33 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

18 Tempat Wisata di Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota yang memiliki sejuta keindahan untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Balikpapan sendiri merupakan kota yang terkenal akan sumber minyaknya yang cukup berkembang pesat di Indonesia. Walaupun dikenal karena sumber minyaknya, ternyata kota Balikpapan juga banyak menyimpan kekayaan alam yang dikembangkan jadi destinasi wisata.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Balikpapan karena disana terdapat beragam jenis objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada destinasi alam, budaya, sejarah, religi, dan masih banyak lagi. Semua tempat wisata itu tentu sudah dikembangkan sebaik-baiknya oleh pemerintah setempat maupun warga sekitar.

Semua destinasi wisata yang ada di Balikpapan memiliki pesona dan keindahan masing-masing. Anda hanya perlu untuk menikmati semua keindahan dan pesona tersebut dengan mengunjungi destinasi wisata. Dibawah ini ulasan 33 Tempat Wisata di Balikpapan yang favorit dikunjungi wisatawan.

1. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip

Image Credit: Indonesiakaya.com

Jika ingin berwisata dengan suasana yang menegangkan dan cukup ekstrim, Anda bisa coba mendatangi destinasi wisata Penangkaran Buaya Teritip. Disana, Anda akan disuguhkan banyak sekali buaya yang memiliki ukuran besar sehingga akan terasa menantangnya.

Jumlah buaya yang ada di tempat wisata ini sejumlah 1.450 ekor. Ada juga buaya yang spesiesnya hampir terancam punah, seperti buaya supit dan buaya air tawar. Jika Anda ingin memberi makan buaya, cukup dengan membeli ayam Rp 10.000 sebagai umpan buaya. Selain buaya, ada juga gajah yang siap mengantarkan Anda berkeliling dengan naik di punggungnya.

Lokasi: Jl. Mulawarman No. 66, Desa Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Taman Tiga Generasi Ring Road

Taman Tiga Generasi Ring Road

Image Credit: Godiscover.co.id

Setiap akhir pekan, banyak sekali pengunjung yang datang bersama teman maupun keluarganya untuk berjalan-jalan di taman ini. Taman ini cukup ramai dikunjungi terutama pada waktu sore hari. selain berjalan-jalan, ada juga beberapa anak yang senang bermain di sini.

Di setiap sudut taman ada beberapa hiasan sehingga taman tampak cantik dan lebih hidup. Wisatawan dapat berfoto di hiasan yang sudah dipajang tersebut. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk bersantai dan melepas penat dari segala aktivitas.

Lokasi: Jl. Ruhui Rahayu I, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark

Image Credit: Hargatiket.net

Destinasi wisata air ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun orang asing yang berkunjung ke Balikpapan. Caribbean Island Waterpark merupakan wahana bermain terbesar yang ada di Indonesia, tepatnya di bagian timur Indonesia.

Caribbean Island Waterpark merupakan destinasi wisata yang sangat cocok dijadikan untuk liburan keluarga terutama keluarga yang sudah memiliki anak. Wisatawan hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 45.000 untuk masyarakat umum dan Rp 25.000 untuk seorang pelajar. Namun, untuk akhir pekan harga tiket masuknya sekitar Rp 60.000 per orang dan berlaku untuk semua umur.

Lokasi: Jl. Ruhui Rahayu, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Taman Bekapai

Taman Bekapai

Image Credit: Wikipedia.org

Kurang lengkap rasanya jika saat Anda berwisata ke kota Balikpapan namun tidak mengunjungi Taman Bekapai. Taman ini terletak di pusat kota sehingga ramai dikunjungi oleh banyak orang, terutama untuk anak muda. Taman ini menjadi tempat favorit untuk nongkrong dan bermain bersama teman.

Taman Bekapai paling ramai dikunjungi pada saat malam hari. Di sekitaran taman terdapat lampu led warna-warni sehingga menambah kesan yang cantik dan menarik untuk dipandang. Selain nongkrong, wisatawan juga bisa menyantap makanan khas maupun jajanan yang banyak disediakan oleh pedagang yang berada di sana.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Klandasan Ulu, Balikpapan, Kalimantan Timur.

5. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata alam yang ada di Kota Balikpapan adalah Pantai Melawai. Pantai ini menawarkan pesona alam yang sangat indah dan cantik untuk dipandang. Suasana yang sejuk, tenang, dan asri menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin beristirahat dan bersantai dari segala aktivitas yang selalu mereka lakukan.

