8 Air Terjun (Curug) di Purwakarta Paling Hits Dikunjungi

Curug Purwakarta

Purwakarta dulunya dijuluki sebagai Kota Pensiun. Julukan ini diberikan karena suasana yang ada memberikan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk layaknya kota besar. Namun, suasana tenang Purwakarta nampaknya sedikit berubah belakangan ini. Hal ini dikarenakan citra Purwakarta yang berubah menjadi kota pariwisata.

Kota yang dikelilingi pegunungan dan sungai ini berpotensi memiliki keindahan yang menakjubkan. Purwakarta bahkan dapat disandingkan dengan kota tetangganya yaitu Bandung. Banyak sekali ditemukan curug yang indah di Purwakarta. Curug dalam bahasa sunda diartikan sebagai air terjun. Air terjun di kota ini mempunyai berbagai kegiatan alam bebas seperti arung jeram, kemping, dan berfoto.

Kondisi geografis Purwakarta menjadikannya destinasi terbaik untuk berlibur. Air terjun di sini masih alami dan terjaga. Keindahannya akan membuat kita tersenyum dengan sendirinya. Selain itu, air terjun di sini cocok untuk mengobrol dengan kerabat. Dijamin mengobrol dengan lanskap air terjun membuat mata segar serta merekatkan hubungan satu sama lain. Berikut 8 Curug di Purwakarta yang populer dikunjungi wisatawan.

1. Curug Ponggang

Curug Ponggang

Image Credit: Beepdo.com

Ketika pertama kali datang menginjakkan kaki secara spontan kita akan dibuat menganga sesaat. Sebelum sampai ke air terjun, kita akan pepohonan dan vegetasi yang berjejer bagaikan benteng alam. Kilatan embun sekilas akan terlihat seperti permata yang menghiasi dinding-dinding tebing. Awas! Jangan sampai terlalu sayang hingga berhenti di tengah jalan.

Sesaat ketika air terjun tertangkap oleh mata, hanya satu yang akan kita bayangkan, Taman Eden. Begitulah kesan pertama saat kita melihat air yang mengalir ke bawah. Aliran yang terkadang deras, terkadang sedang ini berhulu dari sungai Cimalaya. Alirannya menjadi kolam besar yang terkenal sedingin es.

Awal tahun 2000 Curug Ponggang memiliki banyak pengunjung. Suasananya yang tenang dengan gemericik merdu air membuat sebagian besar wisatawan enggan pulang. Foto-foto dari Curug Ponggang sering kali viral di Instagram. Namun, akhir-akhir ini kurang pengunjung karena masyarakat daerah semakin tidak tertarik dengan curug ini

BACA:  Batu Lawang, Objek Wisata Alam Paling Hits di Cirebon

Lokasi: Sukajaya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

2. Curug Cijalu

Curug Cijalu

Image Credit: Aroengbinang.com

Air terjun ini terkenal dengan tebing yang mengelilinginya. Anda akan merasakan magis seketika datang ke curug ini. Keindahan yang ditawarkan air terjun ini sulit digambarkan dengan kata-kata. Sejenak kita akan terhipnotis dengan pancaran keindahan air terjun ini.

Vegetasi di Curug Cijalu masih sangat asri. Jika kalian pernah menonton video mengenai dinosaurus, Anda akan teringat bahwa tanaman di sini tak ada bedanya dengan video-video itu. Tanaman tropis yang masih segar ditambah dengan langit biru sangat memanjakan otot-otot tegang. Jangan sampai lupa pulang, ya.

Curug Cijalu memiliki arti air terjun jantan atau lelaki perjaka. Wisata menantang di sini antara lain seperti rock climbing, berkemah, dan mandi dengan guyuran air terjun. Air terjun ini terletak di ketinggian 1030 mdpl, sehingga udaranya sangat sejuk dan dapat melihat pemandangan hamparan hutan yang luas.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

3. Curug Putri

Curug Putri

Image Credit: Duniatravel.co.id

Curug ini berdekatan dengan Curug Cijalu. Lokasinya hanya berjarak 100 meter dan masih masuk ke dalam area wisata Curug Cijalu. Curug ini terkenal dengan keindahan batu hitam yang membentuk pondasi untuk air yang mengalir ke bawah. Susunan batu hitam ini seakan menarik mata karena keindahannya.

Curug Putri memang memanjakan mata para wisatawan. Sesuai dengan namanya, curug ini manja bagaikan seorang putri. Ia sangat manja sehingga membuat kita betah berlama-lama di sini. Suasanya yang indah akan membuat wisatawan enggan meninggalkan “putri” yang satu ini.

