Nganjuk berasal dari istilah Anjuk Ladang atau tanah kemenangan pada masa Kerajaan Madang dahulu. Tempat yang kemudian di juluki sebagai Kota Angin ini memiliki berbagai macam objek wisata yang dapat kamu nikmati ketika berlibur nanti.

Kabupaten Nganjuk dijadikan oleh pemerintah sebagai salah satu sentra pertanian. Hal ini dikarenakan jenis tanah dan curah hujan yang tinggi membuat tempat ini sangat baik untuk bercocok tanam. Namun, dari hal ini kamu dapat menerka bahwa di Nganjuk akan banyak ditemukan wisata-wisata alam yang layak untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apa saja tempat wisata terbaik di Nganjuk yang kemudian kelak dapat kamu pilih ketika berkunjung ke kabupaten ini bersama dengan sahabat ataupun keluarga nantinya. Berikut daftar destinasi terbaiknya.

1. Agrowisata Nganjuk

Agrowisata Nganjuk
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Jika kamu tertarik dengan kegiatan pertanian maka datanglah ke agrowisata yang ada di Desa Gondang, Wilangan, Sukomoro dan Rejoso. Ketika disini kamu dapat melihat proses budidaya bawang merah.

Kamu bisa memperoleh pengalaman berharga dengan ikut serta membantu petani merawat bawang merah ini. Kamu juga bisa mencari spot foto pemandangan yang bagus di desa ini karena letaknya tepat berada di kaki gunung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

2. Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik
Image Credit: Matakamera.net

Destinasi wisata ini terletak di Desa Blongko. Rute menuju lokasi ini sulit dan jalannya masih berupa tanah berbatu. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat banyak pepohonan, perkebunan, dan sawah. Setelah mendekati jalan menuju air terjun, Anda harus berjalan kaki dengan rute menurun.

Anda akan disuguhi pemandangan yang memukau, berupa air terjun setinggi 35 m. Air terjun ini terletak di Gunung Wilis, tepatnya di lereng Bukit Panjul. Lokasi wisata ini masih belum banyak di datangi sehingga fasilitas umum belum memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blongko, Kec. Ngetos, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

3. Agrowisata Perkebunan Mawar

Agrowisata Perkebunan Mawar
Image Credit: Ksmtour.com

Jika di Puncak Bogor kamu bisa menemukan taman bunga yang cukup beragam, namun di Nganjuk kamu akan menikmati indahnya pemandangan taman mawar di agrowisata ini. Kamu akan belajar bagaimana merawat dan menanam bunga mawar disini.

Lokasi ini pas dikunjungi oleh pasangan dan keluarga karena pemandangannya yang indah. Selama disini kamu dapat memperoleh berbagai buah tangan yang diolah dari mawar seperti parfum dan sirup mawar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

4. Waduk Putukrejo

Waduk Putukrejo
Image Credit: Wisatasia.com

Waduk ini berada di Desa Putukrejo. Suasana di waduk ini sejuk dan dikelilingi tanaman. Akses jalan menuju waduk ini sangat mudah, yaitu dekat jalan raya yang menghubungkan Pasar Sukomoro dengan Pasar Pace.

Anda yang hobi memancing Anda dapat mengunjungi destinasi wisata ini. Selain pemandangan waduk yang indah, Anda juga akan disuguhi pemandangan perkebunan di sekitar waduk.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putuk, Putukrejo, Kec. Loceret, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

5. Grojogan Duwur Sumbermiri

Grojogan Duwur Sumbermiri
Image Credit: Travelingyuk.com

Wisata air ini berada di Kecamatan Lengkong tepatnya di Desa Sumbermiri. Keunggulan tempat ini adalah kamu dapat menemukan aliran air yang berbentuk seperti grojogan bertingkat layaknya air terjun.

Kamu dapat bermain air atau sekedar mandi dan berenang sepuas mungkin. Tempat ini juga cocok dijadikan untuk beristirahat sekaligus menggelar tikar untuk piknik bersama rombongan. Terdapat kumpulan batu kapur alami yang bisa dijadikan spot untuk selfie atau foto bersama dengan temanmu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumbermiri, Kec. Lengkong, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

6. Goa Ndalem

Goa Ndalem
Image Credit: Alamasedy.com

Goa ini terletak di Desa Kebon Agung, Nganjuk, sekitar 15 km ke arah selatan dari pusat kota Nganjuk. Dinamakan Ndalem karena diambil dari nama sebuah bukit di lereng Gunung Wilis. Secara bertahap di bangun oleh masyarakat dan perangkat desa setempat.

