13 Tempat Makan Enak di Jepara Favorit Wisatawan

Tempat Makan Jepara

Memilih liburan ke Jepara adalah salah satu ide yang bagus mengingat ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Ditambah lagi Jepara memiliki banyak tempat makan enak yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kuliner yang ada di Jepara memiliki cita rasa yang khas. Beberapa diantaranya tidak akan mungkin Anda temukan di tempat lainnya. Mulai dari Gudeg, Lontong Krubyuk, Ayam Goreng Kremes, hingga Sego Dodok semuanya bisa Anda nikmati dengan akses yang sangat mudah.

Warung-warung maupun restoran yang ada di setiap sudut kota juga snagat mudah untuk ditemui. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Jepara pasti akan kebingungan dalam memilih tempat makan yang enak. Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat makan di Jepara yang bisa Anda pilih.

1. Lontong Krubyuk Bu Ripah

Lontong Krubyuk Bu Ripah

Lokasi: Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Ksmtour.com

Bagi orang di luar Jepara tentunya akan merasa asing dengan nama kuliner satu ini. Lontong Krubyuk Bu Ripah merupakan sajian lontong yang dipadukan dengan kuah segar bercita rasa khas. Rasa kuahnya sangat spesial karena gurih dan segar secara bersamaan.

Bahan isiannya merupakan suwiran ayam dan juga sayur-sayuran segar yang sangat menggiurkan. Pada bagian atasnya terdapat banyak taburan daun bawang dan juga tauge yang membuatnya semakin segar.

2. Warung Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun

Warung Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun

Lokasi: Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Wikipedia.org

Warung makan satu ini menyediakan indang serani, yakni olahan ikan serani yang memiliki cita rasa sangat lezat. Ikan serani dikukus bersamaan dengan garam lalu dicelupkan pada kuah segar yang sangat nikmat.

Selain menu pindang serani, ada juga ikan bakar lezat yang bisa Anda pilih. Bahan dasarnya juga terbuat dari ikan serani pilihan yang diolah dengan sangat baik. Anda tidak akan bisa menikmati lezatnya ikan serani apabila tidak mengunjungi Jepara dan juga warung makan satu ini.

BACA:  12 Tempat Kuliner Malam di Semarang Yang Enak & Murah

3. Ayam Goreng Kremes Pak Pono

Ayam Goreng Kremes Pak Pono

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, Demaan VIII, Demaan, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Harisluqmanhakim.blogspot.com

Menu andalan yang disajikan oleh restoran Pak Pono adalah ayam goreng kremes yang memiliki rasa tak ada duanya dengan yang lain. Ayam kremes tersebut disajikan lengkap dengan lalapan yang segar dan menggugah selera.

Maka apabila Anda memang sedang liburan di Jepara dan bingung memilih tempat makan, maka restoran satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada juga menu bebek goreng kremes yang juga sama-sama bercita rasa khas dengan lalapan sambal yang menggoda.

4. Ikan Bakar Bu Sri

Ikan Bakar Bu Sri

Lokasi: Bandengan, Jepara, Rw. II, Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Pesona.travel

Apabila Anda adalah penyuka kuliner ikan laut bakar, maka wajib untuk mengunjungi restoran milik Bu Sri. Restoran yang sudah berdiri selama 30 tahun lamanya ini menyediakan berbagai menu olahan ikan laut yang amat lezat.

Mulai dari bandeng, nila, hingga mujaer semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Namun yang perlu diketahui jika restoran ini hanya menyediakan olahan bakar karena itu merupakan masakan andalan.

5. Sego Dodok Ahmad Yani

Sego Dodok Ahmad Yani

Lokasi: Jl. Jendral Ahmad Yani No.28 C, Pengkol V, Pengkol, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Facebook.com @JeparaHariIni

Sego dodok sebenarnya merupakan sebuah bentuk filosofi dari kegiatan masyarakat ketika menyantap makan malam mereka di angkringan. Hal tersebut karena ketika mereka sedang ‘dodok’ atau duduk secara jongko, menikmati berbagai menu yang dihadirkan.

Menu-menu yang dihadirkan sebenarnya sama saja dengan angkringan lainnya. Anda bisa menikmati makanan seperti gorengan, lauk pauk, nasi kucing, dan berbagai macam jenis minuman.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tegal Paling Populer

6. Rengkut Buyut Restoran

Rengkut Buyut Restoran

Lokasi: Jl. Ki Mangunsarkoro No.42, Panggang IV, Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Restoran yang sudah berusia tua ini menyediakan menu-menu andalan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. letaknya sangat strategis dengan lahan parkir yang luas sehingga tidak akan menyulitkan siapa saja yang ingin makan bersama keluarga di tempat ini.

Menu yang ditawarkan sejenis penyetan, olahan ikan bakar, dan lalapan sambal yang sangat menggugah selera. Metode penyajiannya sangat tradisional karena masih menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat.