Di Pantai Melawai, wisatawan dapat dengan mudah melihat indahnya sunset yang terlihat jelas di pantai tersebut. Pantai Melawai terletak tidak jauh dari Pantai Kemala. Walaupun letaknya berdekatan dengan pantai lain, hal ini tidak membuat Pantai Melawai sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

6. Tugu Australia

Tugu Australia

Image Credit: Godiscover.co.id

Bagi anda yang ingin mengetahui kisah sejarah tentang Perang Dunia II, maka anda pun bisa mampir ke Tugu Australia ini. Pasalnya tugu yang memiliki beberapa keunikan ini merupakan sebuah tugu yang dibangun oleh Pemerintah Australia.

Tugu ini dibangun lantaran untuk memperingati pasukan divisi VII Australia yang telah gugur menghadapi pasukan Jepang saat Perang Dunia II.

Lokasi: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Cendananews.com

Salah satu wisata yang paling terkenal di Balikpapan adalah Danau Cermin Lamaru. Tempat wisata populer ini nantinya anda pun akna bisa untuk menikmati keindahan air yang sangat jernih. Sehingga ketika anda berada di Danau Cermin Lamaru ini, maka anda pun kaan bisa untuk melihat dasar laut yang sangat indah dan juga eksotis.

BACA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Disiini pun anda bisa menaiki perahu dan berfoto di tempat yang sangat instagramable ini. Untuk itu, tak heran jika tempat satu ini menjadi incaran para wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu akhir pekan. Sehingga anda pun wajib untuk mengunjungi tempat satu ini ketika berada di Balikpapan.

Lokasi: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

8. Bukit Alpha

Bukit Alpha

Image Credit: Tlrtdt.blogspot.com

Bukit satu ini pun ditumbuhi ilalang yang sangat tinggi hingga mencapai ukuran pinggang orang dewasa. Ketika berada disini, maka anda pun akan disuguhkan dengan ilalang yang berwarna hijau serta deretan pepohonan yang rindah. Sehingga bagi anda yang doyan untuk fotografi, maka tempat satu ini pun dapat untuk anda jadikan rujukan ketika ingin berlibur.

Lokasi: Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

9. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai yang selalu ramai ini pun juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa untuk anda kunjungi bersama keluarga. Pantai satu ini termasuk wisata unggulan yang wajib anda singgahi. Disini anda pun akan bisa menikmati pasir pantai yang sangat lembut.

Ada beberapa wahana yang bisa untuk anda lakukan di pantai ini, mulai dari bermain layang layang, banana boat hingga volley pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

10. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo

Image Credit: Travelanggi.com

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Hutan Bakau Margomulyo. Hutan bakau ini terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan lokasi destinasi wisata ini. Hutan Bakau Margomulyo menawarkan pemandangan hijau yang asri dan alami ditambah dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan.

Di destinasi wisata ini, wisatawan akan menemukan sebuah jembatan kayu yang memiliki panjang sekitar 800 meter. Jembatan ini digunakan oleh wisatawan untuk lebih mudah menikmati pemandangan yang ada di sekitar hutan bakau. Ada juga menara intai yang digunakan untuk melihat burung yang tinggal di hutan bakau.

Lokasi: Jl. AMD Gunung 4, Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Barat, Balikpapan, Kalimantan Timur.

11. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Pantai Lamaru menjadi objek wisata yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Disini, Anda akan menemukan pemandangan alam berupa pantai yang di pinggirnya terdapat banyak pohon cemara yang tinggi menjulang ke atas.

Di Pantai Lamaru, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang masih alami, sejuk, indah, dan menawan. Untuk bisa masuk ke pantai, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000. Jika membaa kendaraan, maka tarif yang harus dibayar Rp 2.500 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 15.000 untuk sebuah bus.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Teritip, Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

12. Monpera Balikpapan

Monpera Balikpapan

Image Credit: Drunnawannafree.wordpress.com

Selain menghadirkan wisata alam, di Kota Balikpapan juga terdapat destinasi wisata sejarah dan edukasi. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Monpera Balikpapan. Destinasi wisata ini merupakan sebuah monumen yang dibangun sebagai bukti sejarah tentang perjuangan rakyat atau orang Balikpapan untuk mengusir para penjajah.

