Pantai Trisik salah satu objek wisata pantai yang populer di Kulon Progo, Jogja yang menawarkan pemandangan yang menawan. Pantai dengan hamparan pasir hitam ini memiliki laguna dengan berbagai spot foto dan wahana air yang menarik.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 05:00-18:00, Alamat: Banaran, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Indonesia menyuguhkan banyak sekali tempat wisata yang menarik bagi para warganya. Karena seperti kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Oleh sebab itu, wisata bahari adalah hal yang umum kita temukan. Semua tempat wisata tersebut menawarkan keindahnya masing-masing.

Sangat pas bagi Anda yang ingin menghabiskan weekend bersama sahabat, keluarga maupun pasangan. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda yaitu Pantai Trisik Kulon Progo. Saat Anda berkunjung ke kota ini, maka pastikan untuk sejenak mampir menikmati keindahan dan keelokan pantai berpasir hitam ini.

Mungkin nantinya Anda akan mendapatkan pengalaman menyaksikan pemandangan yang tak didapat dari tempat-tempat lain. Anda bisa melepaskan penat di tempat ini. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda saksikan serta lakukan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trisik

Daya Tarik Dimiliki Pantai Trisik
Image Credit: Twitter.com @starjogja

1. Panorama Pantai yang Indah

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Trisik adalah panoramanya yang begitu memukau. Anda akan melihat perpaduan pemandangan laut beserta pantai yang begitu elok menggetarkan.

Semua pemandangan tersebut akan mampu untuk memanjakan mata Anda. Angin sepoi-sepoi dengan gulungan ombak yang saling berkejaran akan menambah indah suasana di pantai ini. Sangat cocok didatangi oleh Anda para penikmat alam.

2. Banyak Spesies Burung

Daya tarik yang satu ini tentu akan sangat disukai oleh para pecinta burung. Karena memang di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak sekali spesies burung. Hal itu dikarenakan Pantai Trisik menjadi area bagi persinggahan burung-burung yang berasal dari berbagai wilayah. Banyak sekali spesies burung yang bisa Anda temukan.

Seperti misalnya Trinil pantai, Trinil rawa, cerek kalung kecil dan banyak lagi jenis-jenis burung lainnya. Jadi ketika Anda berkunjung ke tempat ini maka jangan heran ketika Anda melihat banyak burung-burung berkeliaran di pantai.

Daya Tarik Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Janu Sambada)

3. Pasir Pantai yang Lembut dan Air yang Jernih

Hal lain yang bisa Anda dapatkan yaitu pantai ini memiliki pasir yang begitu lembut serta air lautnya yang sangat jernih. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk menikmati pemandangan tersebut. Terlebih bagi Anda yang memiliki hunian jauh dari pantai, maka Anda bisa datang ke tempat ini untuk merasakan halusnya pasir di tepi pantai ini.

4. Terdapat Laguna

Setidaknya terdapat empat Laguna Pantai Trisik. Dua di antara empat tersebut dikembangkan sebagai kawasan untuk tumbuhan mangrove. Tumbuhan tersebut memiliki fungsi sebagai penghalang terjadinya pengikisan tanah oleh air laut. Sedangkan dua laguna yang tersisa diberdayakan sebagai wahana permainan air.

Anda akan menemukan wahana berupa perahu bebek di sana. Dan tentunya dengan begitu semakin menarik minat para pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Trisik

Alamat Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Tri Wantoro)

Seperti namanya bahwa Pantai Trisik ini terletak di daerah Kulon Progo. Bagi yang berniat untuk berkunjung ke tempat ini Anda bisa melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta menuju ke lokasi pantai ini.

Anda akan menempuh jalur dari Bantul ke Purworejo. Nantinya Anda akan melewati daerah-daerah seperti Srandakan serta Palbapang. Ketika telah sampai di Srandakan maka selanjutnya Anda bisa meneruskan perjalanan ke arah Brosot. Dari daerah ini Anda tinggal langsung menuju ke Pantai Trisik yang berjarak kurang lebih 5 km.

Untuk lebih memudahkan perjalanan, Anda bisa melihat rute menuju lokasi pantai menggunakan bantuan Google Maps. Sepanjang perjalanan menuju ke wisata pantai ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang juga tak kalah indah.

