21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bima

Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Keberagaman budaya dan keindahan alamnya menarik para wisatawan untuk berkunjung lagi.

Salah satu daerah tujuan wisata yang diunggulkan adalah Bima. Kabupaten yang berada di Pulau Sumbawa di bagian timur ini terus mengembangkan berbagai destinasi wisata unggulan.

Tidak hanya destinasi wisata alam, daya tarik wisata budaya pun tak kalah menarik para wisatawan. Hal ini tak lepas dari latar belakang Kota Bima yang pada jaman dahulu merupakan pusat dari Kesultanan Bima. Jika Anda ingin berkunjung, berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi terbaik untuk Anda.

1. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa

Lokasi: Pulau Kelapa, Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima. – Image Credit by Travel.detik.com

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bima adalah Pulau Kelapa. Disini Anda bisa menikmati esksotisme pantai dengan air laut yang jernih serta pasir lembut mengitari pulau. Meskipun untuk mengaksesnya cukup sulit, Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai ini.

Jika ingin menikmati pantai Pulau Kelapa dengan cara berbeda, Anda bisa melakukan treking ke atas bukit di pantai ini dan nikmati cantiknya pemandangan sunset. Lautnya yang jernih juga bisa Anda nikmati dari bawah laut dengan melakukan snorkeling.

2. Pantai Pink

Pantai Pink

Lokasi: Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima. – Image Credit by Wisataholik.com

Tak jauh dari Pulau Kelapa, Anda juga bisa menikmati destinasi menarik lainnya di Bima, yaitu Pantai Pink. Sesuai namanya, pantai ini memiliki keunikan berupa pasir pantainya yang berwarna pink.

Tidak hanya warna pasir pantainya saja, Pantai Pink ini juga memiliki air laut yang jernih. Untuk mencapai pantai ini memang sedikit sulit. Anda harus naik bis dulu dari Kota Bima, setelah itu naik perahu hingga ke Pantai Pink.

3. Gunung Tambora

Gunung Tambora

Lokasi: Gn. Tambora, Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kab. Bima. – Image Credit by Indonesiatrip.id

Tidak hanya destinasi pantai, Bima juga memiliki destinasi pegunungan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. Destinasi tersebut adalah Gunung Tambora.

Mendaki Gunung Tambora bisa menjadi referensi selanjutnya bagi Anda yang suka hiking. Bahkan jika beruntung, Anda juga bisa menikmati festival Tambora. Pada festival ini Anda bisa menikmati kekayaan budaya dan seni Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Lariti

Pantai Lariti

Lokasi: Soro, Kec. Lambu, Kab. Bima. – Image Credit by Travel.detik.com

Bima tak habis menawarkan berbagai destinasi wisata pantai. Kali ini adalah Pantai Lariti. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam khas pesisir namun juga keunikan lain.

Pantai ini memiliki keunikan karena bisa terbelah di malam hari. Ini terjadi ketika lautan surut dan terdapat gundukan pasir yang membelah lautan. Di atas gundukan pasir ini Anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa.

5. Pantai Lakey

Pantai Lakey

Lokasi: Jl. Lakey, Jambu, Kec. Pajo, Kab. Dompu. – Image Credit by Travel.detik.com

Tidak hanya Bali yang menawarkan pantai dengan ombak besar yang cocok untuk olahraga selancar. Di pantai Lakey ini tidak hanya menawarkan ombak yang besar namun juga unik. Berbeda dengan ombak di pantai lain, ombak disini justru berjalan ke arah kiri.

Karena keunikannya inilah banyak wisatawan mancanegara yang secara khusus datang untuk membuktikan keahliannya. Bahkan jika datang di waktu yang tepat, di pantai ini juga diselenggarakan kompetisi selancar.

6. Pantai Kalaki

Pantai Kalaki

Lokasi: Panda, Kec. Palibelo, Kab. Bima. – Image Credit by Berita11.com

Masih di Kabupaten Bima, pantai Kaliki ini cukup mudah diakses karena pasti akan dilewati ketika Anda akan menuju ke Kota Bima dari bandara. Meskipun begitu pantai ini menawarkan daya tarik yang tak kalah menakjubkan.

Ombaknya cukup tenang dengan karakter pasir pantai putih membuat tempat ini bisa dijadikan pilihan untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan Kota Bima. Beberapa sudut pantai juga dibuat instagramable.

7. Bukit Matompo

Bukit Matompo

Lokasi: Mbuju, Kec. Kilo, Kab. Dompu. – Image Credit by Mone13blog.wordpress.com

Ingin menikmati pemandangan cantik Kota Bima dari ketinggian? Bukit Matompo ini adalah pilihan terbaik. Destinasi ini biasanya banyak dipilih anak muda untuk menikmati pemandangan berbeda Kota Bima.

