15 Wisata Pantai di Jawa Timur yang Hits & Populer

Pantai Jawa Timur

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Favorit di Jawa Timur. Temukan Beragam Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Populer dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan Seru.

Jawa Timur, banyak dikenal dengan berbagai hal menarik di dalamnya. Mulai dari bisnis, artis, seni, budaya, hingga tempat bersejarah yang tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya. Namun, jangan lupa bahwa terdapat pula pesona alam bahari yang indah dan eksotis, tentunya tidak kalah dengan Bali.

Saat berkunjung ke Jawa Timur, akan lengkap jika menyempatkan diri berkunjung ke pantai hits dan populer yang ada di beberapa wilayah administratifnya. Mulai dari bagian ujung barat hingga ujung timur, Gresik, Malang, Blitar, Pacitan, Tulungagung, dan juga Banyuwangi.

Bagi Anda yang sudah merencanakan liburannya untuk mengeksplor keindahan Jawa Timur, berikut daftar wisata Pantai hits dan populer yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Image Credit: Pegipegi.com

Perkenalkan pantai pertama yang indah dan hits di Jawa Timur ini yaitu Pulau Merah. Letaknya berada di daerah Banyuwangi. Keindahannya bukan lagi menjadi sebuah rahasia, untuk itulah banyak pengunjung yang datang setiap harinya.

Keindahan utama yang dimiliki adalah pemandangan matahari tenggelam yang menyemburkan nuansa merah dan kekuningan menuju pergantian senja. Suara deburan ombaknya lembut dan cocok untuk menghilangkan penat di kepala setelah seharian bekerja. Selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga air seperti selancar dan berbagai hal menarik lainnya.

Lokasi: Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

2. Pantai G Land, Banyuwangi

Pantai G Land, Banyuwangi

Image Credit: Instagram.com @experience.banyuwangi

Bagi Anda pecinta wisata bahari yang menantang, Pantai G Land cocok jadi rekomendasi. Memiliki nama lain pantai Plekung. Lokasinya berada di wilayah Banyuwangi bagian timur dari Jawa Timur. Pesona tempat ini sudah sampai pada kawasan global.

Dijadikan sebagai tempat untuk melakukan olahraga selancar air karena ombaknya yang keras. Istimewanya lagi, Pantai G Land telah masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Udaranya memang sangat sejuk, terlebih pemandangannya juga asri dan cantik.

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

3. Pantai Noko Bawean, Gresik

Pantai Noko Bawean, Gresik

Image Credit: Instagram.com @gilinokoid

Gresik terkenal dengan industrinya yang sangat maju. Namun, siapa yang menyangka jika tempat ini menyimpan keindahan alam yang menawan, yaitu Pantai Noko Bawean. Lokasinya berada tepat di sekitar pulau Bawean.

Airnya sangat jernih dengan hamparan pasir putih yang luas. Keindahan yang dimiliki karangnya sangat cantik dan alami. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Noko Bawean. Terlebih jika Anda gemar berswafoto dengan background pemandangan laut lepas yang indah dan mempesona.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

4. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember

Image Credit: Facebook.com @garudaindonesia

Mari beralih ke wilayah bagian timur dari Jawa Timur yaitu Jember. Mungkin tidak banyak yang tahu jika tempat ini juga memiliki wisata alam yang indah dan menawan untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Pantai Papuma. Wisata bahari ini sangat terkenal dan mendapat banyak kunjungan setiap harinya. Pesona alaminya menjadi daya tarik utama yang memikat.

BACA:  5 Pulau Cantik di Jawa Timur Bisa Menjadi Tujuan Liburan

Terdapat tujuh batu karang yang berjejer kokoh menghiasi hamparan laut lepas. Ukurannya sangat besar dan kuat, juga terdapat nama yang diberikan pada setiap batunya. Selain itu, pasir putihnya juga bersih dan luas. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan bersama di Pantai Papuma.

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

5. Pantai Bantol, Malang

Pantai Bantol, Malang

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini berada di wilayah kabupaten Malang dengan lokasi paling selatan. Tempatnya tidak begitu asing dan cukup tenang karena jauh dari kebisingan kota. Pantai Bantol berada di Sumbermanjing wetan, berdekatan dengan banyak lokasi wisata alam lainnya. Tidak banyak yang tahu keberadaannya, tapi keindahannya patut diacungi jempol.

