Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Potorono, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Masa liburan memang merupakan waktu yang tepat untuk menjelajah tempat wisata di Bantul. Di Indonesia sendiri banyak terdapat tempat wisata dengan beragam konsep yang tersebar di seluruh daerah. Wisatawan yang ingin mencoba berwisata dengan konsep alam yang berbeda bisa datang berkunjung ke Balong Waterpark untuk menambah pengalaman berwisata.

Jika wisatawan biasanya berwisata ke pantai, bukit, gunung, taman, maka tempat wisata ini menyuguhkan konsep yang berbeda. Disana wisatawan bisa bermain air sepuasnya dengan memanfaatkan beragam wahana yang tersedia. Suasana yang sejuk dan segar akan didapatkan wisatawan di tempat wisata ini karena memang konsepnya kolam renang.

Yang menarik dari Balong Waterpark adalah tersedianya kolam renang yang luas dengan beberapa jenis kolam dengan ketinggian berbeda-beda. Tentu saja keunggulan yang dimiliki waterpark ini menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan karena tidak hanya anak-anak saja yang bisa berenang disana, namun diperuntukkan juga untuk orang dewasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Balong Waterpark

Daya Tarik yang Dimiliki Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Agus Suparyadi

1. Memiliki Kolam Renang Khusus untuk Orang Dewasa

Jika biasanya waterpark lebih identik dengan kolam renang anak-anak, maka berbeda dengan waterpark ini dimana orang dewasa pun juga bisa berenang sepuasnya dan memanfaatkan beberapa wahana yang tersedia. Jaraknya sendiri hanya beberapa meter saja dari kolam khusus balita dan anak-anak.

Lokasinya ada di bagian tengah dengan wahana water slide atau perosotan yang sangat tinggi. Terdapat dua jenis perosotan yakni double slide berbentuk lurus setinggi 7 meter dengan panjang kurang lebih 15 meter dan water coaster atau spiral setinggi 9 meter dengan kelokan sejumlah 7 titik.

Kedalaman kolam renang khusus dewasa yang ada di Balong Waterpark ini kurang lebih 120 cm dan terhubung secara langsung dengan kolam renang jenis biasa yang ada di bagian belakang. Kolam renang biasa dan kolam renang khusus dewasa terhubung dengan jalur yang tampak seperti kanal di bagian kedua sisinya.

Di bagian tengahnya terdapat pulau buatan sebagai pemisah antara kedua jenis kolam tersebut dan dibangun taman mini serta gazebo berjumlah tiga buah. Area pulau dan bagian sisinya disatukan dengan jembatan kecil. Wisatawan yang belum mahir berenang bisa menyewa ban karet atau pelampung agar lebih aman.

2. Mempunyai Kolam Khusus Balita dan Anak-Anak

Selain kolam khusus orang dewasa, Balong Waterpark juga mempunyai kolam renang khusus untuk balita dan anak-anak. Kedalaman kolamnya hanya di bawah 50cm sehingga aman digunakan untuk balita dan juga anak-anak. Lokasinya ada di bagian depan tepat setelah pintu masuk.

Yang menarik dari kolam renang ini adalah tersedianya water playground. Adapun beberapa jenis water playground yang tersedia di Balong Waterpark antara lain perosotan yang memiliki pola berupa pipa spiral, wahana ember tumpah, water slide berpola lurus hingga perosotan yang digunakan di atas ban.

Salah satu wahana yang paling disukai anak-anak adalah wahana ember tumpah karena anak-anak tampak sangat ceria berteriak kegirangan ketika air tumpah dari wadah ember tersebut. Pihak pengelola benar-benar memperhatikan secara detail permainan air apa saja yang disukai oleh anak-anak.

Beragam fasilitas yang tersedia di kolam renang khusus balita dan anak-anak ini dibangun dengan cukup aman sehingga keselamatan dan kenyamanan terjaga. Tersedia juga gazebo yang terdapat di tepi kolam renang dan bisa dimanfaatkan orang tua untuk beristirahat sambil mengawasi anaknya berenang.

3. Balong Waterpark Memiliki Pemandangan Persawahan Alami

Kelebihan dari taman air ini adalah lokasinya yang dikelilingi oleh persawahan. Ketika sawah sedang hijau-hijaunya, wisatawan yang sedang berseluncur melalui wahana water slide maupun water coaster akan menyaksikan indahnya pemandangan persawahan dari atas.

Angin sepoi-sepoi yang berhembus dari area persawahan terasa menyejukkan sehingga banyak wisatawan yang ingin menikmati sejuknya angin sawah sekaligus refreshing berenang di kolam renang yang memiliki beragam fasilitas dan wahana ini.

Karena adanya berbagai fasilitas dan wahana yang tersedia disana, wisatawan bisa menghabiskan waktu berliburnya bersama keluarga. Anak-anak pasti akan sangat bergembira ketika diajak ke waterpark ini. Bagi anak-anak maupun orang dewasa yang belum mahir berenang juga bisa belajar berenang menggunakan pelampung.

