Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Waduk Sermo, Hargowilis, Kalibiru, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Menikmati pemandangan alam sambil mencoba wahana seru tentu sangat menarik dilakukan untuk mengisi liburan. Jika anda berminat, di Yogyakarta terdapat sebuah objek wisata yang dikenal dengan Wisata Alam Kalibiru. Panorama alam yang eksotis dan membuat siapa saja terpana menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang berkunjung. Apalagi beberapa waktu yang alu, salah seorang publik figure mengunggah foto liburannya di akun media sosial.

Pesona alam yang indah sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengundang siapa saja datang. Udara sejuk dan segar begitu terasa ketika pertama kali menginjakkan kaki. Bagaimana tidak, spot wisata ini dibangun diatas lahan luas dengan ketinggian 450 meter dari atas permukaan laut. Rindangnya pohon degan warna hijau menjadi pemandangan pasti yang bisa anda saksikan.

Wisata Alam Kalibiru dulunya merupakan sebuah hutan subur dengan berbagai pohon menghiasi. Namun seiring berjalannya waktu, pembalakan hutan secara liar menjadikannya jauh dari kata indah. Pihak pemerintah dibantu dengan warga setempat berhasil melakukan reklamasi sebagai objek wisata yang saat ini diminati. Berbagai jenis pohon turut menghiasi area perbukitan alami ini, diantara adalah pohon jati, pinus, dan pohon kayu putih.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Alam Kalibiru

Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Kevin Arf

Ada alasan tersendiri kenapa banyak sekali pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu liburannya. Alasan tersebut dipastikan dari daya tarik Kalibiru Jogja yang membuat siapa saja mengaguminya. Selain itu, tentu masih ada beberapa hal lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas.

1. Pesona Wisata Alam Kalibiru Mengagumkan

Bukan menjadi rahasia lagi kalau Kalibiru Jogja mempuyai panorama alam mengagumkan. Di sepanjang jalan, berbagai tanaman rindang tumbuh dengan subuh sebagai hiasan alam. Ada juga beberapa tanaman hias yang sengaja di rawat, seperti bunga anggrek, mawar, lili, dan masih banyak lainnya.

Dari puncak bukit, tampak jelas pesona alam dari bawah yang terdiri dari bentangan hutan lapang. Di sisi lain, terdapat sebuah waduk Sermo dengan kontur berkelok sehingga menampakkan keindahan alami. Waduk tersebut digunakan sebagai pusat pengairan sawah dan juga kebutuhan air warga Jogja.

Di beberapa titik, terdapat menara pandang yang dibangun diatas pohon pinus. Bentuknya yang bervariasi menjadi daya tarik tersendiri. Ada yang berbentuk lingkaran biasa, bentuk hati, dan persegi sederhana. Fungsi dibangunnya menara pandang tersebut tidak lain sebagai titik dimana anda bisa menikmati keindahan alam menakjubkan dari atas ketinggian.

2. Suasana Sejuk Alami Khas Perbukitan

Selain panorama alam yang indah dan membuat wisatawan terpukau, suasana sejuk alami juga menjadi daya tarik lain yang patut diperhitungkan. Berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru memang tidak ada ruginya dengan suasana asri nan hijau tersebut. Bentangan alam berupa pohon perdu dan tanaman hias selalu menghiasi setiap mata memandang.

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota menjadikannya semakin sejuk tanpa adanya polusi yang mencemari udara. Dari ketinggian hampir setengah kilometer tersebut, udara yang ada di lokasi tidak terlalu dingin, dan juga tidak terlalu panas. Apalagi jika anda datang setelah musim hujan, suasana sejuk nan asri semakin terasa dengan hijaunya warna daun setelah di guyur hujan.

3. Berbagai Wahana Menantang dan Seru

Apabila pemandangan dan suasana asri masih belum cukup memikat hati anda untuk datang ke Wisata Alam Kalibiru, adanya wahana yang ada di lokasi pastinya membuat anda tertarik. Sebagian besar wahana tersebut sangat menantang dan dapat memacu adrenalin. Sebut saja flying fox yang mengharuskan anda untuk bergelantungan dengan tali dari atas ketinggian tertentu.

