Wisata Telaga Sarangan, Tujuan Rekreasi Seru & Sejuk di Magetan

Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan menjadi destinasi wisata unggulan di Magetan yang menarik untuk dieksplor. Tempat menikmati sejuknya alam pengunungan dan aneka macam wahana wisata.

Lokasi: Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan.
Map: Cek Lokasi

Magetan memiliki potensi alam yang sangat indah, salah satunya adalah telaga Sarangan. Tempat ini telah menjadi destinasi wisata banyak pengunjung, baik dari masyarakat lokal maupun luar daerah. Di sini terdapat potensi wisata yang selalu menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Ditambah dengan kreativitas warga yang mendukung, menjadikannya lebih menarik.

Pada beberapa waktu yang lalu, keindahan tempat ini diidentikkan dengan pemandangan yang ada di Danau Geneva di Swiss. Kesamaannya terletak pada pemandangan yang indah, udara yang dingin, dan suasana asri pada alam. Hanya saja di Indonesia tidak adanya salju seperti di Swiss. Sehingga siapapun yang ingin merasa sensasi wisata mancanegara, tak perlu harus langsung merogoh kocek yang mahal.

Telaga ini sangat sesuai untuk melepas penat selama bekerja, terutama di lingkungan kerja yang ramai di kota. Di sini Anda dapat merasakan suasana yang damai dan udara yang sejuk, ditambah dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Mengintip Indahnya Telaga Sarangan

Indahnya Telaga Sarangan

Image Credit: Inews.id

Telaga Sarangan merupakan telaga yang proses terbentuknya secara alami, bukan buatan manusia. Tempat ini berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Letak tepatnya terdapat pada lereng Gunung Lawu yang ada di Magetan. Luas telaga tersebut mencapai 30 hektar dan kedalaman telaganya hingga 28 meter.

Letak telaga ini ada di 16 kilometer di sebelah barat Kota Magetan. Oleh karena telaga ini bertempat di kaki gunung, maka suhu yang ada di tempat tersebut dapat mencapai 15 hingga 20 derajat celcius. Oleh sebab itu, tidak jarang apabila daerah tersebut pada sekitarnya terdapat kabut. Kabut ini justru menambah keindahan pemandangan.

Bagi pengunjung yang sudah biasa dengan suhu yang panas, dengan berada di sini akan merasakan pengalaman yang benar-benar berbeda. Di tempat ini wisatawan juga dapat menikmati sajian budaya khas yang hidup sebagai kearifan lokal desa setempat. Kesenian ini dapat dilihat ketika telah memasuki bulan puasa.

Ketika itu, diselenggarakan sebuah upacara bersih desa serta labuh sesaji. Hal tersebut sebagai bukti rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang telah tercurah. Upacara ini juga dapat menjadi tolak bala, serta sebagai bentuk peringatan terbentuknya tempat wisata yang eksotis ini.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pacet Mojokerto yang Paling Hits

Sesaji yang digunakan untuk acara adat tersebut menggunakan tumpeng berukuran raksasa yang selanjutnya dibacakan doa pada sekitar pohon besar atau yang disebut dengan punden. Pohon ini terletak di sebelah timur telaga sarangan ini. sesudah dibacakan doa, sesaji tersebut dilarungkan menuju tengah telaga. Acara ini diadakan setiap hari Jumat Pon pada bulan puasa.

Telaga yang begitu bersih dan jernih menjadi bukti alam yang masih asri dan elok. Telaga ini dikelilingi dengan pohon yang tinggi dan hijau serta pegunungan. Bahkan, pada beberapa kondisi, langit, pohon, dan gunung itu terlihat memantul dengan amat indah di permukaan airnya.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Sarangan

Fasilitas Telaga Sarangan

Image Credit: Abadikini.com

Di tempat ini tersedia beberapa fasilitas umum yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut di antaranya mushola, toilet, warung makanan, dan lahan parkir. Pada sekitar wilayah ini juga ada penginapan yang dapat disewa.

1. Lahan Parkir Luas

Lahan parkir yang disediakan di sini, memiliki luas yang cukup dan diamankan oleh penjaga, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan kendaraan Anda ketika berlibur kemari. Tempat ibadah yang ada juga mudah untuk dijumpai, sehingga Anda juga tak perlu risau ketika memasuki waktu beribadah.

2. Taman Bermain

Bagi Anda yang membawa anak-anak ikut serta di sini, telah tersedia tempat bermain dan taman. Anak-anak dapat asyik bermain dengan tetap dalam pengawasan orang tua, sembari bersantai di taman. Di tempat ini juga dijajakan beragam cindera mata yang bisa menjadi oleh-oleh ketika pulang ke rumah.

3. Speedboat

Wisatawan dapat merasakan nikmatnya mengelilingi Telaga Sarangan ini dengan menggunakan speedboat. Untuk setiap putaran, tarif yang dikenakan yaitu sejumlah Rp 60.000 setiap kapal. Bagi wisatawan yang ingin mencoba memutari tempat ini hingga tiga kali secara langsung, dapat membayarkan tarif Rp 150.000.