Salah satu seluncuran air bernama familiy slide bisa digunakan bersama dengan teman maupun keluarga karena papan seluncurnya tergolong lebar yakni kurang lebih 3,5 meter. Bahkan, wahana slide setinggi 9 meter yang ada di Balong Waterpark memiliki kecepatan mencapai 60km/jam sehingga cukup menguji adrenalin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Zichi Edson

Balong Waterpark berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta tepatnya di Desa Potoron. Dari pusat kota menuju ke lokasi membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 15-20 menit. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk ke lokasi. Rute yang bisa ditempuh adalah melalui Jalan Ring Road Utara di daerah Kota Gede.

Dari situ, wisatawan menuju ke arah timur yakni daerah Banguntapan sekitar 1,5 km. Lokasi waterpark ada di Jalan Pleret km 1,5 dan tidak jauh dari lokasi pusat kota Yogyakarta. Ada papan penunjuk jalan di tepi jalan menuju ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Wamil Eko

Waktu operasional tempat wisata ini adalah setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Sementara itu, untuk hari Minggu dan tanggal merah waktu operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Terkait harga tiket masuk Balong Waterpark cukup terjangkau, namun berbeda antara weekday maupun weekend.

Hari Senin-Sabtu harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 per orang. Kemudian untuk hari Minggu dan tanggal merah harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang. Terkait tarif parkir kendaraan adalah Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Balong Waterpark

Aktivitas Menarik di Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Fαke υser_

1. Menemani Anak-Anak Berenang di Kolam Khusus Anak-Anak dan Balita

Waterpark ini memiliki kolam renang yang khusus ditujukan untuk balita dan anak-anak. Lokasinya dekat dengan pintu masuk. Disana wisatawan bisa mengajak anak-anak untuk melatihnya berenang di kolam sedalam kurang dari 50 cm.

Yang menarik wisata air ini adalah adanya beberapa wahana permainan yang aman untuk anak-anak dan balita seperti ember tumpah hingga water slide. Dekorasinya pun disesuaikan dengan anak-anak sehingga arena playground akan banyak disukai oleh anak kecil.

2. Berenang di Kolam Khusus Orang Dewasa

Pasangan yang belum memiliki anak bisa mengagendakan untuk membuat jadwal berenang di Balong Waterpark. Disana pasangan bisa meningkatkan momen kebersamaan yang tentunya seru dan menyenangkan. Sehingga momen quality time bisa dimanfaatkan dengan kegiatan berenang di waterpark tersebut.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengajak teman-teman berenang di waterpark ini. Selain kolam renang khusus anak-anak dan balita, tersedia juga kolam renang khusus orang dewasa setinggi 9 meter dengan 7 tikungan dan dua wahana. Lokasinya ada di tengah waterpark, tepat setelah kolam renang khusus anak-anak dan balita.

Aktivitas Dilakukan di Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Juliana Aningtyas

3. Berenang di Kolam Biasa

Tidak semua wisatawan suka dengan kolam renang yang memiliki wahana permainan. Oleh karena itu bagi wisatawan yang hanya ingin fokus berenang tanpa bermain wahana bisa memilih untuk berenang di kolam biasa.

Kolam tersebut sudah disediakan oleh pihak pengelola Balong Waterpark. Lokasinya ada di dekat kolam renang khusus dewasa. Di antara kolam renang biasa dan khusus dewasa yang memiliki playground dipisahkan oleh pulau buatan dimana di atasnya terdapat taman bunga dan gazebo.

4. Jajan di Foodcourt

Balong Waterpark juga memiliki area foodcourt yang menjual aneka makanan dan minuman. Wisatawan yang merasa lapar maupun haus setelah puas berenang disana bisa mencoba mengunjungi foodcourt dan memesan makanan serta minuman yang tersedia di fooudcourt.

Menariknya, disana tersedia wifi gratis sehingga wisatawan bisa sambil berselancar di internet. Tidak hanya di area foodcourt, namun di semua titik di dalam lokasi waterpark tersedia wifi sehingga wisatawan bisa mengunggah momen kebersamaan bersama keluarga atau teman-teman saat itu juga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps rahayu sugiarti

Karena merupakan tempat wisata bertemakan waterpark, maka keunggulan tempat wisata ini adalah tersedianya kolam renang khusus anak-anak dan balita serta khusus orang dewasa yang memiliki wahana permainan seperti water slide dan water coaster.

Selain itu, tersedia juga area parkir yang luas di Balong Waterpark yang mampu menampung hingga puluhan mobil. Terdapat penyewaan loker yang bisa digunakan untuk menitipkan barang bawaan sehingga wisatawan tidak perlu takut akan kehilangan barangnya.

Food court, toilet, dan kamar basuh juga tersedia disana. Wisatawan juga tidak perlu khawatir karena di area waterpark sudah terpasang wifi gratis sehingga bisa mengunggah momen kebersamaan ketika berada disana saat itu juga.

Balong Waterpark bisa menjadi destinasi wisata pilihan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berlibur di daerah Bantul Yogyakarta. Yang terpenting adalah wisatawan sebaiknya membawa budget yang cukup ketika berkunjung kesana.