Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tempat wisata dengan beragam tema. Dari daerah Sabang sampai dengan Merauke terdapat banyak daerah yang menyimpan keanekaragaman tempat wisata mulai dari yang bertema alam, sejarah atau legenda, hingga kekinian. Salah satunya adalah wisata alam Watu Lawang yang berada di daerah Nganjuk.

Bentangan alam di lokasi wisata ini tampak indah dengan latar belakang air terjun yang bertingkat. Meski baru saja dibuka untuk masyarakat umum lima tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2017, tempat wisata yang menyajikan keindahan panorama alam tersebut menjadi salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Banyak hasil jepretan foto wisatawan yang berkunjung di tempat wisata Watu Lawang dengan angle yang menarik wira-wiri di sosial media. Hal ini dikarenakan ada beberapa titik spot instagramable yang selalu menjadi background foto wisatawan ketika mengunjungi lokasi wisata ini. Tempat wisata tersebut cocok dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, hingga saudara.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Lawang

Daya Tarik Watu Lawang
Image Credit: Google Maps 18_Viko Satria Pratama

1. Memilik Karakteristik Air Terjun yang Unik

Keunikan karakteristik yang dimiliki tempat wisata tersebut diwujudkan dengan keberadaan air terjun sejumlah empat buah yang dikelilingi oleh rimbunnya perbukitan lebat yang berwarna hijau. Keempat air terjun tersebut tampak unik karena tersusun bertingkat dan terlihat apik.

Aliran air terjunnya deras dan tampak seolah seperti tirai putih yang terlihat di antara hijaunya kontur lereng gunung. Di sebelah barat wisata alam Watu Lawang tampak hutan rimbun. Di sebelah selatan, tampak perbukitan dengan panorama air terjun sejumlah empat buah. Di sebelah timur terdapat pepohonan pinus yang berbaris rapi.

Air Terjun Sedudo adalah salah satu dari keempat air terjun tersebut. Jika dilihat dari bukit, panorama air terjun tampak segaris. Padahal, sebenarnya jika wisatawan mendaki bukit setinggi 300 meter, terlihat tiga air terjun yang berada di sebelah kiri dan satu air terjun berada di sebelah kanan.

2. Mempunyai Asal Usul Nama yang Menarik

Wisatawan yang ingin menikmati panorama wisata alam tersebut, bisa mendaki bukit setinggi 300 meter yan mengarah ke Bukit Watu Lawang. Pendakian tersebut memakan waktu kurang lebih 15 menit. Sampai di bukit, wisatawan akan disambut dengan panorama empat air terjun yang tampak tersusun rapi di area pegunungan.

Karena berada di kawasan pegunungan, udara disana terasa sejuk. Tentu saja sangat berbeda dengan cuaca Nganjuk yang terkenal panas. Ketika siang hari, bukit setinggi 1500 mdpl di lereng Gunung Wilis tersebut tidak terasa panas karena matahari dihadang oleh kabut yang tebal sehingga tidak langsung mengenai kulit tubuh.

Bukit yang banyak ditumbuhi oleh tanaman perdu dan semak belukar karena memang belum diresmikan oleh pemerintah. Akses jalannya pun masih seadanya. Meski begitu, tempat wisata ini dinamakan wisata alam Watu Lawang dikarenakan banyaknya bebatuan yang berhamburan di area dekat pintu ke Air Terjun Sedudo.

3. Terdapat Batu yang Membentuk Gapura

Sama seperti namanya, Watu Lawang, artinya banyak bebatuan yang terhampar di tempat wisata tersebut. Sesampainya di bukit, ada banyak batu-batu dengan ukuran cukup besar yang menyambut setiap wisatawan yang datang berkunjung. Batu-batu yang terbentuk alami tersusun rapi dan menjadi spot favorit banyak wisatawan.

Dari sejumlah bebatuan itu terdapat dua batu yang dikenal sebagai ikon wisata alam yang terletak di kawasan Nganjuk ini. Yang menarik dari dua batu tersebut adalah tingginya yang melebihi tinggi badan orang dewasa. Uniknya, terdapat celah yang terletak di tengah dua batu tersebut dan cukup dilewati oleh satu orang.

Karena bentuknya yang unik tersebut, batu bercelah ini seolah membentuk sebuah gerbang pintu atau gapura yang bisa digunakan untuk wisatawan masuk. Belahan dua batu terbentuk dengan sangat rapi, oleh karena itu wisatawan bisa masuk melalui gapura atau gerbang batu yang merupakan ikon wisata alam ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Lawang
Image Credit: Google Maps AK

Lokasi wisata alam Watu Lawang berada di Kabupaten Nganjuk, tepatnya di Desa Ngliman. Dari arah Kota Nganjuk, lokasinya adalah sekitar 20 kilometer. Salah satu air terjun yang terdapat di area tempat wisata adalah Air Terjun Sedudo dimana lokasinya di kawasan sekitaran Pegunungan Wilis. Saat menuju ke lokasi, wisatawan akan melalui jalanan mulus berkelok di jalan Sedudo.

Perjalanan ke wisata alam tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari Kota Nganjuk, Jawa Timur. Sementara itu, wisatawan yang berangkat dari Kota Kediri bisa melalui Jalan Raya Kediri-Nganjuk menuju ke lokasi. Akses jalan yang bisa dilalui adalah mengikuti jalan utama sampai dengan wilayah Berbek. Kemudian dari wilayah tersebut ada papan petunjuk.

Papan petunjuk tersebut bertuliskan ‘wisata air terjun Sedudo’ dan menjadi penanda bahwa wisatawan telah berada di jalur menuju ke bukit watu yang utama. Meskipun jalanannya mulus dan berkelok-kelok, panorama yang tersajikan di sepanjang perjalanan sangat memikat hati sehingga wisatawan tidak akan bosan ketika mengunjungi tempat wisata tersebut.

