Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Desa Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke Jogja memang selalu memberikan kesan terbaik karena banyaknya destinasi wisata keren di dalamnya. Selain keindahan kota, terdapat pula destinasi perbukitan yang sangat indah dan populer bernama Bukit Pule Payung di Kulon Progo. Bukit ini banyak dikunjungi para wisatawan karena memiliki banyak spot foto dengan latar belakang yang luar biasa.

Meskipun bukit ini memiliki lokasi yang cukup jauh dari pusat Kota Jogjakarta, namun para wisatawan semakin bertambah banyak setiap harinya. Para wisatawan tersebut merasa penasaran dengan salah satu keindahan alam dari daerah Kulon Progo ini. Anda juga tidak akan merasa kesulitan menuju bukit ini karena tersedianya kendaraan umum menuju lokasi tersebut.

Selain memiliki banyak spot, fasilitas yang dihadirkan di bukit tersebut sangat memadai dan membuat para wisatawan betah selama liburan. Bahkan tersedia pula beberapa penginapan terdekat yang memudahkan para wisatawan dari luar kota. Dibawah ini terdapat beberapa informasi yang akan dijelaskan secara rinci mengenai Bukit Pule Payung tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pule Payung

Daya Tarik Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Rusmadi AG

1. Wisata untuk Keluarga

Bukit Pule Payung sangat cocok dijadikan tempat wisata bagi keluarga karena Anda akan merasakan kenyamanan selama menjalani liburan. Berlibur di lokasi wisata ini juga dapat terjamin keamanannya sehingga Anda dapat berlibur dengan tenang dan menyenangkan. Bukit ini biasa dikunjungi oleh banyak rombongan keluarga saat musim liburan.

Selain itu, bukit ini memiliki Cafe dengan desain modern untuk bersantai setelah lelah mencoba berbagai wahana selama seharian. Keberadaan Cafe tersebut membuat destinasi ini banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda baik warga sekitar ataupun dari luar kota. Anda dapat melihat pesona alam di sore hari dengan pemandangan Waduk Sermo sebagai spot utamanya.

Anda bersama keluarga dapat menikmati makanan modern ataupun kuliner khas Kota Jogja dari Cafe tersebut. Berbagai menu di Cafe tersebut terkenal lezat sehingga Anda dapat melakukan wisata kuliner secara bersamaan. Cafe yang dihiasi dengan berbagai lampu cantik pada malam hari akan membuat Anda betah dan ingin berlibur cukup lama di Bukit Pule Payung ini.

2. Keindahan Alam Kulon Progo

Banyak pengunjung serta masyarakat sekitar yang menyebut tempat ini dengan nama Bukit Wisata. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pegunungan pada sekelilingnya yang menjadikan destinasi ini terasa lebih asri dan tenang. Jadi, Anda dapat menikmati keindahan matahari mulai dari terbit hingga terbenam yang seakan-akan muncul dan tenggelam dari bawang gunung.

Dari atas bukit ini, Anda dapat melihat keindahan Waduk Sermo dengan jelas. Jadi, Anda dapat berfoto dengan latar belakang waduk yang dikelilingi pegunungan. Setiap spot foto yang ada dalam wisata ini selalu mengarah pada Waduk Sermo untuk bagian backgroundnya. Hasil foto terlihat seperti lukisan keren meskipun diambil langsung secara nyata dari alam yang ada.

Meskipun keindahan tempat ini sudah ada sejak dahulu, masyarakat sekitar justru memanfaatkannya dengan menambah berbagai kreativitas di Pule Payung ini. Pemerintah setempat dan warga bekerjasama untuk menjadikan lokasi ini wisata modern sehingga menjadi destinasi favorit di Kota Jogjakarta. Setiap lokasi sudah terjamin keamanannya ketika digunakan oleh wisatawan.

