Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pergi berwisata ke Jogja memang merupakan keputusan yang tepat untuk dilakukan. Jogja selalu mampu untuk menyuguhkan dan menawarkan keindahan wisata yang begitu memukau. Oleh karena itulah, tidak heran jika selama berada di sana akan mudah untuk menemukan destinasi wisata yang menarik, seperti contohnya Goa Jepang Jogja.

Goa Jepang menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang cukup populer di kawasan Bantul. Mengisi waktu liburan Anda bersama dengan keluarga maupun orang-orang tercinta ke tempat tersebut tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Tempat ini dibangun dengan menggunakan beton, sehingga sangat kokoh bahkan hingga saat ini.

Goa ini sendiri berada di area bukit yang cukup tinggi, sehingga Anda juga bisa sekaligus melihat pemandangan dari Pantai Parangtritis yang sangat memukau. Goa yang terdapat di area Bukit Pundong berjumlah kurang lebih 18. Tujuan dibangun goa-goa tersebut yaitu untuk merebut kekuasaan Belanda atas Indonesia di zaman dahulu.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Jepang

Daya Tarik Goa Jepang
Image Credit: Instagram Official Fanbase KTJ

1. Sejarah Goa Jepang

Salah satu daya tarik yang ditawarkan yaitu sejarah dari tempat itu sendiri. Pada zaman dulu Jepang sangat tergoda oleh berbagai macam keindahan potensi alam yang ada di tanah air. Hal itulah yang akhirnya memotivasi Jepang untuk menjajah Negara Indonesia karena potensi alamnya yang begitu melimpah.

Di saat yang sama negara Belanda tengah berada dalam kondisi yang cukup genting karena pada saat itu negara mereka berperang dengan Negara Jerman. Kondisi itulah yang kemudian menjadi batu loncatan bagi Jepang supaya dapat mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda.

Pada tahun 1942 Negara Jepang mulai masuk ke tanah air untuk merebut kekuasaan dari tangan Belanda. Setelah mereka berhasil mengusir tentara Belanda yang sudah sejak lama berdiam diri di Indonesia, Jepang pun akhirnya membangun berbagai macam tempat dan sarana pertahanan. Salah satunya yaitu goa yang terdapat di Bukit Pundong ini.

2. Keindahan Langit Saat Matahari Tenggelam

Daya tarik yang berikutnya dari tempat wisata tersebut yaitu keindahan langit saat sunset atau matahari tenggelam. Di tempat inilah nantinya Anda dapat melihat fenomena matahari tenggelam yang begitu memukau. Karena itu, disarankan Anda mengunjungi tempat tersebut saat menjelang senja supaya bisa menyaksikan keagungan dari karya sang pencipta.

Lokasi dari Goa Jepang Jogja yang terdapat di perbukitan memang sangat pas untuk Anda melihat keindahan sunset tersebut. Pemandangan dari matahari tenggelam di tempat ini memang tampak lebih istimewa. Di tempat tersebut matahari tenggelam berpadu dengan panorama pantai indah yang sangat elok menggetarkan.

Oleh karena memiliki keindahan yang luar biasa, maka wajar saja jika area wisata ini dijuluki juga dengan Golden Sunset. Berada di tempat ini bersama dengan pasangan atau orang yang Anda cintai sungguh benar-benar bisa mendapatkan momen romantis.

3. Pesona Goa Jepang Parangtritis

Selain juga dikenal karena sejarahnya, Goa Jepang yang berada di kawasan Jogjakarta tersebut mempunyai pesona alam yang mampu membuat siapapun terpukau. Selama Anda menuju ke area wisata goa, nantinya Anda akan menyaksikan berbagai macam pemandangan alam yang indah di kanan dan kiri jalan.

Pemandangan-pemandangan yang terhampar di depan mata merupakan area hijau dari hamparan sawah dan pepohonan yang mampu menyejukkan mata siapa saja yang memandang. Lokasi dari goa tersebut terpisah menjadi beberapa bagian. Namun, antar bagian tersebut masih saling terkait satu sama lain.

Letak goa mulai dari area lereng hingga menuju ke puncak bukit. Di sanalah nantinya para pengunjung akan bisa melihat sisa sejarah masa pendudukan Jepang di kota Jogjakarta. Untuk bisa mencapai lokasi ini pengunjung harus menyusuri jalanan yang cukup menantang dan juga rawan longsor, terlebih pada musim penghujan.

Nuansa goa yang ada di Bantul Jogjakarta tersebut memang cenderung berbeda dengan Goa Jepang yang ada di tempat lain. Goa ini mempunyai ruangan yang cenderung lebih sempit, selain itu udaranya terasa lembab. Saat berada di dalam area goa, pengunjung akan merasakan ruangan yang minim cahaya sehingga tampak gelap.

