Harga Tiket: Gartis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.; Map: Cek Lokasi

Terdapat banyak sekali area wisata yang cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga, salah satunya yaitu pantai yang ada di Kota Bantul yang bernama Pantai Pelangi. Pantai eksotis ini merupakan destinasi wisata yang cukup populer dan layak untuk Anda jadikan sebagai tempat menghabiskan waktu berlibur.

Jika Anda pernah mengunjungi Pantai Parangtritis sebelumnya, maka Pantai Pelangi berada tak jauh dari pantai tersebut. Pantai ini memang tidak sepopuler seperti halnya Pantai Parangtritis, namun meski begitu keindahan yang dimiliki kawasan pantai tak kalah menarik. Daya tarik yang ditawarkan tempat tersebut akan membuat Anda merasa puas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pelangi

Daya Tarik Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps Christopher Swenrijando

1. Area Penangkaran Penyu

Daya tarik yang disuguhkan oleh Pantai Pelangi yaitu di tempat tersebut Anda akan menemukan area penangkaran penyu. Saat penyu akan bertelur, biasanya penyu akan mulai naik ke daratan dan menimbun telurnya di bawah pasir.

Telur-telur tersebut nantinya yang akan di ambil oleh pihak pengelola penangkaran dan telur-telur akan ditetaskan di sebuah tempat khusus di penangkaran.

Saat tukik penyu mulai menetas dan cukup dewasa, maka pihak pengelola akan mulai membawa tukik tersebut ke daerah pantai. Pelepasan tukik merupakan rutinitas tahunan yang mereka lakukan. Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut dan bertepatan pada hari pelepasan tukik, maka Anda merupakan pengunjung yang beruntung.

Penyu yang ada di Pantai Pelangi memang berjumlah cukup banyak. Namun ketika penyu sudah selesai bertelur, maka mereka akan langsung meninggalkan telur-telur mereka di bawah pasir, sehingga hal tersebut menjadi sasaran empuk bagi binatang lain. Oleh karena itu, akhirnya di pantai tersebut dibuat area konservasi untuk telur penyu.

2. Keindahan Langit Senja yang Memukau

Tidak dapat dipungkiri bahwa langit senja memang mampu menyuguhkan keindahan luar biasa. Begitupula langit senja yang ada di Pantai Pelangi ini. Karena keindahan tersebut maka wisatawan rela untuk datang dan menunggu hingga akhirnya matahari tenggelam di ufuk Barat.

Sekalipun pantai tersebut relatif memiliki pengunjung yang tidak terlalu banyak, tapi keindahan dari pantai akan semakin memancar ketika menginjak sore hari. Di sanalah nantinya Anda akan bisa melihat langsung pesona langit senja yang memukau lagi menawan.

Momen romantis bagi Anda yang kebetulan membawa pasangan akan membuat liburan jadi lebih mengesankan. Jangan lupa untuk mengabadikan tiap momen spesial tersebut dan membagikannya di sosial media.

3. Pantai yang Bersih

Dikarenakan pantai ini masih belum begitu populer dan banyak dikunjungi, maka wajar saja jika kondisi Pantai Pelangi Bantul terbilang bersih. Anda akan melihat keindahan pantai yang berwarna biru dipadu pasir yang halus dengan warna kecoklatan. Area bibir pantai cukup landai, sehingga aman bagi siapapun yang ingin bermain di sekitaran pesisir.

Terdapat pepohonan hijau yang tumbuh subur di area sekeliling pantai, pepohonan tersebut membuat suasana sekitar jadi lebih rindang. Pohon yang ada di sekitar pantai memang banyak digunakan sebagai area untuk berenang dan bersantai. Tidak hanya ditumbuhi oleh pepohonan saja, pantai ini juga dikepung juga bebukitan hijau.

Anda akan menemukan di tempat ini bukit-bukit yang memiliki tebing curam serta memiliki ketinggian beberapa puluh meter dari area permukaan laut. Maka dari itu, wajar jika tempat ini selalu menjadi incaran para pelaku seni fotografi.

Namun perlu diingat, saat berada di tempat tersebut Anda sebaiknya tidak melakukan aktivitas renang, karena ombak yang ada di sana cukup besar. Hal itu dilakukan guna menjaga keamanan dari pengunjung tempat wisata, sehingga dilarang untuk melakukan aktivitas berenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps Totok Suprawoto

Lokasi dari Pantai Pelangi berada di Bantul, Yogyakarta. Tepatnya yaitu terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Lokasi dari pantai memang terbilang cukup strategis untuk siapapun yang ingin mengunjunginya. Tempat ini adalah hasil pemekaran dari Pantai Parangtritis.

Jika Anda berada di pusat Kota Yogyakarta dan ingin meluncur ke tempat ini, maka waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu jam saja. Untuk rute perjalanannya sendiri Anda bisa ke arah Jalan Parangtritis.

