Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Grujugan No.RT.03, Grujugan, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika Anda sedang mencari kota untuk berlibur, maka Kota Yogyakarta merupakan jawabannya. Kota ini selain dikenal kaya oleh karena budaya, nyatanya tempat tersebut juga memiliki beragam destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satu yang sangat direkomendasikan yaitu Edum Park Tegaldowo.

Tempat tersebut berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan tak kalah dari tempat wisata lainnya. Taman Edum adalah salah satu taman yang memang populer dan memiliki luasan area cukup besar. Tempat tersebut dilengkapi dengan wahana dan fasilitas yang lengkap, sehingga wajar jika tempat tersebut saat ini menjadi tempat yang hits untuk dikunjungi.

Menurut Bahasa Jawa sendiri, Edum memiliki arti teduh, jadi secara keseluruhan Edum Park memiliki arti nama taman yang teduh. Di tempat inilah berbagai macam aktivitas bisa dilakukan termasuk bersantai bersama dengan sanak famili Anda. Recommended sekali untuk dikunjungi ketika masa liburan panjang tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Edum Park Tegaldowo

Daya Tarik Edum Park Tegaldowo
Image Credit: Google Maps Yosef Kristiyadi

1. Terdapat Kolam Renang yang Asik

Daya tarik yang ditawarkan oleh Edum Park yaitu di sana Anda akan bisa menikmati fasilitas berupa kolam renang. Kolam renang tersebut memang tersedia bagi berbagai usia. Terdapat kolam renang yang dikhususkan bagi orang dewasa dan ada pula kolam renang yang hanya dikhususkan bagi anak-anak kecil.

Dengan begitu pastinya tingkat keamanan akan terjaga, karena anak-anak dan orang dewasa bisa berenang di tempat yang berbeda. Maka dari itulah, taman wisata ini memang sangat cocok untuk segala usia.

2. Spot Foto yang Beragam

Daya tarik berikutnya yang bisa ditemukan di tempat tersebut yaitu beragam spot foto yang indah dan instagenic. Salah satu yang sangat direkomendasikan dan menjadi favorit banyak pelancong yaitu kursi yang terdapat di area tengah kolam. Selain itu, Anda akan menemukan spot foto berupa telur dinosaurus, ayunan yang begitu lucu dan lain sebagainya.

3. Tempat yang Pas Untuk Wisata Keluarga

Kepopuleran dari Edum Park Tegaldowo dimulai sejak beberapa tahun lalu. Saat ini tempat tersebut sudah menjadi lokasi yang begitu terkenal. Karena itu, jangan heran jika menemukan banyak pengunjung yang berdatangan. Taman rekreasi ini memang cocok untuk dijadikan sebagai area wisata keluarga.

Anda yang masih muda pun juga tidak boleh kalah untuk datang ke tempat ini dan menikmati berbagai macam spot foto kekinian yang ada di sana. Di tempat ini terdapat taman hijau yang begitu sejuk dengan aneka bunga elok dan cantik. Di tempat tersebutlah kebanyakan pengunjung akan bersantai bersama dengan keluarganya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Edum Park
Image Credit: Google Maps Septi Rianto

Untuk menuju ke tempat wisata Edum Park Tegaldowo memang tidak terlalu susah. Lokasi tepatnya berada di Desa Guwosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Anda yang sudah pernah mengunjungi Taman Gading Tegaldowo ataupun lokasi wisata Goa Selarong, maka tidak akan kesusahan untuk menemukan Taman Eden ini.

Jika di sini Anda memutuskan untuk berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, maka terdapat beberapa pilihan jalur yang dapat dilalui nantinya. Atau jika masih merasa bingung, maka Anda dapat menggunakan smartphone untuk mencari bantuan navigasi. Pilih rute yang menurut Anda paling mudah untuk menuju ke tempat wisata dengan melihat Google Maps.

Kondisi jalan untuk menuju ke kawasan wisata sudah sangat baik. Jangan khawatir untuk membawa kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor. Namun jika kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka bisa menggunakan angkutan umum yang sudah banyak tersedia di Kabupaten Bantul.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Edum Park Tegaldowo
Image Credit: Google Maps Retno Cahyuni

Alasan mengapa Edum Park Tegaldowo menjadi salah satu destinasi populer di Yogyakarta selain karena berbagai macam wahana yang disuguhkan, tempat tersebut juga termasuk wisata yang murah. Pengunjung nantinya hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 saja untuk bisa memasuki area wisata.

Selain itu, jika Anda membawa balita, maka tidak akan dikenakan biaya. Karena memang tiket hanya dikhususkan untuk anak-anak dan orang dewasa saja. Dengan biaya sebesar Rp 10.000 Anda sudah bisa menikmati wahana dan fasilitas yang terdapat di sana. Untuk jam operasionalnya sendiri dibuka mulai pukul 8 pagi.

Saat memutuskan untuk berkunjung ke taman wisata ini, pastikan Anda memilih waktu yang benar-benar tepat. Jangan datang ke tempat ini saat musim penghujan agar liburan Anda tidak terganggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Edum Park

Aktivitas di Edum Park
Image Credit: Google Maps Yosef Kristiyadi

1. Menikmati Wahana Edum Park

Wahana yang terdapat di Edum Park memang beraneka ragam. Beberapa wahana ada yang digratiskan, namun ada pula wahana yang mewajibkan Anda untuk membayar lebih dahulu. Untuk wahana anak-anak, seperti contohnya komedi putar mini, mobil kayu ataupun sekuter tidak akan dikenakan biaya.

