali kolam renang, dari kolam renang dewasa hingga kolam renang anak-anak.

Desain bajak laut dan patung membuat tempat wisata ini memiliki keunikan dan daya Tarik yang berbeda dari tempat wisata air lainnya. Wisata Bajak Laut memiliki ikon sebuah patung berbentuk cumi-cumi berwarna ungu yang sangat besar. Tepat ini tidak pernah sepi pengunjung baik hari libur maupun hari biasa.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Masangan, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

9. Pulau Bawean

Pulau Bawean
Image Credit: Putratravel.net

Masih menjadi bagian dari Gresik, Pulau Bawean merupakan destinasi wisata yang populer dengan penangkaran hewan rusanya. Tak hanya itu saja, disini Anda juga akan menemukan banyak destinasi alam menakjubkan seperti Pantai Pulau Cina, Pantai Mombhul, dan wisata air terjun yang cantik.

Untuk bisa menjamah pesona Pulau Bawean, dari Gresik Anda bisa naik kapal cepat dengan harga yang cukup mahal atau pesawat perintis pada hari Selasa dan Kamis jika berada di Surabaya. Menikmati pesona Pulau Bawean merupakan pilihan tepat, saat bosan dengan suasana ramai perkotaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

10. Sate Tepi Sawah

Sate Tepi Sawah
Image Credit: Reresepan.com

Sate Tepi Sawah merupakan salah satu wisata sekaligus tempat makan yang hits di Gresik. Tempat ini hadir dengan berbagai sajian makanan lezat yang disertai dengan suasana alam di tepi sawah.

Sambil makan sate atau gule, Anda juga dapat sajian lain berupa pemandangan sawah yang hijau. Sate Tepi Sawah ini berupa gazebo dari terbuat dari bambu. Jika makan disini, Anda akan mendapatkan harga premium namun makanannya rasa bintang lima.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Petiken, Mulung, kota baru, Kec. Driyorejo, Kab. Gresik, Jawa Timur.

11. Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko
Image Credit: Gresikkab.go.id

Jika Bawen terkenal dengan penangkaran rusanya, Pulau Gili Niko populer karena pemandangan bawah laut yang sangat eksotis. Oleh sebab itu, saat berwisata ke Gili Niko Anda wajib melakukan snorkeling. Untuk bisa sampai di Gili Niko, Anda bisa menaiki perahu mesin dari Pulau Bawean selama 20 menit.

Selain menyuguhkan pesona pemandangan bawah laut seperti ikan-ikan kecil berwarna-warni, batuan karang, dan berbagai biota laut lainnya yang eksotis, Pulau ini juga menawarkan pemandangan pantai pasir putih yang tak kalah eksotis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pamona, Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

12. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci
Image Credit: Indiralarasputri.blogspot.com

Bukit kapur ini merupakan salah satu wisata bukit kapur yang terkenal di Gersik. Tempat ini adalah bekas penambangan batu kapur yang masih menyisakan dinding-dinding putih di sekitarnya.

Tempat ini masih dijadikan sebagai kawasan penambangan kapur dari zaman Kolonial Belanda hingga sekarang. Bukit Kapur Suci terkenal sebagai tambang batu kapur. Batu diukir menjadi kotak-kotak sebagai bahan bangunan yang bisa menggantikan batu merah yang harganya cukup mahal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ponganganrejo No. 34, Suci, Kec. Manyar, Kab. Gresik, Jawa Timur.

13. Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari
Image Credit: Wagos-wisata-alam-gosari.business.site

Wisata Alam Gosari atau Wagos merupakan destinasi baru yang ada di Gresik. Meski begitu, destinasi ini sudah menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan saat berlibur ke Kabupaten Gresik. Uniknya, Anda bisa keluar masuk beberapa kali tanpa harus membayar alias gratis, cukup bayar kartu parkir saja.

Destinasi Wisata Alam Gosari menawarkan pesona keindahan alam kabupaten Gresik yang cukup alami, ditambah dengan berbagai spot-spot ter-instagramable. Perlu diketahui, disini juga terdapat destinasi wisata alam Sendang Pancoran, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gosari, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

14. Masjid KH Ahmad Dahlan

Masjid KH Ahmad Dahlan
Image Credit: Google Maps (Edy Purnomo)

Nama Masjid KH Ahmad Dahlan dari salah satu nama pahlawan yang mendirikan dari organisasi Muhammadiyah. Masjid ini dibangun oleh keluarga almarhum H. Bisri Ilyas, yang merupakan salah satu pengusaha property yang terkenal di Gersik.

Masjid KH Ahmad Dahlan didirikan di atas lahan sekitar1200 meter persegi dengan menara setinggi 35 meter yang bisa menampung sekitar tiga ribu jamaah. Masjid ini berbatasan langsung dengan pom bensin.

