18 Tempat Wisata di Mataram Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Mataram

Lombok merupakan daerah lain di Indonesia yang saat ini terus dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata, seperti Bali. Tak heran karena disini menawarkan berbagai daya tarik wisata yang tidak akan Anda temukan di daerah lain. Salah satunya ada di Mataram.

Mataram yang merupakan kota terbesar di Lombok menawarkan berbagai daya tarik wisata yang akan membuat Anda betah dan ingin berkunjung lagi. Di Mataram ini Anda bisa menikmati perpaduan destinasi wisata alam dan kekayaan budaya yang khas.

Berada dekat dengan Bali membuat Mataram, yang sebagian besar penduduknya adalah Suku Sasak, juga tetap terpengaruh adat Bali yang cukup kental. Karena itulah disini Anda bisa merasakan akulturasi kedua budaya. Nah, ada beberapa tempat wisata di Mataram yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke kota ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung

Lokasi: Jl. Penghulu Agung , Kec. Ampenan Selatan, Kota Mataram. – Image Credit by Sambiwarga.blogspot.com

Destinasi wisata pertama yang wajib dikunjungi saat berada di Mataram adalah Pantai Penghulu Agung. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki ciri khas berupa pasirnya yang berwarna hitam.

Tidak hanya pasir pantainya yang berwarna hitam, di pantai ini ombaknya cukup tenang dan suasananya juga cukup sepi. Belum banyaknya pengunjung pantai ini membuat para pengunjung berasa sedang ada di pantai pribadinya.

2. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq

Lokasi: Tanjung Karang, Kec. Sekarbela, Kota Mataram. – Image Credit by Dolandolen.com

Provinsi Nusa Tenggara Barat juga tak pernah kehabisan destinasi wisata pantai menarik untuk dikunjungi. Destinasi selanjutnya adalah Pantai Loang Baloq. Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tanjung Karang dan di area sekitarnya terdapat makam Loang Baloq.

Selain menawarkan keindahan pantai yang khas, Anda juga bisa sekaligus melakukan wisata religi dengan berkunjung ke makam Loang Baloq. Beliau adalah salah satu ulama besar dari Arab. Pemandangan sunset di pantai ini adalah daya tarik terbaiknya.

3. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan

Lokasi: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kota Mataram. – Image Credit by Travelingyuk.com

Meskipun tidak seeksotis pantai-pantai lain di Pulau Lombok, Pantai Ampenan yang berada di Mataram ini juga menawarkan keindahan tersendiri. Karena kecantikannya inilah pantai Ampenan ini juga banyak menjadi pilihan para wisatawan.

Pantai ini memiliki beberapa spot menarik untuk dijadikan spot berfoto. Spot lain di pantai ini juga sangat asyik dijadikan sebagai tempat bermain. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan pantai ini adalah di sore hari. Sunser di Pantai Ampenan adalah daya tarik yang tak boleh dilewatkan dari Mataram.

4. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Lokasi: Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah. – Image Credit by Transportwisatalombok.com

Mataram juga memiliki destinasi air terjun yang menakjubkan. Destinasi tersebut adalah air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Keduanya berada di lokasi yang sama sehingga bisa dinikmati sekaligus.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Akses menuju kedua air terjun ini cukup mudah. Dari pusat kota hanya dibutuhkan waktu 1 jam. Sedangkan untuk menuju ke lokasi air terjun, Anda harus melewati trek berupa anak tangga menurun. Setelah sampai, Anda tidak akan menyesal dengan pemandangan menakjubkan dan segarnya air terjun yang bersumber dari mata air Gunung Rinjani ini.

5. Taman Narmada

Taman Narmada

Lokasi: Jl. Raya Narmada, Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat. – Image Credit by Pesona.travel

Kalau Anda belum pernah mendaki ke Gunung Rinjani, berkunjung ke Taman Narmada ini bisa menjadi pilihan. Di dalam taman seluas 3 hektar ini Anda bisa menikmati berbagai daya tarik sekaligus.

Di bagian atas taman terdapat pura (punden berundak). Ada pula bale petirtaan yang merupakan daya tarik lain taman ini. Bale petirtaan ini adalah mata air yang merupakan hasil pertemuan langsung Gunung Rinjani.

6. Wisata Pura Taman Air Mayura

Wisata Pura Taman Air Mayura

Lokasi: Jl. Purbasari No.29, Mayura, Kec. Mataram, Kota Mataram. – Image Credit by Arintratour.co.id

Secara geografis, Mataram memang terletak jauh dengan Bali. Namun, nuansa dan kultur Hindu masih terasa kental disini. Salah satunya bisa dilihat dari Taman Air Mayura ini. Dibalik desainnya yang rapi dan unik, tempat ini juga menjadi tempat suci dan bersejarah.