Bukan berarti pantai ini tidak terkenal, hanya saja tidak semua orang mau berkunjung dengan akses yang tidak terlalu baik. Di sini Anda bisa melakukan snorkelling dan berbagi kegiatan olahraga pantai lainnya. Airnya tentu sangat jernih dan juga bersih dari polusi.

Lokasi: Banjarejo, Kec. Donomulyo, Kab. Malang.

6. Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna, Malang

Image Credit: Pantainesia.com

Perjalanan masih berlanjut, Malang Selatan masih menyimpan banyak pesona pantai indah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selanjutnya Anda akan berkenalan dengan Pantai hits yang bernama Tiga Warna. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota, mungkin sekitar 2 jam waktu tempuh yang diperlukan.

Pesona tiga warna yang dimiliki menjadi ciri khas dan keunikan yang banyak mendapat perhatian khalayak umum pada waktu pertama pembukaannya. Airnya juga sangat jernih dengan ombak yang tenang. Anda bisa melakukan snorkelling dan kegiatan menarik lain bersama keluarga di sini.

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

7. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, Malang

Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, Malang

Image Credit: Instagram.com @anggerr_prakoso

Siapkan kondisi tubuh yang lebih fit, karena perjalanan Anda dalam menjelajah keindahan Jawa Timur masih belum berakhir. Banyak tempat yang harus dikunjungi, salah satunya adalah pantai Mbehi dan Teluk Bidadari. Lokasinya berada di daerah Malang, dengan predikat wisata tercantik saat ini.

Pesona yang ditawarkan berupa cekungan air yang dalam dan menembus langsung ke pantai. Kawasannya sangat asri karena terletak di belakang hutan lindung. Memiliki kolam renang alami yang terbentuk dari sebuah karang dengan nama teluk bidadari. Air lautnya sangat jernih serta pasir putih yang bersih dan lembut.

Lokasi: Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang.

8. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang

Image Credit: Pegipegi.com

Saat ingin melanjutkan perjalanan bahari Anda, tidak ada salahnya untuk mampir ke satu tempat terbaik di Malang Selatan yaitu Pulau Sempu. Tempat ini sudah diresmikan sebagai lokasi konservasi tumbuhan bakau dan biota laut langka yang ada di dalamnya. Letaknya berada satu wilayah dengan Sendang Biru. Banyak pecinta alam yang menginap dan berkunjung per harinya.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ngawi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Mencapai Pulau Sempu dibutuhkan bantuan perahu saat menyeberang menuju pintu masuk. Jarak tempuh yang dihabiskan sekitar kurang lebih 2 jam, cukup lama. Namun, jangan sedih karena semua terbayar tuntas dengan pemandangan cantik yang disuguhkan kepada Anda. Mulai dari jernihnya air laut, lembutnya hamparan pasir putih, hingga pesona lainnya yang sulit ditolak.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

9. Pantai Coro, Tulungagung

Pantai Coro, Tulungagung

Image Credit: Instagram.com @tata_panda

Pantai Coro, berada di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Lokasinya mudah dijangkau walau akses jalannya cukup terjal untuk dilalui. Tetapi pesona alamnya masih alami dan terjaga dengan sangat indah.

Daya tarik yang dimilikinya berupa barisan batu karang yang memiliki pahatan alami dengan sangat bagus dan artistik. Pasir putihnya luas dan lembut, cocok untuk berjalan-jalan santai atau berbaring di atasnya. Anda bisa melakukan banyak hal menarik bersama keluarga ataupun rekan. Mulai dari berfoto atau berenang di hamparan laut lepas.

Lokasi: Jl. Pantai Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

10. Pantai Gondo Mayit, Blitar

Pantai Gondo Mayit, Blitar

Image Credit: Twitter.com @kitaina_id

Kali ini pantai hits di Jawa Timur bernama Gondo Mayit. Sepintas mendengar namanya mungkin agak ngeri. Tetapi jangan salah paham dulu, karena tempatnya tidak semengerikan itu. Lokasinya berada di daerah Blitar. Akses jalannya juga mudah untuk dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Keberadaannya menjadi bukti bahwa Blitar juga memiliki pesona alam yang indah selain wisata sejarahnya yang selalu ramai pengunjung. Pemandangan alamnya begitu cantik dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang serasi. Daya tarik utamanya adalah pemecah ombak yang jarang ditemukan di tempat lain.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

11. Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Image Credit: Ksmtour.com

Tulungagung, mungkin daerah ini tidak sepopuler wilayah lain yang berada di Jawa Timur. Namun, perlu Anda ketahui bahwa di sini juga menyimpan keindahan bahari yang patut dikunjungi. Pantai Kedung Tumpang, lokasinya berada di desa Pucanglaban.

