Jogja tidak hanya surganya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada siang hari saja, melainkan terdapat banyak sekali tempat wisata yang cocok untuk malam hari. Hal itu sudah dirangkum dalam daftar wisata malam favorit di Jogja yang terbilang anti mainstream. Melakukan kegiatan berwisata pada malam hari juga dapat menambah suasana tenang dan juga romantis.

Berbagai kegiatan yang cocok dilakukan pun misalnya saja seperti melihat konser, dinner romantis, tempat hangout, kuliner enak, dan berswafoto di spot yang kekinian. Dijamin Anda akan tetap bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan, walaupun pada malam hari. Hal itu karena saat matahari sudah mulai tenggelam, pesona dari beragam wisata malam yang ada di kota ini tidak akan ikut meredup.

Oleh karena itu, saat malam tiba jangan cepat-cepat pergi atau kembali ke penginapan. Pasalnya, beberapa wisata akan membuat Anda terpukau dan menciptakan pengalaman yang berkesan. Jangan lupa juga mengajak pasangan atau teman Anda untuk menikmati waktu bersama. Berikut beberapa tempat wisata malam hits di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Lampion Kaliurang

Taman Lampioni Jogja
Image Credit: Goolge Maps 04_Annisa_ Yogyakarta

Saat libur pertengahan tahun, PT Cikal Bintang Bangsa akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kab Sleman untuk menyelenggarakan festival lampion di taman ini. Untuk acaranya sendiri dinamakan sebagai Festival of Light Kaliurang. Dalam festival tersebut akan menyajikan beragam lampion dengan tema Dancing Fountain, Timur Tengah, serta kuliner jajan tradisional maupun modern.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Pintoe Langit Dahromo

Pintoe Langit Dahromo
Image Credit: Goolge Maps Pintoe Langit Dahromo

Objek wisata yang satu menawarkan spot selfie dari dataran tinggi dengan pemandangan bukit indah serta city light ketika malam hari telah tiba. Sebuah pintu yang ada di atas perbukitan menjadi salah satu spot foto paling digemari.

Pasalnya, jika Anda berada di depan pintu itu maka seakan-akan sedang ada di langit atau angkasa. Lokasinya sendiri akan dibuka mulai dari jam 5 sore hingga 10 malam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dahromo, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. HeHa Sky View

HeHa Sky View
Image Credit: Goolge Maps BANK DATA

Di HeHa Sky View Anda akan melihat perkotaan dengan cahaya lampu yang kelap-kelip dari ketinggian. Ada pula beragam spot foto menarik karena dilengkapi dengan latar belakang Sky Bridge, teras kaca, dan balon udara yang sangat indah. Tempat ini juga akan menyuguhkan berbagai kuliner yang sedap. Mulai dari hidangan western, Asia, dan Indonesia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Image Credit: Goolge Maps Yeni

Datang ke hutan pinus ketika siang hari adalah suatu hal yang biasa. Oleh karena itu, cobalah menikmati suasana di hutan pinus di malam hari.

Di sana terdapat spot berupa tangan raksasa yang tidak kalah bagus ketika di malam hari. Pada ujung jarinya akan ada lampu yang menyorot ke tengah dan menciptakan berkas cahaya indah.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tamanmartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Ramayana Ballet

Ramayana Ballet
Image Credit: Goolge Maps Trisno Ary Budi

Ramayana Ballet ini bisa Anda nikmati dengan berkunjung ke Candi Prambanan. Ini merupakan pertunjukkan yang merupakan gabungan dari tari, drama, dan seni yang bertemakan cerita Ramayana. Walaupun tidak ada dialog, namun gerakan tari yang disuguhkan sangat indah, luwes, dan menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kemadang, Kec.Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Watu Kodok

Pantai Gunung Kidul
Image Credit: Instagram candraa

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu objek yang masuk ke dalam daftar wisata malam yang populer. Kalangan anak muda yang gemar traveling umumnya akan berkunjung ke pantai ini di malam hari.

Pasalnya, pengunjung dapat mendirikan tenda dan menghidupkan api unggun untuk membakar ikan. Dijamin, melakukan kemah di pantai tersebut akan sangat asik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kemadang, Kec.Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba
Image Credit: Google Maps Johan HP

Gunung Api Purba adalah suatu kumpulan beberapa batu besar dengan bentuk gundukan yang menyerupai gunung. Hanya memakan waktu sekitar 2 jam saja untuk dapat tiba di puncak gunung ini sehingga siapa saja dapat ikut melakukan trekking. Ketika di perjalanan, pengunjung dapat menjumpai gardu-gardu pandang yang dapat dipakai untuk istirahat sembari melihat indahnya panorama malam.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark1
Image Credit: Google Maps ABAKURA

Terdapat kincir angin alias ferris wheel yang dilengkapi oleh lampu warna-warni serta tingginya sekitar 48 meter di destinasi wisata malam ini. SKE atau Sindu Kusuma Edupark merupakan taman rekreasi yang tergolong masih baru di Kota Jogja. Taman tersebut hanya akan dibuka sampai jam 9 malam saja, sehingga Anda jangan datang terlalu malam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambon Desa Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Bukit Bintang

Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps Muhamad Isep Ismail

Bukit Bintang ini terletak di Jl Raya Jogja-Wonosari dan menjadi sebuah destinasi wisata yang cocok untuk menemani liburan Anda di malam hari. Di sana, berjajaran beberapa warung makan yang berada di tepian jurang serta menawarkan beragam makanan dengan harga yang terjangkau.