Menurut kepercayaan, Bukit ini adalah padepokan milik tokoh ulama di masa lampau bernama Raden Ayu Kaji Siti Kalimah yang merupakan keturunan ke-7 Raden Patah. Goa ini dianggap sebagai tempat suci yang dikramatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sedudo, RT.02/RW.1, Siwalan, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

7. Air Terjun Watu Lumbung

Air Terjun Watu Lumbung
Image Credit: Ngadem.com

Terdapat air terjun yang sering disebut tetes embun yang berada di Kecamatan Sawahan Desa Bendolo, Nganjuk. Hal ini karena tempat wisata tergolong baru sehingga airnya sangat segar dan jernih.

Namun, kamu harus berjuang untuk mencapai lokasi ini. Lokasinya sulit dicapai karena akses jalannya cukup buruk dan licin sehingga kamu mudah terpeleset ketika memakai sepeda motor.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bendolo, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

8. Bukit Salju Ngetos

Bukit Salju Ngetos
Image Credit: Ujaeybob.blogspot.com

Lokai destinasi wisata ini berjarak 45 km dari pusat kota Nganjuk, tepatnya di Desa Salam Judeg Blongko. Meskipun kawasan ini terbilang baru, namun jangan khawatir, karena sudah ada fasilitas umum.

Salju merupakan singkatan dari ‘Salam Judeg’. Destinasi ini menawarkan keindahan pohon pinus di perbukitan dan terdapat fasilitas spot foto, seperti bentuk hati, bentuk sayap, dan spot foto di bawah payung. Anda dapat beristirahat di rumah pohon ataupun di gazebo yang telah disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salam Judeg, Blongko, Kec. Ngetos, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

9. Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis
Image Credit: Alamasedy.com

Area wisata ini juga berada di Kecamatan Sawahan sehingga tidak jauh dari Desa Bendolo. Wisata ini juga bertemakan air karena terdapat kubangan air bersih yang bisa dipakai untuk bermain air, berenang ataupun sekedar berendam.

Letak kubangan air ini ada di dataran tinggi dengan lingkungan yang masih bersih dan bebas dari polusi karena ada di sekitar pegunungan sehingga kamu dapat menikmati keindahan alam ini sambil melupakan sejenak kehidupan di kota.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngliman , Kec. Mangaran ,Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

10. Bukit Watu Lawang

Bukit Watu Lawang
Image Credit: Alamasedy.com

Lokasinya berada di Desa Ngliman, ketinggian 1.500 mdpl, di lereng Gunung Wilis, Bukit ini menyajikan keindahan pegunungan dan bentang alam berlatar air terjun bertingkat. Anda juga dapat melihat Gunung Ngilam dari atas bukit ini.

Anda dapat melakukan kegiatan berupa hiking, berkemah, bermain ATV. Selain itu, ada spot foto berupa sarang burung raksasa yang terbuat dari kayu-kayu dan posisinya berada di sisi tebing.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

11. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata air terjun yang masih tergolong keramat ini berada di Desa Ngeliman, Nganjuk. Karena itu, kamu harus menjaga sikap dan omongan ketika berada di area ini. Namun, kamu tetap dapat mandi-mandi disini asalkan mengikuti aturan yang dikatakan penduduk setempat.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 105 m bisa dikatakan yang tertinggi di Nganjuk, namun air yang jatuh tidak begitu deras sehingga cocok dijadikan latar untuk berfoto. Selama disini kamu dapat menemukan fasilitas yang cukup lengkap seperti warung, musholla dan sebagainya sambil menikmati indahnya pemandangan alam di area ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sedudo, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

12. Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali
Image Credit: Dzofar.com

Bukit ini memiliki nama lain, yaitu Alas Patuk. Bukit ini berada di Dusun Sumber Klampok. Di Bukit ini ada sebuah goa yang disebut Goa Dali. Konon dulunya bukit ini digunakan untuk tempat ritual di bulan Suro. Udara di bukit ini sejuk dan pemandangan perbukitan juga menyegarkan mata.

Anda juga dapat melihat hamparan sawah warga dari atas bukit ini. Anda harus menggunakan kendaraan yang dapat bertahan di trak tanah berbatu. Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi masih berupa tanah berbatu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Klampok, Kec. Loceret, Kab, Nganjuk, Jawa Timur.

13. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo
Image Credit: Alamasedy.com

Jarak tempat wisata ini sekitar 30 km dari Nganjuk sehingga tidak sampai sejam kamu akan sampai di pintu awal air terjun ini. Setelah itu kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Kamu harus berhati-hati karena jalannya cukup terjal. Ketika sampai kamu dapat menikmati keindahan air terjun yang masih terjaga kebersihannya ini. Kamu bisa foto, piknik ataupun mandi. Tempat ini cukup populer sehingga sering dipadati wisatawan saat musim libur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

14. Grojongan Putri Ayu

Grojongan Putri Ayu
Image Credit: Ngadem.com

Gronggongan Putri Ayu adalah salah satu destinasi wisata berupa air terjun. Airnya berwarna biru kehijauan yang transparan, memantulkan cahaya matahari yang menembus melalui celah-celah kanopi yang rindang.

Air terjun ini memiliki kolam yang luas dengan banyak bebatuan di sisi-sisinya. Akses jalan menuju air terjun ini belum tertata, sehingga masih berupa jalan setapak. Air terjun ini memiliki undakan-undakan bebatuan sehingga Anda dapat duduk di sana, namun tetap harus berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambikerep, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

15. Jurang Gatuk

Jurang Gatuk
Image Credit: Wisataa.com

Wisata alam yang terletak di Desa Gondang Kecamatan Pare menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Karena tempat ini ada di tengah pegunungan yang masih asri. Pemandangan ini semakin lengkap karena kamu akan mudah menemukan persawahan milik warga setempat.

Objek wisata utama dari Jurang Gatuk adalah air terjun yang sangat tinggi, namun airnya begitu segar, jernih dan bersih. Sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan tempat refreshing.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondang, Kec. Pace, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

16. Air Terjun Sri Gunting

Air Terjun Sri Gunting
Image Credit: Twitter.com @nganjukkotaangin

Air terjun ini berada di Desa Ngliman. Untuk mengakses air terjun itu, diperlukan pemandu, biasanya adalah warga setempat. Anda akan di melewati kebun mawar dan pepohonan pinus ketika melewati jalan menuju air terjun ini.

Sesampai di sana, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang tinggi dengan bebatuan-bebatuan sungai menghiasi kolamnya. Air terjun ini tersusun dari undakan berupa batu-batuan sungai. Airnya dingin, jernih dan segar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

17. Air Terjun Ngebleng

Air Terjun Ngebleng
Image Credit: Ilmalaila09.wordpress.com

Ketika mengunjungi Desa Pule yang ada di Kecamatan Jatikalen kamu wajib mengunjungi air terjun Ngebleng. Karena kamu akan menikmati air terjun tiga tingkat disini. Tentunya kamu bisa mandi-mandi sekaligus berfoto.

Destinasi wisata ini begitu populer di kalangan wisatawan. Saking populernya tempat ini selalu ramai dikunjungi padahal area wisata ini belum diresmikan oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, kamu harus meluangkan waktu untuk melihat air terjun ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tondowesi Lor/Utara(Ndosie), Pule, Kec. Jatikalen, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

18. Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning
Image Credit: Awalinfo.blogspot.com

Air tejun ini disebut juga Air Terjun Merambat Roro Kuning dan berada di Desa Bajulan, berjarak 30 km dari arah selatan Kota Nganjuk. Keunikan terjun ini adalah airnya jatuh menimpa bebatuan, sehingga airnya mengalir dan merambat melewati bebatuan dan dikelilingi pepohonan.

Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhi pemandangan asri hutan. Selain pemandangan, Anda juga dapat berenang di kolam berenang, serta melihat rusa di penangkaran rusa di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bajulan, Plakat, Kec. Loceret, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

19. Embung Estumulyo

Embung Estumulyo
Image Credit: Maringetrip.com

Kamu dapat mencapai lokasi ini dalam waktu 30 menit karena jalan yang tersedia sudah cukup bagus, selain itu jaraknya dekat dari pusat Nganjuk. Tempat ini cocok banget dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan alam yang begitu indah.