7. Rumah Makan Lumintu

Rumah Makan Lumintu

Lokasi: Jl. AE Suryani No. 01, Bulu, Jepara, Rw. III, Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Triawan.wordpress.com

Menikmati makanan lezat sambil memandang keindahan pantai bisa Anda wujudkan dengan mengunjungi tempat makan satu ini. Menu-menu yang disajikan memang sebagian besar merupakan hasil olahan laut.

Menu-menu seperti cumi lada hitam, ikan bakar, saos tiram, pindang serani, cumi-cumi dan olahan laut lainnya bisa Anda pilih sesuai selera. Untuk masalah cita rasanya tidak perlu khawatir karena dijamin enak dan lezat.

8. Sop Udang Senenan

Sop Udang Senenan

Lokasi: Jl. Wahid Hasyim No.151, Rw. IV, Potroyudan, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Selerasa.com

Apakah Anda adalah penggemar makanan berkuah? Jika iya, maka jangan sampai lupa untuk mengunjungi tempat makan satu ini. Restoran satu ini menyediakan menu sop udang khas daerah Jepara yang memiliki cita rasa berbeda dengan daerah lainnya.

Sesuai dengan namanya, sop ini memang mengandung banyak udang goreng yang ditaburkan pada bagian atasnya. Selain itu, bagian kaldunya juga terbuat dari udang, berbeda dengan sop lainnya yang biasanya terbuat dari kaldu ayam. Maka, cita rasa dari udang akan sangat terasa.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Semarang yang Bikin Betah Nongkrong

9. Sate Kerbau H. Darno Shoping Center

Sate Kerbau H. Darno Shoping Center

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Food.detik.com

Jika Anda penasaran dengan rasa sate kerbau, maka sangat direkomendasikan untuk mencoba kuliner di restoran satu ini. Menu yang dihadirkan adalah sate kerbau dengan cita rasa yang gurih dan nikmat.

Teksturnya begitu lembut dan empuk sehingga para orang tua juga masih bisa menikmati kuliner satu ini. Sama seperti sate-sate lainnya, restoran satu ini juga menyediakan bumbu kacang lezat dengan tambahan kecap manis yang memikat.

10. Pecel Horog-Horog DPD Golkar

Pecel Horog Horog DPD Golkar

Lokasi: Jl. Sunan Mantingan, Tegalsambi, Mantingan, Kec. Tahunan, Kab. Jepara. – Image Credit by Keluargaz.wordpress.com

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan pecel dengan keunikannya masing-masing. Kulupan atau sayuran yang disediakan sangat segar-segar sehingga dapat menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Biasanya, orang-orang akan menikmati pecel satu ini dengan lontong dan bukannya nasi. Hal tersebut dinilai lebih enak dibandingkan menggunakan nasi. Ditambah lagi taburan sambal kacang yang melimpah serta kuah sayuran membuat cita rasa pecel menjadi lebih nikmat.

11. Rumah Makan H. Ismun

Rumah Makan H. Ismun

Lokasi: Jl. Raya Jepara – Kudus No.212, Margoyoso II, Margoyoso, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara. – Image Credit by Wisnund21.wordpress.com

Rumah makan legendaris satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Jepara.  Tak sedikit juga para wisatawan yang sudah mengetahui tempat makan ini dan memilih untuk mencoba kuliner-kuliner lezat yang ada di dalamnya.

Mulai dari soto, rawon, nasi rames, ayam goreng, hingga olahan daging, semuanya bisa dipilih sesuai dengan selera. Harga yang ditawarkan juga sangat murah dan terjangkau.

12. Sriya Cafe Family Resto

SriyaCafe Family Resto

Lokasi: Jl. Kusumo Utoyo, Jepara, Kec. Pusat Kota Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Pegipegi.com

Restoran keluarga satu ini menyediakan banyak menu makanan modern. Meskipun terkenal karena banyak dikunjungi oleh para keluarga, tempat makan satu ini juga tidak pernah sepi oleh kunjungan para anak muda.

Beberapa menu yang tersedia adalah mango kulfie, milk shake, strawberry kulfie, potato crunch, dan makanan-makanan modern lainnya. Tempat yang disediakan juga sangat estetik sehingga membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

13. Sate Mak Lampir

Sate Mak Lampir

Lokasi: Krsak, Kec. Bangsri, Kab. Jepara. – Image Credit by Foursquare.com

Jika diantara Anda ada yang menyukai makanan pedas, maka wajib untuk mencoba sate mak lampir satu ini. Terdapat beberapa daging yang disediakan, yakni mulai dari ayam, sapi, dan juga kambing.

Bumbu kacang dengan tambahan kecap membuat rasa sate menjadi lebih maknyus dan mantap. Apalagi di atasnya terdapat taburan tomat, daun bawang, dan juga bawang merah goreng yang membuatnya semakin nikmat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat makan enak yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Jepara. Anda bisa memilih menu-menu yang sesuai dengan selera dan juga keinginan lidah. Tidak perlu khawatir masalah harganya karena semua makanan yang ada di Jepara terbilang cukup terjangkau.