Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00–19.00 WIB, Alamat: Jl. Pertamina, Cengkeh Turi, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Cantik dan mempesona adalah kesan pertama yang didapatkan ketika berada di wisata alam ini. Sawah Lukis Binjai hadir dengan nuansa pemandangan khas pedesaan yang sangat menarik dan mempesona. Terletak di daerah Binjai, Sumatera Utara wisata alam ini menjadi salah satu pilihan untuk bersantai dan berlibur. Lokasinya yang cukup strategis dan mudah dijangkau.

Dibangun di atas lahan selebar 2 hektar, Sawah Lukis berhasil memadukan antara alam, berolahraga dan berlibur. Berbagai spesies padi sebagai salah satu objek pemandangan yang disajikan dapat dinikmati oleh pengunjung. Bagi yang menyukai olahraga bersepeda, juga tersedia disini. Berjalan kaki sambil menyusuri persawahan yang indah juga bisa menjadi pilihan yang asyik.

Berbagai fasilitas telah disediakan oleh pengelola sehingga siapa saja akan merasa betah berada disini. Lokasi yang cukup strategis serta harga tiket masuk yang tidak menguras kantong menjadikan wisata Binjai ini selalu ramai dan tidak pernah sepi. Spot foto menarik juga telah disediakan oleh pengelola bagi pengunjung yang menyukai selfie dan fotografi.

Daya Tarik yang Dimiliki Sawah Lukis Binjai

Daya Tarik Sawah Lukis Binjai
Image Credit: Google Maps arsyud

1. Keindahan Alam

Suasana asri nan sejuk khas pedesaan mendominasi Sawah Lukis ini. Hamparan persawahan yang terdiri dari berbagai varietas padi semakin mempercantik fenomena alam ini. Segarnya angin sepoy-sepoy semakin memanjakan dan menenangkan pikiran. Tidak heran jika pengunjung betah untuk duduk berlama-lama sembari melahap keindahan alam khas pedesaan ini.

Jalan setapak yang berada di tengah area persawahan semakin menambah keindahan tempat ini. Menyusuri jalan setapak ini akan membawa pengunjung terbuai dengan keindahan sawah di lokasi alam ini.

Padi dengan beragam warna-warni juga telah mempercantik Sawah Lukis. Varian padi hijau cerah dan dibuat sedemikian rupa sehingga terbentuklah gambar yang memikat siapa saja yang menatapnya.

Keindahan lain adalah adanya sebuah undakan sawah yang terdiri atas varian padi berwarna hijau cerah dan ungu yang sengaja ditanam di undakan sawah tersebut. Sejumlah gambar yang unik dan cantik tercipta dari undakan sawah tersebut. Sejauh mata memandang hamparan padi hijau akan sangat memanjakan mata yang melihatnya.

2. Spot Foto yang Menawan

Setiap orang yang sedang berlibur, pastinya akan mengabadikan momen yang tercipta. Apalagi jika tersedia spot foto yang cantik dan menawan, pastinya pengunjung akan tergoda untuk mengabadikannya. Terdapat 10 wahana menarik yang telah disediakan dan bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto di Sawah Lukis.

Rumah-rumah unik yang di tata dengan apiknya terletak di bagian tengah sawah. Rumah ini mirip dengan rumah adat suku Lombok, di mana rumbia dan ilalang adalah atap khas rumah adat ini. Rumah unik ini dijadikan sebagai background foto yang selalu diincar oleh pengunjung.

Berfoto di rumah unik ini tentunya akan menjadikan koleksi foto-foto indah milik pribadi akan bertambah. Area foto lainnya adalah adanya tenda yang bisa digunakan untuk bersantai yang berada di tengah persawahan.

Spot foto lainnya yang selalu ramai adalah tulisan Love yang berada di area Sawah Lukis ini. Sungguh sangat disayangkan jika pengunjung melewatkan momen berfoto di tempat ini.

Area foto lainnya adalah adanya hiasan bambu anyaman yang dipercantik dengan padi beraneka warna dipasang di setiap sudut sawah. Pengunjung juga dapat memanfaatkan 10 spot foto dengan warna hijau yang mendominasi yang semakin mempercantik hasil foto yang tercipta.