Masjid ini terletak jauh dari pemukiman penduduk, setelah selatan dan utara berbatasan dengan persawahan dan tanah kosong. Area Masjid KH Ahmad Dahlan tampak luas dengan bangunan utama yaitu masjid yang berwarna keabu-abuan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Amien Rais, Banjai Sari, Banjarsari, Kec. Cerme, Kab. Gresik, Jawa Timur.

15. Bukit Larangan

Bukit Larangan
Image Credit: Jadipergi.com

Meskipun memiliki nama dan banyak cerita mistis yang membuat takut untuk mengunjunginya, namun pesona pemandangan Bukit Larangan tak boleh dilewatkan. Terutama buat wisatawan yang baru pertama liburan ke kabupaten Gresik, dan suka dengan wisata tantangan.

Anda harus melakukan pendakian ke atas bukit, agar bisa menikmati suguhan pemandangan yang luar biasa. Anda juga bisa mendirikan tenda, jika ingin bermalam di Bukit Larangan. Jangan lupa membawa bekal yang banyak terutama makanan, karena masih jarang ada warung di sekitar bukit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prupuh, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur.

16. Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Makam Siti Fatimah Binti Maimun
Image Credit: Google Maps (Dzikir_ sm)

Makam ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya sebagai tanda penghormatan kepada beliau. Karena Siti Fatimah telah berjasa pada penebaran Islam di Gresik.

Di Desa Leran Siti Fatimah tinggal dan menyebarkan agama islam. Beliau berdakwah di wilayah Giri. Bangunan makam beliau berbeda dengan makam-makam lainnya karena dibangun dengan gaya arsitektur yang hampir mirip dengan Candi Hindu-Budha. Konon kabarnya cangkupannya didirikan oleh Raja Majapahit.

Dulu Siti Fatimah hampir menikah dengan Raja Majapahit. Beliau datang ke Majapahit juga permintaan ayahnya yang berkeinginan untuk mengislamkan Raja sebagai prasyarat untuk memperistri Siti.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Manyar, Pesantren, Peganden, Kec. Manyar, Kab. Gresik, Jawa Timur.

17. Hutan Mangrove Ujungpangkah

Hutan Mangrove Ujungpangkah
Image Credit: Gresikkab.go.id

Hutan Mangrove Ujungpangkah adalah tempat eco-wisata menarik di Gresik, yang wajib dijamah segera. Keberadaan Hutan Mangrove sendiri sudah ada sejak 17 tahun yang lalu, dan menyuguhkan pesona wisata alam yang sungguh menakjubkan.

Untuk melengkapi keindahan destinasi wisatanya, pengembang menambahkan fasilitas jogging area sepanjang 600 meter, dan banyak spot foto yang instagramable tentunya. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa bercocok tanam bibit mangrove yang telah disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyulegi, Banyuurip, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

18. Pulau Mengare

Pulau Mengare
Image Credit: Google Maps (Chintya Dinni)

Obyek wisata ini mempunyai 7 jenis mangrove yang terletak di Pulau Mengere. Tempat ini masih sangat asri. Banyak sekali pohon mangrove yang alami mengelilingi pulau semakin menambah keasriannya.

Pulau Mengare memiliki kegunaan antara lain mempertahankan laut dari ancaman abrasi, menjaga kualitas dari udara dan air untuk mencegah global warming atau menjaga ekosistem darat, daratan, laut dan pantai.

Pulau Mengare ini bisa dinikmati oleh pengunjung ketika menaiki kapal kelotok dari dermaga menuju Exotic Mengare. Kapal tradisional akan berjalan sangat lama untuk memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk mengamati mangrove dari jarak dekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Widoro, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur.

19. Tanjung Gaang Gresik

Tanjung Gaang Gresik
Image Credit: Inigresik.com

Dibagi menjadi 2 lokasi dengan pemandangan berbeda-beda, Tanjung Ga’ang Gresik menjadi destinasi wisata yang wajib dijamah. Di lokasi pertama, Anda akan disuguhkan eksotisnya pemandangan tebing karang laut. Dan agar bisa menjamah lokasi ini, Anda harus menyewa sebuah perahu.

Sedangkan di lokasi kedua, suguhan pemandangan lautan luas yang indah bisa Anda jamah dengan berjalan kaki dari Tanjung Kodok menuju atas batu karang. Daya tarik utama wisata ini adalah pemandangan tebing karang yang eksotis dan megah, serta spot foto antara tebing pengapit Tanjung Kodok.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Petarselamat, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

20. Telaga Pegat

Telaga Pegat
Image Credit: Google Maps (Heri Yanto)

Telaga Pegat adalah telaga yang dipercaya sebagai salah satu peninggalan Sunan Giri. Namanya memang sedikit menakutkan. Pegat yang memiliki arti pisah atau cerai dalam bahasa Jawa.