Dari ketinggian sekitar 150 m, Anda dapat menyantap jagung bakar yang ditambah dengan minuman hangat. Dijamin pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip yang berasal dari lampu perkotaan yang mempesona dari kejauhan. Terasa lebih romantis apabila ditemani dengan seseorang yang Anda sayangi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Monjali (Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali)

Monjali (Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali)Monjali (Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali)
Image Credit: Google Maps Taman Pelangi Jogja

Monjali adalah suatu museum dan monumen sejarah dari perjuangan kemerdekaan RI yang berlokasikan di Jl Lingkar Utara Jogja. Bukan hanya terdapat rekaman sejarah yang mengenang perjuangan pahlawan kemerdekaan saja. Akan tetapi, monument yang satu ini pun memiliki sisi romantis apabila dikunjungi pada malam hari.

Di pelatarannya terdapat Taman Pelangi yang terbilang romantis dan semarak saat hari mulai gelap. Sejumlah lampion dengan beragam bentuk siap menerangi area tersebut dengan cahaya berwarna-warni. Hanya di Monjali sajalah pengunjung dapat melihat indahnya pelangi ketika malam. Menariknya, berbagai wahana juga siap membuat liburan Anda semakin seru.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul
Image Credit: Twitter @AgendaSOLO

Kendaraan hias dan aneka warna-warni lampu akan menambah semarak suasana malam di Alun-alun Kidul. Berbagai mobil hias tersebut dapat Anda pakai untuk mengelilingi kawasan alun-alun dengan membayar sewa sebesar 60 ribu rupiah saja. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba peruntungan Anda dengan melewati celah yang terdapat diantara 2 pohon beringin.

Konon katanya, siapa pun yang dapat melewati kedua celah tersebut dengan mata yang ditutup, maka harapan Anda dapat terkabul. Tetapi perlu diingat bahwa ini hanya sebuah mitos yang tidak perlu diambil hati. Cobalah saja untuk menambah keseruan bersama teman ataupun keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

12. Alun-alun Utara

Alun Alun kidul uatar
Image Credit: Twitter sulastri simorangkir

Setiap tiba hari peringatan Maulid Nabi, Alun-alun Utara ini merupakan salah satu destinasi yang cukup asyik didatangi saat malam tiba. Di sanalah pasar malam Sekaten diselenggarakan dalam kurun waktu satu tahun sekali. Oleh karena itu, sangat disayangkan sekali apabila acara tersebut sampai Anda lewatkan.

Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan yang murah dan seru, seperti rumah hantu, ombak banyu, bianglala, dan kora-kora. Terdapat pula beragam jajan dan pertokoan yang menjual baju bekas. Suasana juga semakin riuh karena terdengar berbagai lagu dangdut yang diputar di beberapa wahana permainan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Image Credit: Google Maps Bagas Satriyo

Apabila Anda merasa bahwa Tugu Jogja ini hanyalah suatu bangunan yang biasa saja, maka tunggulan hingga malam telah tiba. Pasalnya, tugu ini akan dihiasi oleh cahaya lampu perkotaan yang terlihat sangat menawan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali orang yang rela untuk menanti hingga jalanan menjadi sepi hanya untuk berfoto di depan tugu ini saat malam.

Tugu Jogja ini memiliki cat berwarna putih bersih dengan sentuhan warna emas yang terlihat menjulang. Lokasinya sendiri ada di Jalan AM. Sangaji, Jalan Margo Utomo, Jalan Sudirman, dan Jalan Diponegoro. Tugu tersebut terletak satu garis di antara Keraton dan Gunung Merapi yang membuatnya menjadi jantung dari kota yang sangat istimewa ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Area Titik KM Nol

Area Titik KM Nol
Image Credit: Google Maps Eko Tri wibowo

Anda tentu sudah tahu jika area KM Nol atau Nol Kilometer ini merupakan objek wisata malam yang mempunyai berbagai bangunan peninggalan dari Belanda yang dinamakan loji. Saat berkunjung ketika malam, pengunjung seakan diajak untuk berkelana di masa lalu dengan melalui berbagai bangunan tuas yang bagus dan masih terawat hingga saat ini.

Kesan hangat juga tercipta dari lampu yang berwarna pendar kekuningan. Area tersebut menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh kalangan muda untuk dijadikan tempat mengekspresikan diri maupun nongkrong. Anda dapat melihat banyak seniman dan komunitas yang mampu menarik perhatian setiap orang dengan atraksi yang dilakukan. Ada yang menari, berdandan seperti hantu, dan menirukan patung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. Malioboro

Malioboro
Image Credit: Google Maps Handz07

Malioboro menjadi ruas jalan yang sangat legendaris di Kota Jogja ini ternyata bukan hanya ramai pada siang hari saja. Ketika malam sudah tiba dan seluruh lampu perkotaan sudah menyala, kawasan ini akan memperlihatkan wajahnya yang cantik. Panorama inilah yang banyak menjadi alasan bagi kebanyakan orang menyukai tempat ini. Saat jalan-jalan di sini, akan selalu terdengar suara angklung yang khas.

Harga Tiket: Gratis ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat wisata malam hits di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Buatlah pengalaman baru yang berkesan dengan menjajal semua tempat wisata yang telah disebutkan di atas. Dijamin malam hari Anda di Kota Jogja akan terasa lebih seru dan menyenangkan.