Taman Batu Purwakarta, Keseruan Bermain Air di Kolam Berbatu

Taman Batu Purwakarta

Lokasi: Cijanun, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.
MapCek Lokasi

Purwakarta sedang getol mengembangkan potensi wisatanya. Kota kecil yang berada di provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan aneka ragam jenis wisatanya baik itu wisata alam ataupun wisata buatan Anda tinggal memilih wisata mana yang akan dikunjungi karena semua sudah tersedia.

Kota yang dikenal dengan logat bahasanya yang sangat unik ini juga memiliki kondisi alam yang asri dan sejuk. Ini didukung dengan banyaknya pegunungan yang berada daerah Purwakarta seperti gunung Lembu dan gunung Burangrang.

Banyak tempat liburan menarik yang ditawarkan di kota Purwakarta salah satunya adalah wisata air Taman Batu. Meskipun belum lama dibuka, tempat wisata ini mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat setempat maupun luar kota.

Jelajahi Wisata Air Taman Batu Purwakarta

Jelajahi Wisata Air Taman Batu Purwakarta

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata air Taman Batu merupakan tempat pemandian berupa kolam renang yang airnya berasal dari mata air Cijanun. Pemandian yang berlokasi di desa Cipende ini dulunya adalah Bekas proyek PDAM yang tidak beroperasi lagi. Berkat swadaya masyarakat setempat, maka dibangunlah sebuah wisata air yang sekarang bisa Anda kunjungi.

Wisata air Taman Batu memiliki konsep alam yang khas dengan taburan batu besarnya. Pemandian yang terletak di kaki gunung Burangrang ini terbagi menjadi 2 kolam yaitu kolam untuk anak-anak dan kolam untuk dewasa. Pembagian kolam ini dilakukan berdasarkan tingkat kedalamannya dan untuk menjaga keselamatan bagi pengunjung juga.

Lokasi Taman Batu terletak di ketinggian jadi Anda bisa melihat jelas pemandangan alam di sekitarnya seperti hutan dan sawah saat sedang berenang. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan jenuh.

BACA:  17 Tempat Makan Enak di Bekasi Favorit Wisatawan

Dengan Panorama alam khas pedesaan dan pastinya bebas dari polusi udara membuat tempat wisata ini semakin diminati pengunjung. Bahkan menurut pengelola Taman Batu, pada bulan pertama tempat wisata ini dibuka jumlah pengunjung bisa mencapai 6.000 orang.

Wisata yang dikelola desa ini memiliki luas sebesar 5 kilometer persegi dan ke depanya akan melakukan ekspansi jika pengunjung semakin ramai. Pengelola tidak ingin menghilangkan unsur alamnya karena memang itu adalah daya tarik wisata air ini.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Taman Batu

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Taman Batu

Image Credit: Pintuajaibkita.blogspot.com

Sudah jelas aktifitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang karena tempat wisata ini menyediakan kolam dengan sumber mata air langsung dari pegunungan. Jadi dipastikan air yang ada di Taman Batu ini segar dan bebas kaporit atau bahan kimia semacamnya. Untuk kolam dewasa memiliki kedalaman hanya 2-3 meter sedangkan untuk anak 40-50 cm.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, disarankan untuk memakai ban renang yang disewakan disana. Sambil berenang Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang masih asri serta batu-batu besar khas kaki gunung Burangrang.

Selain berenang Anda juga dapat berfoto-foto ria karena disana banyak sekali spot foto menarik dengan latar belakang bebatuan dan sawah. Selain itu, gazebo yang tersedia juga sayang untuk dilewatkan menjadi spot foto menarik untuk Anda. Foto Anda nantinya akan memperlihatkan kesan eksotis dengan background bukit dan sawah.

