15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sukoharjo, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Patut Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan ke Sukoharjo.

Kabupaten Sukoharjo yang terletak di Jawa Tengah terkenal sebagai sentra kerajinan, pertanian dan penghasil jamu. Letaknya tak jauh dari Surakarta, namun tak banyak orang yang mengenal Sukoharjo atas destinasi-destinasi wisata yang menarik dan menakjubkannya.

Sukoharjo sendiri sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang masih tersembunyi. Terutama destinasi wisata alam dengan panorama yang sangat menakjubkan. Walaupun kabupaten ini memiliki luas wilayah yang tidak terlalu luas, namun di dalamnya menyimpan sejuta pesona wisata yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Jika Anda kebetulan sedang berada di daerah Jawa Tengah, tak ada salahnya mengunjungi salah satu pesona wisata yang ditawarkan Sukoharjo. Berikut rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Sukoharjo yang harus Anda kunjungi.

1. Alas Karet Polokarto

Alas Karet Polokarto

Image Credit: Hartonomall.com

Seperti namanya, destinasi wisata satu ini berupa hutan karet yang terletak di Kecamatan Polokarto. Hutan karetnya bukan hutan karet biasa karena pohon karetnya ditanam dengan sangat rapi. Di tengah-tengahnya terbentang jalan setapak kecil yang membuat pesonanya semakin tidak bisa ditolak.

Lokasi ini banyak dijadikan tempat berfoto karena pemandangannya yang luar biasa cantik. Apalagi jika ada sinar matahari yang menembus celah-celah pepohonan. Berfoto disini akan membuat Anda berasa di luar negeri.

Lokasi: Polokarto, Kec. Polokarto, Kab. Sukoharjo.

2. Telaga Biru

Telaga Biru

Image Credit: Wisatagunungkidul439.wordpress.com

Destinasi wisata di Sukoharjo satu ini awalnya adalah lahan bekas pertambangan. Bekas galian tambang yang kemudian tergenang air membentuk telaga dengan air berwarna biru cerah. Keunikan destinasi wisata ini, setiap bekas galian tambang memiliki kombinasi warna yang sangat unik.

Saat berkunjung kesini, disarankan berkunjung pada siang hari. Saat siang hari ini adalah saat ketika cahaya matahari memancar di atas permukaan air yang akan membuat warna air telaga terlihat biru cerah nan cantik. Anda pun bisa mandi di telaga ini. Namun, pastikan keselamatan dengan menyewa pelampung yang disediakan di kawasan wisata ini.

Lokasi: Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Kec. Semin, Kab. Gunung Kidul.

3. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul

Image Credit: Bangborii.blogspot.com

Gunung Sepikul ini adalah destinasi wisata berupa bukit batuan dengan ukuran cukup besar. Berada di tengah persawahan dan dikelilingi oleh perbukitan hijau membuat Bukit Sepikul terasa sangat asri.

Selain itu, di bukit ini juga memiliki daya tarik legenda yang berhasil menarik rasa penasaran pengunjung yang datang.

Pengunjung yang datang kesini biasanya mengejar pemandangan matahari terbenam atau sunset. Saat sore hari menjelang matahari terbenam, binar jingga dari ufuk barat yang terhalang bukit-bukit tinggi membuat siapapun akan berdecak kagum. Beberapa waktu belakangan, destinasi ini terus dikembangkan dengan menambah spot-spot foto yang instagramable.

Lokasi: Kerten, Tiyaran, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Tegal Favorit Wisatawan

4. Gunung Taruwongso

Gunung Taruwongso

Image Credit: Sisternet.co.id

Masih dari destinasi wisata alam, Sukoharjo juga memiliki Gunung Taruwongso yang sangat terkenal di kalangan anak muda. Dari atas puncak gunung ini, Anda bisa menikmati lanskap perpaduan antara perbukitan, persawahan dan pedesaan yang asri. Dengan daya tarik ini, tak heran jika selain menjadi lokasi wisata, gunung ini juga diburu sebagai tempat berfoto favorit.

Meskipun bernama gunung, namun puncaknya relatif tidak terlalu tinggi. Karena itulah Gunung Taruwongso ini dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata alam terbuka. Selain saat pagi dan sore hari, waktu yang tepat mengunjungi lokasi ini adalah saat malam hari. Anda akan dijamin dengan keindahan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Lokasi: Tengklik, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

5. Sendang Pinilih

Sendang Pinilih

Image Credit: Trepelin.com

Destinasi wisata berikut ini adalah destinasi yang cocok untuk wisata keluarga. Sendang Pinilih ini adalah objek wisata mata air alami. Tempatnya terus dikelola dan dikembangkan sehingga kini tampilannya lebih modern. Selain pemandangan sendang dan sekitarnya yang asri, di kawasan ini juga disediakan fasilitas area bermain dan kolam renang. Cocok untuk piknik keluarga.