3. Destinasi Wisata Kekinian

Daya tarik dari Bukit Pule Payung selanjutnya yaitu terdapatnya beberapa lokasi menarik untuk berfoto dan membagikan momen tersebut di sosial media. Beberapa spot foto kekinian tersebut yaitu Sepeda Langit, Jembatan Surga, Wolu, dan Lolipop. Tidak hanya unik dari segi namanya saja, namun setiap lokasinya pun menyuguhkan alam terbaik bagi para wisatawan.

Secara keseluruhan, terdapat delapan jenis lokasi kekinian yang memiliki ciri khas berbeda pada setiap tempatnya. Ini tentu saja membuat Anda ingin mencoba seluruh lokasi di dalam destinasi tersebut. Jika dilihat dari gerbang utama, Anda akan menikmati lokasi Jembatan Surga terlebih dahulu dan berakhir pada Cafe Angkasa sebagai tempat beristirahat di sore harinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Alfiahesty

Destinasi wisata Bukit Pule Payung ini berada di Kampung Soropati RT007/RW003, Clapar 2, Hargotirto. Lokasi tersebut merupakan sebuah daerah di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda harus melakukan perjalanan sampai Kota Jogja, kemudian berkendara dengan jarak 36 kilometer dalam waktu satu jam.

Setelah sampai di pusat Kota Jogja, silahkan arahkan kendaraan menuju daerah Kalibiru atau Jalan Godean. Kemudian arahkan mobil ke jalur bagian barat dengan tujuan Goa Kiskendo. Lalu arahkan kendaraan ke kiri menuju Gapura Air Terjun Kembang Soka. Setelah sampai di persimpangan gapura, jalankan kendaraan ke Kalibiru yang sudah dekat dengan lokasi bukit cantik ini.

Jika pertama kali berwisata ke Bukit Pule Payung, Anda hanya perlu bertanya pada warga sekitar dari setiap jalan yang akan dilalui. Hal ini perlu dilakukan karena Anda akan berhenti di Tebing Gunung Gajah jika salah membelokkan kendaraan. Lebih baik lagi ketika Anda menggunakan Maps selama perjalanan menuju bukit tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Pieter Danang

Untuk masuk ke Bukit Pule Payung, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah bagi setiap orangnya. Ketentuan tersebut telah berlaku sejak tahun 2017 dimana destinasi wisata ini mulai diresmikan oleh pemerintah setempat. Namun, Anda harus membayar kembali jika ingin memasuki setiap lokasi menarik di dalamnya dengan harga yang bervariasi.

Beberapa wahana berbayar tersebut yaitu Spot Lolipop dan Jembatan Surga dengan harga tiket 10.000 rupiah. Sedangkan untuk Spot Angkasa dan Wolu memiliki biaya tiket 15.000 rupiah. Harga tersebut tergolong sangat murah karena Anda dapat menikmati lokasi selama seharian penuh.

Lokasi dengan biaya tertinggi yaitu Sepeda Langit dan Flying Fox dengan harga 25.000 dan 30.000 rupiah. Jadi, Anda hanya menghabiskan biaya puluhan ribu rupiah saja untuk menikmati keseluruhan pelayanan wisata di bukit tersebut. Destinasi wisata yang ramah kantong ini membuat para pengunjungnya merasa puas setelah menjalani liburan disana.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, wajib membayar biaya parkir motor dan mobil sekitar 3000 dan 5000 rupiah. Seluruh lokasi wisata dibuka dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Namun, khusus untuk Cafe di dalamnya dapat Anda nikmati hingga malam hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Pule Payung

Aktivitas Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps MIKE LUSLI

1. Wisata Khusus Anak

Anda dapat berlibur bersama anak-anak dengan biaya tiket masuk 5000 rupiah untuk usia dibawah 5 tahun. Bukit ini menyediakan wisata khusus anak-anak berupa kolam renang. Hal ini membuat destinasi wisata tersebut dapat digunakan oleh seluruh kalangan mulai dari anak kecil hingga orangtua.

2. Menikmati Keindahan Alam Spot Angkasa

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda lakukan di Bukit Pule Payung ini yaitu menyaksikan keindahan alam dari Spot Angkasa. Ini merupakan area favorit yang menjadi tujuan utama para wisatawan ketika mengunjungi bukit tersebut.

