15 Oleh-Oleh Khas Purwakarta Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Berkunjung ke Purwakarta, Jangan Lupa Berburu Oleh-Oleh Khas yang Populer. Buah tangan berupa makanan hingga cindera mata wajib Anda bawa pulang saat melancong ke daerah ini.

Kota Pensiun yang telah menjelma menjadi kota dengan perkembangan nan gemilang ini sangat menarik perhatian khalayak. Julukan Purwakarta sebagai Kota Pensiun tampaknya mulai tidak relevan mengingat Purwakarta kini semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan dan ramai dikunjungi wisatawan.

Beberapa tahun terakhir, Purwakarta “dirombak” menjadi sebuah wilayah yang penuh dengan daya tarik. Berbagai proyek pembangunan mulai dilakukan termasuk destinasi wisata, baik yang berbasis alam maupun kebudayaan. Salah satu bangunan yang ikonik dan terkenal adalah air mancur yang dinamai Sri Baduga.

Perubahan ini tentu memberikan pengaruh yang besar terhadap citra Kabupaten Purwakarta. Oleh karena itu, Purwakarta kini telah semakin dikenal. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk mengeksplorasi Purwakarta. Lantas, apa yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung? Jawabannya adalah oleh-oleh khas Purwakarta berikut ini.

1. Keramik Plered

Keramik Plered

Image Credit: Jajanbeken.com

Keramik plered merupakan produk kerajinan keramik dengan desain yang memuat unsur kelokalan. Tersedia beragam bentuk kerajinan yang bisa Anda beli, seperti vas bunga, celengan, kendi, dan sebagainya.

Keramik plered khas Purwakarta ini sangat istimewa karena selain memiliki nilai kelokalan yang kuat, kualitas keramik plered juga diakui oleh konsumen mancanegara. Selain itu, keramik plered khas Purwakarta merupakan satu-satunya industri keramik yang memiliki lembaga penelitian dan pengembangan sendiri.

2. Raginang

Raginang

Image Credit: Indonesiakaya.com

Raginang merupakan nama makanan khas Purwakarta yang dikenal juga sebagai rengginang di daerah lain. Kudapan renyah dan gurih ini sangat tepat untuk Anda bawa pulang setelah berwisata ke Purwakarta.

Tersedia berbagai varian rasa raginang yang wajib Anda cicipi, namun yang paling direkomendasikan adalah raginang terasi. Raginang ini dibuat dengan menggunakan campuran bahan terasi sehingga menambah aroma yang khas dan rasa yang lebih maknyus.

3. Opak Gurih-Gurih

Opak Gurih-Gurih

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Makanan tipis dan garing selanjutnya adalah opak gurih-gurih. Sesuai namanya, makanan ini sangat gurih dan nikmat. Opak gurih-gurih terbuat dari campuran tepung beras dengan bumbu penyedap yang lainnya. Setelah adonan dibuat, adonan opak dibentuk lingkaran dan dipipihkan. Setelah itu, dikukus lalu dijemur hingga benar-benar kering.

BACA:  Taman Satwa Cikembulan, Destinasi Wisata Favorit di Garut

Jika Anda membeli opak gurih-gurih, Anda bisa membeli opak mentah dan memasaknya di rumah. Sementara itu, jika tidak ingin repot, maka disarankan untuk membeli opak yang sudah matang. Pemasakkan opak ini dilakukan dengan cara dibakar sehingga aroma dan rasanya sangat khas.

4. Semprong

Semprong

Image Credit: Tribunnews.com

Tidak kalah dari raginang, semprong juga memiliki tekstur yang renyah dan membuat ketagihan. Semprong memiliki bentuk seperti tabung yang panjang tanpa isi. Cita rasa kudapan yang satu ini adalah manis dan gurih.