Tak hanya itu, di kawasan ini juga sudah dibuat beberapa spot foto menarik. Ada spot foto dengan balon udara yang berada di atas bukit. Ini adalah salah satu lokasi favorit pengunjung. Ada juga beberapa gardu pandang yang menjadi spot favorit pengunjung untuk menikmati pemandangan sendang dari atas ketinggian.

Lokasi: Jangglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

6. Curug Krajan

Curug Krajan

Image Credit: Instagram.com @info_wisatasolo

Curug Krajan ini bisa menjadi tujuan jika Anda mencari destinasi wisata alam yang menenangkan. Curug berarti air terjun. Daya tarik utama dari destinasi wisata satu ini. Curugnya tidak terlalu tinggi dengan udara yang sejuk khas pedesaan. Dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang menenangkan.

Anda juga bisa mandi atau sekedar bermain air di area kolam curug atau di aliran curug yang tidak terlalu tinggi. Meskipun air terjunnya tidak terlalu besar, namun air di Curug Krajan ini sangat jernih. Dijamin akan memberikan kenyamanan untuk Anda bersantai sejenak dari aktifitas yang padat.

Lokasi: Desa Krajan, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo.

7. Waduk Mulur

Waduk Mulur

Image Credit: Instagram.com @Waduk_mulur

Kalau Anda ingin menikmati pemandangan matahari terbenam terbaik di Sukoharjo, maka Waduk Mulur ini adalah jawabannya. Lokasinya yang sangat strategis membuat pemandangan sunset disini terlihat lebih jelas.

Selain menikmati pemandangan sunset, di siang hari Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan disini. Salah satunya memancing. Di kawasan sekitar waduk juga tersedia fasilitas outbond dan berbagai fasilitas wisata lengkap. Cocok jika Anda jadikan sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Desa Mulur, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

8. Wisata Alam Umbul Pecinan Batu Seribu

Wisata Alam Umbul Pecinan Batu Seribu

Image Credit: Menggapaiangkasa.com

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Bulu Sukoharjo. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah kolam pemandian dengan airnya yang jernih dan sejuk. Ini karena air yang mengalir di kolam pemandian ini berasal dari mata air alami.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan Paling Populer

Selain kolam pemandian, di kawasan wisata alam ini juga tersedia fasilitas area bermain, gardu pandang, camp ground dan fasilitas wisata lainnya. Dengan semua daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan, objek wisata ini bisa menjadi pilihan untuk rekreasi keluarga atau menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman-teman Anda.

Lokasi: Desa Gentan, Kec. Bulu Sukoharjo. Kab. Sukoharjo.

9. Dam Colo

Dam Colo

Image Credit: Jatengdaily.com

Masyarakat Sukoharjo pasti sudah mengenal objek wisata yang sedang hits ini. Dam Colo ini menjadi objek wisata dengan daya tarik struktur bangunannya yang unik. Terutama, area di bawah menuju aliran airnya.

Tak hanya itu saja, dam ini berlokasi di kawasan perbukitan yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Belum lagi di bagian aliran air, terdapat kotak-kotak pijakan yang berjajar memenuhi aliran air dam. Di lokasi inilah yang menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan foto yang instagramable.

Lokasi: Jembatan Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

10. Keraton Kartosuro

Keraton Kartosuro

Image Credit: Kompas.com (Anggara Wikan Prasetya)

Tidak hanya wisata alam, Sukoharjo juga menawarkan beberapa destinasi wisata sejarah yang bisa sekaligus menjadi tempat untuk belajar. Salah satunya adalah Keraton Kartosuro ini. Keraton ini terletak di pusat Kabupaten Sukoharjo sehingga masih mudah untuk diakses. Keraton ini pun sudah ditetapkan sebagai situs sejarah.

Di keraton ini tersimpan kisah sejarah yang menakjubkan dari Kerajaan Mataram. Peninggalan tersebut pun kini masih terawat dengan baik. Di dalam Keraton Kartosuro ini tersimpan berbagai peninggalan dari jaman kerajaan dulu. Dengan begitu pengunjung bisa sekaligus belajar tentang sejarah disini.

