Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Goa Selarong adalah objek wisata yang terletak di Bantul, Yogyakarta, dimana keberadaannya selalu dikaitkan oleh tempat bersejarah dan hal mistis. Banyak orang yang menjadikan goa ini sebagai tujuan wisata religi. Dahulunya goa tersebut dijadikan tempat menyendiri oleh Pangeran Diponegoro.

Kemudian dipakai juga sebagai basis perang gerilya dalam melawan Hindia Belanda. Tempat ini dipilih sebab tempat tinggalnya diserang hingga dibakar oleh Hindia Belanda. Pengunjung yang datang ke goa ini biasanya dikarenakan mereka ingin mengingat tentang sejarah perjuangan dari Pangeran Diponegoro.

Dengan begitu, Anda yang berwisata ke Goa Selarong dijamin akan meningkatkan wawasan mengenai sejarah. Selain kental dengan sejarah, goa ini pun menawarkan keindahan yang tak terhingga. Oleh sebab itu, tak mengherankan bila menjadi salah satu objek wisata yang begitu terkenal di Tanah Air.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Selarong

Daya Tarik Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Eko Andhi Wardhana

1. Lokasinya yang Curam

Kompleks Goa Selarong terletak di kawasan perbukitan kapur dengan ketinggian yang kurang lebih mencapai 35 m. Goa ini sendiri lokasinya tergolong sangat curam, sehingga untuk tiba di sana Anda perlu melalui beberapa ratus anak tangga yang jauhnya sekitar 400 m. Selarong ini dapat dibilang sempit sebab hanya mempunya lebar kurang lebih 3 m saja.

Sementara untuk tinggi sendiri bahkan tidak sampai 2 m. Adapun untuk panjang goa yang ke dalamnya adalah sekitar 3 m. Goa yang oleh Pangeran Diponegoro dijadikan sebagai markas tersebut berbentuk bukit batu dan memiliki dua buah lubang. Konon, kedua lubang itulah yang dijadikan sebagai tempat sembunyi Pangeran Diponegoro saat dikejar oleh Hindia Belanda.

2. Udara di Area Goa yang Segar

Saat Anda berada di area Goa Selarong yang sangat terkenal ini, maka akan takjub dengan sensasi udaranya yang begitu segar. Hal ini tak lain karena di sekitar sana terdapat air terjun dan juga dipenuhi dengan pepohonan hijau yang rimbun. Sehingga, suasana yang terbangun di kawasan tersebut terasa begitu asri.

Tak heran jika kebanyakan pengunjung yang datang ke sini adalah mereka yang tinggal di perkotaan yang padat. Udara segar di tempat ini akan membuat siapa saja merasa rileks dan lupa dengan masalah sehari-hari.

3. Goa Kakung dan Goa Putri

Terdapat dua goa lainnya yang masih menjadi bagian dari Goa Selarong. Dua goa yang dimaksud tak lain adalah Goa Kakung dan Goa Putri yang juga turut menampilkan keindahannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Eres

Goa Selarong berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Kembangputihan, Guwosari, Kecamatan Pajangan. Untuk tiba di lokasi goa, sebaiknya Anda naik kendaraan pribadi saja dikarenakan transportasi umum tak ada yang mencapai ke lokasi.

Jarak goa dengan perkotaan Yogyakarta kurang lebih hanya 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menitan saja. Anda dapat memakai jasa sewa mobil yang tersedia di Yogyakarta jika ingin perjalanan terasa semakin nyaman dan aman.

Bila Anda mulai dari titik nol km menuju ke lokasi goa, maka hanya memakan waktu kisaran 32 menit dengan jarak perjalanan kurang lebih 12, 7 km saja. Dari titik nol km, arahkan kendaraan Anda ke Timur melewati Jalan Panembahan Senopati lalu terdapat perempatan belok ke Selatan melalui Jalan Brigjend Katamso.

Setelah itu, lurus terus sampai menemukan perempatan, beloklah ke Barat untuk menuju ke Kalan Mayjend Sutoyo dan menuju arah Selatan ke Jalan Panjaitan. Nah, dari Jalan Panjaitan itu Anda akan menjumpai perempatan.

Arahkan kendaraan menuju Barat melewati Jalan Suryodiningratan lalu lurus sampai melewati Jalan Bantul. Kemudian, beloklah ke arah Barat untuk melewati Jalan Selarong sampai tiba di Jalan Goa Selarong yang mana berarti Anda sudah sampai di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Goa Silorang
Image Credit: Facebook Moment Memory Photography

Harga tiket masuk ke Goa Selarong dapat dikatakan murah, yakni 6 ribu rupiah. Biaya tiket tersebut diberlakukan setiap hari yakni mulai Hari Senin sampai Minggu dengan jam operasional mulai 8 pagi hingga 5 sore WIB.

Dengan harga tersebut, setiap pengunjung sudah bisa menyaksikan seluruh isi goa yang menjadi markas dari Pangeran Diponegoro pada zaman dahulu. Selain tiket masuk, pengunjung pun akan dikenakan tarif parkir bagi yang membawa kendaraan.

