Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00–18.30 WIB, Alamat: Tanah Seribu, Kec. Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Sulitnya menemukan lahan di perkotaan membuat semakin sulit menemukan taman bermain untuk anak-anak. Namun di Sumatera Utara, terdapat sebuah lahan luas dengan berbagai arena permainan di dalamnya, namanya Taman Edukasi Binjai. Sesuai namanya, lokasi destinasi wisata ini berada di Kota Binjai, tepatnya di Kecamatan Binjai Selatan.

Sebelum dijadikan objek wisata Binjai, taman ini dulunya merupakan perkebunan sawit cukup luas, sekitar 3 hektar. Maka tidak heran jika di beberapa titik masih terdapat pohon sawit yang sudah tidak lagi difungsikan. Selain itu, banyak terdapat pohon rindang yang sengaja ditanam pengelola untuk mendapatkan udara sejuk dan nuansa hijau.

Pengunjung yang datang kebanyakan dari instansi sekolah, warga sekitar, dan pelancong dari luar kota. Selain memberikan berbagai wahana permainan anak, objek wisata di Binjai ini juga cocok dijadikan tempat rekreasi sederhana bagi keluarga kecil. Keberadaannya semakin dikenal setelah salah satu konten kreator mengadakan resepsi pernikahan di tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Edukasi Binjai

Daya Tarik Taman Edukasi Binjai
Image Credit: Instagram Yuni Ramadhani

Adanya daya tarik menjadikan Taman Edukasi Binjai semakin ramai dikunjungi. Bukan hanya ketika hari libur, namun ketika hari aktif yang biasanya didatangi instansi sekolah. Pihak sekolah yang mendatangi taman ini kebanyakan dengan tujuan untuk outbound bagi siswanya.

1. Pemandangan Indah dan Udara Sejuk

Dari penjelasan singkat mengenai asal usul objek wisata edukasi ini, tentunya didapatkan daya tarik pemandangan yang indah. Meskipun tidak seindah destinasi wisata alam seperti air terjun atau pegunungan, namun tetap memberikan kesan tersendiri bagi orang tua dan anak-anak. Deretan pohon kelapa sawit menjadikan pemandangan hijau nan asri.

Belum lagi kolam yang ada di sekitar lokasi menjadikannya semakin terlihat unik dan sekaligus indah. Selain itu, udara yang dihasilkan juga lebih bersih dan sangat baik untuk kesehatan. Tidak ada salahnya bagi warga kota untuk berkunjung dan membersihkan paru-paru meskipun hanya sementara. Apalagi jika lokasi wisata kali ini cukup jauh dari perkotaan sehingga terbebas dari polusi udara.

2. Tempat Bermain Sambil Belajar

Taman Edukasi Binjai sangat bagus sebagai sarana belajar anak-anak, terutama di usia Pra TK dan Sekolah Dasar. Mereka bisa belajar bagaimana cara menghargai alam sekitar dan juga merawatnya. Setiap permainan di desain untuk mendapatkan dampak positif, terutama dalam hal psikologis dan kognitif.

3. Banyak Wahana Seru

Sebagaimana taman permainan, banyak wahana seru yang disediakan pengelola. Sebagian besar bertema outdoor dan sekaligus melatih fisik anak. Ada pula yang melatih kesabaran dan meningkatkan daya konsentrasi, salah satunya adalah memanah. Berbagai wahana disediakan untuk memberikan daya tarik bagi setiap pengunjung yang datang.

Untuk wahana outbound sederhana atau yang lebih dikenal sebagai Playground, Taman Edukasi Binjai menyediakan permainan yang tidak kalah seru. Anak-anak bisa bermain jungkat-jungkit, ayunan dan berjalan diatas jembatan gantung. Setiap wahana memiliki tantangan tersendiri dan cukup aman dilakukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Edukasi Binjai
Image Credit: Google Maps Loka Nando

Tidak sulit menemukan objek wisata keluarga ini, anda bisa langsung menuju ke Gang Cempaka, Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara. Jarak dari Tugu Pahlawan 45 atau yang juga dikenal dengan Tugu Binjai hanya sekitar 7 kilometer. Jarak tersebut sangat dekat karena bisa ditempuh selama 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Rute menuju Taman Edukasi Binjai jika ditempuh dari Tugu Pahlawan 45 bisa mengambil arah Jalan Lintas Sumatera. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Sutomo dan melewati Jl. Sei Bangkatan. Dari titik tersebut, silahkan cari sebuah gang yang bernama Gang Cempaka, kemudian ikuti petunjuk jalan hingga menemukan lokasi wisata yang dituju.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Taman Edukasi Binjai
Image Credit: Google Maps Rini Rahmayani

Setiap destinasi wisata tentunya memberlakukan tiket sebagai syarat masuk ke lokasi. Ada yang mahal dan ada pula yang murah. Untuk kali ini dipastikan murah karena hanya butuh 10.000 per orang sebagai harga tiket masuk. Dengan harga tersebut, anak-anak bebas bermain Playground seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.

Namun jika mereka ingin menggunakan wahana outbound yang disediakan, perlu biaya lagi yang harus dikeluarkan. Setiap wahana Taman Edukasi Binjai di banderol dengan harga yang sama, yakni 30.000 rupiah. Perbedaan hanya dari durasi yang diberikan, contohnya adalah memanah dan menangkap ikan dengan durasi 30 menit.