Selanjutnya Anda tinggal berjalan lurus ke arah selatan mengikuti arah jalan hingga akhirnya Anda menemukan papan yang bertuliskan Pantai Pelangi. Oleh karena jalan yang sudah sangat baik, maka kendaraan roda empat ataupun roda dua bisa Anda bawa ke tempat tersebut.

Jalanan cukup aman tanpa adanya tanjakan atau turunan yang terlalu tajam serta tidak berkelok-kelok. Untuk Anda yang masih merasa bingung dengan rutenya, maka Anda bisa memakai fitur Google Maps yang terdapat di smartphone. Setelah itu, Anda bisa memilih rute yang paling cepat dan paling aman untuk dilalui.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps dolanjajan dotcom

Pantai Pelangi merupakan salah satu tempat wisata gratis yang bisa Anda temukan di wilayah kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk bisa menikmati berbagai macam keindahan yang disuguhkan, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Namun jika kebetulan membawa kendaraan pribadi, maka Anda perlu memarkirkannya lebih dahulu.

Biaya parkir untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 saja, sedangkan jika kebetulan Anda membawa kendaraan roda 2, maka biaya parkir hanya Rp 2.000 saja untuk tiap motor. Biaya berlibur di tempat ini memang terbilang sangat terjangkau, karena itu tidak berlebihan rasanya jika banyak pengunjung yang mengatakan berkunjung ke pantai ini merupakan wisata murah.

Pastikan ketika Anda hendak mengunjungi Pantai Pelangi, Anda sudah mempersiapkan segalanya termasuk di sini memilih hari yang benar-benar tepat. Pilihlah waktu dimana cuaca benar-benar cerah, agar perjalanan Anda ke tempat tersebut lancar dan tidak ada hambatan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pelangi

Aktivitas Menarik di Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps R A

1. Berkemah di Pantai Pelangi

Berkemah merupakan salah satu aktivitas menarik yang perlu untuk dilakukan jika Anda berada di pantai cantik Bantul. Di tempat inilah pihak pengelola wisata menyediakan area khusus bagi siapa saja yang ingin mendirikan tenda dan bermalam.

Namun, Anda yang berencana untuk memasang tenda, maka sebaiknya memilih area yang agak jauh dari bibir pantai, karena ombaknya yang cukup besar dan kuat.

2. Mengunjungi Tempat Penangkaran

Seperti yang sudah dijelaskan, Pantai Pelangi merupakan tempat penangkaran penyu. Sehingga di sana Anda akan melihat banyak sekali telur penyu dan tokek yang berukuran kecil dan sangat menggemaskan. Berinteraksi dengan anak-anak penyu tersebut merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

Telur penyu yang sudah menetas tidak langsung dilepas ke pantai, melainkan tukik tersebut akan di rawat lebih dahulu hingga akhirnya cukup besar dan dilepaskan. Momen pelepasan dari anak-anak penyu ini merupakan salah satu momen terbaik yang bisa ditemukan saat mengunjungi kawasan pantai.

3. Mengexplorasi Keindahan Pantai

Pantai Pelangi merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama Indah bisa Anda temukan di Bantul. Jika berkunjung ke tempat tersebut, maka tidak sah rasanya jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi seluruh keindahan pantai ini. Karena itu, sebaiknya Anda jangan malas untuk menjelajahi tiap sudut pantai.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa berjalan menyusuri area pantai ketika sore hari tiba. Karena pada saat itulah keindahan matahari tenggelam juga bisa Anda saksikan. Jika Anda sudah merasa lelah menyusuri setiap sudut dari pantai, maka Anda bisa sekedar duduk bersantai di gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Pondok-pondok yang terdapat di sana bisa Anda manfaatkan secara gratis. Menikmati bekal makanan yang Anda bawa dari rumah bersama dengan keluarga di atas pondok sambil menyaksikan gulungan ombak merupakan moment yang sangat berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Pelangi
Image Credit: Google Maps Nova Ariyanto

Pantai Pelangi telah menyediakan beberapa fasilitas memadai dan lengkap untuk wisatawan yang datang. Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa ragu lagi untuk menghabiskan waktu liburan di tempat tersebut. Di sini telah terdapat musholla untuk Anda yang beragama muslim dan ingin menjalankan ibadah salat.

Tersedia area parkir yang cukup luas, sehingga Anda tidak perlu berebut dengan pengunjung yang lain. Selain itu, area parkiran di tempat ini sangatlah aman karena petugas menjaga parkiran tersebut setiap saat. Fasilitas lain yang juga bisa ditemukan yaitu toilet dan juga kamar mandi.

Jika Anda sudah puas menikmati keindahan tempat ini, maka tidak ada salahnya untuk membasuh diri di kamar mandi. Lupa membawa bekal makanan juga bukan sesuatu yang perlu Anda risaukan, karena di area pinggiran Pantai Pelangi telah tersedia warung dan cafe yang menyediakan menu-menu lezat dengan harga yang ramah di kantong.

Pantai Pelangi merupakan pantai yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang kebetulan berada di Kabupaten Bantul. Saat berada di Jogjakarta, maka tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengunjungi tempat ini bersama dengan pasangan Anda ataupun sanak family.