The Heritage Palace salah satu destinasi wisata yang instagramable dengan view bangunan Eropa klasik ala Romawi Kuno di Sukoharjo. Tempat menarik yang menawarkan pemandangan taman, museum seni dan ruang konvensi.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

The Heritage Palace adalah salah satu destinasi wisata terbaru dan instagenic yang dimiliki oleh provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Sukoharjo. Sebetulnya bangunan tersebut merupakan bekas pabrik gula Colomadu yang di revitalisasi agar bisa menjadi De Tholomadoe yang sangat happening.

Tentunya dengan populernya bangungan bersejarah ini menjadikan Solo memiliki perkembangan wisata yang sangat pesat. Dan hal ini memberikan bukti jika Solo menjadi salah satu kota dengan destinasi terbaik dan wajib untuk dikunjungi.

Terdapat beberapa wahana seru yang akan membuat para wisatawan semakin betah dan merasakan bagaimana keasikan bermain di The Heritage Palace. Karena memiliki latar bangunan yang sangat unik yaitu sangat khas akan bangunan Romawi Eropa yang megah, jadi tak heran jika ketika datang ke Solo sangat disayangkan jika tidak datang ke wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki The Heritage Palace

Daya Tarik The Heritage Palace
Image Credit: Twitter.com @lampauin

Wisata sejarah yang berada di Sukoharjo ini menjadi salah satu destinasi yang tidak akan pernah selesai jika dibicarakan. Apalagi destinasi wisata ini mampu menarik perhatian para wisatawan. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki oleh wisata tersebut. Lalu apa saja sih daya tarik yang dimiliki oleh The Heritage Palace Sukoharjo ini? Yuk ikuti ulasannya di bawah ini:

1. Bangunan Bekas Pabrik Gula

Awal mula dibukanya kawasan wisata ini pada tahun 2018 tepatnya di tanggal 9 Juni. Hampir sama dengan wisata De Tholomadoe, yang mana destinasi wisata ini dibuat dari pabrik bekas gula yang bernama Gembongan. Tak heran bukan jika suasana yang ditawarkan pada destinasi wisata ini sangat klasik yang khas dari bangunan Eropa.

Dengan bangunan yang cukup tua dan khas dari bangunan Eropa tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sehingga Anda tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke luar negeri hanya untuk melihat bagaimana megahnya bangunan bergaya. sebab datang ke Sukoharjo sudah bisa mendapatkan view tersebut.

2. Peninggalan Sejarah Sejak Tahun 1892

Daya tarik yang dimiliki oleh The Heritage Palace adalah jadi warisan sejak tahun 1892. Hal ini dikarenakan bangunan dari pabrik gula tersebut adalah salah satu peninggalan dari masa kerajaan Mataram Islam. Yang mana bangunan tersebut memang sudah ada sejak tahun 1892 silam, jadi bisa disimpulkan jika bangunan tersebut cukup tua.

Akan tetapi, pada saat ini jejak-jejak dari pabrik gula tersebut sangat sulit untuk ditemukan. Karena sebagian besar dari bangunan telah disulap untuk bisa menjadi wahana wisata yang cukup menarik.

Bahkan bangunan tersebut memang sangat kental dengan nuansa Eropa yang klasik. Hal ini pun juga bisa dilihat dengan desain arsitektur yang memang sengaja dibuat seperti itu kemudian ditambah dengan kehadiran sederet mobil tua yang ada di beberapa.

3. Terdapat Banyak Spot yang Instagramable

Terdapat salah satu magnet yang yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke sini ialah dengan bentuk bangunannya yang sangat kental seperti tempo. Namun, ketika berkunjung ke sini para wisatawan bukan hanya merasa traveler yang serasa seperti di abad ke-18. Sebab banyaknya spot foto menarik juga menjadi salah satu daya tarik pada wisata ini.

Dengan adanya atmosfer inilah sehingga menjadikan para pengunjung selalu ingin berfoto karena menemukan banyaknya spot unik dan juga instagramable di sini. Dengan lokasinya yang sangat besar dan juga apik, bukan main bukan jika banyak sekali pasangan yang melakukan prewedding di tempat ini.

