Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 11.00-22.00 WIB Alamat: Jl. MT Haryono No.2, Kebun Lada, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Jika berbicara mengenai destinasi wisata Kota Binjai yang terletak di Provinsi Sumatera Utara maka Taman Selfie adalah salah salah satu yang harus di kunjungi. Bagaimana tidak, taman yang satu ini merupakan tempat rekreasi yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya dari segala usia baik itu keluarga, teman, bahkan bersama pasangan.

Taman ini menawarkan lebih dari 20 spot untuk foto yang instagramable bagi para pengunjungnya. Ditambah lokasinya yang bersifat oudoor membuat nuansa alami nan segar sangat terasa. Tidak hanya berfoto namun di taman ini terdapat cafe yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjungnya.

Ketika memasuki Taman Selfie para pengunjung akan langsung ‘dipaksa’ mengeluarkan sifat narsisnya dengan spot-spot foto yang menggoda. Jadi untuk Anda yang suka berfoto cobalah mengunjungi taman yang satu ini. Tidak hanya berfoto ria, para pengunjungnya juga bisa sekaligus merasakan wisata kuliner dari daerah setempat.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Selfie

Daya Tarik Taman Selfie
Image Credit: Google Maps (Bosco Pratama Sirait)

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan berdatangan. Begitu juga dengan salah satu icon Kota Binjai Sumatera Utara ini yang mempunyai beberapa daya tarik dalam mengundang pengunjung. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Taman Selfie.

1. Spot Foto

Dari namanya saja kita bisa langsung tahu jika tujuan utama dibuatnya taman ini adalah untuk berfoto sepuasnya. Tidak hanya 1 atau 2 spot berfoto saja namun mencapai 20 spot foto yang bisa ditemukan di taman ini. Anda bisa bergaya sendiri atau beramai-ramai.

Ada beragam spot yang bisa dijumpai disini. Mulai dari spot bersepeda, alam, jalanan, perumahan, bahkan ada spot berfoto ala Harry Poter yang menaiki sapu terbang. Untuk dapat berfoto di semua spot yang disediakan para pengunjung harus membayar terlebih dahulu. Setelah membayar para pengunjung bebas berfoto dimana saja yang mereka inginkan.

2. Alam

Salah satu daya tarik yang dimiliki Taman Selfie adalah alamnya. Dimana taman ini dibangun disekeliling pohon-pohon yang rindang membuat para pengunjung dapat bersantai sambil menikmati suasana segar.

Cocok untuk refrehsing dari kepenatan dan hirup pikuknya dunia perkotaan. Tidak hanya itu untuk yang hanya ingin berkumpul bersama keluarga, teman atau hanya berdua bersama pasangan juga cocok ketika mengunjungi taman ini.

3. Makan Khas Daerah Binjai

Tidak hanya makan ringan tetapi di cafe yang ada di taman ini menyediakan makanan khas yang berasal dari Kota Binjai mulai dari roti kreak, mie terbang, dan gurami saos jambu madu. Ada juga minuman segar dan panas buat memanjakan para pengunjung taman.

Cara pesannya pun unik, dimana para pengunjung akan mengambil kertas kecil yang bertuliskan nama makanan dan minuman yang ingin dipesan lalu memberikannya ke pelayan. Tidak perlu menulis di buku atau kertas pesanan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket Masuk
Image Credit: Google Maps (Fadlun Maros)

Dari namanya sendiri mengartikan jika taman ini berada di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara. Kota Binjai sendiri berjarak kurang lebih 20 Kilo meter dari Kota Medan yang merupakan Ibu Kota Sumatera Utara yang dapat di tempuh menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 40 menit.

Untuk rute menuju Taman selfi dapat dimulai dari Alun-alun Kota Binjai mengikuti jl. Jendral Sudirman ke arah bundaran Tugu Binjai. Di bundaran ambil jalur keluar pertama ke arah jl. Medan Banda Aceh lurus terus sampai mendapatkan perempatan Rumah Helm Binjai ambil jalur kiri dan ikuti sampai jl Madura kemudian belok kanan. Ikuti jl Madura sekitar 200 meter Taman Selfie berada di sebelah kanan.

Untuk masuk ke area taman gratis. Namun untuk masuk ke area spot foto harga perorangnya adalah Rp 15.000 per orang. Untuk jam bukanya sendiri adalah setiap hari dari pukul 11:00 sampai 22:00 WIB.

Untuk harga minuman dimulai dari Rp 15.000 sampai Rp 22.000 sedangkan untuk makanannya dimulai dari Rp 19.000 sampai Rp 42.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Selfie

Kegiatan di Taman Selfie
Image Credit: Google Maps (Una Munawwarah)

Jika sudah sampai di Taman Selfie ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjungnya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat di lakukan di taman yang terkenal akan spot berfoto ini.

1. Berfoto

Tidak puas jika Anda mengunjungi taman cantik ini namun tidak berfoto di spot instagramable yang sudah di sediakan. Untuk memasuki area ini para pengunjung harus membayar Rp 15.000 perorang agar bisa berfoto sepuasnya.