Ketinggian dari goa itu sendiri mencapai 400 hingga 500 meter. Kontruksi untuk bangunan dibuat dari bahan berupa beton yang bahkan hingga kini masih cukup kokoh berdiri, sekalipun sudah termakan oleh zaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Jepang
Image Credit: Google Maps Anang20

Lokasi tepatnya Goa Jepang yaitu berada di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menemukan area dari tempat wisata memang tidak terlalu susah. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jogjakarta, maka untuk bisa tiba di lokasi wisata, Anda akan menempuh jarak kurang lebih 25 km jauhnya

Jarak tersebut bisa Anda tempuh hanya dalam 50 menit saja. Untuk jalurnya sendiri sudah cukup bagus, sehingga Anda bisa membawa kendaraan roda empat maupun roda dua. Namun perlu diketahui, di beberapa bagian jalan terdapat area sempit untuk dilewati kendaraan, seperti mobil. Selain itu, terdapat beberapa jalanan yang cukup curam dan berbelok.

Maka dari itulah, penting untuk Anda selalu berhati-hati selama di perjalanan. Agar tidak tersesat, maka Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari perangkat smartphone. Anda bisa mengakses Google Maps, kemudian mencari rute paling mudah dan terbaik untuk menuju ke tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Jepang
Image Credit: Instagram Yulius Ragil Yuliyanto

Untuk bisa menikmati keindahan wisata Jogja, maka Anda tidak akan memerlukan biaya yang besar. Karena memang Goa Jepang ini termasuk dalam salah satu tempat wisata murah meriah yang bisa dikunjungi oleh siapapun. Tidak ada biaya tiket masuk, sehingga Anda bisa bebas keluar masuk area wisata.

Namun untuk Anda yang kebetulan tengah membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir mobil sendiri sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000. Terdapat beberapa spot foto instagramable yang bisa Anda peroleh selama berada di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Jepang

Aktivitas Menarik Goa Jepang
Image Credit: Instagram Pinkan Beby

1. Explorasi Kawasan Goa Jepang

Di Goa Jepang Jogja Anda bisa menikmati keindahan dari goa yang merupakan peninggalan bangsa Jepang. Jika di sini Anda termasuk penikmat wisata sejarah, maka tempat tersebut memang sangat pas dan cocok sekali untuk dikunjungi. Anda dapat melihat goa yang sengaja dibangun pada masa pendudukan Jepang sebagai wilayah pertahanan.

Nantinya Anda juga diperbolehkan untuk menyusuri dan mengeksplorasi kawasan bersejarah tersebut. Anda bisa merasakan suasana gelap dan lembab di tempat ini. Tentunya bayangan Anda akan dibawa ke masa lalu, dimana ketika itu pasukan Jepang berada di dalam goa dengan berbagai macam peralatan militer yang lengkap.

2. Menikmati Keagungan Alam

Seperti yang telah di tulis di atas, bahwa lokasi tepatnya Goa Jepang ini berada di area lereng bukit Pundong. Bukit Pundong sendiri merupakan daerah yang mempunyai banyak sekali pemandangan alam yang luar biasa indah. Tidak hanya itu saja, sepanjang jalan Anda menuju ke tempat tersebut akan disuguhkan pemandangan yang begitu asri dan alami.

Udara di kawasan bukit ini begitu segar dan nyaman, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan bersantai sambil menikmati keagungan alam sekitar. Pepohonan hijau dikombinasikan dengan angin yang sepoi-sepoi tentu membuat siapapun merasa betah selama berwisata di sini.

3. Berburu Foto Instagramable

Berburu foto juga merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan selama Anda berlibur di Goa Jepang tersebut. Di sanalah nantinya Anda bisa memperoleh banyak sekali objek foto, seperti arsitektur goa dan bentuk bangunan yang begitu gelap dan indah. Dengan Anda berpose di depan kamera pasti akan menghasilkan foto yang begitu menarik.

Latar belakang tempat tersebut bisa dijadikan sebagai area terbaik untuk memperoleh gambar yang instagramable. Setelah Anda memperoleh gambar terbaik, maka jangan lupa untuk segera membagikan hasil jepretan Anda di sosial media.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Jepang
Image Credit: Facebook Eri Ruliati

Goa Jepang berada di area bukit, oleh karena itu, fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini masih terbilang kurang lengkap dan sangat terbatas. Tempat wisata tersebut memang masih belum dikelola dengan maksimal untuk dijadikan destinasi favorit.

Ketika Anda mengunjungi Goa Jepang di wilayah Bantul ini, maka Anda akan menemukan fasilitas umum seperti toilet. Lokasi parkir yang tersedia di tempat tersebut juga cukup luas dan Anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkan kendaraan, karena dijamin aman.

Untuk yang hobi melakukan fotografi, maka Anda juga bisa melakukan kegiatan hunting foto di tempat tersebut. Karena ada beberapa spot foto menarik yang bisa Anda gunakan. Sedangkan bagi Anda yang ingin menginap di wilayah pantai sekitar Parangtritis, Anda bisa menemukan beberapa penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah tadi ulasan mengenai Goa Jepang Jogja yang patut untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun teman. Tempat wisata sejarah ini menyimpan kisah-kisah masa lalu yang sangat menarik untuk diikuti. Karena itu, saat liburan tiba, jangan sia-siakan waktu, Anda harus segera meluncur ke Bantul Jogyakarta.