Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Banyuroto, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kebun Inggit Strawberry merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang cocok sekali untuk liburan bersama dengan keluarga Anda di akhir pekan. Pasalnya, di sana semua pengunjung akan dimanjakan dengan pesona wisata alam yang begitu indah. Sehingga, dapat dipastikan bahwa waktu berlibur yang Anda habiskan di sana tidak akan terasa sia-sia.

Di sana Anda tidak hanya sekadar liburan saja, melainkan tempat wisata yang satu ini memiliki nilai edukasi dan agrowisata yang sangat cocok guna mengisi waktu. Pengunjung yang datang ke tempat tersebut juga dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tidak heran apabila termasuk ke dalam salah satu wisata andalan di Magelang.

Pengalaman baru pasti akan Anda dapatkan karena wisata tersebut memanglah cukup berbeda dengan kebanyakan wisata lainnya yang ada di Magelang. Oleh karena itu, bila musim liburan telah tiba maka jangan lupa untuk berkunjung ke sana. Namun, sebelum memutuskan untuk datang ke Kebun Strawberry Magelang, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Inggit Strawberry

Daya Tarik Dimiliki Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Instagram Wa Prabu

1. Alam Perbukitan yang Memukau

Ketika tiba di sana, pengunjung akan disuguhkan dengan kecantikan alam perbukitan yang sangat memukau. Hal itu tidak lain karena kawasan dari tempat wisata tersebut terletak di lereng gunung Merbabu serta juga cukup dekat dengan gunung Merapi. Hebatnya lagi, suasana alamnya bisa lebih menarik lagi apabila Anda datang pada saat cuaca di sana sedang cerah.

2. Berdekatan Dengan Beberapa Penginapan

Objek wisata yang berdekatan dengan penginapan pastinya bisa menjadi salah satu hal yang cukup penting, terutama untuk pengunjung yang berasal dari luar kota ataupun bahkan dari luar provinsi. Anda tidak harus khawatir tentang penginapan terdekat bila berkunjung ke Kebun Strawberry ini. Pasalnya, di dekat lokasi wisata sudah terdapat beberapa penginapan yang populer.

Penginapan yang cukup dekat antara lain seperti The Oxalis Regency Hotel dan Saraswati Borobudur Hotel. Sehingga, bagi pengunjung yang berasal dari jauh bisa beristirahat terlebih dahulu di tempat penginapan dan melakukan kegiatan wisata keesokan harinya.

Daya Tarik Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Instagram Yudha Febrianto

3. Hawa Sejuk

Sama seperti ketika Anda berkunjung ke perkebunan teh, hawa yang ada di wisata alam Kebun Inggit Strawberry ini juga sangat sejuk. Oleh karena itu, tidak heran apabila wisata tersebut sangat pas untuk Anda yang ingin rileks dan menyegarkan pikiran kembali. Terutama akan cocok sekali bagi orang-orang yang setiap harinya tidak lepas dengan pencemaran polusi udara di perkotaan besar.

Dengan adanya hawa yang sejuk ini, maka jangan lupa untuk memakai pakaian yang tebal ataupun jaket apabila berniat untuk berkunjung kesini. Pasalnya, semakin lama berada di tempat ini maka hawa sejuk tadi lama-lama akan terasa dingin. Alangkah lebih baik juga bila pengunjung menggunakan alas kaki yang tertutup seperti sepatu.

4. Kawasan Wisata yang Bersih

Kebersihan di kawasan wisata alam tersebut tidak dapat diremehkan begitu saja. Pasalnya, pengelola wisata dan juga masyarakat setempat selalu menjaga supaya perkebunan ini tetap dalam keadaan yang bersih. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memperindah tampilan tempat wisata serta membuat pengunjung merasa nyaman.

