Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.30-17.00 WIB, Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Tembolak Pelangi dikenal sebagai ikon kota Mataram yang berada di jalan pusat. Bangunan ini sengaja disediakan dengan tujuan untuk menyambut pengunjung yang ingin masuk ke Mataram. Bentuk Tembolak tampak menarik menggunakan bangunan kokoh yang berukuran besar serta sedikit melengkung.

Wisatawan yang melintasi jalan raya disana sering berhenti sebentar untuk melihat keunikan dari destinasi. Bahkan sudah tidak sedikit orang yang berfoto di sekitar Tembolak Pelangi. Warna yang dipakai memang beragam sehingga membuat wisata bagus saat dipotret.

Biasanya pada hari tertentu, terutama ketika akhir pekan pengunjung menikmati bangunan ini dengan olahraga. Gowes atau sekedar jalan santai di area Tembolak mampu membuat tubuh menjadi fresh. Apalagi di sekitar jalan banyak pohon rimbun yang segar.

Daya Tarik yang Dimiliki Tembolak Pelangi

Daya Tarik Tembolak Pelangi
Image Credit: Google Maps yenimecci

1. Design Bangunan

Tembolak Pelangi membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembangunan. Hasil design yang telah jadi ini memang maksimal dan terlihat unik. Apalagi ukuran Tembolak cukup besar serta menjadi ciri khas Mataram yang berbeda dengan kota lain. Design estetik tersebut juga akan semakin cantik jika lampu yang ada menyala saat malam.

2. Backgroud Foto

Wisatawan dari berbagai daerah tentu sangat ingin mengambil foto di tempat ini. Bangunan melengkung yang bercorak warna-warni memang unik. Apalagi selama mengabadikan momen Anda akan memperoleh hasil foto instagramable. Banyak sekali orang yang bergantian menjepret foto dengan memakai latar Tembolak saat melewatinya.

3. Spot Olahraga

Tembolak Pelangi menyuguhkan sejumlah spot khusus yang dapat digunakan untuk melakukan olahraga santai. Pengunjung bisa membawa sepeda ontel atau sekedar jogging saat pagi hari. Anda tidak perlu khawatir karena spot ini sudah diberi pengamanan agar kendaraan bermotor tidak lewat sana. Jadi traveller dapat berolahraga sesuka hati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tembolak Pelangi
Image Credit: Google Maps Eka Permana Putra, Wayan

Tembolak Pelangi berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tembolak ini memang berada di tengah jalan untuk menyambut tamu yang datang ke Mataram. Ukuran dari bangunan terlihat sangat besar sehingga mudah dilihat siapapun. Ikon kota tersebut juga menarik perhatian yang membuat traveller selalu berhenti sejenak.

Anda bisa berkunjung ke tempat ikonik ini ketika menuju ke kota Mataram. Lewati Jalan Aneka yang tidak sulit ditemukan dengan membawa kendaraan baik sepeda ontel maupun mobil. Lurus sampai Jalan Lingkungan Arong 2 dan teruskan ke Jalan Langko. Kemudian melipir ke Jalan Airlangga serta lurus terus menuju Jalan Gajah Mada yang cukup strategis.

Letak wisata yang unik dan terlihat megah itu memang selalu menjadi incaran. Para tamu dari luar kota pun sering melewati Tembolak ketika ingin liburan di Mataram. Apalagi Tembolak tepat di tengah jalan pusat yang tampak sangat cantik. Lakukan perjalanan dengan kerabat dan berhenti sejenak di area wisata ini untuk sekedar melihat bangunan.

Tembolak Pelangi Mataram tidak dibandrol dengan harga tiket karena siapapun boleh mampir ke wisata secara gratis. Ikon kota Mataram itu memang sering dipakai untuk olahraga, bersantai, maupun berfoto. Kendaraan yang berlalu lalang boleh berhenti sejenak di kawasan sambil melihat design Tembolak. Datang kapan saja kesana tidak akan ada biaya.

Pada sekitar wisata megah itu telah tersedia sejumlah kios kuliner. Pengunjung dapat menikmati makanan sambil melihat Tembolak. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencicipi kuliner disana tidak mahal karena masih terjangkau. Tak hanya itu, spot hunting foto dan olahraga pun tersedia secara gratis karena pengelola tidak mengenakan tarif harga.