Sebagian besar pengunjung pastinya melirik salah satu High Rope Games andalan dari tempat wisata ini, yakni jembatan gantung. Terdapat sebuah jembatan dengan pijakan kayu yang telah diperkuat dengan tali. Bagian tepi yang juga berfungsi sebagai pegangan tersebut terbuat dari tali tambang. Dari atas ketinggian ketika anda menyeberang, sangat terasa jembatan yang bergoyang sehingga memberikan sensasi seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Terence Luk

Lokasinya strategis, jadi tidak sulit menemukan tempat wisata berbalut pemandangan alam ini. Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, itulah alamat lengkap yang harus anda dituju untuk mengunjungi Wisata Alam Kalibiru. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 1 jam menggunakan motor atau mobil.

Sebagai titik awal, kita asumsikan saat ini anda berada di Molioboro, kemudian ambil arah yang menuju ke Purworejo. Lurus dari jalan utama, anda akan tiba di Terminal Wates, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Waduk Sermo. Ambil rute yang menuju ke Kalibiru dengan waktu tempuh hanya beberapa menit saja. Ketika anda berada di Kalibiru, silahkan lihat papan petunjuk yang mengarahkan anda ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Fauzi Anggoro

Siapkan biaya sebelum anda masuk ke lokasi Wisata Alam Kalibiru karena ada beban tarif masuk bagi setiap pengunjung. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuk yang dibebankan sebesar 10.000 rupiah. Sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan tarif dua kali lipat, yakni 20.000 rupiah. Parkir kendaraan juga tidak gratis, meskipun sebenarnya tergolong murah. Mobil dengan tarif 5.000 rupiah, sedangkan roda dua 2.000 rupiah.

Selain beban biaya yang telah disebutkan, anda juga harus mengeluarkan biaya lagi ketika ingin menggunakan spot foto tertentu. Harganya bervariasi, tergantung dari spot yang disediakan. Paling murah sekitar 10.000 rupiah, sedangkan paling mahal bisa mencapai 30.000 rupiah. Apabila anda tidak ingin menggunakan spot foto yang dimaksud juga tidak masalah karena banyak spot liar yang memberikan pemandangan cantik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Alam Kalibiru

Aktivitas di Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Wisata Kalibiru

Dengan kombinasi antara keindahan alam dan berbagai wahana atau permainan yang tersedia, tentunya banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Wisatawan yang datang ke Kalibiru Jogja dipastikan melakukan hal seru sebagai berikut!

1. Tracking Seru Menuju Lokasi Wisata

Jarak minimal yang anda tempuh selama perjalanan menuju sekitar 1.5 kilometer, sedangkan jarak terpanjang 7 kilometer. Dengan jarak tersebut, aktivitas tracking menjadi lebih menyenangkan. Pastinya dengan pemandangan indah yang selalu menemani. Pohon hijau nan rindang selalu menyejukkan mata, juga berbagai satwa liar yang menghiasi.

Beberapa satwa yang mudah ditemui adalah dari jenis burung, kera, landak, dan juga dari jenis serangga. Ketika berada di ketinggian bukit, yakni dengan jarak terpanjang 7 kilometer tersebut, anda bisa melihat indahnya panorama perbukitan dari bawah. Waduk Sermo menjadi salah satu pemandangan yang banyak ditunggu wisatawan.

2. Aktivitas Outbound Menantang

Termasuk dari daya tarik, fasilitas outbound yang disediakan pihak pengelola Wisata Alam Kalibiru menjadi aktivitas wajib yang harus anda lakukan. Flying fox termasuk yang paling utama harus anda taklukkan terlebih dahulu. Aktivitas ini dapat memacu adrenalin, dan tidak semua orang berani melakukannya. Tidak perlu khawatir masalah keamanan karena semuanya sudah sesuai dengan standar keamanan yang berlaku.

