Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Cantik & Eksotis di Magelang

Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Cantik & Eksotis di Magelang

Air Terjun Kedung Kayang salah satu wisata alam yang memukau di Magelang dengan pemandangan latar gunung Merapi dan keasrian alamnya didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 24Jam, Alamat: Jl. Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Saat membicarakan tentang Magelang, pasti akan terbayang oleh Candi Borobudur yang popularitasnya sudah sampai mancanegara itu. Tak bisa dipungkiri, Magelang memang merupakan daerah yang telah dikenal akan pemandangannya yang tenang, terlebih karena tempatnya dikelilingi gunung yang indah.

Namun, tahukah Anda ada destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik saat mengunjungi Magelang? Anda bisa mencoba mendatangi wisata alam Air Terjung Kedung Kayang Magelang, salah satu tempat yang kini perlahan mencapai popularitas di kalangan wisatawan karena tempatnya yang cantik.

Tidak hanya cantik, Air Terjun Kedung Kayang juga menawarkan beragam fasilitas dan nuansa segar yang akan membuat Anda merasa puas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi air terjun yang eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps (G.A.B Relu B.)

1. Suasana Alam yang Asri

Air terjun yang satu ini memiliki letak yang bisa dibilang cukup tinggi. Saking tingginya, Anda bisa melihat kegagahan gunung Merapi dan gunung Merbabu dari tempat ini. Tidak hanya memiliki tempat yang tinggi, suasana alam yang berada di sini pun sangat asri karena kelestariannya sangat dijaga oleh penduduk sekitar.

2. Hawa yang Sejuk

Apabila Anda penat dengan udara perkotaan yang kotor, maka mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang Magelang merupakan pilihan yang terbaik. Karena terletak di antara pedesaan dan diapit oleh dua gunung, udara yang berada di tempat ini bisa dibilang sangat bersih dan segar, sehingga akan memanjakan paru-paru Anda apabila menghirup udara yang ada di tempat ini.

3. Pemandangan yang Indah

Di lokasi ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan menakjubkan yang membuat Anda bisa melihat dengan jelas keindahan air terjun yang bisa dinikmati dari berbagai sisi. Karena pemandangannya yang indah, lokasi ini menjadi tempat favorit para pengguna sosial media karena lokasinya yang sangat cocok dan estetis untuk dijadikan latar belakang foto mereka.

BACA:  8 Wisata Museum di Solo yang Paling Favorit Dikunjungi
Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps (Yopie Franz)

4. Air yang Mempersona

Aliran yang deras akan membuat air terjun ini bagaikan tirai putih raksasa yang diapit di antara kedua gunung. Pada saat musim hujan, titik air yang kecil tersebut akan jatuh di antara air terjun yang deras sehingga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Anda bisa mengabadikan suasana ini dengan kamera, namun Anda juga harus berhati-hati dan tidak terlalu mengarahkan kamera ke air terjun terlalu lama. Titik air yang begitu banyak akan membasahi kamera Anda dengan cepat. Apabila terkena air terlalu banyak, hal itu akan membuat kamera Anda cepat rusak dan tidak berfungsi dengan terlalu baik.

5. Kental Akan Suasana Mistis

Konon, nama air terjun ini diambil dari dari nama tiga tokoh sakti pada masa lalu yaitu Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini memiliki penunggu yang setia menjaga kelestariannya. Selain itu, air yang mengalir di tempat ini dipercaya memberikan khasiat tertentu bagi para pengunjung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Alamat Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps (Yopie Franz)

Tempat wisata ini memiliki lokasi yang cukup strategis karena terletak di antara kabupaten Magelang & kabupaten Magelang. Karena tidak jauh dari pusat kota Magelang, Anda bisa mencapai air terjun ini hanya dalam waktu kurang lebih sepuluh saja.

Apabila Anda merupakan pengunjung yang berangkat dari Jogja, maka Anda tinggal mengikuti rute menuju air terjun ini melalui Ketep Pass yang berada di puncak Bukit Sawangan. Jarak dari Ketep Pass menuju Air Terjun Kedung Kayang ini bisa dibilang cukup dekat yakni hanya sekitar tiga kilometer saja.

Terdapat beberapa jalur yang dapat Anda gunakan apabila Anda ingin menggunakan kendaraan umum untuk tiba di sana. Pertama, Anda bisa naik bis AKAP yang nantinya akan turun di sisi sebelah timur daerah Pabrik Kertas Blabag Magelang. Kemudian, Anda tinggal menaiki angkutan desa menuju Tlatak Sawangan lalu berganti jurusan menuju ke Jrakah.

