Biaya Wisata: Mulai Rp 110.000, Jam Operasional: 07.30–22.00 WITA, Alamat: Jl. Raya Kuta, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali sebagai salah satu Provinsi yang menampilkan berjuta keindahan alam untuk destinasi wisata. Jika seringkali akrab dengan destinasi wisata pantai, perbukitan, kebun binatang, pegunungan ataupun tempat wisata alam lainnya, berbeda dengan kali ini rekomendasi wisata di Badung ini sangat menarik dan unik yaitu Odyssey Submarine Bali.

Wisata kali ini merupakan jenis wisata menyelam dengan kapal selam. Menikmati pemandangan dan berinteraksi langsung dengan dunia di bawah laut. Kapal selam yang bertenaga baterai ini di buat senyaman dan semewah mungkin untuk para wisatawan yang ingin mencoba langsung.

Uniknya, wisata alam kapal selam di bawah laut merupakan salah satu dari dua wisata kapal selam yang ada di dunia bersamaan dengan kapal selam di Hawaii. Menarik bukan? Anda dapat merasakan keindahan laut bukan hanya dari menyelam.

Daya Tarik yang Dimiliki Odyssey Submarine

Daya Tarik Odyssey Submarine
Image Credit: Instagram EHA Bali

1. Bangunan Mewah Kapal

Wisata bersama dengan Odyssey Submarine merupakan hal yang menarik. Kapal ini memiliki panjang keseluruhan dengan sekitar 17.0688 meter. Selain itu lebar dari kapal adalah 3.5 meter dengan tingginya sekitar 5.5 meter. Kapal mempunyai tenaga baterai yang membawa pengunjung sampai ke kedalaman 45 meter.

Akan tetapi, biasanya pengemudi mengajak wisatawan hanya sampai ke angka 35 meter atau 90 kali di bawah permukaan laut. Daya tampung kapal ini adalah 3.500 kilogram dengan maksimal kapasitas isi kapal adalah 36 orang. Pengunjung dapat menyelam kurang lebih 50 menit dengan bobot berat kapal mencapai angka 72,6 ton.

Walaupun memiliki berat yang lebih, Odyssey Submarine memiliki keamanan dan kenyamanan yang tinggi. Pengunjung yang menaiki kapal selam mewah akan menyelam seperti para penyelam profesional sambil berinteraksi dengan alam bawah air.

Menikmati pemandangan kapal. Kapal ini juga menyediakan kaca tembus pandang, dari kaca tersebut pengunjung dapat melihat semua aktivitas di bawah laut. Memandangi bagian bawah laut yang jarang terjamah manusia. Kapal ini memberikan fasilitas-fasilitas yang baik untuk keselamatan para pengunjung.

2. Pemandangan di Bawah Laut

Saat memasuki kapal selam Odyssey Submarine Bali, pengunjung akan berada di bawah ke bawah laut dengan kedalaman sampai ke 35 meter selama lebih kurang 45 menit. Kapal ini menyediakan beberapa kaca tembus pandang, di kaca itulah anda dapat melihat pemandangan indah dalam bawah laut.

Saat menyelam dengan snorkeling, anda mungkin hanya akan berada sampai ke kedalaman sampai 10 meter saja, tetapi saat menyelami dalam air laut dengan kapal selam, pengunjung dapat merasakan sensasi yang jarang dirasakan bahkan bagi para penduduk pesisir pantai. Memandangi air pantai yang berwarna biru kehijauan.

Walaupun manusia hanya bisa melihat sepersekian persen dari kedalaman air laut. Tetapi memandang bawah laut di dalam kapal dapat merasakan sensasi yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat keindahan tumbuhan-tumbuhan laut seperti terumbu karang, rumput laut ataupun tumbuhan yang subur lainnya.

Selain itu, juga dapat melihat binatang-binatang laut yang mempesona, terlihat seperti ikan Dory, ikan Pedang, ikan nemo, belut laut dan binatang-binatang laut lainnya. Terlihat juga beberapa kawanan paus dan hiu. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena kapal memiliki keamanan dan ketebalan yang baik sehingga tidak akan pecah.

Uniknya, jika beruntung, penyelaman dapat bertemu dengan kapal-kapal yang lainnya yaitu kapal yang sudah karam. Biasanya jasad serpihan-serpihan kapal masih tergeletak di dalam kedalaman laut. Fenomena itu dapat menjadi suatu pelajaran berharga sekaligus kehati-hatian para pengunjung.

3. Pemandangan di Sekitar

Kapal selam menyelam di perairan Amuk Bay. Jika terlihat dari permukaan dasar air laut, pemandangan sekitar sangat menarik. Tak jauh dari kapal selam sekitar beberapa meter terhampar bentangan pasir putih pantai Amuk Bay. Di dekatnya juga terdapat pelabuhan dengan dermaga kapal-kapal mulai dari kecil hingga besar.

Tak sampai di situ, suara deburan ombak juga kencang menerjang, tetapi kapal selam tetap aman karena ketebalannya dan teknologi yang canggih sehingga bebas dari terjangan ombak. Sebenarnya, ombak di perairan Amuk tidak terlalu besar bahkan di pesisir pantai masih banyak yang bermain air laut karena ombak yang tiba bersahabat.