Bagi yang menuju tempat ini dengan kendaraan bermotor maka perlu meletakkan sepeda atau mobil di pinggir jalan. Tidak ada biaya parkir saat kesana, namun pastikan kendaraan telah diletakkan pada tempat yang sesuai. Jangan lupa pula untuk menjaga kendaraan yang telah dibawa karena di area wisata belum ada petugas khusus parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tembolak Pelangi

Aktivitas Menarik Tembolak Pelangi
Image Credit: Google Maps Lalu Maskur

1. Mencoba Kuliner

Tembolak Pelangi memang dikelilingi dengan beberapa warung. Banyak kuliner yang mudah dibeli ketika berhenti sejenak di destinasi itu. Pedagang kaki lima pun menawarkan aneka camilan hingga masakan khas Mataram. Traveller tentu bisa membeli semua makanan yang disukai untuk menemani Anda melihat sisi Tembolak yang indah.

2. Melihat Design Bangunan

Wisata yang menjadi ciri khas kota Mataram dikenal sangat unik. Design yang telah dibentuk memiliki ukuran raksasa dan bentuk seperti melengkung. Ketika malam hari Tembolak semakin cantik karena ada lampu yang menyala. Anda akan terpesona saat melihatnya, apalagi ikon tersebut berada di tengah ruas jalan yang sangat strategis dilewati kendaraan.

3. Bersepeda

Pada hari sabtu atau minggu wisatawan sengaja membawa sepeda ontel ke area destinasi. Tembolak Pelangi yang cantik memang sering digunakan untuk tempat gowes. Apalagi ada ruas jalan khusus bagi sepeda ontel sehingga akan membuat traveller nyaman. Melakukan olahraga di kawasan itu terasa menyenangkan dengan melihat keramaian kendaraan disana.

Aktivitas Menarik di Tembolak Pelangi
Image Credit: Google Maps Rafif Mardiyanto

4. Memotret Foto

Keunikan dari bangunan ikonik ini menjadi sorotan para tamu. Bahkan ikon tersebut sengaja dijadikan background foto karena terlihat estetik. Pelancong yang berkendara sering berhenti sejenak untuk mengambil potret foto. Tak hanya itu, ada pula yang membuat rekaman video dengan memakai latar Tembolak dan keindahan Mataram.

5. Bersantai

Tembolak Pelangi Mataram yang dekat dengan jalan raya dan beberapa rumah penduduk menarik digunakan bersantai. Siapapun yang akan melakukan perjalanan jauh bisa istirahat sebentar di wisata itu sambil melihat wisata. Angin yang berhembus akan terasa sejuk karena ada sebagian pohon di pinggir jalan. Jadi bersantai di Tembolak sangat tepat dicoba.

6. Melipir ke Monumen Mataram Metro

Salah satu ikon kota yang tidak kalah cantik yaitu monumen Mataram metro. Monumen ini tidak jauh dari tempat ini serta menjadi ikon penyambut tamu. Para tamu dapat meluangkan waktu sejenak ke dua tempat ini sekaligus sambil berfoto. Anda bisa pula belajar sejarah monumen dan Tembolak untuk membuat suasana liburan tidak bosan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tembolak Pelangi
Image Credit: Google Maps amir beleq kekah

Tembolak Pelangi Mataram telah menyiapkan berbagai pilihan fasilitas yang siap digunakan. Ketika berada disana Anda dapat memakai toilet umum di sekitar untuk keperluan. Kamar mandi telah bersih dan memiliki tarif yang murah. Kursi yang ada di pinggir jalan terlihat ada meskipun belum mempunyai jumlah banyak untuk pelancong yang ingin menikmati udara.

Tempat kuliner sudah disediakan karena di kawasan terlihat beberapa pedagang kaki lima. Pergi ke Tembolak Pelangi memang seru dengan mencicipi semua makanan khas Mataram. Tempat sampah ada di sekitar supaya area wisata selalu bersih. Traveller pun diharap tidak mengotori jalan raya yang dekat dengan destinasi itu serta taat untuk membuang sampah.

Lahan yang dipakai untuk parkir kendaraan belum tersedia secara khusus. Tetapi Anda yang datang ke kawasan ini bisa meletakkan kendaraan di dekat warung makan. Mushola tidak jauh dari destinasi dan banyak berjejer di pinggir jalan. Tempat olahraga seperti jogging dan gowes sudah tersedia, sehingga Anda bisa melakukan kegiatan seru.

Itulah sekilas penjelasan yang berkaitan dengan Tembolak Pelangi Mataram. Ikon yang menjadi kebanggaan kota Mataram ini tentu memikat perhatian. Apalagi setiap orang yang datang dari luar kota pasti ingin melihat keunikan bangunan Tembolak. Maka dari itu jangan lupa mampir kesana dengan melewati rute jalan strategis yang telah disiapkan pengelola.