Semprong terbuat dari bahan utama tepung beras, santan, telur, dan gula. Umumnya, semprong juga diberi biji wijen yang akan membuat rasanya semakin gurih.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit: Annienugraha.com

Sate maranggi merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Purwakarta. Ketika Anda melancong ke Purwakarta, sate maranggi sangat wajib untuk dibeli. Sate maranggi memiliki rasa yang sangat lezat dan sangat kaya akan rasa rempah.

Sate maranggi terbilang unik karena tidak sama seperti sate pada umumnya yang dibakar kemudian dituangi bumbu sate di atasnya. Sebelum dibakar, sate maranggi dimarinasi dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, laos, jahe, ketumbar, gula merah, dan lain-lain. Setelah itu, sate maranggi dibakar dan siap disantap dengan sambal tomat yang segar.

6. Simping

Simping

Image Credit: Farlys.com

Mirip seperti semprong, simping juga bertekstur renyah dan gurih. Namun, simping biasanya dicetak pipih, berbentuk lingkaran, dan memiliki motif menarik yang timbul. Simping biasanya dibuat dengan warna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, kuning, hingga hijau.

Di masyarakat Sunda, simping juga dikenal sebagai kue gapit karena dalam proses pembuatannya, simping digapit oleh alat khusus pembuat simping. Itu mengapa, bentuk simping sangat tipis dan garing. Kudapan legendaris ini sangat cocok dijadikan sebagai teman menonton Anda.

7. Manisan Pala

Manisan Pala

Image Credit: Purwakartakab.go.id

Oleh-oleh selanjutnya adalah kudapan dengan rasa yang manis, yaitu manisan pala. Komposisi utama manisan pala adalah buah pala. Perlu diketahui, buah pala memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya dapat menjaga kesehatan kulit, mulut, dan kestabilan tekanan darah.

Di Purwakarta, manisan pala tersedia dalam bentuk basah dan kering. Manisan pala yang basah memiliki kandungan air yang sangat menggiurkan. Sementara itu, manisan pala yang kering tidak memiliki kandungan air sehingga akan tampak bulir-bulir gula menyelimuti setiap irisan buah pala.

BACA:  Paralayang Majalengka, Wisata Ekstrim yang Harus Anda Coba

8. Iket Sunda

Iket Sunda

Image Credit: Tokopedia.net

Selain makanan yang beraneka ragam, iket sunda juga pantang untuk dilewatkan. Iket sunda bisa menjadi ciri dan pengingat bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di Tanah Sunda. Terutama jika Anda merupakan pelancong yang berasal dari luar suku Sunda. Pengalaman berkesan selama di Purwakarta akan selalu terkenang ketika Anda mengenakan iket ini.

Iket sunda sangat mudah didapatkan di toko oleh-oleh yang khusus menjajakan souvenir. Iket sunda terbuat dari kain batik dengan motif yang khas. Anda bisa membeli iket yang praktis atau bisa langsung dipakai di kepala atau bisa juga membeli iket yang harus Anda simpulkan sendiri.

9. Gula Aren Cikeris

Gula Aren Cikeris

Image Credit: Travelingyuk.com

Gula aren cikeris juga sayang untuk dilewatkan. Gula aren cikeris termasuk ke dalam kategori oleh-oleh legendaris di Purwakarta. Anda dapat dengan mudah menemui gula aren cikeris di sentra oleh-oleh yang Anda datangi.

Gula aren cikeris berbeda dengan gula aren pada umumnya. Ciri khas yang sangat melekat adalah bentuknya yang unik karena dicetak menggunakan bambu yang berdiameter 3 cm. Selain itu, aroma gula aren cikeas ini juga sangat kuat.

10. Boneka Menong

Boneka Menong

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Boneka menong adalah kerajinan tangan khas Purwakarta. Kata menong merupakan sebuah akronim yang berasal dari kata “me” yang bermakna manusia dan kata “nong” yang bermakna cantik. Boneka menong dibuat untuk menggambarkan kecantikan perempuan-perempuan Indonesia.