Sampai di lokasi, wisatawan harus mendaki medan yang cukup menanjak sejauh 300 meter untuk bisa mencapai puncaknya. Tidak perlu khawatir karena sudah ada jalanan setapak berupa tangga yang bisa dilewati untuk menuju ke puncak bukit. Karena fasilitas itulah, wisatawan yang tidak terbiasa melakukan pendakian akan sangat terbantu dengan tangga.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Luntas Gallery

Wisatawan yang berencana akan mengunjungi wisata alam Watu Lawang sebaiknya mengetahui segala informasi terkait jam buka dan juga harga tiket masuknya. Untuk jam buka atau waktu operasional tempat wisata ini adalah setiap hari mulai dari hari Senin sampai dengan Minggu pukul 07.00-16.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 6.000 per orang. Selain tiket masuk, wisatawan juga dikenai biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang ingin berkemah, disana tersedia fasilitas camping ground dengan biaya Rp 20.000. Perlu diketahui, HTM tempat wisata tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Lawang

Aktivitas Menarik Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Si Kharisma

1. Menikmati Panorama Bentang Alam

Di puncak bukit, wisatawan akan menyaksikan panorama alam yang membentang luas di depan mata. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis membuat tempat wisata ini memiliki udara yang terasa sejuk. Lanskap dari Gunung Ngliman terlihat nyata di depan mata karena saking megahnya.

Selain pemandangan lanskap gunung, panorama air terjun yang bertingkat menambah kesan asri pada suasana tempat wisata alam Watu Lawang. Keindahan alam Kota Nganjuk tampak sangat menawan jika dilihat dari atas bukit ini. Selain itu, perbukitan yang berjajar dan saling menyambung satu sama lain tampak jelas di depan mata.

Oleh karena itu, di depan mata akan tampak pemandangan alam berupa jajaran perbukitan, lanskap dari Gunung Ngliman, rumah-rumah penduduk dan pepohonan hijau yang tergambar dalam satu frame sekaligus.

2. Hunting Foto

Pihak pengelola tempat wisata menyediakan beberapa spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang tiada duanya. Spot-spot foto di Watu Lawang banyak menjadi incaran wisatawan pecinta fotografi karena sangat instagramable. Tentu saja akan sangat disayangkan jika wisatawan tidak membawa kamera ketika berkunjung.

Setiap spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola mempunyai keunikan masing-masing dengan latar belakang panorama khas berupa air terjun yang bertingkat dan lereng pegunungan. Salah satu dari spot favorit wisatawan yang ada di tempat wisata ini adalah sarang burung yang terletak di bagian sisi tebing.

Selain spot tersebut, tersedia juga spot-spot lainya seperti beberapa bentuk ornamen berupa sayap terbentang hingga papan dengan tulisan yang merupakan kutipan sindiran. Beberapa spot yang tersedia benar-benar menyajikan latar belakang keindahan alam yang ada di wisata alam Watu Lawang.

Aktivitas Menarik di Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Jaya Parabola

3. Bermain ATV

Selain dimanjakan dengan panorama alam yang memikat mata, wisatawan yang berkunjung juga bisa mencoba beberapa wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata. Salah satu wahana yang tersedia disana adalah wahana ATV. Kegunaan ATV tersebut yakni untuk menjelajah seluruh kawasan tempat wisata.

Wisatawan diharuskan menyewa ATV untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut. Menaiki ATV menjadi pengalaman seru dan menyenangkan bagi wisatawan yang sebelumnya belum pernah menaiki wahana mobil kecil dengan empat roda ini. Akan tetapi, ada jalanan khusus yang bisa dilalui oleh ATV, tidak melalui jalanan tangga.

4. Berkemah

Pihak pengelola wisata Watu Lawang menyediakan lahan khusus yang luas atau camping ground yang bisa dimanfaatkan untuk wisatawan berkemah. Area camping ground disewakan untuk wisatawan dengan kapasitas yang cukup luas. Tanah camping ground yang digunakan untuk berkemah merupakan tanah yang datar.

Untuk peralatan camping seperti tenda, pasak untuk mendirikan tenda, dan peralatan lainnya sebaiknya membawa sendiri dari rumah karena pihak pengelola hanya menyediakan camping ground saja, tidak sekaligus dengan peralatan campingnya. Disana wisatawan bisa beraktivitas seperti bakar jagung, masak mie, dan lain-lain.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit dan sunset atau matahari terbenam dari lokasi yang berada di lereng Gunung Wilis tersebut. Sering juga kabut-kabut turun dan menutupi perbukitan serta lembah sehingga panorama alam tampak lebih syahdu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Gank KENARI Livestock n Garden

Wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata alam Watu Lawang tidak perlu khawatir karena disana sudah disediakan beragam fasilitas oleh pihak pengelola. Adapun fasilitas yang disediakan antara lain wahana ATV, gazebo wisatawan, dan camping ground.

Selain itu, ada juga beberapa warung jajanan, lahan parkir kendaraan yang cukup luas, toilet umum, tempat duduk, dan beberapa spot foto yang menarik. Wisatawan disarankan untuk membawa smartphone atau kamera untuk memotret.

Alam juga menyajikan fasilitas alami tanpa dibuat-buat oleh manusia seperti gapura atau gerbang masuk yang merupakan ikon dari tempat wisata ini berupa dua batu yang terbelah dengan celah di bagian tengahnya.

Wisata alam Watu Lawang termasuk salah satu tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi karena pemandangan yang disuguhkan benar-benar menyejukkan mata dan juga pikiran. Meski perjalanan hiking menuju ke puncak bukit cukup melelahkan, namun keindahan pesona alamnya sangat memukau.