Daya Tarik dari The Heritage Palace
Image Credit: Facebook.com @danangwibowoseto

4. Terdapat Museum Angkut atau Transportasi

Sebetulnya konsep yang ditawarkan pada objek wisata ini sangat mirip dengan Museum Angkut yang ada di Jawa timur. Karena memang di dalamnya terdapat berbagai macam mobil antik yang dipamerkan Untuk para pengunjung.

Mobil-mobil antik inilah yang di jejer di sebuah ruangan, kemudian dilengkapi dengan aneka macam properti yang mendukung. Sehingga pada tempat ini menjadi tempat yang bernilai artistik.

5. Terdapat Museum 3D

Ketika Anda memasuki destinasi wisata The Heritage Palace bila sini maka akan mendapati wahana museum 3D. Di dalam wahana tersebut Anda akan menemukan berbagai macam lukisan 3D dengan tema yang yang berbeda-beda.

Untuk Anda yang sangat menyukai kesenian 3D seperti ini maka akan sangat cocok jika masuk ke wahana ini. Terdapat banyak sekali foto 3D dimulai dari aliran sungai, dinosaurus dan juga perahu nelayan.

6. Memiliki Cerobong Asap

Karena bangunan tersebut adalah bekas dari pabrik gula, maka tak heran jika terdapat cerobong asap pada bangunan The Heritage Palace Surakarta. Yang mana cerobong asap tersebut memang akan selalu dipakai pada setiap proses pembuatan gula.

Namun, dikarenakan bangunan tersebut sudah menjadi wisata sehingga cerobong asap tersebut membuat destinasi wisata ini cukup unik. Dengan ketinggian yang mencapai lebih dari 25 meter, membuat siapa saja akan terpukau saat melihatnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi The Heritage Palace

Alamat The Heritage Palace
Image Credit: Google Maps (Dita Ariyani)

Alamat lengkap dari destinasi wisata ini berada di honggobayan, Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Solo Raya, Provinsi Jawa Tengah. Ketika perjalanan dari pusat Kota Solo dan untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini memerlukan waktu sekitar 25 menit saja saat berkendara. Sebab jaraknya hanya sekitar 9 km.

Selain itu, untuk akses jalan menuju ke wisata ini juga terbilang sangat mudah. Titik lokasi dari wisata ini juga sudah ada di Google maps dan jalan pun sudah di aspal halus. Untuk bisa berkunjung ke bangunan bersejarah ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus. Karena tempat parkir dari destinasi wisata ini sangat luas, sehingga bus untuk rombongan pariwisata masih bisa terparkir.

Harga Tiket Masuk Wisata The Heritage Palace

Harga Tiket The Heritage Palace
Image Credit: Twitter.com @kodim0726_skh

Bagi siapa saja yang ingin masuk dan menikmati wisata The Heritage Palace ini akan dikenai biaya tiket reguler yang seharga Rp 25.000. Para pengelola wisata akan menawarkan tiket terusan sehingga para wisatawan bisa menikmati dan memasuki semua wahana yang tersedia di lokasi wisata.

Untuk tiket terusan sendiri seharga Rp 55.000 pada saat hari kerja, sedangkan pada saat hari libur seharga Rp 65.000. Tiket tersebut berlaku untuk dewasa ataupun anak-anak yang sudah memiliki tinggi badan di atas 100 cm. Sedangkan untuk anak-anak yang memiliki tinggi badan dibawah 100 cm maka bisa masuk ke wisata tersebut secara gratis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di The Heritage Palace

Kegiatan di The Heritage Palace
Image Credit: Facebook.com @desybatikpesona

1. Menyusuri Jalanan di The Heritage Palace

Di dalam destinasi wisata ini tentu Anda akan disuguhkan oleh berbagai macam keunikan dari wahananya. Spot foto yang menarik Anda bisa berjalan-jalan menyusuri jalan yang ada di wisata tersebut. Meskipun menyusuri jalan panjang, Anda tidak akan lelah karena bisa menemukan keseruan dan hal baru.

2. Bisa Berfoto Ria di Setiap Spot

Seperti yang telah kita ketahui jika bangunan bersejarah ini merupakan wisata yang menawarkan spot foto terbaik dan juga instagenic. Tak heran jika banyak selebgram yang datang ke tempat ini untuk bisa menghasilkan foto terbaik. Selain itu, banyak juga para fotografer yang menjadikan tempat ini sebagai latar untuk pengambilan foto.

Nah, dengan banyaknya spot foto yang instagenic tentunya Anda tidak perlu susah untuk mencari tempat yang menarik agar bisa di upload ke Instagram. Pastikan Anda menyiapkan kamera dan Anda pun bisa bergaya untuk menghasilkan foto yang bagus.

3. Menikmati Pemandangan yang Tersaji

Destinasi wisata the Heritage Palace Surakarta ini akan buka pada waktu 09.00-18.00, yang artinya Anda bisa menikmati pemandangan saat sore hari. Sebab, ketika sore hari tiba maka pengelola tempat wisata ini akan menyalakan lampu lampu jalan. Bentuk pemandangan akan semakin indah ketika sore hari tiba.

Tak heran jika banyak orang yang datang pada saat sore hari untuk bisa menikmati pemandangan bagaimana indahnya dan juga megahnya bangunan tersebut. Namun, pada saat siang hari pemandangan dari wisata ini juga tidak kalah bagus. Bahkan pencahayaan akan semakin bagus ketika memutuskan untuk berfoto saat siang hari.

Fasilitas yang Tersedia di The Heritage Palace Sukoharjo

Fasilitas The Heritage Palace
Image Credit: Google Maps (Hermawan Purnomo)

1. Fasilitas Kids Town

Karena menjadi wisata keluarga tentunya The Heritage Palace ini adalah destinasi yang sangat ramah terhadap anak-anak. Terdapat fasilitas bermain bagi anak-anak agar mereka betah ketika berkunjung ke bangunan ini.

2. Fasilitas Food Street

Food street merupakan salah satu fasilitas yang paling umum didapati ketika datang ke destinasi wisata. Pada saat Anda berkeliling di dalam The Heritage Palace tentu tidak akan lengkap ketika belum mencoba menu-menu makanan yang dijual di food street yang telah disediakan. Anda bisa menikmati bagaimana rasa dari jajanan khas Solo yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

3. Terdapat Toilet Umum

Toilet umum adalah salah satu fasilitas yang paling, apalagi jika para wisatawan membawa anak-anak mereka. Dengan adanya toilet umum inilah menjadikan para wisatawan lebih nyaman karena tidak perlu keluar dari destinasi wisata untuk menemukan toilet umum.

4. Memiliki Area Parkir yang Luas

Fasilitas area parkir ini sangat luas sehingga bus pariwisata juga bisa masuk ke dalam area parkir tersebut. Jadi, ketika Anda bersama rombongan ingin berkunjung ke destinasi wisata ini tidak perlu cemas mencari tempat parkir.

Untuk Anda yang datang dengan menggunakan sepeda motor, tidak usah cemas sebab terdapat area parkir khusus bagi pengendara roda 2. Anda pun bisa mempercayakan kendaraan Anda bersama dengan juru parkir di sana.

5. Terdapat Tempat Duduk

Bagi para pengunjung yang kelelahan sehabis berjalan-jalan di area wisata, maka bisa beristirahat sejenak dengan duduk di tempat duduk yang sudah disediakan. Biasanya tempat tersebut akan ditaruh di pinggir jalan setapak, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan banyaknya wisatawan yang mengabadikan foto sembari bersantai di tempat duduk tersebut.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai The Heritage Palace di Sukoharjo. Dengan keunikan yang mampu menarik minat para wisatawan, tentu Anda tidak ingin melewatkannya bukan. Pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti kamera dan air minum.