Harga Tiket: Rp 700.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Carangsari, Kec. Petang, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari dengan berlibur ke tempat wisata yang menarik. Ada banyak faktor yang membuat wisatawan memilih suatu tempat wisata, antara lain keunikan tempatnya, konsep yang diusung, harga tiket masuknya, dan lain sebagainya. Bali Elephant Camp termasuk tempat wisata unik.

Berlibur ke Bali tidak harus melulu mendatangi pantai-pantai saja, namun sesekali wisatawan bisa mencoba berwisata ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya supaya mendapatkan pengalaman berlibur baru yang menyenangkan. Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep yang unik karena terdapat gajah sebagai daya tarik utamanya.

Jika wisatawan datang ke kebun binatang mendapati beragam jenis hewan, maka di Bali Elephant Camp wisatawan hanya akan mendapati gajah saja yang menjadi daya tarik utama. Disana wisatawan bisa berinteraksi dengan para gajah secara langsung dan juga menyaksikan gajah-gajah dilatih melakukan atraksi.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Elephant Camp

Daya Tarik Bali Elephant Camp
Image Credit: Google Maps Yoko H.

1. Memiliki Konsep Berupa Desa Wisata

Tempat wisata unik ini adalah salah satu desa wisata yang ada di kawasan Badung, Bali yang memadukan budaya dengan alam sekitar. Bali Elephant Camp termasuk bagian keindahan dari True Bali Experience yang didirikan pada tahun 1995. Sementara itu untuk camp-nya baru berdiri pada tahun 2005.

Di tempat wisata ini wisatawan bisa menyaksikan perkebunan berisikan buah cokelat yang pengelolaannya di bawah masyarakat setempat. Disana petani cokelat bisa mengolah coklat dengan citarasa yang berkualitas dan bermerek dagang. Bahkan, bukan hanya memberdayakan buah cokelat saja, namun juga bibir-bibit pohon.

Pemberdayaan bibit-bibit pohon dilakukan oleh masyarakat setempat dalam rangka upaya penghijauan. Menariknya, wisatawan bisa menyewa sepeda dan berkeliling menikmati panorama alam desa wisata ini. Selain sepeda, wisatawan bisa trekking dengan menunggangi gajah dalam waktu kurang lebih 30-40 menit.

2. Merupakan Tempat Tinggal Gajah Sumatera

Gajah merupakan hewan mamalia paling besar yang membutuhkan perlindungan sehingga hewan ini perlu rumah sebagai tempat tinggal mereka. Bali Elephant Camp merupakan tempat tinggal gajah yang memang sengaja dibuat agar kawanan gajah merasa aman. Mayoritas gajah-gajah yang tinggal disana adalah gajah sumatera.

Gajah-gajah tersebut didatangkan langsung dari Way Kambas dan Pekanbaru. Jangan heran jika para gajah tampak sehat dan bebas dari obesitas. Hal ini dikarenakan rumah gajah ini didukung dengan adanya para tenaga medis professional. Pelatihan untuk para gajah juga dilakukan dengan memperhatikan kondisinya supaya sesuai porsinya.

Di tahun 2016, gajah yang tinggal di tempat wisata ini berjumlah 13 ekor berupa 8 gajah betina dan 5 gajah jantan. 13 gajah tersebut mayoritas berasal dari sumatera. Setiap gajah mempunyai seorang pawang. Akan tetapi, khusus gajah jantan mempunyai dua orang pawang.

3. Memiliki Spot Foto Instagramable

Bali Elephant Camp merupakan tempat rekreasi sekaligus tempat edukasi karena disana wisatawan terutama anak-anak akan belajar mengenal seperti apa karakteristik gajah-gajah sumatera secara langsung. Selain itu, disana wisatawan juga bisa hunting foto sepuasnya karena setiap sudut tempat wisata ini sangat instagramble.

Panorama pepohonan hijau yang rindang berpadu dengan ekosistem gajah khas sumatera yang dilindungi menjadi latar belakang berfoto yang begitu cantik. Wisatawan juga bisa difoto sambil menunggangi gajah dengan background berupa perkebunan coklat. Tentu saja panorama tersebut akan banyak mengundang tanya.

Pertanyaan seperti ‘Itu dimana?’ pasti banyak dilontarkan oleh orang-orang yang melihat foto wisatawan di sosial media. Wisatawan juga bisa membantu untuk menyebarluaskan ke sosial media bahwa di Bali juga ada tempat wisata dengan konsep unik seperti ini agar semakin banyak orang yang tahu tempat wisata tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bali Elephant Camp
Image Credit: Google Maps Bryan Martin

Lokasi Bali Elephant Camp berada di kawasan Badung, Bali. Lokasinya ada di Kecamatan Sangeh, tepatnya Desa Carangsari. Wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata ini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat kurang lebih 1 jam jika berangkat dari arah Denpasar menuju ke utara.