Setiap pengunjung yang ada di sana juga benar-benar dihimbau untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sehingga, alam yang ada di sana masih sangat asri dan tidak tercemari oleh kotoran sampah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Instagram Unna Felisa Inna Felinda

Destinasi wisata alam yang bernama Kebun Inggit Strawberry tersebut berlokasikan di Magelang, Jawa Tengah. Lebih tepatnya lagi ada pada Desa Banyuroto, Kec Sawangan. Letaknya sendiri tak jauh dengan Ketep Pass Magelang dan ada di atas ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Rute perjalanan yang ditempuh hingga tiba di sana tidak terlalu sulit.

Untuk bisa menuju ke kawasan wisata tersebut maka dapat dengan menaiki kendaraan roda empat maupun roda dua. Untuk Anda yang sedang ada di Kota Magelang, maka arahkan saja kendaraan Anda untuk menuju ke Kota Muntilan. Apabila sudah tiba di tengah perkotaan Muntilan, maka Anda akan menemukan sebuah klenteng yang ada di sebelah kanan jalan.

Berikutnya, Anda arahkan saja kendaraan hingga menuju ke kantor Kecamatan Sawangan, Magelang. Nah, dari situlah Anda bisa mengarahkan kembali kendaraan untuk menuju ke destinasi wisata Ketep Pass dengan mengikuti beberapa papan petunjuk arah yang telah disediakan.

Bila Anda telah menemukan gapura yang bertuliskan “Selamat Datang di Desa Banyuroto” serta terlihat beberapa gubuk ukuran kecil yang ada di sisi kiri dan kanan jalan, maka artinya Anda telah tiba di kawasan Agrowisata Banyuroto. Akan tetapi, jika merasa bingung, maka Anda juga dapat menaiki angkutan umum yang ada di Yogyakarta.

Angkutan umum yang bisa dinaiki yaitu dengan jurusan Yogyakarta-Magelang dan nantinya akan turun di pertigaan Blabak. Kemudian, naik lagi dengan angkutan umum yang menawarkan jurusan Sawangan. Nah, dari Sawangan inilah Anda dapat memilih naik ojek untuk bisa tiba di lokasi. Jika tidak ingin naik ojek, maka dapat mencarter angkot dengan biaya pulang-pergi kisaran 75 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Google Maps Erik Setiawan

Harga tiket yang dipatok untuk bisa memasuki kawasan wisata alam berupa Kebun Strawberry Magelang ini yaitu 5 ribu rupiah per orang. Harga tiket masuk tersebut akan tetap sama baik saat weekday maupun weekend. Tentu saja harga tersebut terbilang sangat terjangkau bagi kebanyakan orang. Tetapi harganya bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Sedangkan, biaya untuk parkir kendaraan roda dua yaitu 2 ribu rupiah dan kendaraan roda empat yaitu 5 ribu rupiah. Tempat wisata ini akan dibuka mulai jam 8 pagi hingga 4 sore serta dibuka setiap hari. Disarankan untuk mengunjungi perkebunan ini pada musim kemarau saja. Pasalnya, tanah yang ada di kawasan tersebut akan becek apabila sedang musim hujan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Strawberry

Aktivitas di Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Instagram Yudha Febrianto

1. Memetik Buah Strawberry

Tidak hanya dapat dilihat saja, pengunjung juga bisa mengelilingi kebun ini sambil memetik buah strawberry yang telah matang. Untuk jenisnya sendiri, perkebunan tersebut menghasilkan buah strawberry dengan jenis festival dan California.

Dikarenakan perkebunan ini dikelola juga oleh masyarakat setempat, maka wajar jika hasil strawberry yang telah dipetik harus ditaruh di beberapa gubuk kecil yang ada di sekitar kebun. Lalu, strawberry akan ditimbang serta dibayar berdasarkan dengan harga yang telah ditentukan.

Untuk setiap 1 kg buah strawberry akan dijual dengan harga sebesar 30 ribu rupiah. Namun, dengan syarat pembelian minimal ¼ kilogram. Walaupun perkebunan tersebut didominasi dengan tanaman buah strawberry, akan tetapi juga terdapat berbagai macam tanaman jenis lainnya seperti sayur-mayur dan tembakau.

