25 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

19 Tempat Wisata di Bantul

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama seperti Yogyakarta, daerah ini juga memiliki berbagai destinasi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan.

Jika Anda sudah bosan dengan wisata yang ada di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata yang ada di kabupaten ini. Anda bisa memilih berbagai destinasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Berbagai macam destinasi dapat Anda pilih baik wisata religi, wisata alam, maupun wisata sejarah.

Berikut ini rekomendasi 25 Tempat Wisata di Bantul yang bisa Anda kunjungi jika sedang berjalan jalan ke Yogyakarta. Apa saja itu?

1. Goa Selarong

Goa Selarong

Image Credit: Google Maps (Mas Danangku)

Bantul memiliki berbagai daya tarik wisata. Wisata edukatif berbasis sejarah bisa ditemui di Goa Selarong. Gua ini merupakan gua bekas benteng Pangeran Diponegoro dengan sebutan lain Goa Diponegoro. Nilai historisnya yang tinggi menjadi daya tarik di tempat ini. Meskipun, secara visual gua ini tidak secantik gua wisata alam.

Di samping bisa belajar sejarah, Anda disuguhkan panorama alam yang begitu asri. Hal menarik yang bisa ditemui di tempat ini adalah ibu-ibu sepuh yang berjualan buah di anak tangga. Karena Goa Selarong termasuk tempat sakral, Anda dilarang untuk datang dengan tujuan pesugihan. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat siang hari.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Image Credi: Maribolangyuk.blogspot.com

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di provinsi Yogyakarta. Di pantai ini Anda bisa melihat sunset, berkuda, naik bendi, main layangan, surfing, dan berbagai aktifitas lain.

Pantai yang memiliki jarak 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini berlokasi di desa Parangtritis, Bantul. Hanya dengan jarak tempuh sekitar 30 menit hingga 45 menit Anda sudah bisa sampai di pantai yang asri dan bersih ini. Untuk bisa masuk ke lokasi pantai, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Image Credit: Google Maps (Dwi Darman)

Hutan ini merupakan salah satu destinasi wisata alam paling hits di Bantul. Di tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti trekking, duduk di atas hammock, hingga berfoto. Hal yang ikonik dari tempat ini yaitu aula alam dengan panggung serta kursi-kursi kayu di sekelilingnya.

Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang elok dengan hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi. Begitu tiba di sana, Anda bisa bersantai sembari menghirup udara segar yang sejuk. Selain itu, juga bisa menikmati keindahan alam berupa lembah dan barisan bukit-bukit serta barisan pohon pinus melalui gardu pandang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek okasi
Alamat: Jl. Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Image Credit: Pegipegi.com

Keindahan Pantai Parangkusumo tidak kalah dengan pantai yang sudah terkenal seperti pantai parangtritis. Pantai ini biasanya digunakan untuk ritual Labuhan atau Melasti, jika Anda ingin melihat upacara tersebut secara langsung maka carilah waktu berkunjung yang tepat.

Pantai Parangkusumo berjarak sekitar 30 kilometer di bagian selatan dari kota Yogyakarta. Dengan biaya Rp 3.000 saja Anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan yang diberikan oleh pantai ini. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap diantaranya adalah penginapan, toilet, masjid, rumah makan, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Image Credit: Traveloka.com

Gumuk Pasir atau gundukan pasir yang ada di Pantai Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata yang jarang bisa ditemukan bahkan di dunia sekalipun. Berada satu kawasan dengan Pantai Parangkusumo, Anda bisa menikmati dua destinasi wisata sekaligus jika mengunjunginya.

Tempat ini sangat cantik untuk Anda jadikan background foto kemudian di unggah di sosial media. Pasir yang menggunung berasa sedang berada di wilayah padang pasir Afrika saja. Gumuk pasir ini memiliki ketinggian antara 5 meter hingga 15 meter, sehingga bisa dijadikan tempat untuk melakukan sandboarding.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Image Credit: Google Maps (Sigit Arianto)

Air Terjun Lepo dikenal sebagai air terjun yang memiliki empat kolam yang menawan. Keunikan yang ada di tempat ini yakni ketika sedang kemarau, air terjun akan berubah menjadi sungai. Ketika musim hujan, akan kembali menjadi air terjun. Warna hijau zamrud pada air di tempat ini begitu menyegarkan mata.