Setelahnya, Anda tinggal berjalan kaki untuk mengunjungi Air Terjung Kedung Kadang Magelang ini. Untuk mencapai lokasi air terjun yang indah ini memang membutuhkan lebih banyak usaha dan waktu yang ditempuh pun bisa dibilang tidak cepat. Namun, Anda akan tetap dimanjakan oleh banyaknya pemandangan alam yang sangat asri selama perjalanan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak Paling Populer

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Harga Tiket Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps (BUDI HARYONO)

Berbeda dengan destinasi wisata yang lain, Kedung Kayang di Magelang menerapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Meskipun memiliki harga yang bersahabat, namun pengunjung akan tetap merasa aman apabila mengunjunginya.

Saat memasuki lokasi air terjun ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 4.000 sampai dengan Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkirnya dipatok sekitar Rp 2.000 bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor.

Setelah membayar tiket, pengunjung diperbolehkan menikmati segala fasilitas yang ada di air terjun. Ada satu wahana yang paling dinikmati oleh pengunjung yakni Gardu Pandang. Tarif yang dikenakan untuk menikmati wahana ini adalah Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

Gardu Pandang

Image Credit: Google Maps (G.A.B. Relu B.)

1. Bermain & Mandi di Bawah Air Terjun

Salah satu hal yang membuat wisata ini tampak lebih menarik dibanding yang lain adalah karena suasanya yang begitu damai sebab pengunjung yang mendatangi tempat ini tidak terlalu ramai. Anda bisa mandi atau hanya duduk di atas batu sembari menikmati deru air terjun yang membasahi tubuh dengan segar sambil ditemani oleh pemandangan yang mengagumkan.

Selain itu, di bawah air terjun ini pun terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Kolam ini dipenuhi oleh batuan yang berserakan dengan ukuran yang berbeda, ada yang kecil ada pula yang ukurannya sangat besar. Batuan ini menjadi salah satu objek yang memperindah kolam di bawah air tersebut dan membantu pengunjung agar tidak terpeleset.

2. Trekking Melawan Sungai yang Berarus

Bagi Anda yang senang memacu adrenalin dan menyukai tantangan, maka Anda bisa melakukan kegiatan ini di Air Terjun Kedung Kayang. Anda bisa berjalan menuju aliran air terjun yang berada di bawah dengan melalui jalan setapak yang menurun.

Jalanan tersebut memang sudah dicor, namun kondisinya masih cukup licin sehingga Anda disarankan untuk mengenakan sepatu atau sandai gunung agar tidak terpeleset saat berjalan. Kurang lebih setelah sepuluh menit perjalanan, Anda akan tiba di tepi sungai.

BACA:  9 Oleh-Oleh Khas Salatiga Paling Populer

Aliran sungai yang deras akan membuat Anda merasakan sensasi yang menegangkan saat melawan debit airnya yang semakin kencang. Pada saat hujan, debit air akan menjadi lebih deras sehingga kegiatan ini tidak terlalu direkomendasikan demi menjaga keselamatan Anda.

3. Gardu Pandang

Kegiatan yang paling disukai oleh para wisatawan saat mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang adalah kegiatan menikmati pemandangan gunung Merapi dan Merbabu di Gardu Pandang. Tempat ini merupakan spot foto yang dibangun oleh warga sekitar pada salah satu pohon pinus di sekitar air terjun.

Warga membangun tempat ini dengan posisi dan bentuk yang berbeda. Ada yang berbentuk persegi dan dilengkapi dengan pagar di sekelilingnya, sementara yang satunya justru berbentuk segi delapan dan tidak dilengkapi oleh pagar.

Dari Gardu Panda ini, selain melihat bentuk dua gunung yang agung itu Anda juga bisa melihat pemandangan air terjun yang mengalir dengan indah dari sisi atas. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi saat sore hari karena pemandangannya tampak indah dan matahari seperti tertutupi gunung Merapi. Tak ayal, pengunjung berebut untuk mengabadikan momen sunset di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps (Yopie Franz)

Seperti halnya dengan destinasi wisata lain yang sudah dikuasai dan dirawat oleh pihak pengelola, air terjun yang satu ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung yang ditujukan agar pengunjung semakin aman saat mengunjungi tempat wisata ini.

Beberapa fasilitas yang ada di air terjun ini adalah toilet bersih yang seringkali digunakan oleh para pengunjung untuk berganti baju atau mandi. Selain itu, terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu khawatir saat merasa lapar atau kehabisan perbekalan makanan di tempat ini.

Namun, alangkah lebih baik apabila Anda tetap membawa perbekalan yang lebih banyak karena makanan yang tersedia pun jumlahnya tidak terlalu bervariasi. Tidak hanya itu, Anda juga harus membawa serta kantong sampah untuk berjaga-jaga dan menjaga kebersihan air terjun ini

Objek wisata Air Terjun Kedung Kayang memang terlihat indah dan terletak di tempat yang strategis. Tidak hanya indah, namun Anda bisa menikmati berbagai kegiatan untuk menenangkan pikiran Anda yang penat dengan kehidupan sehari-hari. Apabila Anda ingin mengunjungi Magelang, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi seperti uraian di atas.