Dibangun pada tahun 1744, taman ini juga menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Lombok. Taman ini dibagi menjadi dua area. Area pertama adalah area pura yang masih menjadi tempat ibadah masyarakat Hindu di sekitarnya. Area kedua adalah taman air yang cantik yang banyak dikunjungi wisatawan.

7. Pura Meru

Pura Meru

Lokasi: Jl. Selaparang, Cakranegara Tim., Kec. Cakranegara, Kota Mataram. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa daerah Nusa Tenggara Barat masih terpengaruh budaya dari Bali, termasuk agama Hindu. Salah satunya bisa dilihat dari adanya Pura Meru ini yang merupakan pura terbesar di Pulau Lombok.

Daya tarik destinasi ini ada pada keunikan desain pura. Perpaduan seni arsitektur Lombok dan Jawa Kuno membuat bangunan pura ini tampak sangat cantik. Keunikan lain ada pada desain atapnya yang dibuat bertingkat.

8. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center

Lokasi: Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Kec. Selaparang, Kota Mataram. – Image Credit by Pesona.travel

Meskipun lekat dengan budaya Hindu, namun Mataram justru lebih dikenal sebagai kota seribu masjid. Ini menunjukkan bahwa toleransi masyarakat Mataram sangat tinggi. Salah satu yang bisa menjadi tujuan wisata adalah Masjid Islamic Center.

BACA:  21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menjadi masjid terbesar di Pulau Lombok, masjid ini menawarkan keunikan pada arsitekturnya. Di masjid ini terdapat menara yang diberikan nama menara 99 yang melambangkan 99 Asmaul Husna. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki kubah besar yang dihias dengan motif batik Sasambo, motif batik khas dari NTB.

9. Taman Udayana

Taman Udayana

Lokasi: Jl. Udayana, Pejarakan Karya, Kec. Selaparang, Kota Mataram. – Image Credit by Wartantb.com

Menikmati waktu bersantai di tengah Kota Mataram bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu saat berada di Pulau Lombok. Taman Udayana yang merupakan ruang terbuka hijau terluas di NTB ini bisa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi.

Taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk mendukung kegiatan outdoor Anda. Anda pun bisa berwisata kuliner disini karena di sekitar taman banyak penjual yang menjajakan makanan khas Pulau Lombok.

10. Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong

Lokasi: Jl. Batu Bolong, Pagutan Barat, Kec. Mataram, Kota Mataram. – Image Credit by Dilombok.com

Pantai menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Lombok. Di Mataram, ada pantai bernama Pantai Batu Bolong yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota dengan akses yang cukup mudah pula.

Dinamakan Pantai Batu Bolong karena di pantai ini terdapat sebuah batu dengan lubang besar di tengahnya. Keindahan pemandangan disini akan memukau siapapun yang datang. Apalagi pemandangan matahari terbenamnya. Jika beruntung, Anda pun bisa menyaksikan secara langsung musikal dan upaya keagamaan di pantai ini.

11. The Griya

The Griya

Lokasi: Jl. Layur No.777, Ampenan Selatan, Kec. Ampenan, Kota Mataram. – Image Credit by Jawapos.com

Kalau ingin mendapatkan paket wisata lengkap, Anda bisa berkunjung ke The Griya Lombok. The Griya ini merupakan sebuah galeri seni dimana produk-produk yang dibuat adalah produk daur ulang dari sampah.

Disini, Anda bisa melihat hasil karya seni sekaligus belajar membuatnya. Jika Anda lelah atau lapar, fasilitas kafe yang disediakan di galeri ini adalah tempat paling tepat. Selain sajian yang lezat, lokasi yang menghadap langsung ke laut menjadi nilai lebih. Dengan begitu, Anda bisa berwisata, sambil belajar sekaligus berbelanja disini.

12. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Lokasi: Jl. Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Sama seperti kota lain di Indonesia, Mataram pun tak lepas dari pengaruh sejarah. Jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata sambil belajar, Museum Negeri Nusa Tenggara Barat adalah tujuan paling tepat.

BACA:  18 Wisata Pantai di Lombok Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Di museum ini terdapat berbagai peninggalan sejarah yang bisa Anda pelajari. Biaya masuk yang terjangkau dengan pengalaman dan informasi yang akan didapat dari museum ini akan memberikan pengalaman berlibur tak terlupakan.