BACA:  25 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Airnya yang begitu tenang membuat semua pengunjung merasa aman jika ingin berlama-lama berenang atau hanya bermain air. Kolam pertama dan keempat cocok untuk tempat orang dewasa berenang. Sedangkan, untuk anak-anak bisa berenang di kolam kedua dan ketiga karena lebih dangkal. Mencoba pengalaman berdiri di bawah air terjun, Anda akan merasa seperti sedang dipijat oleh air.

Pemandangan pepohonan hijau akan membuat Anda merasa rileks. Tempat ini juga bisa menjadi spot foto menarik yang instagenik. Fasilitas yang disediakan di tempat ini berupa tempat ibadah, kamar mandi, toilet, dan warung makan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Dlingo, Kec. Dlingo, I, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Rumah Budaya Tembi

Rumah Budaya Tembi

Image Credit: Booking.com

Rumah ini sebagai museum yang menyimpan berbagai dokumentasi tentang sejarah maupun budaya Jawa. Di waktu yang tepat, Anda bisa melihat pertunjukan tari tradisional, pementasan drama, hingga pameran pameran seni dan budaya.

Rumah Budaya Tembi memberikan pemandangan indah dari sawah yang terbentang hijau dan bentuk rumah joglonya. Dari keunikan inilah, tempat wisata ini bisa Anda jadikan salah satu alternative untuk liburan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis, Tembi, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Pemandian Air Panas Parang Wedan

Pemandian Air Panas Parang Wedan

Image Credit: Google Maps (Mas Novianti Subiantoro)

Pemandian ini merupakan wisata sumber air panas yang direkomendasikan untuk wisatawan. Tempat ini cocok dikunjungi bagi orang-orang yang lelah setelah beraktivitas. Pemandian Air Panas Parang Wedan terletak di kawasan wisata Pantai Parangtritis sehingga akses menuju tempat ini mudah dijangkau.

Hal yang tidak boleh ketinggalan dari tempat ini adalah aktivitas berendam. Uniknya, meskipun berendam di tempat ini dapat mengobati penyakit kulit, namun air di pemandian ini tidak berbau belerang. Pemandian ini memiliki tiga mata air dengan kedalaman sepuluh meter, yang masih terjaga dan sangat jernih. Mitosnya, pemandian ini muncul akibat kesaktian Sultan Hamengkubuwono VI.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis, Kec. Parangtritis, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Curug Pulosari

Curug Pulosari

Image Credit: Tuguwisata.com

Curug atau air terjun merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak digemari, termasuk Curug Pulosari. Curug ini bersumber dari aliran air sungai alami dari kawasan perbukitan yang berada di sekitar lokasi Curug Pulosari.

Meskipun pancuran yang dihasilkan dari curug ini terbilang kecil, namun kesegaran air dan udara tetap bisa membuat Anda nyaman. Lokasi di sekitar kawasan dikenal cukup kering, sehingga keberadaan curug ini bisa menambah keindahan pemandangan di sekitar lokasi. Jika berminat Anda bisa mengunjungi Curug Pulosari di Krebet, Bantul.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, DI Yogyakarta.

10. Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan

Image Credit: Google Maps (Yuddi W)

Nama gua ini diambil dari sebuah batu yang menyerupai bentuk gajah. Goa Gajah Mangunan sangat dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena keindahannya. Yang menjadi ikon dari gua ini adalah cahaya surga, yakni cahaya matahari yang masuk melalui celah langit gua seperti sedang disorot cahaya. Selain itu, juga tumbuh pohon besar yang hidup di dalam gua.

Bagi Anda yang suka berpetualang, gua ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata dengan aktivitas susur gua. Secara resmi, kedalaman gua ditetapkan sejauh 150 meter meski belum dieksplor seluruhnya. Berkunjung ke tempat ini, diwajibkan untuk menyewa pemandu agar keamanan terjamin.

Disarankan untuk memakai pakaian yang sesuai karena medan yang licin dan lembab serta berlumut. Jika Anda tidak membawa alat penerangan, Anda bisa menyewa headlamp dengan harga murah agar bisa berjalan di dalam goa yang sangat gelap. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah ketika matahari terik agar bisa mendapat foto yang bagus dan instagenik.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mangunan, Lembah Bang, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Puncak Becici

Puncak Becici

Image Credi: PaketwisataYogyakarta75.com

Tempat wisata ini menjadi spesial karena pernah dikunjungi oleh mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama. Spot yang menjadi favorit pengunjung adalah selfie deck atau yang juga disebut dengan gardu pandang. Dari tempat ini Anda bisa melihat berbagai pemandangan indah Yogyakarta.