Apabila kurang menantang, jembatan gantung mungkin dapat membuat nyali anda ciut. Bagaimana tidak, jembatan penyeberangan yang harus anda lalui tidaklah terlalu besar. Setiap kali melangkah, jembatan selalu bergoyang tanpa arah. Apalagi jika angin kencang yang juga membuat sensasi lebih menakutkan. Sela-sela pijakan dari balok kayu siap menghambat langkah dan mungkin saja dapat membuat terpelosok.

Akan tetapi mungkin ada hal yang mengalihkan perhatian ketika anda menyeberang dari satu pohon ke pohon lain. Pemandangan yang indah tampak dari bawah bisa anda saksikan tanpa ada pembatas apapun. Untuk menguji nyali dengan game ini, anak-anak dibebankan biaya sebesar 5.000 rupiah, sedangkan dewasa 10.00 rupiah. Tentunya harga tersebut masih sangat murah dibandingkan dengan sensasi seru yang didapatkan.

Aktivitas Menarik di Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Wisata Kalibiru

3. Berburu Spot Foto dengan Panorama Perbukitan

Dibangunnya spot foto keren dengan berbagai bentuk memang ditujukan bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen seru liburannya. Kebanyakan berupa gardu atau menara pandang yang dibangun diatas pohon pinus. Posisi dibangunnya spot tersebut tentunya tidak sembarangan, karena menghadap langsung ke arah pemandangan indah.

Dalam hal keamanan juga terjamin sehingga anda tidak perlu khawatir. Meskipun ketinggiannya boleh dikatakan lumayan, namun ada tali yang digunakan sebagai pengaman. Tali tersebut akan diikatkan kepada pengunjung Wisata Alam Kalibiru yang digunakan sebagai langkah antisipasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, diperlukan biaya tambahan untuk menaiki menara tersebut.

4. Berburu Kuliner Nikmat

Setelah puas menikmati pemandangan indah dari atak ketinggian bukit, aktivitas selanjutnya yang juga cocok dilakukan adalah menikmati makanan khas Jogja. Kali ini tentunya berbeda ketika anda menikmati di tempat lain. Sambil menyantap hidangan lezat, pemandangan dan suasana asri juga menjadi momen yang tidak terlupakan.

Ketika anda merasa cuaca sekitar dingin, silahkan pesan kopi atau teh hangat. Ada juga minuman khas Jogja berupa wedang jahe yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Harganya juga bersahabat, tidak terlalu mahal untuk sekelas objek wisata alam. Apabila anda kurang yakin, silahkan tanya terlebih dahulu berapa harga yang ditawarkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Alam Kalibiru
Image Credit: Google Maps Ibnu Adi

Wisata Alam Kalibiru memberikan fasilitas memadai untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Seperti halnya objek wisata lain, anda bisa memanfaatkan toilet yang bersih dan nyaman untuk kebutuhan buang air atau lainnya. Di sudut lain, ada sebuah mushola yang meskipun kecil, namun tetap bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

Sebelum anda memasuki lokasi wisata alam indah ini, ada sebuah tempat parkir yang cukup luas dengan keamanan terjamin. Warung makan yang ada di sekitar lokasi juga menjadi fasilitas wajib yang harus ada di setiap lokasi wisata. Meskipun anda harus membayar dengan nilai tertentu, namun harganya masih relatif murah.

Masih di lokasi yang sama, ada tempat duduk yang bisa anda gunakan sebagai tempat istirahat sementara sebelum melanjutkan aktivitas. Sebagian besar pengunjung juga memanfaatkannya untuk spot foto liar karena pemandangan di sekitarnya masih asri dan tergolong indah. Tentunya untuk kali ini tidak dibutuhkan biaya tambahan seperti halnya ketika menggunakan spot foto menara pandang.

Sangat menarik pembahasan mengenai Wisata Alam Kalibiru Jogja dengan pesona alamnya yang luar biasa. Tentunya setelah mengetahui berbagai daya tarik dan aktivitas yang bisa dilakukan, tidak menutup kemungkinan bahwa anda segera ingin berkunjung. Minimal, anda bisa menjadikannya referensi untuk melengkapi koleksi objek wisata yang ada di nusantara.