13. Taman Sangkareang

Taman Sangkareang

Lokasi: Jl. Pejanggik, Mataram Barat, Kec. Selaparang, Kota Mataram. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tak hanya berfungsi sebagai area terbuka hijau, Taman Sangkareang yang cantik ini bahkan sudah menjadi ikon Kota Mataram. Lokasinya berada tepat di tengah kota sehingga mudah dijangkau.

Bagi para pelancong, mengunjungi taman ini bisa menjadi destinasi pertama sebelum berkunjung ke destinasi lain. Area yang sejuk ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengenal masyarakat lokal.

14. Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.25, Ampenan Tengah, Kec. Ampenan, Kota Mataram. – Image Credit by Mobillombok.com

Masih berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, khususnya Mataram juga memiliki kawasan kota tua yang menjadi saksi perjalanan sejarah bangsa. Kota tua Ampenan terletak di kawasan Ampenan Mataram.

Di sepanjang wilayah kota tua ini, Anda bisa melihat jejeran bangunan peninggalan sejarah berarsitektur artdeco. Kesan dan nuansa klasik yang kental akan langsung terasa begitu Anda masuk ke kawasan ini. Anda bisa menikmati kawasan kota tua ini dengan menggunakan cidomo (andong lokal) ataupun dengan berjalan kaki.

15. Kampung Wisata Ala Jepang

Kampung Wisata Ala Jepang

Lokasi: Kebon Talo, Kec. Ampenan, Kota Mataram. – Image Credit by Wartamataram.com

Pengembangan kampung tematik sebagai alternatif destinasi wisata juga sedang ramai dilakukan di Mataram. Salah satunya adalah adanya kampung wisata ala Jepang yang berada di kawasan Ampenan ini.

Semua yang ada di dalam kampung ini dibuat semirip mungkin dengan negeri sakura itu. Anda bisa berkeliling menikmati suasana atau sekedar berfoto bersama teman-teman. Hal tersebut bisa Anda lakukan karena di kawasan ini tersedia banyak spot foto menarik.

16. Water Park Kura-Kura

Water Park Kura-Kura

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.95, Pagesangan Timur, Kec. Mataram, Kota Mataram. – Image Credit by Wisatasia.com

Jika Anda mencari destinasi wisata keluarga yang tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa namun juga anak-anak, disini lah tempatnya. Wahana wisata Air Kura-Kura ini menawarkan berbagai tempat bermain dan jenis kolam renang.

Ada kolam renang untuk dewasa, ada juga kolam renang untuk anak-anak. Selain di dalam kolam renang yang terdapat berbagai wahana bermain air, di luar pun terdapat area bermain. Anak-anak tidak akan merasa bosan diajak berkunjung kesini.

17. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Lokasi: Jl. Raya Senggigi, Kec. Batulayar, Kab. Lombok Barat. – Image Credit by Backpackercantik.blogspot.com

Masih di Kabupaten Lombok Barat, tak jauh dari Mataram, Pantai Senggigi adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di NTB. Pantai ini tidak hanya terkenal di kalangan pelancong dalam negeri, bahkan hingga mancanegara.

Daya tariknya sudah pasti pantai dengan pasir putih yang bersih dan lembut dengan air laut berwarna biru jernih. Disini Anda pun bisa snorkeling dengan lebih nyaman karena letak pantai yang berada di area teluk.

18. Gili Kedis, Gili Sudak dan Gili Nanggu

Gili Kedis, Gili Sudak dan Gili Nanggu

Lokasi: Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat. – Image Credit by Wisatakelombok.co.id

Terakhir ada 3 destinasi yang bisa Anda kunjungi dalam satu tempat sekaligus. Ketiga gili tersebut adalah Gili Kedis,  gili Sudak dan Gili Naggu. Ketiga gili ini memang tidak sepopuler Gili Trawangan. Namun pemandangan yang ditawarkan tak kalah menakjubkan.

Tiga gili yang berada di kawasan Lombok Barat dan tak jauh dari Kota Mataram ini menawarkan pemandangan air laut yang bersih dan jernih berpadu dengan pantai dengan pasir putih. Karena masih belum banyak wisatawan yang mengunjungi Gili ini, Anda bisa menikmati destinasi ini dengan tenang. Cocok sebagai tempat beristirahat dari padatnya kegiatan.

Mataram menjadi salah satu kota yang ramai menjadi persinggahan sebelum para wisatawan berkunjung ke Lombok. Namun ternyata di Mataram ini juga terdapat berbagai destinasi wisata menarik dan menakjubkan yang harus dikunjungi. Daftar tempat wisata menarik di Mataram di atas bisa menjadi referensi dan rekomendasi terbaik untuk Anda.