3. Area Bersepeda

Konsep persawahan yang memadukan antara unsur berlibur, berolahraga yang dipadu dengan keindahan alam adalah hal yang sangat mempesona. Konsep inilah yang dimiliki wisata alam Sawah Lukis, sehingga tidak mengherankan jika para pecinta olahraga bersepeda menyukai lokasi ini. Trek khusus sengaja disediakan sedemikian rupa oleh pengelola.

Area bersepeda disini lumayan panjang, namun tentunya nyaman untuk bersepeda. Bersepeda sambil menikmati keindahan alam khas pedesaan tanpa diganggu oleh kemacetan dan polusi udara asap kendaraan bermotor adalah hal yang menyenangkan bagi para pecinta olahraga sepeda.

Rute sepeda yang tersedia juga sangat menarik. Berbagai penjuru di area persawahan ini bisa dijelajahi dan tentunya juga bisa digunakan berfoto dengan sepeda kesayangan di spot-spot foto yang tersedia. Indahnya wisata alam ini yang tercipta akan menyegarkan pikiran setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas sehari-hari.

Setelah lelah bersepeda, tentunya para gowes bisa beristirahat sambil menikmati berbagai sajian kuliner yang akan memanjakan perut dengan menu-menu yang bervariasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sawah Lukis
Image Credit: Google Maps Sopiati Chaniago

Sawah Lukis berada di daerah Binjai Utara, Sumatera Utara, tepatnya di Gang San Asmat, Cengkeh Turi. Lokasi yang terbilang strategis dan mudah dijangkau. Bagi pengunjung yang belum pernah ke lokasi ini, tentunya tidak perlu merasa risau.

Aplikasi geogle map pastinya akan menuntun pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan alam disini. Bertanya dengan penduduk sekitar juga bisa dilakukan untuk membantu kita menemukan lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sawah Lukis
Image Credit: Google Maps Sawah Lukis

Pengelola Sawah Lukis Binjai telah menarifkan harga tiket masuk yang ramah di kantong. Agar bisa menikmati keindahan wisata alam ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung hanya cukup membeli ragam kuliner yang disajikan di lokasi ini. Harga untuk makanan dan minumannya pun cukup terjangkau dan ramah di kantong, yaitu berkisar Rp 10.000 sampai Rp 100.000.

Paket bersepeda tentunya dengan tarif khusus disediakan bagi para pecinta gowes, tentunya ini pengunjung bisa langsung bertanya saat berada di lokasi ini. Wisata alam ini bisa dinikmati pengunjung mulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 19.00 dan tentunya buka setiap hari. Pengunjung akan sangat ramai terutama di hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sawah Lukis

Aktivitas di Sawah Lukis
Image Credit: Google Maps dhiya khofifa nst

1. Bersantai dan Berlibur

Rutinitas yang telah dijalani pastinya akan membutuhkan hiburan. Bersantai dan berlibur di wisata alam ini dijamin akan membuat pikiran lebih segar sehingga produktivitas bekerja akan tercipta. Menikmati hamparan padi sambil duduk bersantai di gazebo yang telah disediakan adalah hal yang sangat mengasyikkan yang bisa dilakukan di Sawah Lukis.

Suasana persawahan dengan warna hijau yang mendominasi sangat memanjakan mata. Berbagai bentuk dan karakter yang sedemikian rupa dibuat dari padi berwarna warni semakin mempesona pemandangan alam yang tersaji. Siapapun yang pernah ke tempat ini pasti akan merasa betah berlama-lama untuk sekedar duduk dan bersantai.

Menikmati angin segar khas pedesaan yang jauh dari polusi kendaraan adalah kenikmatan tiada tara yang bisa dinikmati. Mencoba jalan setapak yang berada di tengah persawahan akan membawa pengunjung melihat secara nyata gambar lukisan sawah yang begitu mempesona. Jalan setapak ini diciptakan sedemikian rupa sehingga semakin mempercantik lokasi persawahan yang ada.