Tersedia tempat duduk dari kayu yang menyuguhkan pemandangan terindah bagi siapapun yang beristirahat disana. Anda dapat duduk dengan tenang sambil merasakan hembusan angin yang segar pada Spot Angkasa ini. Suasana asri ini dapat menghilangkan stres dari bisingnya suasana perkotaan.

3. Berfoto

Anda wajib melakukan selfie ketika berada di lokasi wisata ini karena memiliki delapan spot foto terbaik di dalamnya seperti Jogja Giant Swing dan Wood Golf. Anda akan mendapatkan banyak koleksi foto menarik setelah berwisata ke bukit nan indah ini. Tidak hanya di tempat favorit, Anda dapat mengambil foto dengan pemandangan terbaik dari Cafe Angkasa.

4. Melihat Pentas Musik di Malam Hari

Bukit Pule Payung menyajikan kegiatan pentas musik khusus pada malam tertentu saja. Anda dapat menikmati menu khusus berupa kopi dari berbagai daerah pada malam tersebut sambil melihat pentas musik yang menarik di bukit tersebut.

Aktivitas Seru Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps channel murdy

5. Menaiki Sepeda Langit dan Flying Fox

Destinasi wisata ini menyuguhkan lokasi favorit bagi Anda yang menyukai aktivitas pemicu adrenalin yakni Flying Fox. Anda akan meluncur dalam ketinggian 100 meter dengan menggunakan satu tali saja. Kegiatan ini terasa menegangkan namun membuat liburan terasa lebih puas dan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Anda tidak perlu khawatir karena dipasang berbagai alat pengaman diri ketika menaiki Flying Fox atau Sepeda Langit tersebut. Anda juga dapat menaiki sepeda sambil melayang diatas bukit dengan pemandangan gunung dan langit yang indah. Kedua lokasi ini menyediakan pelayanan pemotretan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen ketika menaikinya.

6. Mengikuti Latihan Yoga

Tersedia pula pelayanan latihan yoga yang rutin dilakukan di bukit tersebut setiap akhir pekan. Aktivitas yoga ini dimulai dari pukul 07.00 sampai 09.00 pagi. Namun, Anda harus membayar sebesar 150.000 rupiah dengan fasilitas sarapan, coffee break, dan antar jemput. Kegiatan ini tentunya menjadikan liburan Anda terasa lebih sehat dan tidak mudah lelah.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Pule Payung

Fasilitas Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Odings

Bukit cantik di Kulon Progo ini memiliki fasilitas lengkap seperti Gazebo sebagai tempat berkumpul keluarga ataupun Mushola untuk kebutuhan ibadah. Terdapat pula Pendopo Amerta yang biasa digunakan untuk bersantai atau beristirahat setelah mengunjungi berbagai lokasi di bukit tersebut.

Bukit ini menyediakan beberapa toko khusus oleh-oleh khas Kulon Progo yang dapat Anda beli untuk keluarga di rumah. Fasilitas ini tentunya memudahkan Anda agar dapat berwisata sekaligus membeli buah tangan dalam satu lokasi saja. Anda tidak perlu berkendara lagi untuk mendapatkan buah tangan khas dari Kulon Progo ini.

Destinasi wisata ini juga menyediakan berbagai paket tour dengan harga menarik bagi Anda yang akan berlibur bersama rombongan teman ataupun keluarga. Tersedia tiga pilihan paket di dalamnya yaitu Bronze, Silver, hingga Gold untuk dipesan. Dengan memesan paket liburan, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dari destinasi wisata tersebut.

Itulah beberapa informasi dari destinasi wisata Bukit Pule Payung di Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Perpaduan antara keindahan alam dan wisata modernnya membuat siapapun ingin berlibur hingga berhari-hari lamanya. Anda wajib mencoba keseruan di destinasi wisata tersebut ketika sedang berkunjung ke Kulon Progo dan sekitarnya.