Untuk spot berfoto sendiri terdapat beragan jenis, dari yang berunsur alami, perumahan, jalan, film dan lain-lain. Ketika sudah membayar Anda bebas berfoto ria namun tetap hargai pengunjung lain ketika berfoto. Juga jagalah kebersihan agar para pengunjung lainnya bisa menikmati berfoto di area tersebut.

2. Menikmati Alam

Tidak hanya berfoto namun untuk Anda yang merasa pusing dengan kesibukan dan ramainya dunia perkotaan. Anda bisa mengujungi taman yang satu ini. Anda hanya perlu memesan beberapa makanan dan minuman kemudian pejamkan matamu dan dengarkan suara angin yang berhembus di selah-selah pohon, seketika capeknya akan sedikit berkurang.

Kegiatan Menarik di Taman Selfie
Image Credit: Google Maps (Mulyadi Mul)

3. Berkumpul Bersama Keluarga atau Teman-Teman

Memang tujuan para pengunjung ke Taman Selfie adalah untuk berfoto di spot-spot yang disediakan. Tetapi tidak sedikit orang juga yang datang untuk menikmati waktu liburan mereka bersama keluarga atau teman.

Dengan adanya cafe di taman yang menyediakan makanan dan minuman membuat para pengunjungnya betah berlama-lama di sini. Ditambah nuansa alami dari pepohonan di sekitar membuat para pengunjung sampai lupa waktu ketika sudah tertawa bersama.

4. Wisata Kuliner

Dengan masuknya taman ini menjadi salah satu icon Kota Binjai membuat makanan khas daerah setempat dapat di temukan di sini. Banyak sekali makanan khas yang bisa di coba di taman nan unik ini. salah satunya adalah roti kreak.

Roti kreak adalah roti yang berukuran besar dengan isi daging sapi, sayuran, saos serta mayones. Adapun makanan lain seperti rainbow burger, mie terbang, dan gurami saos jambu madu.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Selfie Binjai

Fasilitas di Taman Selfie Binjai
Image Credit: Google Maps (ANDRE TAMAN SELFIE)

Ada beberapa fasilitas yang bisa di dapatkan di Taman Selfie. Berikut beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung ketika datang ke salah satu icon Kota Binjai Sumatera Utara ini.

1. Lahan Parkir

Sebelum memasuki area taman, ada satu lahan parkir yang luas untuk menyimpan kendaraan bermotor yang dibawah oleh para pengunjung. Para pengunjung dapat bersantai di dalam taman karena kendaraan mereka akan di jaga oleh para petugas parkir.

2. Cafe Makanan dan Minuman

Setelah memasuki daerah taman akan ada cafe yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjungnya. Terdapat makanan berat dan ringan serta minuman dingin dan panas yang dapat di pesan di cafe ini.

Setelah memesan makanan para pengunjung tinggal mencari tempat duduk mereka bebas di mana saja. Nanti makanan dan minuman mereka akan di antarkan oleh para petugas cafe jadi mereka tidak perlu repot-repot untuk mengambilnya.

3. Tempat Duduk

Fasilitas berikutnya adalah tempat duduk. Setelah memesan makanan dan minuman para pengunjung bebas memilih tempat duduk mereka. Disini mereka bisa menikmati suasana outdoor yang sangat alami. Para pengunjung bebas menikmati makanan dan waktu meneka sepuasnya sampai jam taman di tutup.

4. Spot Foto

Fasilitas yang selanjutnya adalah fasilitas yang paling di cari di taman ini. Daerah spot foto dengan latar belakang yang menawan membuat banyak sekali pengunjung yang memasuki daerah ini. Ketika sudah memasuki daerah ini jiwa narsis akan sangat bergejolak.

Para pengunjung bebas berfoto ria setelah membayar untuk masuk ke daerah ini. Anda bebas berfoto sebanyak dan selama yang Anda inginkan. Jika tidak puas dengan hasilnya silahkan foto ulang karena ketika Anda keluar dari daerah spot foto Anda harus membayar lagi untuk bisa memasuki kembali.

5. Toilet

Ketika suatu tempat memiliki cafe maka harus disediakan juga yang namanya toilet. Agar ketika para pengunjung ingin membuang air besar atau kecil tidak perlu repot-repot mencarinya.

Di taman ini juga memiliki toilet yang bisa di gunakan untuk membuang air kecil dan air besar. Untuk toiletnya sendiri terdapat dua jenis yaitu toilet pria dan toilet wanita. Jadi tidak perlu khawatir ketika memasuki toilet di taman narsis ini.

6. Mushola

Dan fasilitas yang terakhir adalah mushola bagi para pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat. Di taman ini juga terdapat sebuah mushola kecil yang dapat di gunakan untuk beribadah.

Itulah ulasan tentang wisata di Taman Selfie di Binjai yang terkenal akan spot berfotonya. Taman ini sangat di rekomendasikan untuk Anda yang berjiwa narsis dan suka berfoto. Bisa dikunjungi bersama keluarga, teman, rekan kantor atau mau moment berdua bersama pasangan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.