BACA:  Pantai Sadranan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah di sore hari, karena sunset yang terlihat benar sangat indah jika diabadikan dalam foto. Selain sunset, di pagi hari pemandangan sunrise yang dihadirkan juga tak kalah indahnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunungcilik, Muntuk, Kec.  Dlingo, Kab.  Bantul, DI Yogyakarta.

12. Goa Cerme

Goa Cerme

Image Credit: Google Maps (Muhadi Cater)

Gua ini termasuk salah satu wisata alam yang merangkap sebagai wisata religius. Ketika mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan jalanan yang berkelok, naik turun, dan sempit namun mudah dijangkau. Nama “cerme” diambil dari kata ceramah yang berarti pembicaraan. Hal ini dikaitkan dengan kabar burung mengenai Wali Songo yang katanya singgah untuk menyebarkan agama islam di Pulau Jawa.

Goa Cerme merupakan salah satu wisata sejarah yang cukup sepi dibanding wisata sejarah lainnya. Memasuki tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang begitu memesona serta sungai bawah tanah dan gerombolan kelelawar. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di tempat ini adalah melihat koleksi benda prasejarah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

13. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Image Credit: Ksmtour.com

Air Terjun Randusari yang berada di Dlingo, Bantul memiliki ketinggian 12 meter hingga 13 meter dan kedalaman 1 hingga 3 meter membuat air terjun ini cukup indah untuk dipandang. Tidak hanya itu saja udara dan suasana yang asri akan membuat Anda lebih fresh untuk memulai aktivitas baru.

Air Terjun Randusari bisa Anda tempuh dengan jarak kurang lebih 20 meter dari pusat kota Yogyakarta. Dengan kendaraan pribadi Anda bisa melewati rute Yogyakarta-Wonosari atau jalur ke Gunung Api purba nglanggeran.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Kec.  Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Makam Raja-Raja Imogiri

Makam Raja-Raja Imogiri

Image Credit: Derryku.blogspot.com

Makam Raja-Raja Imogiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang berada di Imogiri, Bantul. Pemakaman ini menjadi sakral dan suci karena disinilah para raja raja yang pernah memimpin kerajaan Mataram beserta keluarganya dimakamkan.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berziarah baik dari dalam kota Yogyakarta sendiri maupun luar kota seperti Solo. Makam yang dibangun sejak tahun 1632 ini memiliki keunikan tersendiri untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Kulon, Wukirsari, Kec.  Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Image Credit: Joglowisata.com

Mendengar namanya Anda pasti ngeri karena jurang bisa dijadikan tempat wisata, namun jurang ini aman untuk Anda kunjungi. Saat ini Jurang Tembelan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi karena menghadirkan berbagai panorama keindahan alam.

Lokasi dari tempat wisata eksotis satu ini tidak jauh dari gardu pandang Mangunan. Dan merupakan tempat wisata baru yang ada di wilayah kabupaten Bantul sehingga recommended untuk didatangi terutama bagi Anda yang sedang mencari lokasi wisata baru.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

16. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Image Credit: Ksmtour.com

Selain sebagai lokasi wisata ternyata Seribu Batu Songgo Langit juga bisa digunakan sebagai wisata edukasi untuk anak maupun keluarga Anda. Anda bisa memperkenalkan alam kepada anak Anda agar mereka lebih mencintai alam.

Terdapat berbagai pepohonan yang teduh dan rumah hobbit yang indah di lokasi wisata ini. Selain itu terdapat berbagai permainan yang bisa Anda mainkan seperti flying fox. Untuk bermain flying fox Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab.  Bantul, DI Yogyakarta.

17. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Image Credit: Ranselhitam.com

Tidak hanya lokasinya saja yang indah, namun pemandangan di sekitar jalan menuju lokasi Hutan Pinus Pengger ini juga tak kalah indah. Tapi jika Anda datang di malam hari harus berhati-hati karena jalanannya cukup sulit untuk dilewati.

Terdapat spot foto yang indah seperti tangan raksasa dan rumah Indian dari ranting kayu yang bisa Anda jadikan background. Hanya dengan tiket seharga Rp 2.000 saja Anda sudah bisa menikmati berbagai pemandangan yang diberikan.