Setelah lelah menyusuri jalan setapak ini, pengunjung dapat beristirahat di beberapa gazebo yang telah tersedia sambil menikmati segarnya udara khas pedesaan. Tentunya sambil beristirahat di gazebo-gazebo ini pengunjung disarankan memesan kuliner yang ada di tempat ini. Sambil bersantai ditemani makanan dan minuman tentunya hal yang sangat menyenangkan.

2. Bersepeda

Bagi pecinta gowes, Sawah Lukis akan menciptakan sensasi tersendiri. Bersepeda sambil menikmati keindahan alam khas pedesaan bisa dilakukan disini. Tersedia jalur khusus dan trek yang lumayan panjang yang akan memanjakan para pecinta olahraga ini.

Hal terpenting adalah di wisata alam ini, para gowes tidak akan menghirup polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor dan tentunya tidak akan menemukan kemacetan. Selain itu, setelah lelah mengelilingi rute yang telah tersedia, para gowes juga dapat beristirahat sambil menikmati pesona alam yang tercipta.

Aktivitas Menarik di Sawah Lukis
Image Credit: Google Maps Vinson Ng

3. Dokumentasi

Kegiatan wajib yang dilakukan oleh pengunjung ketika berada di Sawah Lukis adalah berfoto. Pengelola sedemikian rupa telah menyediakan dan menyulap objek wisata alam ini menjadi spot-spot foto yang menarik yang akan membuat pengunjung tergoda untuk mengabadikan momen liburan yang ada.

Pemandangan alam khas pedesaan dipercantik dengan adanya berbagai wahana yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto adalah hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Rumah-rumah unik nan cantik yang menyerupai rumah adat daerah Lombok adalah spot foto favorit yang selalu ramai digunakan oleh pengunjung.

Hiasan bambu berpadu dengan anyaman khas dipasang di setiap sudut sawah menjadikan area ini juga bisa dijadikan spot foto yang menarik. Tulisan Love yang terdapat di area persawahan juga selalu menjadi incaran bagi para pemburu foto-foto indah. Lebih indah lagi jika foto bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat.

4. Kuliner di Sawah Lukis

Tidak lengkap rasanya jika ke wisata alam ini tanpa mencicipi berbagai ragam kuliner yang disajikan. Berbagai menu makanan dan minuman tersaji yang akan memanjakan lidah pengunjung.

Harga menu kuliner berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 100.000. Harga yang cukup terjangkau dan tentunya ramah di kantong.

Kuliner adalah hal wajib yang dilakukan di objek wisata ini. Pengelola tidak menarifkan tiket masuk, hanya cukup membeli makan atau minum, maka pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang tersaji di wisata alam ini.

Makan sambil bercengkerama dengan keluarga ataupun dengan orang-orang tersayang adalah kenangan yang sangat menyenangkan.

Walaupun jenis makanan dan minuman yang tersedia tidak seperti menu di restoran, namun pemandangan alam yang tersaji adalah hal yang sangat mempesona, sehingga pengunjung akan merasa betah untuk bersantai sambil menikmati kuliner-kuliner yang ada disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sawah Lukis
Image Credit: Google Maps Sandi Syahputra

Sawah Lukis ini sudah mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut area parkir yang bisa menampung kendaraan roda dua dan empat, toilet yang cukup bersih, mushola, dan gazebo.

Pengunjung tentunya tidak usah khawatir jika ingin tetap melakukan kegiatan ibadah seperti sholat. Pengelola telah mempersiapkan mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah. Hanya lebih disarankan pengunjung harus membawa perlengkapan alat sholat tersendiri agar lebih terjamin kebersihannya.

Lingkungan yang bersih dan terawat juga bisa ditemukan disini. Pengelola sangat memperhatikan kebersihan fasilitas yang ada di tempat ini.

Sawah Lukis Binjai dengan konsep persawahan hadir memberikan warna tersendiri bagi siapa saja yang pernah berkunjung. Warna hijau yang mendominasi dipercantik dengan berbagai varian padi berwarna-warni adalah hal yang sungguh menawan dipandang mata. Spot-spot foto menarik yang tersedia juga telah memanjakan pengunjung untuk sekedar mengabadikan momen liburan.