Untuk wahana kano hanya dibatasi 15 menit per anak karena keterbatasan kano yang dimiliki. Sedangkan flying fox tidak berlaku durasi, namun hanya untuk sekali main atau meluncur. Harga tersebut masih cukup murah dibandingkan pengalaman seru dan manfaat positif yang didapatkan anak-anak.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Edukasi

Aktivitas di Taman Edukasi
Image Credit: Google Maps Kahiyang Maerakatja

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Edukasi Binjai. Wajar saja karena pada dasarnya taman ini meriakan tempat bermain untuk anak-anak. Berikut adalah berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, baik untuk anak-anak maupun orang tua!

1. Belajar Sabar dengan Memancing

Pada umumnya, aktivitas memancing dilakukan orang dewasa karena cukup seru dan menantang. Namun alangkah baiknya dilakukan pada anak-anak untuk melatih kesabaran sejak dini. Tidak perlu khawatir mereka akan kecewa, karena tempat memancing merupakan sebuah kolam yang banyak diisi ikan.

Dengan kolam yang dipenuhi ikan berbagai ukuran, kemungkinan mereka tetap mendapatkan tangkapan, baik dalam waktu sedikit lama atau sebentar. Selain melatih kesabaran, memancing juga dapat melatih otak dan kecepatan reflek ketika umpan disambar ikan.

2. Serunya Flying Fox

Aktivitas di Taman Edukasi Binjai berikutnya adalah Flying Fox yang juga menjadi favorit sebagian besar anak-anak. Dampak positif yang didapatkan dari wahana permainan ini adalah melatih keberanian. Tentunya anda tahu bahwa tidak semua anak berani meluncur diatas ketinggian menggunakan tali.

Jika anak anda tidak berani, tugas orang tua untuk meyakinkan mereka dan membuatnya supaya berani. Dalam hal keamanan, wahana ini sudah terjamin karena sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, ada pengaman dan pengawas profesional setiap kali anak-anak meluncur.

3. Melatih Konsentrasi dengan Memanah

Bukan hanya untuk anak-anak, namun orang tua juga bisa melakukan aktivitas memanah di Taman Edukasi Binjai. Dibangun diatas lahan dengan panjang 50 meter dan lebar 12 meter tentunya cukup untuk membuat anda tidak perlu antre. Jarak panahan bisa disesuaikan, tergantung dari usia pemanah.

Aktivitas ini dapat melatih kesabaran dan konsentrasi. Setiap anak panah yang diluncurkan harus mengenai sasaran jika ingin dikatakan profesional. Namun jika anda memang masih pemula, tidak perlu khawatir karena ada pemandu yang siap mengajari hingga anda mahir melakukannya.

4. Piknik Santai

Mengawasi anak bermain sambil piknik santai adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Edukasi Binjai. Kegiatan ini biasanya dilakukan orang tua yang sedang tidak ingin melakukan apa-apa, hanya ingin menikmati pemandangan wisata alam eksotis ini. Piknik dilakukan diatas tanah dengan rumput membentang yang digelar tikar.

Bagi anda yang tidak membawa tikar, silahkan menyewa karena pengelola menyediakan dengan jumlah banyak. Tentunya belum lengkap jika tidak ada makanan atau minuman yang menemani waktu santai. Silahkan pesan di warung atau kantin jika anda kehabisan bekal di tengah jalan.

Aktivitas Menarik di Taman Edukasi
Image Credit: Google Maps Kahiyang Maerakatja

5. Naik Kano

Salah satu dampak positif yang didapatkan ketika menaiki kano yaitu melatih keseimbangan. Selain itu, aktivitas ini juga melatih fisik karena harus mendayung kano ke tempat tujuan. Taman Edukasi Binjai menyediakan kano yang berisi dua orang, jadi anda bisa menaikinya dengan anak-anak untuk berbagai keceriaan.

6. Pendakian

Bagi sebagian orang, mendaki merupakan aktivitas penuh tantangan dan menguras energi. Namun tidak demikian jika anda mendaki di objek wisata keluarga ini. Pendakian yang dilakukan tidak seperti halnya mendaki bukit atau gunung. Pendakian kali ini tidak terlalu tinggi dan ada jalan setapak berupa tangga yang bisa dilalui.

Meski demikian, ada juga beberapa yang menggunakan jalan lain sesuai dengan keinginannya karena dianggap lebih seru dan menantang. Bagi anak-anak, mendaki dapat melatih fisik dan tentunya membuat lebih bahagia, meskipun sedikit melelahkan.

7. Berburu Spot Foto

Jangan lupa mengabadikan momen ketika mengunjungi Taman Edukasi Binjai. Banyak objek yang cocok dijadikan foto sebagai kenang-kenangan atau untuk dipublikasikan di media sosial. Salah satunya adalah patung kelinci berdiri yang berada di area pendakian. Keceriaan anak-anak ketika mencoba wahana seru juga layak diabadikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Edukasi Binjai
Image Credit: Instagram Taman Edukasi Indonesia

Sebagai ojek wisata edukasi yang banyak didatangi pengunjung setiap harinya, sudah sewajarnya jika pengelola menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Lahan parkir cukup luas ditemui di Taman Edukasi Binjai yang dipastikan aman. Silahkan gunakan toilet umum bagi yang ingin buang air atau ganti baju.

Ada sebuah Mushola bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah, meskipun tidak terlalu besar. Fasilitas lain yaitu kantin dengan berbagai menu makanan dan minuman tersedia. Di beberapa titik tersedia bangku kayu yang bisa dimanfaatkan untuk duduk santai sambil menikmati suasana segar taman yang asri.

Itulah informasi mengenai Taman Edukasi Binjai, mulai dari daya tarik, harga tiket masuk, lokasi, dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan. Lengkapnya wahana permainan dan fasilitas yang disediakan membuatnya layak dikunjungi. Tidak harus sekarang, anda bisa membuat daftar jadwal terlebih dahulu untuk liburan selanjutnya.