Daya tarik utamanya adalah kolam renang alami yang berasal dari semburan ombak laut. Terbentuk di atas karang dengan kualitas air yang begitu jernih. Banyak digunakan untuk berenang dan berendam oleh wisatawan yang datang. Selain itu, juga banyak hal lain yang mungkin Anda temukan di Pantai Kedung Tumpang.

Lokasi: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

12. Pantai Tambakrejo, Blitar

Pantai Tambakrejo, Blitar

Image Credit: Wikipedia.org

Blitar, siapa yang tidak kenal dengan nama daerah di Jawa Timur ini? tentunya semua orang mengenalnya. Makam Bung Karno dan tempat bersejarah lainnya adalah tujuan utama dari wisatawan yang datang. Namun, kali ini ada pesona lain yang bisa Anda temukan yaitu pantai Tambakrejo. Lokasinya berada di wilayah Wonotirto dengan akses mudah dijangkau.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer

Memiliki pemecah ombak yang tidak banyak ditemukan di tempat lain. Hamparan pasir putihnya sangat luas dan bersih. Lautannya indah dengan ombak-ombak yang lembut menghantam bibir pantai. Selain itu Anda juga bisa menikmati kuliner terbaik dari Blitar sembari bersantai di pinggir laut lepas Tambakrejo.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

13. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Image Credit: Instagram.com @dolansolo

Pacitan memang dikelilingi oleh pantai-pantai indah yang banyak menarik wisatawan datang. Banyu Tibo merupakan bagian dari daftar terbaik yang banyak mendapat perhatian akhir-akhir ini. Lokasinya mudah dijangkau dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sini yaitu adanya sebuah air terjun yang langsung mengalir ke lautan. Airnya begitu jernih dengan rasa tawar yang berasal dari aliran sungai dekat pantai. Tebing batu karangnya juga sangat indah dengan pohon hijau tumbuh di atasnya. Pasir putih, hamparan laut, hingga pemandangan alami lainnya masih terjaga dan bersih.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

14. Pantai Buyutan, Pacitan

Pantai Buyutan, Pacitan

Image Credit: Twitter.com @wahyushant

Bagi warga Pacitan, Pantai Buyutan merupakan salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang menjadi unggulan dan kebanggaan. Lokasinya berada sekitar 44 kilometer dari pusat kota. Hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi karena tidak terdapat kendaraan umum yang melintas.

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan, mulai dari hamparan pasir putih yang begitu bersih serta air laut yang begitu jernih. Selain itu terdapat juga sebuah karang yang unik dengan berbagai bentuk. Saat berada di sana, Anda bisa menemukan air terjun mini yang berada di sebelah timur pantai.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

15. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar, Pacitan

Image Credit: Instagram.com @aditjangkung

Pantai Klayar merupakan salah satu keindahan bahari yang dimiliki oleh daerah Pacitan, Jawa Timur. Termasuk dalam jajaran pantai terbaik dengan keistimewaan pemandangan alaminya yang masih terjaga. Lokasinya juga mudah untuk dijangkau dengan jarak tempuh 1 jam dari pusat kota. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena medan yang dilalui cukup menantang.

Daya tarik yang dimiliki diantaranya yaitu pesona batu karang yang berbentuk menyerupai patung spinx di Mesir. Selain itu juga terdapat sebuah air mancur alami dengan ketinggian sekitar 10 meter. Warna air lautnya sangat menarik dengan permainan gradasi biru dan hijau tosca. Istimewanya lagi, pasir putihnya sangat lembut untuk dibuat berjalan dan berjemur di atasnya.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

Itulah sederet nama-nama pantai hits dan populer yang berada di wilayah Jawa Timur. Anda bisa menjadikannya referensi untuk kemudian hari berkunjung dan mengeksplor kekayaan bahari tersebut. Tentunya akan banyak lagi hal-hal menarik yang bisa Anda temukan bersama keluarga yang pastinya tidak mengecewakan.