Monpera Balikpapan berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Monumen ini berlatar belakang pantai pasir putih sehingga menambah kesan indah di sekitaran monumen. Selain itu, lokasi monumen ini juga dikelilingi oleh banyak tanaman yang tumbuh subur dan tertata sehingga pemandangannya jauh lebih indah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 1, Kec. Klandasan Ulu, Balikpapan, Kalimantan Timur.

13. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata

Image Credit: Jotravelguide.com

Bagi Anda yang hobi mengeksplore alam dan pecinta alam, maka mengunjungi destinasi wisata Hutan Wanawisata menjadi pilihan yang cocok dan tepat untuk Anda. Destinasi wisata ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Balikpapan sehingga sering dikunjungi oleh banyak orang.

Hutan Wanawisata sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga. Untuk bisa ke tempat wisata ini, wisatawan perlu setidaknya menempuh jarak sekitar 15 menit dari pusat kota. Tempat wisata ini memiliki jam buka pada pukul 08.00 – 17.00 dengan biaya masuk Rp 1000 per orang.

Lokasi: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur.

14. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Image Credit: Langitkaltim.com

Pantai yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi adalah Pantai Kemala. Disini, banyak wisatawan yang datang sehingga pantai tampak ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Pantai Kemala menghadirkan pesona alam yang sangat indah dan sejuk.

Pantai Kemala juga menghadirkan beberapa wahana bermain yang menarik untuk dicoba, seperti jet ski dan banana boat. Untuk jet ski, wisatawan dapat menyewa dengan membayar Rp 800.000 untuk 1 jam bermain. Sementara untuk banana boat, wisatawan diharuskan membayar Rp 25.000 untuk bisa menaiki wahana bermain itu.

Lokasi: Jl. Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

15. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai selanjutnya yang bisa untuk anda kunjungi adalah Pantai Banua Patra. Pantai satu ini memiliki ciri khas yakni terdapat batu batu karang. Di pantai ini pun anda juga akan bisa untuk melihat matahari terbenam yang sangat apik. Pantai satu ini pun dapat menjadi salah satu alternatif hibutan yang bisa untuk anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

BACA:  8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended

Lokasi: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

16. Pantai Monpera

Pantai Monpera

Image Credit: Flickr.com @Rizky Pratama Adhi

Pantai lain yang berada di Balikpapan adalah Pantai Monpera. Detinasi wisata satu ini berada di tengah kota, sehingga anda pun akan sangat mudah untuk menemukannya. Selain itu, di depan pantai ini pun juga berdiri patung beasa yang dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan yang berada di Kalimantan Timur. Untuk itu, selain mengunjungi wisata pantai yang mempesona maka anda pun juga akan mengenal sejarah di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

17. Pantai AURI Sepinggan

Pantai AURI Sepinggan

Image Credit: Maringetrip.com

Dengan letaknya yang masih berada di tengah kota, maka bagi anda yang ingin untuk mengunjungi pantai ini pun nantinya akan sangat mudah. Beragam fasilitas pun tersedia lengkap di pantai satu ini. nantinya anda pun bisa menemukan gaebo yang berada di sekitar pantai untuk bersantai. Selain itu, momen menyaksikan matahari terbenam pun juga wajib untuk anda nikmati saat berada di pantai ini.

Lokasi: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

18. Pasar Klandasan

Pasar Klandasan

Image Credit: Diswaykaltim.com

Bagi anda yang ingin untuk mencari oleh oleh di daerah Balikpapan, mka anda pun bisa mengunjungi Pasar Klandasan. Untuk itu, anda pun bisa menikmati indahnya pantai sembari berbelanja. Disini anda pun bisa menemukan berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Sebut saja seperti ikan segar, sayur, buah hingga pakaian dan juga sandal pun tersedia di tempat satu ini. Untuk urusan harga, maka anda pun tak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.9, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

19. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan

Image Credit: Ulinulin.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat wisata primadona dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kebun Raya Balikpapan banyak menawarkan pemandangan alam yang hijau dan asri sehingga enak untuk dipandang.

Kebun Raya Balikpapan berada di Jalan Soekarno Hatta KM 15, Balikpapan Utara. Destinasi wisata ini terletak di kawasan hutan lindung. Kebun Raya Balikpapan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan rombongan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur.

20. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Destinasi wisata yang cantik ini juga tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Objek Wisata di Balikpapan ini bernama Liang Mangkulangit. Disana, banyak sekali panorama alam yang berada di sekitar objek wisata. Bagi para pecinta alam, mengunjungi Liang Mangkulangit menjadi pilihan yang tepat untuk di coba.

Objek wisata ini berupa gunung batu yang cukup tinggi. Gunung batu tersebut digunakan sebagai dinding dan atap untuk Sungai Kandilau. Panorama alam yang ada di sekitar destinasi wisata masih hijau dan asri. Wisatawan juga bisa mendengar suara tetes air yang mengenai bebatuan sehingga benar-benar terasa di alam bebas.

Lokasi: Desa Muara Kuaro, Kec. Muara Komam, Kab. Paser, Kalimantan Timur.

21. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan

Image Credit: Pantainesia.com

Tempat wisata satu ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata yang bisa anda kunjungi. Bagi anda yang ingin menyaksikan suasana matahari terbenam yang cantik, maka anda pun bisa melihatnya dari Pantai Sepinggan ini. Indahnya langit jingga dan juga pantulan cahaya satu ini pun dapat menjadi salah satu hal yang bisa anda nikmati di sepanjang pantai satu ini.

Lokasi: Sepinggan Raya, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

22. Konservasi Beruang Madu

Konservasi Beruang Madu

Image Credit: Paktanidigital.com

Salah satu maskot yang ada di Kota Balikpapan adalah beruang madu. Hal ini dikarenakan Kalimantan Timur merupakan salah satu habitat bagi satwa satu ini. Namun, sayang sekali hewan satu ini termasuk hewan langka yang dilindungi keberadaanya karena hampir terancam punah. Akan tetapi, bagi anda yang ingin untuk mengenal satwa ini secara lebih dekat maka anda pun bisa mengunjungi konservasi beruang madu.

Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup Balikpapan ini merupakan salah satu kawasan konservasi bagi beruang madu tersebut. Ketika anda mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka anda pun bisa dengan mudah untuk menyusuri habitat dan juga mengamati beruang madu dan juga berbagai macam satwa liar lainnya secara lebih dekat.

Lokasi: Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185 RT. 42, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

23. Mangrove Center Graha Indah

Mangrove Center Graha Indah

Image Credit: Thejakartapost.com

Ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan? Maka anda pun bisa mengunjungi Mangrove Center Graha Indah. Ketika berada disini, maka anda pun bisa sekalian untuk berwisata dengan sekaligus melihat indahnya tanaman bakau dengan menggunakan perahu.

Bahkan disini pun rencananya juga akan didirikan Kampung Inggris sebagai salah satu cara untuk menciptakan sarana edukasi di Mangrove Center ini.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

BACA:  Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

24. Gunung Dubs

Gunung Dubs

Image Credit: Gantengnesia.blogspot.com

Destinasi wisata ini bukan sebuah gunung, melainkan dataran tinggi Dubs yang ada di Balikpapan. Gunung Dubs terletak di kompleks perumahan untuk Pertamina dan dekat dengan tempat kilang atau tambang minyak. Disini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat cantik terutama pada malam hari.

Destinasi wisata ini memiliki hawa yang sejuk karena banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang lebat dan cukup rindang. Disini, Anda akan melihat pemandangan lampu-lampu yang berasan dari perumahan warga yang tampak jelas terlihat dari Gunung Dubs. Anda juga bisa melihat drum raksasa, yaitu tempat perkilangan minyak.

Lokasi: Prapatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

25. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari

Image Credit: Flickr.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup unik dan tidak semua kota memiliki destinasi wisata ini. Objek wisata ini bernama Kampung Atas Air Margasari. Dari namanya, Anda akan tahu jika ini merupakan destinasi wisata berupa kampung apung.

Anda dapat menikmati keindahan pemandangan yang berada di sekitaran kampung apung bersama teman maupun keluarga. Selain melihat pemandangan yang menakjubkan dan mempesona, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar.

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan jiwa sosialisasi Anda. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti memancing di tempat yang sudah disediakan dengan menggunakan alat pancing yang sudah disiapkan.

Lokasi: Jl. Sepaku, Baru Tengah, Kec. Balikpapan Barat, Balikpapan, Kalimantan Timur.

26. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain

Image Credit: Inibalikpapan.com

Hutan Lindung Sungai Wain merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Balikpapan. Disini, Anda dapat secara langsung melihat bagaimana rupa maskot yang menjadi ikon Kota Balikpapan. Jadi, Anda tidak akan penasaran karena dulu cuma bisa melihat melalui layar TV maupun buku saja.