Karakter boneka menong sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya karena dipenuhi dengan aksesori pakaian adat Indonesia. Pada dasarnya, boneka menong adalah boneka keramik dengan unsur lokalitas yang kuat.

11. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Image Credit: Diantin.com

Peuyeum bendul merupakan tape khas Purwakarta yang memiliki cita rasa manis. Peuyeum bendul dibuat dengan bahan dasar singkong berukuran utuh. Oleh karena itu, Anda akan melihat beberapa peuyeum yang diikat menggunakan tali, kemudian digantung.

Dari tampilannya, peuyeum bendul sangat menarik. Dari rasanya, peuyeum bendul juga sangat nikmat. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang selalu membeli peuyeum bendul ketika berkunjung ke Purwakarta.

BACA:  Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Tasikmalaya

12. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Image Credit: Detik.com

Selain terkenal dengan kerjinan keramiknya, Purwakarta juga terkenal dengan kerajinan bambunya. Hal ini dikarenakan Purwakarta juga merupakan salah satu daerah penghasil bambu. Itu mengapa, Anda akan dengan mudah menjumpai penjual souvenir kerajinan bambu di Purwakarta.

Bambu yang digunakan sebagai media pembuatan kerajinan bambu adalah bambu wulung atau bambu hitam. Bambu wulung memiliki tampilan yang estetis dan tahan lama. Kerajinan bambu khas Purwakarta ini juga menjadi incaran wisatawan asing. Tersedia berbagai kerajinan, seperti gelas, jam tangan, dan mainan untuk anak-anak.

13. Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin

Image Credit: Kurio.id

Kerupuk miskin memiliki nama yang unik karena penyematan kata miskin di dalamnya. Namun, kata miskin dalam hal ini berfungsi untuk mendeskripsikan cara penggorengan yang sangat sederhana. Caranya adalah dengan memakai pasir pantai yang dipanaskan. Kemudian, kerupuk miskin disangrai di antara pasir tersebut.

Tekstur kerupuk miskin sangat kriuk dan gurih. Kerupuk miskin biasanya dipasarkan dengan menggunakan plastik bening, sehingga akan tampak kerupuk miskin dengan warna putih dan merah muda yang mencolok.

14. Surabi

Surabi

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Oleh-oleh selanjutnya adalah makanan yang juga legendaris, yakni surabi. Bahkan, saking legendarisnya, surabi dijadikan sebagai judul lagu, yaitu “Surabi Haneut” yang berarti surabi hangat. Makanan yang terbuat dari tepung beras ini memang sangat nikmat jika dinikmati dalam keadaan hangat.

Anda bisa menikmati surabi dengan rasa yang manis maupun asin. Apabila Anda ingin menikmati surabi dengan rasa yang manis, Anda bisa membeli surabi dengan kuah kinca gula. Kinca gula terbuat dari gula merah dan air yang digodog hingga mengental. Apabila Anda ingin menikmati surabi dengan rasa yang asin, Anda bisa membeli surabi dengan topping oncom.

15. Mie Tiga Warna

Mie Tiga Warna

Image Credit: Ihategreenjello.com

Mie tiga warna tidak kalah populer dengan oleh-oleh lainnya. Mie tiga warna sangat istimewa karena sesuai dengan namanya, mie ini memiliki tiga warna yang menarik. Sementara itu, mie pada umumnya hanya berwarna kuning saja.

Mie tiga warna tersedia dalam warna hijau, merah, dan kuning. Mie ini juga diklaim sebagai mie sehat karena pewarna makanan yang digunakan untuk mie ini berasal dari sayuran.

Demikian daftar oleh-oleh khas Purwakarta yang sangat direkomendasikan untuk Anda bawa pulang. Rupanya, selain menjadi destinasi wisata yang sangat menarik, Purwakarta juga memiliki kekayaan kuliner legendaris dan kerajinan yang luar biasa.