Akses jalan menuju ke tempat wisata ini sangatlah mudah. Karena memang akses jalan yang begitu halus, sehingga Anda tidak akan menemukan lubang menganga besar jalanan menuju pantai. Dikarenakan lokasi ini tidak dilalui oleh angkutan umum, maka Anda sebaiknya datang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi saja.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa roda empat maupun roda dua. Karena akses jalannya yang sangat mendukung untuk dilalui oleh kendaraan tersebut. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi Anda bisa menyewa mobil ataupun motor yang banyak tersedia di daerah sekitar pusat kota Jogjakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik Kulon Progo

Harga Tiket Pantai Trisik Kulon Progo
Image Credit: Google Maps (Ariyatun Alfan)

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Trisik, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengetahui berapa harga tiket masuknya. Pantai cantik di Kulon Progo ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki harga tiket masuk sangat terjangkau.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 saja untuk dapat masuk ke area wisata ini. Sedangkan untuk kendaraannya nanti akan dikenakan biaya parkir. Motor roda dua biaya parkir berkisar antara Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan berupa roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini pada jam operasionalnya. Jam buka pantai ini yaitu dimulai pada pukul 5 pagi serta akan tutup saat menjelang malam tiba. Oleh karena itu, usahakan untuk datang ke tempat ini sepagi mungkin agar Anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih puas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Trisik

Aktivitas di Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Fauzar Restu)

1. Menikmati Keindahan Pantai

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Pantai Trisik memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Oleh karena itu aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di tempat ini yaitu berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Anda bisa berjalan di atas pasir yang begitu halus, sehingga membuat Anda merasa nyaman. Ketenangan yang ada di tempat ini tentunya akan membuat Anda rileks sejenak. Pikiran Anda akan semakin jernih dan tentunya dapat menghilangkan stres ringan.

2. Menikmati Ragam Kuliner

Hal yang menarik lagi yang bisa Anda lakukan yaitu menikmati ragam sajian kuliner yang tersedia di warung-warung. Ada banyak ragam menu sea food yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Tentunya menikmati hidangan yang lezat sambil menikmati pemandangan pantai yang begitu memukau adalah ide yang sangat mengagumkan. Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus dari aktivitas tersebut.

Aktivitas Menarik di Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Kurniadi K)

3. Hunting Foto

Sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda yang sedang berprofesi sebagai fotografer atau mungkin Anda yang sekedar hobi dalam dunia fotografi. Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Pantai Trisik Kulon Progo sangatlah cocok untuk Anda gunakan sebagai latar foto.

Di sini juga terdapat banyak nelayan perahu serta tempat pelelangan ikan yang mungkin bisa menambah nilai estetika dari seni fotografi Anda.

4. Berbelanja Ikan Laut

Bagi pecinta kuliner sea food Anda tidak hanya bisa menikmati makanan di warung-warung yang tersedia, namun Anda juga bisa membeli ikan laut yang baru saja ditangkap oleh nelayan setempat untuk Anda bawa pulang.

Tentunya dengan Anda membeli langsung dari tempat pelelangan ikan akan berbeda dari ketika Anda membeli di supermarket ataupun pasar-pasar tradisional. Selain harga yang Anda dapatkan lebih murah tentunya juga ikan yang akan Anda dapat masih segar.

Karena memang ikan-ikan tersebut baru saja ditangkap oleh para nelayan yang pulang dari melaut. Banyak aneka ikan yang bisa Anda temukan di sana. Tentunya hal itu akan semakin menambah pengalaman seru wisata Anda.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Trisik

Penginapan Terdekat Pantai Trisik
Image Credit: Booking.com

1. Cordia Hotel Yogyakarta

Untuk dapat menginap di hotel ini biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar Rp 300.000 ke atas untuk satu malamnya. Fasilitas yang akan Anda temukan di tempat ini yaitu area parkir yang luas, wi-fi gratis, restoran, lift, resepsionis yang siap siaga 24 jam dan masih banyak lagi lainnya.

2. OYO 2314 Hapsari Homestay Syariah

Hotel yang satu ini menawarkan fasilitas berupa wi-fi gratis, area parkir dan lain-lain. Terletak tak jauh dari Pantai Trisik Kulon Progo. Anda yang ingin menginap di tempat ini perlu menyediakan uang sebesar Rp 200.000 permalam.

3. King Hotel

Menginap di tempat ini tarif yang dikenakan yaitu di atas Rp 200.000 dalam satu malam. Memiliki fasilitas yang tak jauh beda seperti dua hotel sebelumnya. Beberapa yang dapat Anda temukan seperti misalnya AC, wi-fi, area parkir, resepsionis 24 jam dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Trisik Kulon Progo

Fasilitas Pantai Trisik Kulon Progo
Image Credit: Google Maps (Rianto Slam)

Mengenai fasilitas yang terdapat di tempat wisata pantai ini mungkin memang tidak terlalu memadai. Karena memang tempat wisata ini masih belum di optimalkan penggunaannya oleh pemerintah setempat. Namun meskipun begitu Anda tidak akan kecewa ketika memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Pantai Trisik yang berada di Kulon Progo, Jogja. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Yogyakarta maka sempatkan diri untuk melewatkan waktu di tempat wisata yang satu ini. Panorama alam yang dimilikinya tidak akan membuat Anda menyesal karena telah menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata.