15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Terhits Dikunjungi

 Tempat Wisata Sampang

Apa Saja Destinasi Menarik di Sampang? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Sampang, Pulau Madura. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Sampang dikenal sebagai salah satu daerah di Pulau Madura dengan banyak potensi wisata. Daerah ini memiliki pantai, hutan, hingga perbukitan cantik yang bisa menjadi destinasi pilihan untuk wisata akhir pekan. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Kebanyakan tempat-tempat wisata yang ada di Sampang masih terjaga dengan baik. Beragam destinasi wisata alamnya pun menjadi tujuan populer yang menarik banyak perhatian wisatawan ke Sampang dan sekitarnya.

Beberapa destinasi wisata di kabupaten ini sendiri ada yang terpisah dari Pulau Madura. Namun untuk akses ke tempat-tempat menarik tersebut tidak sulit. Sekarang sudah banyak tersedia perahu tradisional dari nelayan setempat yang disewakan untuk menyeberang ke pulau-pulau tersebut. Berikut deretan tempat wisata terbaik di Sampang Madura yang bisa Anda pilih.

1. Tambak Garam

Tambak Garam

Image Credit: Kkp.go.id

Liburan yang unik dan tidak biasa mungkin bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi tambak atau kolam garam di daerah Sampang. Daerah yang dikenal sebagai pemasok garam nasional terbesar ini memang menarik untuk dikunjungi.

Pemandangan warna putih yang berkilau dari tambak garam tidak banyak dijumpai di daerah lain. Garam-garam yang sudah dikumpulkan akan membentuk gundukan-gundukan garam yang indah untuk latar belakang foto Anda.

Lokasi: Apaan, Kec. Pangarengan, Kab. Sampang.

2. Gua Lebar

Gua Lebar

Image Credit: Ksmtour.com

Gua lebar terkenal sebagai salah satu objek wisata alam unik di Sampang. Gua yang terbentuk ratusan tahun lalu karena tanah yang amblas ini banyak menarik wisatawan dari Madura dan sekitarnya. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang mudah di akses karena lokasinya di kota Sampang.

Kebanyakan objek wisata gua terkenal dengan tempat yang gelap dan sempit. Namun, di Gua Lebar ini wisatawan bisa menikmati gua yang cukup luas sekitar 200 meter. Posisi gua berada di kedalaman kurang lebih 300 meter. Tersedia juga fasilitas gazebo untuk pengunjung bersantai dan menikmati suasana Gua Lebar.

Lokasi: Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

3. Gua Macan

Gua Macan

Image Credit: Maduratourism.com

Gua Macan merupakan salah satu destinasi menarik di Sampang yang bisa Anda kunjungi. Objek wisata ini sering kali menjadi tujuan bagi para wisatawan untuk menikmati pemandangan dan suasana gua yang cukup sepi ini.

BACA:  10 Wisata Museum di Surabaya yang Paling Favorit Dikunjungi

Batuan yang menggantung di dinding gua menjadi pemandangan yang dapat dinikmati di Gua Macan. Objek wisata ini juga menjadi salah satu objek wisata gua yang mudah untuk diakses pengunjung.

Lokasi: Bira Temor, Kec. Sokobanah, Kab. Sampang.

4. Gua Kelelawar

Gua Kelelawar

Image Credit: Jalanjalansampang.wordpress.com

Melihat kawanan kelelawar yang menggantung di dinding gua mungkin bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Gua Kelelawar di Sampang ini misalnya yang menjadi tempat tinggal bagi ribuan kelelawar.

Lokasi Gua Kelelawar sangat mudah diakses dan tidak perlu menyeberang pulau. Jika Anda berkunjung di siang hari, maka pemandangan luar biasa dari kelelawar yang sedang tidur langsung disaksikan.

Lokasi: Bira Temor, Kec. Sokobanah, Kab. Sampang.

5. Pantai Nepa

Pantai Nepa

Image Credit: Tempatwisata.pro

Objek wisata pantai di Sampang yang wajib dikunjungi adalah Pantai Nepa. Sebuah pantai yang memiliki pemandangan eksotis dengan pasir putihnya. Ombak di pantai ini tidak begitu tinggi sehingga pengunjung dapat bermain-main di bibir pantai dengan lebih aman.

Kawasan wisata Pantai Nepa terkenal dengan kondisi pantainya yang masih bersih. Pemandangan indah di sekitar pantai ini sangat bagus untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Jadi jangan lupa membawa kamera saat berkunjung ke Pantai Npa ini.

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

6. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin

Image Credit: Mandangin.blogdesa.net

Panorama yang indah dimiliki oleh Pulau Mandangin yang berada di Sampang. Pulau ini terpisah dengan pulau Madura sehingga untuk bisa melihatnya, terlebih dahulu harus menyeberang. Wisatawan dapat menyewa kapal nelayan sekitar untuk diantar ke pulau eksotis ini.

Kondisi Pulau Mandangin masih sangat terjaga dengan air laut yang begitu jernih. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini tidak hanya bersantai menikmati pemandangan pantai. Pengunjung bisa memancing atau melihat-lihat keeksotisan bawah lautnya yang juga masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Pulau Mandangin, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

7. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Image Credit: Kompas.com

Kabupaten Sampang, Madura memiliki objek wisata air terjun yang indah dan unik. Lokasinya yang berada di tepi pantai, membuat air terjun ini berbeda dan menarik banyak wisatawan. Aliran air terjun yang bermuara ke pantai atau laut ini tidak begitu tinggi tetapi airnya begitu jernih dan sejuk.

Pengunjung banyak yang datang untuk berfoto-foto atau menikmati keberadaan air tawar dan air laut yang asin. Objek wisata ini juga menjadi salah satu destinasi murah dan terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk untuk parkir kendaraan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pamekasan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Talabang, Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

8. Pantai Camplong

Pantai Camplong

Image Credit: Detik.com

Salah satu destinasi wisata populer di Sampang adalah Pantai Camplong. Sebuah pantai cantik dengan pasir putih yang lembut. Tempatnya bersih dengan suasana pantai yang tenang. Cocok untuk Anda yang ingin berlibur melepas penat dengan bermain di alam.

Selain pantai yang bersih, kawasan ini juga memiliki jajaran pohon cemara yang semakin menambah kesan segar. Pemandangan hijau dari pepohonan pantai dan lautnya yang biru bersih akan menjadi suguhan untuk pengunjung Pantai Camplong. Wisatawan dapat bersantai dan makan-makan dengan rombongan, namun tetap menjaga kebersihan.

Lokasi: Jl. Raya Camplong No.153, Sorogan, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

9. Wisata Rimba Monyet Nepa

Wisata Rimba Monyet Nepa

Image Credit: Mollyta.com

Objek wisata Rimba Monyet Nepa menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Sampang. Tempat yang menjadi habitat satwa monyet ini berada di sisi utara Madura. Cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan yang terjangkau. Tempatnya dapat diakses dengan menyewa perahu nelayan untuk menyeberang ke hutan Nepa.

Wisatawan dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan kera atau monyet yang dibiarkan hidup bebas tanpa dikurung ini. Selain menikmati suasana hutan seluas 1 km persegi ini, pengunjung juga bisa melihat hutan bakau yang masih berada dalam satu kawasan dengan hutan monyet ini.

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

10. Waduk Klampis

Waduk Klampis

Image Credit: Tempatwisata.pro

Objek wisata Waduk Klampis terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk. Waduk atau bendungan ini dibangun untuk pasokan air bagi masyarakat khususnya untuk irigasi sawah. Tempatnya yang indah membuat Waduk Klampis banyak dikunjungi wisatawan lokal untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan dan juga berfoto-foto.

Pemandangan yang tersaji indah di kawasan ini adalah bendungan besar dan juga hamparan sawah. Pemandang yang hijau semakin indah dengan pepohonan rindang yang berjejer di tepian bendungan. Selain pemandangan cantik tersebut, tempat ini banyak diburu karena pengunjung dapat memasuki kawasan bendungan tanpa dipungut biaya.

Lokasi: Jl. Kh. Asyhary Sorogan, Dalbadung, Kramat, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang.

11. Bukit Masegit

Bukit Masegit

Image Credit: Teluklove.com

Pemandangan menakjubkan dari sebuah perbukitan batu ditawarkan di objek wisata alam Bukit Masegit. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sampang, Madura. Bukit batu alami ini memiliki bentuk yang menjulang tinggi namun tidak terjal sehingga cukup aman untuk didaki.

Keindahan bukit ini banyak menarik wisatawan untuk datang, terutama bagi para pecinta alam. Bukit batu ini ditutupi tumbuh-tumbuhan hijau di beberapa sisinya yang membuat pemandangan bagus untuk spot foto yang instagramable. Namun pengunjung yang datang tetap dihimbau untuk berhati-hati selama berada di Bukit Masegit.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Piaan, Temoran, Kec. Omben, Kab. Sampang.

12. Reruntuhan Pebabaran Trunojoyo

Reruntuhan Pebabaran Trunojoyo

Image Credit: Santrinews.com

Reruntuhan Pebabaran merupakan objek wisata sejarah yang ada di Sampang. Bagi masyarakat Sampang, Pebabaran merupakan tempat penting yang menjadi tempat kelahiran dan makam Raden Trunojoyo. Banyak masyarakat yang datang untuk melihat dan berziarah ke makam dari tokoh yang banyak berpengaruh di Sampang tersebut.

Bagi pecinta wisata sejarah, Reruntuhan Pebabaran Trunojoyo dapat menjadi alternatif wisata di Sampang. Kompleks bersejarah ini dapat dikunjungi kapan saja dan tanpa dipungut biaya.

Lokasi: Rongtengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

13. Sumber Jokotole Omben

Sumber Jokotole Omben

Image Credit: Sampangkabmuseumjatim.wordpress.com

Sumber Jokotole Omben adalah salah satu objek wisata favorit bagi masyarakat Sampang dan sekitarnya. Pengunjung dapat membawa anak-anak untuk bermain dan juga berenang di kolam alami yang ada.

Airnya sangat jernih dan sejuk dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Pemandian alami yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk pengunjung, seperti tempat ganti dan warung makan.

Lokasi: Jl. Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Kec. Omben, Kab. Sampang.

14. Waduk Nipah Banyuates

Waduk Nipah Banyuates

Image Credit: Jatimprov.go.id

Sebuah bendungan buatan di Banyuates ini dikelilingi batuan cadas dan pepohonan yang cukup rindang. Pesona keindahan waduk ini banyak menarik pengunjung datang, khususnya anak-anak muda di Sampang dan sekitarnya.

Waduk yang juga dijadikan objek wisata ini adalah salah satu destinasi wisata di Sampang yang murah meriah. Pengunjung dapat bersantai menikmati suasana waduk dan berfoto ria. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat monyet yang tinggal di pepohonan sekitar Waduk Nipah Banyuates.

Lokasi: Pakolan, Montor, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

15. Bukit Maddah

Bukit Maddah

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Objek wisata alam di Sampang yang cukup populer ini memiliki pemandangan yang indah. Lokasinya merupakan pertambangan mineral yang sudah tidak aktif atau tidak beroperasi. Bekas pertambangan tersebut menyisakan lubang galian yang cukup besar.

Bebatuan di sekelilingnya menjadi dinding alami yang menjadikan tempat ini semakin instagramable. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk bisa berfoto di bekas

tambang ini. Jika menginginkan foto yang epik, sebaiknya datang ke Bukit Maddah sore hari karena pemandangan langit senja di tempat ini sangat bagus.

Lokasi: Gunung Maddah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

Itulah daftar tempat wisata menarik di Sampang Madura yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan. Selain tempat-tempat indah tersebut, tentunya Sampang masih memiliki banyak tempat menarik yang perlu untuk dijelajahi.