10 Tempat Wisata di Binjai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Binjai

Binjai memiliki julukan sebagai smart city dan menjadi salah satu kota terdekat Medan. Binjai merupakan salah satu destinasi menarik untuk liburan karena memiliki banyak tempat wisata yang keren. Bagi pecinta wisata alam, Binjai menyimpan ragam keindahan hayati yang bisa dinikmati seperti air terjun, kolam alami, sungai, hingga bendungan.

Selain wisata alam, Binjai juga memiliki banyak tempat wisata yang ramah anak seperti taman, kolam renang, dan lain-lain. Pembangunan dan pengembangan di sektor pariwisata Kota Binjai dan sekitarnya tergolong pesat. Banyak taman didirikan hingga wisata alam yang dikelola oleh masyarakat lokal.

Binjai berada di Jalur Lintas Sumatera Utara dan sering menjadi tempat singgah bagi pemudik. Wisata di Binjai sendiri populer dengan destinasi wisata taman, sejarah, heritage, taman bermain, wisata kuliner, dan wisata alam. Berikut adalah 10 tempat wisata di Binjai dan sekitarnya yang bisa menjadi pilihan liburan Anda.

1. Arung Jeram Sungai Bingei

Arung Jeram Sungai Bingei

Image Credit: Explore-sumatera.com

Bermain di alam memang sangat menyenangkan seperti arung jeram atau rafting menyusuri aliran sungai Binge di Binjai. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari Kota Binjai dari kurang lebih 1 jam dari Kota Medan. Tempat rafting ini cocok untuk pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Pemandu akan menemani wisatawan dan memberi pengarahan sebelumnya. Tingkat 2 hingga 3 bisa diikuti oleh anak usia 7 tahun ke atas. Pada tingkat selanjutnya tentu lebih menantang untuk wisatawan dewasa yang suka adrenalin.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.132, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan.

2. Kampung Kuliner Binjai

Kampung Kuliner Binjai

Image Credit: Wisato.id

Kota Binjai memiliki tempat wisata kuliner seperti Kampung Kuliner yang sedang hits di kalangan masyarakat Binjai dan sekitarnya. Lokasinya tentu mudah dicapai dan hanya sekitar 50 meter dari pusat perbelanjaan Binjai Supermall. Konsep outdoor dan indoor digunakan di tempat ini.

Salah satu yang menarik dari Kampung Kuliner adalah adanya meja jomblo yang merupakan area outdoor untuk pengunjung. Ada begitu banyak kuliner yang dapat dibeli di food court, mulai dari ayam penyet, mie sop, pecel, dimsum, dan berbagai kuliner unik lainnya.

Lokasi: Jl. Medan – Banda Aceh, Tanah Tinggi, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai.

3. Taman Merdeka Binjai

Taman Merdeka Binjai

Image Credit: Dlhkotabinjai.wordpress.com

Taman yang menjadi tempat kumpul favorit bagi masyarakat Binjai ini luasnya sekitar 1,5 hektar. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi berbagai kegiatan, baik yang lokal maupun acara internasional.

Fasilitas taman cukup lengkap dan terawat, tempat duduk yang nyaman hingga wahana panjat tebing. Ada banyak kuliner yang dijual di sekitar taman ini bagi Anda yang ingin mencoba makanan khas Binjai.

Lokasi: Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai.

4. Kolam Abadi Langkat

Kolam Abadi Langkat

Image Credit: Inilahmedan.com

Kolam ini merupakan aliran air dari air terjun Teroh-teroh dengan sungai yang begitu jernih. Air kolam yang jernih ini membuat bagian dasarnya dapat terlihat. Anda tidak perlu takut karena kolamnya tidak terlalu dalam dan aman untuk berenang. Jika tidak bisa berenang, pengunjung bisa menyewa life jacket.

Wisatawan yang datang ke objek wisata ini tidak hanya bermain air, tetapi juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti menyusuri hutan dan berfoto-foto. Pengunjung yang membawa camera underwater juga bisa berfoto di dalam kolam yang airnya sangat jernih ini.

Lokasi: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat.

5. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman

Image Credit: Indozone.id

Air terjun yang berada di Garunggang ini dapat dikunjungi wisatawan dengan jalur yang cukup memacu adrenalin. Masyarakat sekitar biasanya akan menyediakan jasa tour guide untuk membantu wisatawan sampai di air terjun. Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah warga dan lanjut dengan jalan kaki.