Pemandangan di pesisir pantai juga menampilkan suasana yang asri. Banyak pengunjung yang berlalu lalang di sekitar pesisir. Menikmati keindahan laut. Terdapat juga fasilitas seperti snorkeling tetapi keindahan yang didapat tidak sama dengan kapal, karena semakin dalam menyelam maka semakin bisa mendapatkan hal menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Odyssey Submarine Bali
Image Credit: Instagram EHA Bali

Wisata alam dengan kapal selama ini berada di Provinsi Bali. Tepatnya terletak di Desa Antiga, Pantai Pelabuhan Amuk Kabupaten Karangasem. Lokasi perairan pantai ini dijadikan sebagai pusat untuk kapal selam karena memiliki palung laut yang sangat dalam se-Provinsi Bali.

Lokasi Odyssey Submarine berada di kawasan Bali Timur. Jika pengunjung berada di titik pusat dari Pantai Kuta diperlukan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit di perjalanan untuk mendatangi lokasi atau dengan jarak sekitar kurang lebih 50 kilometer. Lokasi wisata ini sangat strategis.

Sedangkan untuk rute perjalanan dari titik pusat kota Denpasar ke lokasi wisata dapat menempuh melewati Jalan Pulau Ambon. Setelah itu lanjut masuk ke Jalan Diponegoro, terus lanjut ke Jalan prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Selanjutnya melewati Jalan Goa Lawah dan Jalan Raya Padang Bai.

Sampai ke Jalan tersebut, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Pelabuhan Padang Bai. Ada sebuah dermaga besar yang berada di sisi bagian kanan dari jalan. Sampai tiba ke tepi Pantai Labuhan Amuk. Pengunjung akan diantar menuju ke lokasi ruang terbuka dengan melihat pemandangan indah laut di sebuah tv.

Video tersebut merupakan berbagai instruksi dari tim penyelamatan dan keamanan untuk menuju ke kapal selam. Selanjutnya pengunjung akan dibantu untuk menggunakan jaket pelampung serta melepas alas kaki menuju ke dermaga dengan menaiki perahu sampai ke dekat kapal selam Odyssey Submarine.

Setelah sampai, pengunjung akan dibantu untuk menuju ke arah atas dak kapal selam, dan menuruni tangga sampai memasuki kabin kapal selam. Saat sampai anda sudah dapat duduk di tempat duduk yang disediakan sambil bersiap-siap menuju ke lokasi dalam air laut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Objek Wisata
Image Credit: Google Maps Rajib Ahsan Kader

Untuk dapat menikmati pemandangan indah di bawah air laut dengan menggunakan Odyssey Submarine ada beberapa tiket yang bisa dipilih sesuai dengan usia. Ada kategori tiket untuk bayi usia 0 sampai dengan 4 tahun yaitu sekitar Rp 110.000 per bayi.

Lanjut, tiket wisata untuk anak dari umur 5 tahun sampai dengan umur 12 tahun yaitu sekitar Rp 450.000 per anak. Sedangkan untuk tiket orang dewasa yaitu dari umur 12 tahun sampai dengan umur 70 tahun adalah sekitar 650.000 per orang.

Disediakan juga paket keluarga yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 anak yang berusia di bawah 12 tahun, dibiayai paket sebesar Rp 1.980.000 per paket. Biaya tiket memang sedikit mahal tetapi biaya ini sudah termasuk banyak fasilitas-fasilitas yang diberikan terlebih yang utama adalah dapat menikmati keindahan bawah laut.

Adapun untuk waktu operasionalnya, dari titik Sanur Ubud di buka dari pukul 08.15 WITA sampai dengan 08.30 WITA, Jimbaran Nusa Dua dari pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 07.30 WITA, serta Kuta, Seminyak Legian dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 18.30 WITA, dibuka setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Odyssey Submarine

Aktivitas Menarik di Odyssey Submarine
Image Credit: Twitter QuicksilverCruiseBali

1. Melihat Pemandangan di Bawah Laut

Kegiatan menarik utama di Odyssey Submarine adalah memandangi panorama alam bawah laut dari beberapa kaca tembus pandang kapal. Anda akan melihat beberapa eksosistem alam bawah laut dari terumbu karang, rumput laut, binatang-binatang laut bahkan tumbuhan-tumbuhan laut lainnya terlihat sangat jelas.

2. Berfoto

Sayang sekali jika lupa dengan yang satu ini, sambil memandangi pemandangan bawah laut, anda dapat mengabadikan Odyssey Submarine di sebuah kamera dengan jelas, memotret pemandangan yang jarang dilihat.

3. Kuliner

Setelah memandangi bawah laut, anda akan disajikan dengan beberapa kuliner menarik khas Bali dan khas seafood di restoran yang sudah menjadi fasilitas pengelola. Menikmati lezatnya makanan dan minuman bersama dengan orang tersayang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Odyssey Submarine
Image Credit: Instagram EHA Bali

Fasilitas yang diberikan Odyssey Submarine sangat memadai. Fasilitas ini sudah merupakan alat transportasi antar jemput untuk wilayah-wilayah tertentu, selain itu sudah mendapatkan makan siang prasmanan atau buffet. Paket ini juga sudah termasuk ke welcome drink.

Pengelola juga menyediakan beberapa minuman seperti teh, kopi ataupun air mineral. Pengunjung juga mendapatkan asuransi keselamatan selama penyelaman, jadi anda tidak perlu khawatir lagi.

Selain itu juga tersedia sertifikat resmi menyelam dengan menggunakan kapal selam. Paket tersebut juga sudah termasuk dalam diving. Aktivitas menyelam di kapal selam sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Odyssey Submarine Bali merupakan wisata kapal selam satu-satunya di seluruh Indonesia. Selain menampikan keunikan yaitu menyelam di kedalaman, anda juga dapat melihat pemandangan bawah laut yang masih jarang terjamah manusia.