Setiap speedboat yang ada dapat ditumpangi dengan 3 sampai 4 orang. Dengan fasilitas ini, mereka yang berkunjung dapat pergi menjelajahi telaga dengan kecepatan yang tinggi, sehingga fasilitas ini juga dapat memacu adrenalin mereka. Bagaimana tidak, speedboat ini akan meliuk-liuk pada atas permukaan air sampai para penumpang merasa terombang-ambing.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso Paling Populer

Keseruan yang ada di sini dapat membuat beberapa orang yang menaikinya berteriak histeris. Akan tetapi, mereka dapat merasa tenang, karena setiap penumpang akan dipinjami fasilitas keamanan berupa pelampung. Selain itu tentunya pengemudi speedboat telah sangat ahli dan terlatih dalam hal tersebut.

4. Perahu Dayung

Di tempat ini juga terdapat fasilitas lain, yaitu perahu dayung. Ketika wisatawan ingin menikmati keindahan telaga ini sembari bersantai dan tidak memicu adrenalin, perahu dayung ini dapat dicoba. Di samping itu, ada pula perahu yang dapat dikayuh dengan bentuk angsa. Wisatawan bisa mengelilingi telaga ini dengan santai sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Di sini, terdapat beberapa kera yang terlihat. Mereka asyik melompat-lompat di antara pepohonan dan saling berteriak satu dengan yang lainnya. Kabut yang terdapat di antara sela-sela pohon yang ada menciptakan suasana yang sejuk. Beberapa wisatawan yang beruntung, dapat melihat ikan yang menyembul dari telaga.

5. Berkuda

Bagi wisatawan yang mungkin merasa takut jika harus menggunakan kapal di atas air. Tempat wisata ini punya solusinya, yaitu dengan berkuda. Sehingga pengunjung tidak harus berada di atas air untuk menikmati keindahan telaga sarangan ini.

Selain berjalan kaki, pengunjung juga bisa berkuda menggunakan kuda yang memang disewakan untuk wisatawan. Kuda yang disewakan, juga dilengkapi dengan penampung kotoran kuda. Sehingga, apabila kuda yang ditumpangi ternyata membuang kotoran, maka langsung bisa tertampung dan tak jatuh sembarangan di sekitar telaga yang bisa mengganggu pemandangan.

Untuk setiap orang dikenakan tarif sejumlah Rp 50.000 setiap satu kali keliling tempat wisata ini. Wisatawan akan dibawa menjelajahi tepian telaga sembari menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Tak hanya pemandangan alami saja yang terlihat indah, ramai pengunjung di sini juga menjadi pemandangan tersendiri yang menarik.

6. Penyewaan Tikar

Bagi pengunjung yang lebih senang duduk santai, tempat wisata ini juga menyediakan penyewaan tikar. Tikar ini bahkan juga dilengkapi dengan sebuah payung agar terasa teduh. Mereka dapat bersantai di tepian telaga sambil menikmati pemandangan yang indah. Di sini Anda juga dapat menikmati indahnya sunrise pada pagi hari.

BACA:  10 Wisata Pantai di Lamongan Paling Hits Dikunjungi

Di kawasan ini, pengunjung juga bisa menjumpai pedagang yang masih menggendong barang dagangannya, contohnya seperti jamu gendong. Makanan yang diperjualbelikan di sini pun masih tampak tradisional, diantaranya kacang rebus, jajanan pasar, nasi pecel, serta makanan lain yang sejenis.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Image Credit: Brobali.com

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata tersebut pada hari kerja maupun akhir pekan. Area wisata Telaga Sarangan ini dibuka selama 24 jam penuh. Untuk waktu berkunjung yang terbaik adalah dilakukan ketika pagi hari sampai petang.

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya sunrise di tempat ini, maka Anda dapat berkunjung pada pagi harinya. Kehangatan mentari ini akan menyapa Anda ditemani dengan kabut dan sejuknya udara pegunungan.

Untuk memasuki objek wisata yang satu ini, biaya yang dibebankan kepada setiap pengunjung berbeda-beda antara dewasa dan anak-anak. Orang dewasa wajib membayar Rp 19.000, sedangkan anak-anak cukup Rp 14.000.

Selain tiket, pengunjung juga dibebankan dengan adanya biaya parkir yang dikenakan pada setiap kendaraan yang dibawa. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 2.000, sedangkan kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 5.000.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga Sarangan

Rute Menuju Telaga Sarangan

Image Credit: Tribunnews.com

Untuk akses menuju telaga sarangan dapat dikatakan telah cukup baik. Jalan menuju tempat wisata sudah diaspal mulus, sehingga dapat dipastikan bahwa perjalanan akan terasa nyaman. Rute yang dapat ditempuh apabila dari Kota Magetan lumayan dekat. Jaraknya hanya 16 kilometer, dan ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit.

Sedangkan apabila dari arah Madiun, waktu tempuhnya mencapai 1,5 jam. Hal tersebut karena jaraknya yang lebih jauh, yaitu 44 kilometer. Apabila Anda berasal dari Kota Surakarta/Solo, maka Anda dapat menggunakan bus travel maupun kendaraan pribadi.

Bagi wisatawan yang memilih bus, sudah tersedia kendaraan dengan jurusan Surakarta-Magetan. Jarak tempuh dari Solo ke Magetan berkisar antara 2 jam dengan menempuh jarak 60 kilometer.

Telaga sarangan ini ternyata juga dikenal dengan sebutan telaga pasir. Nama sarangan sendiri sebenarnya merupakan nama dari tempat telaga tersebut. Sebagai salah satu objek wisata andalan, maka pemerintah melakukan beragam inovasi demi pelayanan yang semakin baik dari waktu ke waktu kepada wisatawan yang berkunjung.