Lokasi air terjun Siluman kurang lebih 20km dari pusat kota. Walaupun cukup melelahkan, semua akan terbayar saat Anda melihat keindahan air terjun dan kolamnya yang begitu jernih. Keunikan air terjun ini adalah pada aliran airnya yang deras dan terkadang bisa menghilang saat air di atasnya tidak begitu deras.

Lokasi: Garunggang, Kec. Kuala, Kab. Langkat.

6. Namu Sira-Sira

Namu Sira-Sira

Image Credit: Dlhkotabinjai.wordpress.com

Namu Sira-sira merupakan bendungan yang dijadikan sebagai sumber PLTA dan irigasi pertanian untuk sawah-sawah di sekitarnya. Selain itu, bendungan ini juga difungsikan sebagai salah satu objek wisata di Binjai. Aliran sungai yang bermuara pada bendungan tersebut dapat digunakan untuk bermain.

Anak-anak dapat berendam dan mandi dengan aman di aliran sungai yang tidak terlalu dalam ini. Jika ingin yang lebih seru, pengunjung bisa mencoba arung jeram. Aliran air sungainya memiliki tepian yang berpasir seperti pantai sehingga orang sekitar menyebutnya Pantai Pangkal.

Lokasi: Durian Lingga, Belinteng, Kec.  Sei Bingai Belinteng Sei Bingai, Kab. Langkat.

7. Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil

Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil

Image Credit: Ksmtour.com

Kuil yang sudah berdiri ratusan tahun ini dulunya merupakan rumah ibadah keluarga India dari Inggris yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Kuil ini memiliki desain yang mirip dengan kuil Shri Mariamman di Medan. Pada bagian luar kuil juga bisa ditemui sumur yang usianya sudah ratusan tahun

Bangunan ini menjadi simbol akulturasi di Binjai. Menara bertingkat dapat dilihat pada bagian luar kuil dengan beberapa patung yang menghiasi bagian atap. Desain kuil yang dihiasi beragam warna ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berfoto-foto.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.18, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

8. Pantai Florida

Pantai Florida

Image Credit: Idntimes.com

Binjai ternyata memiliki objek wisata alam yang cukup unik, Pantai Florida. Tempat ini menawarkan pemandian alami yang unik dengan sebuah air terjun mini. Pantai Florida Binjai memiliki air yang masih sangat bersih dan jernih untuk pengunjung berenang dan bermain air.

Masyarakat sekitar juga menyebut tempat ini sebagai pemandian Namu Ukur sesuai dengan nama desanya. Tiket masuk yang terjangkau membuat tempat ini cocok untuk liburan akhir pekan. Jika ingin lebih menantang, wisatawan dapat mencoba aktivitas cliff jumping di tempat wisata ini.

Lokasi: Namu Ukur, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat.

9. Taman Edukasi Binjai

Taman Edukasi Binjai

Image Credit: Wartawisata.id

Taman Edukasi yang berada di Tanah Seribu ini merupakan salah satu tempat wisata yang tergolong baru. Masyarakat dan wisatawan dapat menikmati taman untuk bersantai dengan tiket masuk gratis. Taman Edukasi merupakan satu dari beberapa tempat wisata di Binjai yang ramah anak.

Jangan khawatir merasa bosan karena di Taman Edukasi ini memiliki banyak fasilitas. Pengunjung bisa memancing, melihat pembuatan gula merah, memanah, hingga mencoba wahana flying fox. Taman yang menjadi salah satu tempat wisata hits di Binjai ini buka setiap hari.

Lokasi: Tanah Seribu, Kec. Binjai Selatan, Kota Binjai.

10. Kolam Renang Tirta Raerim

Kolam Renang Tirta Raerim

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Kolam renang yang berada di Binjai ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Taman bermain air ini memiliki fasilitas yang lengkap dan terawat. Kolam renang dengan air yang jernih, kantin, kamar ganti, toilet, hingga tempat parkir.

Tempat wisata yang ramah anak ini memiliki kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan usia pengunjung. Disediakan juga gazebo di sekitar kolam renang untuk pengunjung bersantai atau makan. Tiket masuk ke Tirta Raerim sangat terjangkau dan cukup ramai saat hari libur tiba.

Lokasi: Jl. Insinyur H. Juanda, Mencirim, Kec. Binjai Timue, Kota Binjai.

Itulah 10 tempat wisata di Binjai yang berjuluk Negeri Tak Bertuah yang wajib Anda kunjungi. Binjai atau yang dulunya dikenal sebagai Langkat ini menyimpan banyak tempat menarik yang siap untuk Anda jelajahi.