Untuk kendaraan roda dua ataupun motor akan diharuskan membayar biaya sebesar 2 ribu rupiah. Untuk parkir kendaraan roda empat berupa mobil akan dikenakan sebesar 5 ribu rupiah. Sementara, parkir untuk bus akan dikenai biaya yang sedikit lebih mahal, yakni 10 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Selarong

Aktivitas di Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Bitmaps Stupidios

1. Menikmati Keindahan Goa

Tujuan banyak pengunjung datang ke Goa Selarong tak lain sebab pesona keindahan alamnya yang berhasil menarik banyak perhatian. Goa ini merupakan tujuan wisata yang erat sekali dengan sejarah dan Pangeran Diponegoro. Masuk ke kawasan wisata Anda akan disajikan oleh patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda serta peta wisata.

Setelah itu, Anda harus jalan kaki sejauh 200 meter serta naik anak tangga yang terbilang tinggi. Perjalanan tentunya tak akan membosankan sebab Anda akan dimanjakan oleh pepohonan yang rimbun dan juga bukit kapur. Setelah tiba di lokasi, Anda akan makin dimanjakan lagi oleh keindahan goa dan seisinya.

2. Menikmati Suara Gemercik Air Terjun Goa

Selain tempat wisata yang berupa goa, di sekitar objek wisata tersebut juga ada air terjun yang bisa didatangi oleh pengunjung. Air terjun tersebut pastinya menawarkan keindahan dan keunikan yang luar biasa dan tak boleh dilewatkan. Apalagi, air deras yang mengalir membuar suasana di sama terasi begitu segar.

Suara gemercik air yang mengalir pun sangat menenangkan sampai lelah yang ada di pundak akan seketika hilang. Akan tetapi, saat musim kemarau tiba, maka debit air terjun pun tidak akan sederas biasanya. Walaupun begitu, air terjun akan tetap menarik sekali untuk Anda datangi.

3. Menyantap Hidangan di Kawasan Goa

Bisa dibilang bahwa pengelolaan dari Goa Selarong sendiri cukuplah baik, dimana pelayanan dan fasilitas yang disediakan untuk pengunjung sudah lengkap dan terjamin. Salah satu pelayanan yang akan diberikan yakni adanya sejumlah warung makan yang berjajar di area tersebut.

Setelah cape berjalan menyusuri goa dengan menaiki anak tangga, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba beragam jenis hidangan makanan yang disuguhkan di sana. Anda tak hanya sekedar berlibur menikmati keindahan alam goa saja, namun sekaligus melakukan wisata kuliner.

Aktivitas Menarik di Goa Selarong
Image Credit: Google Maps pika-pika monster

4. Berburu Souvenir Untuk Oleh-Oleh

Goa Selarong yang sungguh menawan ini menyediakan kawasan perbelanjaan souvenir yang mana pengunjung bisa memilih lalu membeli beragam souvenir yang ditawarkan. Adanya tempat perbelanjaan souvenir tersebut tentu saja semakin memudahkan banyak pengunjung untuk beli cindera mata.

Apalagi, pasti rasanya ada yang kurang apabila Anda sedang berwisata tetapi tak beli oleh-oleh apapun. Selain itu, biasanya keluarga di rumah juga menantikan untuk menerima oleh-oleh dari Anda yang pergi berlibur.

5. Berfoto Ria

Jangan sampai kegiatan menarik seperti berfoto ria sampai tidak Anda lakukan ketika ada di Goa Selarong. Berbagai bukti sejarah yang akan Anda temukan di goa bersejarah ini bisa Anda abadikan melalui jepretan kamera yang indah. Adanya bukti berupa foto akan membuat Anda dapat mengenang momen-momen seru ketika menghabiskan waktu berlibur.

Oleh sebab itu, Anda dapat menyiapkan kamera terbaik yang dimiliki untuk dibawa ketika mengunjungi goa ini. Jika Anda tidak memiliki kamera, maka bisa juga menggunakan fitur kamera yang terdapat pada smartphone.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Mohammad Arief

Walaupun Goa Selarong tak bisa dijangkau oleh kendaraan umum, namun objek wisata ini mempunyai fasilitas yang cukup baik. Di sana sudah tersedia fasilitas umum berupa area parkir yang aman dan juga toilet yang bersih. Pengunjung yang datang sendirian ataupun dengan rombongan yang banyak tetap dapat memarkirkan kendaraannya ketika berwisata.

Di lokasi goa tersebut juga telah disediakan mushola karena kebanyakan pengunjung yang datang ke tempat tersebut merupakan kaum muslim. Sehingga, bagi Anda yang ingin melakukan ibadah shalat tak perlu bingung-bingung mencari tempat. Selain itu, goa ini mempunyai taman bermain yang letaknya berada tepat di kaki bukit.

Taman bermain tersebut merupakan salah satu fasilitas menarik bagi Anda yang berkunjung dengan mengajak sang buah hati. Dengan begitu, anak-anak tidak akan merasa bosan ketika berwisata di sana. Bukan hanya itu saja, goa ini pun menyuguhkan tempat berbelanja souvenir untuk buah tangan keluarga di rumah.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai objek wisata unik yang bernama Goa Selarong di Yogyakarta. Bagi Anda yang berencana liburan di Yogyakarta, maka wajib untuk memasukkan goa tersebut ke dalam daftar kunjungan. Dengan berkunjung ke goa tersebut, tentu liburan Anda akan semakin berkesan dan bermanfaat.