Lokasi: Dukuh Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes.

4. Curug Cilamaya

Curug Cilamaya

Image Credit: Jejakpiknik.com

Curug Cimalaya terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Serang memiliki kondisi alam yang sangat terjaga. Pepohonan yang di dominasi oleh Pohon Pinus menghasilkan udara yan terasa segar. Lokasinya yang terletak di kaki Gunung Burangrang membuat potensi keindahan terasa sangat maksimal.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Cianjur Favorit Wisatawan

Infrastruktur di wisata Curug Cimalaya sudah bagus. Keamanannya tersedia sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Akses ke curug ini juga terbilang bagus. Jalannya sudah mulus. Jadi, pengunjung tidak akan tersesat juga karena banyak petunjuk jalan yang ditemukan sepanjang perjalanan ke Curug Cimalaya.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

5. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Image Credit: Detik.com

Peringkat teratas dari keindahan curug di Purwakarta masih dipegang Curug Cipurut. Curug ini tergolong yang terbesar, terbagus, dan terindah di Purwakarta. Hal ini diamini oleh masyarakat dan berbagai sumber media. Anda tidak akan menyesal jika memasukkan curug ini ke bucket list.

Curug Cipurut terletak di kaki Gunung Burangrang, tepatnya Kampung Babakan, Kecamatan Wanayasa. Curug yang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter ini memiliki keindahan alam eksotis dari pepohonan pinusnya. Curug ini juga berhiaskan batu hitam seperti corak lukisan.

Selain itu, aliran sungai di bawah curug ini sering kali dipakai sebagai perosotan. Bebatuan andesit di bawahnya bisa menjadi perosotan alami untuk orang dewasa. Anda akan merasa seperti berkunjung ke Waterboom buatan alam. Jangan lupa jaga keselamatan saat bermain, ya.

Lokasi: Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

6. Curug Tilu

Curug Tilu

Image Credit: Nativeindonesia.com

Satu lagi eksotisme air terjun dari Purwakarta. Curug Tilu terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari. Air terjun ini tersembunyi dibalik benteng alam yang megah. Seakan ia seperti harta karun yang sedang disembunyikan oleh alam. Di sekitar lokasi Curug tilu memiliki hal menakjubkan yaitu hutan bambu tropis yang masih terjaga.

Cerita ini berbentuk undakan. Sesuai namanya, undakan yang terbentuk secara alam berjumlah tiga undakan. Selain air terjun dan hutan, pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan dan pengelolaan ikan. Pengunjung juga dapat memancing di sisi Waduk Jatiluhur.

BACA:  Kawah Kamojang Garut, Wisata Alam yang Memukau

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

7. Curug Suhada

Curug Suhada

Image Credit: Lalaysf.com

Curug ini dinobatkan sebagai curug terbesar di Purwakarta. Curug Suhada terletak di sisi utara Gunung Lembu dan tepat di selatan Danau Jatiluhur, atau di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani. Daerah di sekitar curug seringkali dipakai untuk berkemah karena kondisinya yang masih asri terjaga.

Curug dengan tinggi kurang lebih 7 meter dan memiliki banyak curugan menyusuri batu-batu yang menawan dan elok dipandang. Curug ini mempunyai debet air yang deras ketika musim hujan dan debet air yang sedang ketika musim panas. Banyak orang tertarik dengan wisata adventure dari Curug Suhada.

Lokasi: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

8. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh

Image Credit: Ramabergawa.blogspot.com

Destinasi misterius bertengger di tebing sebelum memasuki Gunung Burangrang. Curug Ciseoh masih tergolong baru sehingga minim akan fasilitas. Namun, dijamin Anda tidak akan rugi sekali menjejakkan kaki ke curug ini. Udaranya yang segar ditambah dengan pepohonan yang kok menghiasi sepanjang pemandangan.

Lokasinya cukup sulit ditempuh. Dari tempat parkir motor kita masih harus menempuh jarak dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer. Pun kita harus berhati-hati dalam melangkah agar tidak terpeleset karena bebatuan di sini cukup licin. Jangan lupa untuk membawa bekal karena akan sulit menemukan orang berjualan di sekitar perjalanan.

Lokasi: Cihanjawar, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

Itulah 8 rekomendasi Curug di Purwakarta yang dapat menjadi tujuan terbaik liburan Anda. Perhatikan cuaca saat berkunjung ke salah satu air terjun di atas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan anda. Jika Anda membawa anak, selalu awasi anak anda. Warga sekitar sangat ramah. Jadi jika terjadi sesuatu, minta tolonglah ke warga sekitar.