Anda bisa menikmati semua wahana gratis di tempat ini. Namun pastikan Anda selalu menjaga anak Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sekalipun gratis, diharapkan pengunjung yang datang untuk menjaga semua fasilitas agar tidak rusak.

2. Rileks Bersama Keluarga

Seperti yang sudah disampaikan di atas, di Edum Park Anda akan menemukan taman hijau dengan aneka bunga indah. Jika Anda datang ke sana bersama dengan keluarga, maka jangan lewatkan kesempatan untuk bersantai dan rileks di taman tersebut. Terdapat juga gazebo yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Selain bersantai di gubuk dan taman hijau, Andapun juga dapat duduk dan merendam kaki di kolam terapi ikan yang sudah disediakan gratis di sana. Tempat ini sangat tepat, terutama Anda yang memang ingin menjalani terapi ikan. Dijamin semua penat dan stress karena aktivitas kerja sehari-hari akan sirna seketika.

3. Menikmati Jajanan

Tak jauh dari lokasi kolam renang, Anda akan menemukan sebuah kantin sederhana bisa digunakan untuk menikmati berbagai macam jajanan yang disediakan. Setelah beraktivitas seharian di Edum Park Tegaldowo ini, maka pastinya perut Anda akan terasa lapar bukan? Oleh karena itulah, jangan ragu untuk segera mencicipi menu yang disediakan kantin.

Harga makanan yang dibanderol di sana terbilang cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp 7.000 untuk membeli semangkuk mie rebus dan itu sudah lengkap dengan telur. Bagi yang suka soto, maka Anda hanya cukup membayar sebesar Rp 8.000 saja. Begitu pula untuk minuman, harga yang harus dibayar tidak terlalu mahal dan sangat bersahaja.

Aktivitas Menarik di Edum Park
Image Credit: Google Maps Andrieka Budi

4. Hunting Foto Kekinian

Para pecinta fotografi pastinya tidak akan melewatkan aktivitas satu ini. Di Edum Park Tegaldowo memang tersedia beragam spot foto kekinian yang layak untuk diabadikan. Dengan membawa kamera pastinya akan membuat koleksi foto Anda makin beragam dan menarik. Di tempat tersebut terdapat latar belakang berupa Rumah Kobe yang begitu unik dan khas.

Di rumahku inilah Anda akan menemukan rumah koboi, patung kuda dan segala hal yang terkait dengan dunia perkoboian. Pastinya para pencinta film-film barat akan sangat suka untuk mengabadikan momen di tempat tersebut. Selain rumah koboi, spot foto yang tak kalah populer yaitu patung hewan dan Taman Pelangi.

5. Menaiki ATV

Jika Anda sudah merasa lelah mengelilingi area taman dengan hanya berjalan kaki, Anda bisa mencoba alternatif lain. Edum Park menyediakan wahana berupa ATV yang pastinya akan mampu memberikan pengalaman dan sensasi berbeda. Untuk mencoba wahana tersebut, maka pengunjung harus menyiapkan anggaran sebesar Rp 10.000.

Biaya tersebut terbilang sangat ramah kantong, mengingat umumnya penyewaan ATV melebihi dari biaya itu. Selain menikmati ATV Andapun juga dapat mengunjungi bom-bom car dan juga istana balon. Mengunjungi kedua tempat tersebut memang akan dikenakan tiket tersendiri, tapi pastinya tiket yang ditawarkan tidaklah semahal tempat lain.

6. Berenang

Untuk aktivitas satu ini merupakan aktivitas wajib yang tak boleh di lewatkan. Kolam renang yang sudah disediakan sudah sangat nyaman dan bersih. Anda bisa memilih kolam renang khusus dewasa ataupun anak-anak. Dengan begitu pastinya akan terasa aman sekali jika ingin mengajak serta buah hati untuk berenang selama di Edum Park.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Edum Park
Image Credit: Google Maps Anita Daniati

Edum Park merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Kabupaten Bantul. Tapi sekalipun demikian tempat rekreasi ini memiliki beragam fasilitas yang sudah lengkap dan memadai. Seperti contohnya area parkir yang disediakan untuk para pengunjung. Anda tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan di tempat tersebut, karena dijamin aman.

Selain itu, tersedia beberapa toilet yang bersih dan wangi. Namun perlu Anda ingat, toilet tersebut mewajibkan Anda untuk membayar lebih dahulu. Pihak pengelola juga telah menyediakan gazebo sederhana yang bisa digunakan untuk Anda duduk santai bersama keluarga.

Untuk yang ingin bermalam dan menginap di sekitar area Taman Edum, Anda bisa menemukan tempat penginapan dengan bentuk homestay yang nyaman. Harga penginapan cukup variatif, namun Anda bisa mencari harga yang cukup murah. Penginapan di sana telah menyediakan fasilitas yang bisa menunjang Anda selama menginap.

Menjelang hari libur panjang tentu dirasa kurang pas rasanya jika tidak mengunjungi Edum Park Tegaldowo yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini. Di taman tersebut Anda bisa menikmati waktu libur dengan lebih maksimal dengan beragam wahana permainan yang lengkap dan menarik.