Dari ketinggian 100 meter, Anda akan dimanjakan berbagai pemandangan menakjubkan. Mulai dari birunya lautan, hijaunya padang rumput, hingga Gunung Tambora yang menjulang di kejauhan. Daya tarik ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing terbaik.

8. Pantai Rotu

Pantai Rotu

Lokasi: Jl. Pantai Rontu, Tangga Baru, Kec. Monta, Kab. Bima. – Image Credit by Globalfmlombok.com

Masih ada banyak lagi destinasi pantai di Bima yang harus Anda datangi. Salah satunya yang tak boleh terlewatkan adalah Pantai Rotu. Pantai ini menawarkan daya tarik pemandangan yang menakjubkan.

Pantai berpasir putih yang menjadi pembatas daratan dan lautan dengan warna biru jernih tentu menjadi daya tarik utamanya. Yang membuatnya lebih menarik adalah deretan tebing perbukitan yang mengelilingi pantai, membuatnya tampak tersembunyi.

9. Pantai Wadu Baba

Pantai Wadu Baba

Lokasi: Sambane, Rupe, Kec. Langgudu, Kab. Bima. – Image Credit by Kupasbima.com

Pantai Wadu Baba ini menawarkan keindahan yang tak kalah dengan pantai lain di Bima. Pasir putih dan halus ditambah air laut jernihnya membuat siapa saja pasti betah berlama-lama disini.

Ditambah deretan perbukitan di sekeliling pantai membuat keindahannya semakin tak bisa ditolak. Pantai ini tergolong masih sepi pengunjung, jadi cocok untuk Anda yang ingin bersantai layaknya berada di pulau pribadi.

10. Pantai Labangka

Pantai Labangka

Lokasi: Suka Mulya, Kec. Labangka, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Ayokesumbawa.wordpress.com

Labangka ini sebenarnya adalah nama kecamatan yang berada di timur Kabupaten Sumbawa. Di area ini terdapat banyak pantai yang letaknya berdekatan. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Leppu.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup landai sehingga aman untuk bermain. Ditambah lagi daya tarik unik berupa warna pasirnya yang bisa berubah. Inilah yang membuat pantai yang masih sepi ini mulai banyak diminati oleh wisatawan.

11. Bukit Pundu Nence

Bukit Pundu Nence

Lokasi: Ntoke, Kec. Wera, Kab. Bima. – Image Credit by Mi.com

Terletak di ketinggian membuat destinasi ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menikmati keindahan sunset di Bima. Dari atas bukit Anda bisa menikmati saat-saat matahari mulai muncul di ufuk timur, sekaligus mendapat objek fotografi yang menakjubkan.

Udara di atas bukit sangat segar, sehingga bisa menjadi alternatif pilihan refreshing terbaik. Di atas bukit Anda juga bisa menikmati wisata sejarah, karena banyak sisa meriam bekas perang pada masa Kerajaan Bima.

12. Pantai Tanjung Meriam

Pantai Tanjung Meriam

Lokasi: Pantai Tanjung Meriam, Kec. Sape, Kab. Bima. – Image Credit by Youtube.com (Nithanoto)

Jika biasanya datang ke destinasi wisata pantai selalu menikmati keindahan pantai dan air laut yang jernih, di pantai ini Anda bisa menikmati hal berbeda. Selain keindahan alam, Anda juga bisa sekaligus melihat peninggalan sejarah Kota Bima disini.

Dinamakan Tanjung Meriam karena memang di sepanjang pantai ini terdapat banyak meriam. Meriam-meriam sisa peninggalan sejarah ini menjadi daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke pantai ini.

13. Pulau Ular

Pulau Ular

Lokasi: Jl. Payi Sape, RT. 07 / RW. 03, Wera, Sarae, Kec. Rasanae Barat, Bima. – Image Credit by Ksmtour.com

Mendengar namanya mungkin sudah membuat Anda takut. Namun, banyak pula wisatawan yang jauh-jauh datang ke Bima untuk melihat sendiri pulau yang di dalamnya dipenuhi oleh reptil melata ini.

Seperti namanya, pulau ini tidak dihuni oleh manusia melainkan ribuan spesies ular berbisa. Menariknya meskipun berbisa, banyak pengunjung yang tertarik untuk datang. Syaratnya, ketika berkunjung Anda harus bersama warga lokal.

14. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang

Lokasi: Pulau Sangeang, Sangiang, Kec. Wera, Kab. Bima. – Image Credit by Bksdantb.org

Selain Gunung Tambora, Anda penggemar hiking atau mendaki gunung, sebaiknya mencoba destinasi satu ini. Di dalam Pulau Sangeang ini terdapat dua puncak gunung yang tergolong aktif dan pastinya menantang untuk didaki.