2. Berfoto

Tidak afdol rasanya apabila tidak melakukan kegiatan berfoto ria apabila sedang melakukan wisata ke tempat yang sangat indah. Apalagi, Kebun Inggit Strawberry mempunyai berbagai macam spot foto yang kental dengan keindahan alamnya. Tentu saja berbagai spot tersebut sangat sayang jika Anda lewatkan.

Spot foto yang paling menjadi favorit banyak pengunjung yaitu view gunung Merapi dan view kebun strawberry. Pastinya hasil foto akan terlihat sangat bagus dan cocok diunggah dalam media sosial Anda. Oleh sebab itu, bawalah kamera yang memadai ketika berlibur di sana.

Aktivitas Menarik di Kebun Strawberry
Image Credit: Google Maps Nilam Gupita

3. Menyantap Buah Strawberry

Buah yang ada di perkebunan ini dibersihkan menggunakan air dingin dan menyuburkan tanahnya menggunakan pupuk yang berkualitas. Selain itu, suhu rendah pada pagi hari yang terdapat di lereng pegunungan Lawu juga membantu untuk menghasilkan buah strawberry yang manis dan besar. sedangkan, suhu tinggi pada siang hari membuat strawberry memiliki warna merah menyala.

Strawberry yang dihasilkan di Kebun Strawberry Magelang juga mempunyai tekstur lembut dan kandungan air yang banyak. Bahkan pengelola kebun telah memberikan susu kental manis sebagai pelengkap saat makan strawberry. Menariknya, strawberry yang terdapat di sana, penyerbukannya juga dibantu dengan lebah, sehingga membuat rasanya lebih manis.

4. Belajar Tentang Cara Budidaya Strawberry yang Benar

Di sana pengunjung dapat menambah pengetahuan mengenai berbagai cara budidaya strawberry yang mudah dan tepat. Anda akan mengetahui beberapa syarat dalam menanamnya, antara lain seperti jenis media tanam, pH tanah, ketinggian tempat tumbuh, dan iklim. Pengunjung juga akan dikenalkan beberapa jenis bibit strawberry.

Bahkan, ilmu mengenai proses semai serta perbanyakan bibit hingga cara perawatan yang benar pun juga bisa Anda dapatkan. Tentu saja ilmu tersebut bukan hanya sekadar sebuah teorinya saja, melainkan Anda dapat praktek secara langsung di perkebunan tersebut. Hal ini pasti sangatlah seru, terutama untuk orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia pertanian.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Google Maps eneska triyono

Untuk fasilitas wisata yang disediakan di Kebun Inggit Strawberry sudah dapat dikatakan lengkap dan memadai. Salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan seperti toilet pun sudah ada di sana. Toilet tersebut juga telah dilengkapi dengan air yang bersih. Toilet untuk pria dan wanita pun telah dipisahkan, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman saat ingin ke toilet.

Bahkan, fasilitas tempat ibadah berupa mushola pun juga sudah tersedia di tempat wisata alam ini. Mushola tersebut tentu saja untuk memfasilitasi pengunjung wisata yang mayoritas memeluk agama Islam. Di dalam mushola tersebut sudah ada mukenah dan sajadah yang bisa digunakan oleh pengunjung apabila lupa membawa perlengkapan ibadah dari rumah.

Jika Anda merasa capek setelah mengelilingi kawasan perkebunan, maka bisa segera beristirahat saja. Di sana sudah ada fasilitas gazebo yang teduh dan sangat nyaman. Sembari beristirahat di gazebo, maka Anda juga dapat menikmati strawberry maupun bekal dari rumah. Bukan hanya satu gazebo saja, melainkan ada banyak gazebo yang tersedia supaya bisa muat untuk banyak pengunjung.

Nah, demikianlah berbagai macam informasi penting yang wajib Anda ketahui tentang Kebun Inggit Strawberry di Magelang yang sangat memukau. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang wisata alam tersebut maka segera buatlah rencana untuk berkunjung ke sana. Dijamin mata Anda akan selalu terbelalak apabila sudah melihat kecantikan panorama tempat wisata itu secara langsung.