Sementara itu, jika wisatawan berangkat dari Kota Badung, waktu tempuh perjalanannya adalah sekitar 38 menit melalui jalan raya Sangeh. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan kesasar. Jika ingin berkunjung, bisa menghubungi call center +62-361-239-440 dahulu untuk informasi lebih lengkapnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bali Elephant Camp
Image Credit: Google Maps Sallai Róbert

Tempat wisata berkonsep unik ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 WITA. Wisatawan bisa memesan tiket secara online terlebih dahulu agar lebih nyaman. Karena tempat ini merupakan tempat konservasi gajah sekaligus taman rekreasi dan edukasi, maka harga tiket masuknya terbilang cukup mahal.

Untuk orang dewasa, harga tiketnya adalah Rp 700.000 per orang. Sementara itu, untuk anak-anak harga tiketnya adalah Rp 575.000 per orang. Harga tiket masuk Bali Elephant Camp tersebut sudah termasuk akses gratis ke semua wahana yang tersedia seperti rafting tour, elephant trekking, dan ayung.

Selain itu, wisatawan juga mendapatkan pelayanan berupa antar jemput dari lokasi hotel menuju ke lokasi, welcome drink, peralatan keselamatan dengan standar internasional yang berkualitas, serta mahouts yang berpengalaman dan professional. Wisatawan juga akan mendapatkan asuransi, handuk muka dingin, dan makan siang dengan free minuman.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bali Elephant Camp

Aktivitas di Bali Elephant Camp
Image Credit: Google Maps Gunter Glad

1. Berinteraksi dengan Para Gajah

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan tidak hanya bisa melihat para gajah dari kejauhan saja seperti di kebun binatang. Namun, wisatawan bisa berinteraksi dengan gajah-gajah yang tinggal disana seperti memandikan gajah, memberi makan gajah, menunggangi gajah hingga berfoto bersama gajah.

Tentu saja wisatawan terutama anak-anak akan mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan karena disana bisa berinteraksi langsung dengan gajah, tidak hanya menyaksikan dari kejauhan saja seperti di kebun binatang. Oleh karena itu, Bali Elephant Camp merupakan tempat wisata recommended untuk anak-anak.

2. Elephant Trekking

Tempat wisata yang merupakan tempat tinggal gajah-gajah sumatera ini selalu dijaga oleh tenaga medis professional beserta para pelatih yang berpengalaman di bidangnya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan bersama gajah adalah elephant trekking.

Kegiatan ini akan mengajak wisatawan untuk menikmati pemandangan alam sekitar Bali Elephant Camp selama 30-40 menit sambil menunggangi gajah. Tentu saja pengalaman ini akan menjadi pengalaman berharga bagi wisatawan.

3. Rafting Ayung

Selain elephant trekking, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan rafting ayung. Disana wisatawan akan menikmati petualangan seru dengan mengarungi sungai Ayung selama 1-1,5 jam. Tidak perlu khawatir, alat keselamatan yang digunakan saat rafting sudah berstandar internasional.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bali Elephant Camp
Image Credit: Google Maps Wika Putri

Fasilitas yang ada di Bali Elephant Camp termasuk lengkap dan memadai. Tersedia tempat parkir yang luas, welcome drink, mahout yang berpengalaman dan professional, transportasi pelayanan antar jemput dari hotel menuju ke lokasi dengan AC, serta peralatan keselamatan dengan standar internasional.

Fasilitas lainnya adalah tersedia makan siang dan free minum, perlindungan asuransi bertaraf internasional dan handuk muka dingin. Untuk fasilitas umumnya ada toilet, restoran, dan penyewaan alat untuk rafting dan lain sebagainya. Gajah-gajah yang ada di tempat wisata ini mengonsumsi rumput hingga buah musiman yang merupakan hasil kebun masyarakat lokal.

Wisatawan yang ingin mencoba elephant trekking akan ditemani oleh pawang gajah yang professional sehingga tidak perlu khawatir perkara keamanan dan keselamatan. Di punggung gajah juga disediakan bangku untuk duduk dua orang.

Bali Elephant Camp termasuk tempat wisata menarik yang ada di kawasan Badung, Bali. Tidak harus melulu berkunjung ke pantai-pantai saja ketika berlibur ke Bali, namun tempat wisata ini juga worth it dikunjungi.