Pengelola wisata air Taman Batu juga menyediakan air terjun buatan berukuran mini yang bisa digunakan untuk bermain ataupun mengguyurkan air ke sekujur tubuh Anda. Anda akan merasakan kesegaran luar biasa karena airnya masih dingin dan sangat bersih. Sensasi guyuran air ini tidak akan bisa didapatkan di rumah Anda.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Fasilitas yang Tersedia di Taman Batu

Fasilitas yang Tersedia di Taman Batu

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Meskipun wisata ini masih tergolong baru, namun fasilitasnya sudah cukup memadai. Wisata yang berlokasi di lahan milik pemerintah ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk mendukung aktifitas selama berada di Taman Batu.

Fasilitas pertama adalah tempat parkir. Sayangnya tempat parkir di wisata Taman Batu ini tidak terlalu luas dan hanya bisa gunakan oleh sepeda motor saja. Ketika Anda membawa mobil, Anda akan diberhentikan untuk parkir khusus mobil yang lokasinya agak jauh dan harus naik ojek lagi untuk mencapai kesana.

Fasilitas saung atau semacam gubug juga disediakan disana untuk Anda yang ingin beristirahat maupun bersantai. Saung ini terletak di tepi kolam dan bisa Anda gunakan untuk makan bersama keluarga.

Seperti biasa tempat-tempat wisata air pasti menyediakan toilet dan ruang ganti tak terkecuali Taman Batu. Selain itu tempat penyewaan ban juga ada disana bagi Anda yang belum bisa berenang namun ingin merasakan dinginnya air pegunungan.

Di wisata air Taman Batu juga dilengkapi dengan warung makan yang menyediakan beragam jenis makanan khas Purwakarta. Salah satu kuliner khas di wisata ini adalah sate maranggi. Yang membuat sate maranggi berbeda dengan sate biasa adalah proses marinasi yaitu proses dimana daging direndam di bumbu dalam waktu yang sudah ditentukan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Taman Batu

Rute Menuju Lokasi Wisata Taman Batu

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Karena wisata Taman Batu ini berada di pinggiran Purwakarta yaitu sekitar 30 kilometer dari pusat kota, maka akses menuju kesana masih agak sulit apalagi jika Anda ingin membawa mobil. Disarankan untuk Anda menggunakan motor roda 2 saja agar lebih mudah melewati jalan yang kurang bersahabat, Namun, sebenarnya Anda juga tetap bisa membawa mobil.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cianjur Paling Populer

Jika Anda dari arah pusat kota Purwakarta, Anda bisa mengambil jalur Subang menuju Winayasa. Jarak dari kota menuju Winayasa kurang lebih 20 kilometer. Di Winayasa Anda akan menemui sebuah pertigaan, Anda ambil lurus saja menuju Bojong Sawit.

Di Bojong Sawit Anda akan menemukan banyak petunjuk berupa plang atau papan nama yang akan mengarahkan ke tempat Wisata Taman Batu. Jika Anda masih bingung cukup buka google maps karena itu sudah sangat dekat dengan lokasi Taman Batu. Anda juga bisa tanya warga setempat jika merasa tersesat. Ini sering terjadi karena lokasi Taman batu adalah area pedesaan.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Harga tiket masuk ke wisata Taman Batu relatif murah yaitu sebesar 20 ribu perorang belum termasuk parkir. Meskipun akhir pekan, tarifnya akan tetap stabil 20 ribu. Dengan harga segitu Anda dapat mendapatkan keseruan dan pengalaman luar biasa yang bisa Anda bagikan ke teman maupun keluarga.

Dulu pada saat awal dibuka tempat ini tidak memasang tarif sama sekali, hanya sumbangan seikhlasnya. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka pengelola wisata memutuskan untuk memasang tarif.

Hasil pendapatan yang masuk nantinya juga akan digunakan untuk memperbaiki maupun menambah fasilitas yang ada. Bahkan pengelola juga berencana untuk memperluas wisata ini sekitar 4 hektar mengambil dari tanah warga.

Itulah ulasan lengkap tentang wisata air Taman Batu Purwakarta. Bagi Anda yang hobi berenang ataupun suka dengan hal-hal yang berbau alam, tempat ini bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi. Selain tarifnya murah tempatnya juga sangat nyaman dan sejuk.