Telaga ini dinamakan Telaga Pegat karena letaknya berada diantara Gunung Bagong dan Gunung Patireman. Konon banyak orang menyebutkan kalau telaga ini sengaja dibuat oleh Sunan Giri untuk memenuhi kebutuhan para santri beliau. Karena dulu santrinya banyak sekali jumlahnya dari berbagai penjuru negeri.

Ada juga yang bilang kalau Telaga Pegat ini adalah perwujudan kendil Sunan Giri. Untuk menghidupi para santri dan masyarakat di sekitarnya, beliau membuatkan sebuah kendil sebagai tempat nasi. Yang ajaibnya, kendil itu mampu menyediakan nasi cukup banyak dan tak pernah habis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dewi Sekardadu No.1, Sudomukti, Sidomukti, Kec. Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur.

21. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton
Image Credit: Alamasedy.com

Salah satu wisata sejarah yang tak bisa Anda lewatkan, adalah Situs Giri Kedaton yang berlokasi di puncak bukit. Untuk bisa sampai situ, Anda harus menaiki beberapa anak tangga yang tidak terlalu tinggi dan tidak melelahkan. Tetapi tetap bawa air minum, karena jarang ditemukan pedagang di sekitar situ.

Selama perjalanan menyusuri anak tangga (undakan), Anda akan melihat pemandangan pemukiman penduduk di sisi kanan dan kiri. Sedangkan diatas bukit, Anda akan menemukan Situs Giri Kedaton, dan berbagai spot foto dengan background yang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur.

22. Jalan Nyai Ageng Pinatih

Jalan Nyai Ageng Pinatih
Image Credit: Google Maps (Mas Mus)

Destinasi wisata selanjutnya di Gresik yakni Jalan Nyai Ageng Pinatih yang merupakan salah satu destinasi wisata ziarah kubur dari seorang tokoh wanita Islam yaitu Nyai Ageng Pinatih. Pada zaman Majapahit, beliau adalah seorang saudagar kaya yang dihormati raja.

Nyai Ageng Pinatih dikirim ke Gresik pada abad ke-15 masehi untuk misi keagamaan. Lokasi Jalan Nyai Ageng Pinatih tidak jauh dari makam Sunan Giri sekitar 2 kilometer dan 600 meter dari makam Malik Ibrahim.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Kholil 25 Kemuteran, Kemuteran, Kebungson, Kec. Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur.

23. Danau Kastoba

Danau Kastoba
Image Credit: Boyanzz.blogspot.com

Danau Kastoba merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Pulau Bawean, dan untuk menjamahnya Anda harus trekking selama 25 menit keatas bukit. Meskipun perjalanan yang melelahkan, namun pesona keindahan Danau Kastoba sangat eksotis. Bahkan bisa membayar rasa lelah Anda.

Lokasi Danau Kastoba sangat teduh, ditambah air yang tenang dan jernih membuat suasana damai beserta sejuk akan terasa. Tak hanya menikmati pemandangan alamnya, disini Anda bisa berenang, atau berburu berbagai spot foto menarik. Jangan lupa bawa bekal yang cukup ya, biar perut tetap terisi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Bawean, Paromaan, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

24. Pantai Delegan Gresik

Pantai Delegan Gresik
Image Credit: Wisata-tanahair.com

Pantai merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan, misalnya Pantai Delegan Gresik. Wisata pantai ini mempunyai daya tarik wisatawan dari pemandangan alamnya, hamparan pasir putih, serta ombak yang cukup tenang.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Delegan Gresik ini, seperti berjalan menyusuri pantai, berenang, atau hunting di berbagai spot yang epic. Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap, ada banyak warung makan yang siap menjadi tempat untuk mengisi tenaga tubuh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur.

25. Dynasty Water World

Dynasty Water World
Image Credit: Tokoilmukita.blogspot.com

Nah sebelum masa liburan berakhir, Anda wajib mengunjungi destinasi wisata wahana yang cukup populer di kabupaten Gresik yaitu Dynasty Water World. Tempat wisata keluarga ini memiliki banyak fasilitas seru, tak heran jika selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan.

Dynasty Water World menyediakan kolam renang dewasa dan anak, air mancur, dan wahana permainan air. Terdapat juga fasilitas pendukung, seperti toilet, kamar mandi, area parkir, gazebo, dan pujasera dengan berbagai menu yang lezat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rantau I No.27-29, Wonorejo, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik, Jawa Timur.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Gresik, yang wajib dijamah segera. Gimana sudah siap berlibur ke kabupaten Gresik? Atur segera waktu liburanmu, dan buat list destinasi mana saja yang mau dikunjungi. Jangan lupa bawa perlengkapan yang banyak, karena berlibur ke Gresik gak cukup kalau hanya seminggu doang.