Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Waduk Jatiluhur merupakan sebuah waduk besar yang menjadi tujuan wisata. Waduk ini adalah waduk terbesar yang ada di Indonesia. Pemandangan yang indah mengundang pengunjung untuk datang. Lokasinya yang tenang membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Beragam daya tarik yang tak dimiliki oleh waduk-waduk kebanyakan pun menjadi nilai tambah untuk waduk satu ini.

Panorama indah dari lokasi wisata buatan ini menampilkan hamparan perairan luas dan besar, pinggir waduk pun dikelilingi pepohonan hijau yang disuguhkan khusus untuk pengunjung yang datang. Adanya view asri pegunungan juga semakin menambah kekhasan dari waduk satu ini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini.

Wisatawan yang mengunjungi Waduk Jatiluhur dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola. Beragam fasilitas yang disediakan bertujuan untuk menunjang kegiatan liburan wisatawan yang datang. Fasilitas yang lengkap juga menjadi faktor mengapa waduk indah ini menjadi favorit. Jadi untuk pengunjung yang berniat kesini, tidak perlu khawatir akan fasilitas yang minim.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Jatiluhur

Daya Tarik Waduk Jatiluhur
Image Credit: Instagram.com @pariwisata_purwakarta

Jatiluhur merupakan sebuah waduk yang berlokasi di Jawa Barat tepatnya Purwakarta. Waduk ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah Purwakarta. Banyak wisatawan berdatangan dari luar daerah hanya untuk melihat keindahan yang disuguhkan oleh waduk ini. Beragam daya tarik yang dihadirkan juga menjadi faktor banyaknya pengunjung yang berdatangan.

1. Panorama Indah Pegunungan yang Disuguhkan

Pembangunan obyek wisata buatan ini dimulai saat masa pemerintahan Presiden Soekarno yang dibangun pada tahun 1957. Compagnie francaise d’entreprise adalah nama perusahaan konstruksi yang dipercaya oleh presiden untuk membangun waduk ini. Sepuluh tahun kemudian setelah tahun 1957, waduk ini akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh presiden kedua yaitu Jenderal Soeharto.

Seiring berjalannya masa, waduk ini tidak hanya berfungsi sebagai PLTA dan irigasi saja namun juga sebagai obyek wisata seperti sekarang ini. Panorama indah yang disuguhkan menjadikannya sebagai obyek wisata favorit sekaligus ikon dari Purwakarta. View yang langsung terlihat saat mengunjungi waduk ini adalah pemandangan gunung di ujung waduk yang berpijak megah diatas tanah Purwakarta.

Gunung yang terlihat dari Waduk Jatiluhur ini asri berwarna dengan hijau. Bukan hanya gunung saja yang terlihat, namun juga hamparan luasnya air pun dapat wisatawan lihat dari pinggir waduk. Pemandangan birunya perairan dan hijaunya pegunungan merupakan sebuah perpaduan apik yang hanya dimiliki oleh obyek wisata ini. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri waduk ini.

2. Hijaunya Rerumputan yang Mengelilingi Waduk

Purwakarta terkenal sebagai kota dengan kerajinan bambunya yang apik, bahkan beberapa kerajinan bambunya pernah memikat dunia. Ketersediaan bambu yang berada di Purwakarta menjadikannya sebagai daerah penghasil bambu. Keberadaan bambu yang tumbuh berlimpah disini juga menjadi bukti akan suburnya tanah Purwakarta. Begitupun dengan keberadaan area hijau yang mengelilingi waduk.

Lokasi obyek wisata buatan ini berada tidak terlalu jauh dari pusat Kota Purwakarta. Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh, keasrian yang sesungguhnya tetap dapat wisatawan rasakan disni. Keberadaan rerumputan hijau yang terhampar di pinggir waduk terlihat sangat indah apalagi saat hujan turun. Embun-embun dari rerumputan setelah hujan tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Luar biasa indah.