Lokasi: Desa Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

11. Petilasan Keraton Kerajaan Pajang

Petilasan Keraton Kerajaan Pajang

Image Credit: Instagram.com @nnamariyana

Satu lagi objek wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi di Sukoharjo adalah petilasan Keraton Kerajaan Pajang. Petilasan ini sendiri merupakan sisa peninggalan Kerajaan Pajang. Lokasinya pun masih berada di kawasan Keraton Kartosuro.

Di petilasan ini tersimpan beberapa benda yang berkaitan dengan Kerajaan Pajang ataupun Joko Tingkir. Anda juga bisa mendapatkan informasi sejarah Kerajaan Pajang dari juru kunci disini. Dengan begitu kegiatan liburan Anda tidak hanya menyenangkan namun juga berwawasan.

Lokasi: Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

12. Dunia Pandawa

Dunia Pandawa

Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata satu ini bisa disebut sebagai ‘Ancol versi Sukoharjo’. Destinasi ini adalah kawasan wahana wisata air yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Layaknya kawasan wisata air lainnya, disini juga tersedia beragam wahana bermain air yang sangat lengkap. Mulai dari wahana seluncuran sampai ombak buatan.

Buka mulai dari pukul 12 siang – 6 sore di hari biasa dan mulai pukul 8-6 sore di akhir pekan, objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur. Keunikan wahana air satu ini adalah adanya patung tokoh pewayangan Pandawa yang berukuran sangat di bagian tengah area wisata. Sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto bersama keluarga atau teman.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

13. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure

Image Credit: Royalwateradventure.com

Satu lagi objek wisata wahana air yang bisa Anda temukan di Sukoharjo adalah Royal Water Adventure. Disini juga terdapat berbagai jenis wahana permainan yang menarik, terutama untuk anak-anak. Beberapa wahana yang populer misalnya wahana air ember tumpah dan seluncuran.

Untuk bisa menikmati berbagai wahana di kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan dan hari libur. Selain itu, Anda bisa mengunjungi wahana ini setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 7 malam.

Lokasi: Jl, Raya Telukan KM 08, Telukan, Dusun III, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

14. The Heritage Palace

The Heritage Palace

Image Credit: Instagram.com @theheritagepalace

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk bisa melihat The Heritage Palace. Di Sukoharjo pun ada. Tempat ini sebenarnya adalah bekas pabrik gula Gembongan yang sudah tidak beroperasi lagi. Jadi, tidak seperti pabrik gula Madukismo di Yogyakarta yang dibuka Untuk umum agar pengunjung bisa melihat proses pembuatan gula langsung. Disini, Anda tidak akan menemukannya.

Daya tarik objek wisata ini terletak pada arsitektur bangunannya yang megah khas bangunan peninggalan Belanda. Arsitektur bangunannya yang megah dan khas arsitektur bangunan Eropa menjadikan pabrik gula ini tetap ramai dikunjungi meskipun sudah tidak beroperasi.

Karena gaya arsitekturnya itu jugalah yang membuat kebanyakan pengunjung yang datang ke The Heritage Palace ini menjadikannya sebagai objek foto. Baik itu bangunannya sendiri ataupun menjadi latar belakang foto pernikahan. Bahkan sejak tahun 2018, area di kawasan objek wisata ini juga dikembangkan sehingga banyak spot menarik disini, seperti museum angkot dan museum 3D.

Lokasi: jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

15. Transformers Park

Transformers Park

Image Credit: Mymilk.com

Objek wisata terakhir ini belakangan juga sedang hits di kalangan anak muda Sukoharjo dan bisa menjadi alternatif untuk Anda kunjungi. Sama seperti film Transformers, disini Anda juga bisa

menemukan berbagai jenis mobil. Bedanya, di kawasan wisata ini hanya mobil bekas atau rongsokan. Tidak seperti di Transformers yang didominasi mobil mewah.

Di kawasan wisata ini terdapat wahana modern yang dikemas dalam konsep layaknya film Transformers. Di area yang terdapat berbagai mobil-mobil rongsokan merupakan area favorit bagi para pemburu foto. Bahkan tak jarang pengunjung yang datang kesini hanya untuk berburu foto.

Lokasi: Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi. Meskipun tidak dikenal sebagai kota tujuan wisata seperti Yogyakarta atau Semarang, namun ternyata Sukoharjo juga menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di salah satu objek wisata tersebut.