Hutan Lindung Sungai Wain menjadi habitat bagi banyak satwa, seperti bekantan, orang utan, kantong semar, beruang madu, dan masih banyak satwa lainnya. Harga yang ditawarkan tergantung dari paket yang Anda pilih. Biasanya akan disediakan empat paket kunjungan. Paket tersebut dibuat berdasarkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur.

27. Dahor Heritage

Dahor Heritage

Image Credit: Adityaparamasetiaboedi.com

Salah satu wisata sejarah yang bisa untuk anda kunjungi di Balikpapan adalah Dahor Heritage. Disini anda pun bisa melihat rumah pekerja kilang yang ada sejak jaman Belanda dan masih terawat. Untuk itu, disini pun anda akan bisa untuk melihat 27 rumah panggung yag dulunya menjadi rumah untuk pekerja kilang. Untuk anda yang suka dengan wisata sejarah, maka anda pun bisa mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

28. Waduk Manggar

Waduk Manggar

Image Credit: Balikpapan.prokal.co

Destinasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga ketika akhir pekan adalah Waduk Manggar. Tempat yang merupakan sumber air bersih yang dipasok oleh PDAM ini memang digunakan olej masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Disini pun anda juga akan disuguhkan pemandangan yang sangat menarik. sehingga anda pun akan betah untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Lokasi: Keluarah Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

29. Danau Manggar

Danau Manggar

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Satu lagi destinasi di kota Balikpapan yang menarik untuk anda kunjungi. Ketika berada disini, maka anda pun akan disuguhkan dengan danau cantik yang akan menghipnotis siapa saja yang dapat mengunjunginya. Danau yang memiliki air kehijauan ini pun dapat anda jadikan destinasi wisata bersama keluarga. Terlebih lagi bagi anda yang suka berselfie, pastinya akan suka jika berkunjung ke danau satu ini.

Lokasi: Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

30. Aquaboom BSB

Aquaboom BSB

Image Credit: Jalanwisata.id

Ingin berwisata air di Balikpapan? Maka Aquaboom BSB merupakan salah satu tempat yang cocok untuk anda singgahi bersama keluarga. Ketika berada disini, maka anda pun akan bisa untuk bermain wahana air sepuasnya.

Untuk itu, tempat ini pun menjadi destinasi wisata yang tepat untuk anda kunjungi bersama si kecil ketika sedang berakhir pekan. Pasalnya, area berenang yang berada di gedung lantai  ini menyediakan beberapa permainan air yang menyenangkan untuk anda coba.

Lokasi: Jl. Jend.Sudirman, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

31. Rumah Adat Balikpapan

Rumah Adat Balikpapan

Image Credit: Celticstown.com

Selain menawarkan wisata alam, sejarah, dan edukasi. Ada juga destinasi wisata yang ada di Balikpapan yang menawarkan wisata budaya. Salah satu destinasi wisatanya adalah Rumah Adat Balikpapan.

Disini Anda bisa langsung mempelajari kebudayaan asli Balikpapan yang cukup unik. Disini, Anda akan mengetahui bahwa anggota keluarga yang bisa mendiami rumah adat Balikpapan bisa mencapai 10 anggota keluarga.

Lokasi: Kel. Mancong, Kec. Jempang, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur.

32. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai

Image Credit: Sepinggan-airport.com

Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang tidak boleh untuk dilewatkan yang bernama Bukit Bangkirai.

Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang masih hijau dan sejuk untuk dipandang. Anda bisa melewati jembatan tali yang sudah tersedia untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di destinasi wisata ini.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

33. Angkasa Air Soft Gun

Angkasa Air Soft Gun

Image Credit: Trapedia.com

Bagi Anda yang menyukai air soft gun, mengunjungi destinasi wisata ini merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba.

Destinasi wisata ini menawarkan kegiatan wisata sambil olahraga. Anda juga bisa menemukan perkumpulan orang-orang air sof gun di Balikpapan.

Lokasi: JL. M.R. Iswahyudi, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Itulah 33 rekomendasi tempat wisata menarik di Balikpapan. Anda bisa mencoba untuk mengunjungi tempat wisata yang sudah disebutkan diatas saat ingin berlibur bersama keluarga maupun dengan teman.