Selain rerumputan yang menghiasi pinggiran Waduk Jatiluhur, pepohonan hijau pun turut andil dalam menghiasi pinggiran waduk ini. Keberadaan area hijau disini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang, sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama disini. Piknik kecil-kecilan bersama keluarga tercinta merupakan suatu kegiatan menarik yang dapat wisatawan rasakan jika berkunjung ke waduk ini.

Daya Tarik Dimiliki Waduk Jatiluhur
Image Credit: Google Maps (Eko Pramuyanto)

3. Spot Foto Indah Bertema Natural

Daya tarik lainnya dari waduk yang indah ini adalah adanya spot foto instagramable. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk mendapatkan jepretan foto yang pas, wisatawan bisa berkunjung kesini dan merasakan berfoto dengan background yang sangat indah. Dijamin, jika wisatawan yang mengambil foto disini akan mendapatkan angle yang pas dalam setiap sisi.

Pemandangan waduk dan area hijau disini tidak perlu diragukan lagi keindahannya, dan akan terlihat semakin pas jika difoto. Kesan natural yang khas dari hijaunya pegunungan dan rerumputan menyatu dengan luasnya perairan waduk merupakan sebuah perpaduan apik yang hanya bisa didapatkan disini. Pastinya dapat mengundang banyak like serta followers di akun Instagram wisatawan.

Bukan hanya keberadaan area hijau dan perairan yang luas saja, adanya Bunga Morning Glory yang tumbuh cantik di Waduk Jatiluhur menjadikan kualitas foto terlihat lebih memesona. Bunga cantik ini berwarna ungu elegan dengan bentuknya yang menyerupai terompet kecil. Morning Glory disini tumbuh secara liar dan dapat wisatawan temukan di seluruh penjuru waduk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps ( Ikbal Fai)

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu destinasi wisata buatan mengagumkan yang terletak di Purwakarta tepatnya di Kecamatan Jatiluhur. Lokasi wisata buatan ini berjarak kurang lebih 9 km pusat Kota Purwakarta. Akses jalan menuju waduk sudah tergolong mudah dilalui, baik oleh kendaraan beroda dua maupun beroda empat. Pengunjung juga akan ditemani dengan pemandangan hijau saat perjalanan.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi waduk terbesar ini kurang lebih sekitar 30 menit jika dimulai dari pusat Kota Purwakarta. Saat musim liburan seperti halnya lebaran ataupun libur sekolah, jalan menuju waduk akan sedikit ramai sehingga dapat mempengaruhi waktu tempuh menuju lokasi. Wisatawan dari dalam dan luar daerah banyak berdatangan untuk melihat keindahan dari waduk ini.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Tol Jatiluhur kemudian belok ke arah kanan hingga menemui pertigaan. Saat di pertigaan, belok ke arah kiri sampai menemui Pertigaan Pasar Bunder. Lalu, belok ke arah kanan dan lurus sampai melewati Jembatan Tol Cipularang hingga menemui pertigaan lagi. Ambil jalan yang lurus dan menanjak, lalu teruskan perjalanan sampai menemui obyek wisata yang dituju.

Dengan waktu setengah jam tepatnya 30 menit dan jarak 9 km dari pusat Kota Purwakarta, wisatawan sudah dapat melihat sendiri keindahan yang disuguhkan oleh waduk ini. Wisatawan bisa berkunjung bersama keluarga dan menikmati bersama suguhan pemandangan yang dihadirkan oleh waduk ini. Merupakan pilihan yang sangat tepat untuk wisatawan yang hendak menghabiskan liburan disini.

Harga Tiket Masuk Wisata Waduk

Harga Tiket Wisata Waduk
Image Credit: Google Maps (Arif Khunaifi)

Layaknya obyek wisata kebanyakan, saat memasuki obyek wisata akan dikenai sejumlah biaya sebagai tiket masuk. Sama halnya dengan obyek wisata Waduk Jatiluhur ini. Namun, wisatawan yang berniat mengunjungi waduk ini tidak perlu khawatir akan biaya yang bisa menguras dompet. Karena obyek wisata ini memasang tarif yang ramah dikantong bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahannya.