BACA:  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan
Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

18. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur

Image Credit: Wisatakaka.com

Tebing Watu Mabur merupakan salah satu Objek Wisata di Bantul yang menghadirkan pemandangan indah di sore hari. Sunrise atau matahari terbit yang dihadirkan menampilkan gradasi warna yang indah jika diabadikan dalam foto.

Wisata yang terletak di Dlingo, Bantul ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda bisa menikmati berbagai pemandangan yang dihadirkan dengan gratis.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

19. Taman Tino Sidin

Taman Tino Sidin

Image Credi: Tamantinosidin.net

Untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan masa kecil, taman tino sidin yang berada di Bantul sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Tino Sidin merupakan seniman terkenal di Indonesia pada era 1980an.

Dia dulu membawakan sebuah acara populer yaitu Gemar Menggambar yang disiarkan di stasiun TVRI. Jika Anda merasa pernah menontonnya dan ingin bernostalgia dengan mengunjungi taman ini, bisa datang langsung ke lokasi yang ada di Bantul.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tino Sidin No.297, Kdipiro, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

20. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Image Credit: Nativeindonesia.com

Bukit Panguk Kediwung dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan karena dari gardu yang ada di bukit ini Anda bisa melihat hamparan awan yang indah. Karena keindahannya tersebut banyak wisatawan yang memanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding.

Tempat wisata ini mulai populer karena berada di wilayah yang dekat dengan lokasi wisata lain sehingga mulai dikunjungi. Anda hanya tinggal membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk satu motor dan Rp 5.000 untuk satu mobil untuk bisa masuk ke wilayah bukit.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab.  Bantul, DI Yogyakarta.

21. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu

Image Credit: Pustakapedia.net

Bukit satu ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan bukit lain yang ada di Dlingo, Bantul. Selain itu terdapat berbagai spot untuk foto yang bagus untuk Anda gunakan sebagai background.

Kebanyakan anak muda yang mengunjungi bukit ini untuk menghabiskan waktu bersama. Suasana yang dihadirkan memang romatis apalagi ketika sore dan malam hari.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

22. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Image Credit: In.al-atheer.id

Kabupaten Bantul memang memiliki berbagai jenis tempat wisata yang bisa Anda pilih termasuk dengan wisata edukasi. Kampung edukasi watu lumbung merupakan tempat wisata yang bisa Anda jadikan sarana liburan dan edukasi sekaligus.

Lokasinya berada di Jalan Pangliman Sudirman, Paragtritis, Bantul yang tidak terlalu jauh dari pantai parangtritis. Hanya dengan berkendara sejauh 4 kilometer dari Pantai Parangtritis Anda sudah tiba di Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

23. Pantai Samas

Pantai Samas

Image Credit: Pegipegi.com

Wisata pantai yang dimiliki kabupaten Bantul selanjutnya adalah Pantai Samas. Pantai ini memiliki pemandangan indah dan eksotis untuk Anda pecinta wisata pantai.

Terletak di kecamatan Sanden, Bantul hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Ombak yang dimiliki pantai ini cukup besar dan dengan angin yang kencang sehingga Anda harus selalu berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

24. Pantai Depok

Pantai Depok

Image Credit: Tempatasik.com

Wisata pantai yang ada di Bantul memang banyak dan seperti tidak ada habisnya, selanjutnya adalah Pantai Depok. Pantai ini juga berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis yaitu di Jalan Depok, Parangtritis, Bantul.

Tidak hanya panoramanya saja yang bisa Anda nikmati, namun kuliner di tempat ini juga wajib untuk dicoba. Hidangan laut menjadi menu yang paling digemari, tak heran jika pantai ini selalu ramai oleh pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

25. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

Image Credit: Wisnuherlambang.com

Rekomendasi tempat wisata yang terakhir adalah Pantai Pandansari. Pantai yang berada di desa Sanden, Bantul ini memiliki daya tarik yaitu mercusuar yang berdiri gagah di sekitar lokasi.

Mercusuar tersebut dibangun diantara pohon cemara laut yang rindang dan berada di pinggir Pantai Pandansari. Untuk sampai ke atas mercusuar Anda harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu. Namun, kelelahan tersebut akan segera hilang dengan pemandangan yang dihadirkan dari atas mercusuar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Itulah informasi mengenai 25 Destinasi Wisata di Bantul yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Semoga informasi tersebut dapat berguna untuk Anda yang bingung memilih destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat liburan bersama teman atau keluarga.