Pulau ini memang tidak berpenghuni karena status gunung yang masih aktif. Namun sedang tidak aktif, gunung di Pulau Sangeang ini memiliki trek pendakian yang sangat menguji adrenalin.

15. Pantai Lawata

Pantai Lawata

Lokasi: Dara, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima. – Image Credit by Phinemo.com

Satu lagi pantai di Bima yang bisa menjadi tujuan wisata. Pantai Lawata merupakan pantai yang sangat populer di Kota Bima. Tak heran jika Pantai Lawata selalu menjadi rekomendasi destinasi terbaik.

Letaknya yang berada di kawasan teluk membuat pantai disini cukup landai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Disini Anda juga bisa bermain beberapa wahana permainan air seperti banana boat.

16. Museum Asi Mbojo

Museum Asi Mbojo

Lokasi: Dara, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Tak hanya menikmati keindahan alam, berkunjung ke Bima Anda juga bisa mempelajari sejarah. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke Museum Asi Mbojo.

Di museum ini Anda bisa belajar sejarah Kesultanan Bima melalui berbagai peninggalan yang tersimpan di dalamnya. Desain arsitektur bangunan yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri.

17. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge

Lokasi: Sambori, Kec. Lambitu, Kab. Bima. – Image Credit by Travelingyuk.com

Provinsi Nusa Tenggara Barat juga terkenal dengan keberagaman budayanya. Anda bisa melihatnya melalui salah satu cagar budaya di Kota Bima, yaitu Cagar Budaya Uma Lengge. Cagar budaya ini merupakan sebuah kompleks rumah adat Uma Lengge, yang merupakan rumah adat suku setempat.

Keunikan rumah adat ini menjadi salah satu daya tarik wisatanya. Selain itu, ketika berkunjung, wisatawan jugan harus mengenakan pakaian adat. Selain melihat rumah adat, Anda pun bisa menikmati bagaimana cara hidup warga lokal dengan turut serta bercocok tanam.

18. Air Terjun Bombo Roi

Air Terjun Bombo Roi

Lokasi: Roi, Kec. Palibelo, Kab. Bima. – Image Credit by Travellink-indonesia.com

Kota Bima memiliki primadona wisata baru yang tak kalah menakjubkan dari deretan pantainya. Destinasi tersebut adalah air terjun Bombo Roi. Aksesnya mudah dengan daya tarik pemandangan menakjubkan membuat air terjun ini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Anda bisa menikmati air terjun yang turun dari ketinggian ke dalam kolam air yang jernih di bawahnya. Pemandangan alam di sekitarnya yang serba hijau juga akan memanjakan mata Anda.

19. Gua Ringi Ncanga

Gua Ringi Ncanga

Lokasi: Oi Foo, Kec. Rasanae Timur, Kab. Bima. – Image Credit by R0ch4.wordpress.com

Pilihan destinasi wisata lain yang bisa Anda nikmati di Bima adalah melakukan perjalanan susur gua. Letak geografis Kabupaten Bima yang merupakan kawasan karst membuat Bima juga memiliki banyak gua.

Salah satu gua yang bisa Anda nikmati adalah Gua Ringi Ncanga ini. Ketika menyusuri gua ini Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan di dalam gua yang tidak akan berhenti membuat Anda berdecak kagum.

20. Pantai Wane

Pantai Wane

Lokasi: Tolotangga, Kec. Monta, Kab. Bima. – Image Credit by Wartantb.com

Bosan dengan pemandangan pantai yang biasa? Cobalah datang ke Pantai Wane. Destinasi ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Disini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan cantik pantai, namun juga bisa melihat kawanan lumba-lumba berenang dan bermain di tengah laut. Untuk menikmati atraksi wisata ini Anda harus menyewa perahu nelayan dan berlayar ke tengah laut di jam-jam tertentu.

21. Pulau Kambing

Pulau Kambing

Lokasi: Pulau Kambing, Bajo, Kec. Soromandi, Kab.Bima. – Image Credit by Lombokatraktif.blogspot.com

Destinasi terakhir yang harus Anda kunjungi di Kabupaten Bima adalah Pulau Kambing. Destinasi ini menjadi destinasi yang sedang dikembangkan dan menawarkan berbagai kegiatan menarik di dalamnya. Tentu saja dengan pemandangan alam pantai yang selalu menakjubkan.

Di pulau ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Anda bisa bermain sky diving, volley pantai, ski air hingga snorkeling. Tak perlu khawatir karena semua perlengkapannya sudah disediakan.

Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah yang terus dikembangkan dari segi pariwisatanya. Daftar tempat wisata di Bima yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi referensi dan rekomendasi terbaik saat Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, khususnya Bima.