Embung ini berupa cekungan yang dipakai untuk menampung air hujan, untuk mengairi area sawah serta mencegah banjir. Embung Estumulyo berada di area pegunungan, sehingga kamu akan menikmati segarnya udara pegunungan selama berada disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulu Rejo, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

20. Waduk Perning

Waduk Perning
Image Credit: Foxszulidar.blogspot.com

Waduk ini terletak di Desa Perning, Nganjuk. Destinasi ini menawarkan keindahan pemandangan waduk. Lokasi wisata ini cocok untuk Anda menikmati alam maupun camping. Di beberapa spot di sekitar waduk dikelilingi oleh pepohonan dan perkebunan.

Ada wahana yang melengkapi destinasi ini, yaitu labirin dan playground. Kawasan ini juga mempunyai spot-spot foto menarik dengan latar belakang Waduk Perning, patung, atau pepohonan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perning, Kec. Jatikalen, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

21. Legend Waterpark Nganjuk

Legend Waterpark Nganjuk
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Jika kamu butuh tempat wisata yang modern, kamu bisa datang ke Nglawak untuk bermain di waterpark yang cukup populer di Nganjuk. Kamu dapat memainkan berbagai wahana air layaknya yang ada pada waterpark di kota-kota besar.

Selain itu kamu bisa menikmati fasilitas hiburan lainnya seperti lapangan futsal, bioskop 4D, rumah hantu, food court dan lainnya. Sehingga kamu akan menikmati waktu berlibur ketika berada di area ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Madiun-Surabaya, Pojok, Nglawak, Kec. Kertosono, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

22. Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong
Image Credit: Ksmtour.com

Terdapat spot wisata yang unik di Nganjuk, yaitu Bukit Batu Songgong. Pada bukit ini kamu akan melihat banyaknya batu dengan warna kuning agak kecokelatan yang berjejer cukup rapi. Pastinya warna batu ini terbentuk secara alami karena proses perubahan cuaca di Nganjuk.

Titik wisata yang ada di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan paling cocok dikunjungi saat sore dan pagi hari. Karena pemandangan Nganjuk pada waktu merupakan yang paling indah sehingga cocok untuk latar foto sosial mediamu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembung, Margopatut,  Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

23. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno
Image Credit: Eastjava.com

Jika kamu ingin destinasi wisata yang tidak hanya alami namun juga bernilai sejarah maka datanglah ke Sugihwaras yang ada di Kecamatan Ngluyu. Kamu akan menemukan gua yang memiliki nilai sejarah yang tidak ternilai di dalamnya. Karena itu siapkan kamera terbaikmu untuk foto di tempat ini.

Mencapai Goa Margo Tresno tidaklah mudah, kamu harus menggunakan sepeda motor agar bisa sampai di pintu masuk karena akses jalan yang tidak bagus. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 600 m.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugih Waras, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

24. Candi Lor

Candi Lor
Image Credit: Macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com

Jika kamu ke Kecamatan Loceret, Desa Candirejo kamu akan menemukan candi yang cukup bersejarah bagi Kabupaten Nganjuk. Candi Lor ini keadaannya tidak begitu bagus dan sengaja dibiarkan oleh pemerintah setempat agar nilai historis candi ini tidak berkurang karena diperbaiki.

Lokasi Candi ini tertua di Nganjuk mudah sekali dijangkau bagi para wisatawan karena tidak begitu jauh dari alun-alun Nganjuk. Spot yang biasa dijadikan untuk foto adalah area akar pohon yang tumbuh di salah satu bagian candi tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Candirejo, Kec. Loceret, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

25. Candi Ngetos

Candi Ngetos
Image Credit: Kompasiana.com

Daerah tempat candi ini berada diberi nama dengan Desa Ngetos agar penduduk tahu bahwa terdapat bangunan bersejarah dari masa Kerajaan Majapahit di desa ini. Candi ini dibangun sebagai tempat peristirahatan terakhir dari Raja Hayam Wuruk.

Namun, bangunan ini terus dimakan oleh waktu sehingga kamu dapat melihat banyak bagian yang hilang ataupun rusak karena iklim dan cuaca. Walaupun demikian lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ngetos, Selopuro, Kec. Ngetos, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

Itulah 25 lokasi wisata yang ada di Kabupaten Nganjuk di atas dapat kamu jadikan sebagai pilihan ketika akan melakukan wisata nantinya. Bagaimana, sudah memutuskan untuk berlibur ke destinasi mana di Nganjuk?