Obyek wisata ini memasang tarif masuk sebesar Rp 20.000 sampai dengan Rp 25.000 sebagai tiket masuknya. Sedangkan untuk parkir kendaraan motor, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 3.000 dan untuk parkir kendaraan mobil, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 5.000. Dengan tarif yang dinilai terjangkau, wisatawan yang datang sudah bisa menikmati keindahan dari waduk satu ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Jatiluhur

Aktivitas di Waduk Jatiluhur
Image Credit: Google Maps (Robby Alfikri)

1. Menyusuri Luasnya Perairan Waduk

Waduk Jatiluhur terkenal akan panoramanya yang indah dan memanjakan mata. Mulai dari luasnya hamparan perairan luas hingga megahnya pemandangan gunung yang berdiri kokoh di ujung waduk. Wisatawan bisa melihat luasnya perairan waduk yang berpadu dengan birunya langit. Sangat indah jika dipandang dari sisi manapun. Pantas saja kalau obyek wisata ini menjadi favorit para wisatawan.

Wisatawan dapat menyusuri luasnya perairan waduk dengan cara menyewa kano atau perahu kecil yang sudah tersedia disini. Tidak perlu repot-repot mendayung, karena wisatawan akan ditemani oleh instruktur yang akan memfasilitasi dan membawa wisatawan ke tengah-tengah danau. Untuk wisatawan yang menyukai tantangan, bisa mencoba jetski yang sudah tersedia disini.

2. Piknik Bersama Keluarga Tercinta

Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Purwakarta, obyek wisata buatan ini tetap asri karena keberadaan area hijau. Terdapat banyak sekali pepohonan serta rerumputan disini. Udara di sekitar area waduk pun dikenal sejuk oleh wisatawan yang datang. Tak hanya itu, tempatnya yang bersih serta airnya yang jauh dari kontaminasi juga menjadikan obyek wisata buatan ini menjadi favorit.

Dengan kenyamanan yang ditawarkan, piknik bersama keluarga merupakan hal yang wajib dilakukan disini. Wisatawan dapat piknik bersama keluarga sembari menikmati pemandangan. Wisatawan juga bisa menyantap makanan yang dihidangkan oleh rumah makan yang tersedia disini. Dengan menyantap makanan serta piknik bersama keluarga disini, dijamin menjadi liburan indah yang tidak akan terlupakan.

Aktivitas Menarik di Waduk Jatiluhur
Image Credit: Instagram.com @tya_fabian

3. Berfoto dengan Background Indah

Panorama yang disuguhkan di Waduk Jatiluhur tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Maka tak heran kalau wisatawan domestik maupun mancanegara berdatangan untuk melihat keindahan yang ditawarkan oleh waduk ini. Pemandangan yang indah, areanya yang bersih, jaraknya yang dekat dari pusat kota serta tarif yang tidak menguras kantong menjadi kelebihan waduk ini dari waduk-waduk yang lain. Karena keindahannya, wisatawan yang datang selalu menyempatkan diri untuk berfoto disini.

Berfoto dengan latar belakang yang indah dari waduk ini merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung yang datang. Bahkan banyak wisatawan yang datang kesini hanya untuk mengambil foto prewedding mereka. Keberadaan Bunga Morning Glory disini pun turut menjadi faktor mengapa banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat untuk mengambil foto prewedding.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Jatiluhur

Fasilitas di Waduk Jatiluhur
Image Credit: Google Maps (War Tini)

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota membuat fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini tergolong lengkap dan memadai. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas penunjang tersedia disini. Fasilitas umum seperti halnya area parkir untuk kendaraan wisatawan, toilet, mushola dan sebagainya. Serta fasilitas penunjang seperti halnya perahu, kano, jetski sewa, area berkemah dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa hal mengenai Waduk Jatiluhur yang sudah dirangkum diatas. Seakan tidak ada habisnya jika membahas indahnya waduk terbesar di Indonesia satu ini. Untuk Anda yang berada di Purwakarta tidak ada salahnya untuk mengunjungi obyek wisata ini. Selain dapat melihat pemandangan yang indah, wisatawan juga dapat merasakan liburan yang seru dan mengasyikkan bersama keluarga.