Magetan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Selain terkenal sebagai kota yang banyak menghasilkan industri rumahan, Magetan juga terkenal sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata.

Tentu saja destinasi wisata yang terdapat di sana tak kalah menarik dengan destinasi wisata di kota-kota lainnya. Objek wisata yang bisa kamu temui mulai dari wisata alam yang kekinian, wisata yang menantang hingga wisata sejarah.

Jika Anda sedang merencanakan sebuah liburan, Magetan bisa jadi pilihan yang menarik untuk Anda pertimbangan. Nah, berikut ini merupakan objek wisata di Magetan yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park
Image Credit: Pesona.travel

Tempat Wisata di Magetan yang pertama adalah Mojosemi Forest Park. Objek wisata ini menyuguhkan wahana bermain outdoor yang menarik dan menantang adrenalin. Seperti skywalk, air softgun, paint ball, high rope, flying fox serta glamour camping.

Saat berada di sana, Anda juga bisa menyewa ATV dengan track yang telah disediakan sepanjang 4 km, jeep yang termasuk ke dalam track lawu tour, hingga berkeliling hutan dengan menunggangi kuda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sarangan, Cemorosewu No No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

2. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Image Credit: Google Maps (riyo danu)

Salah satu wisata alam di Magelang yang wajib untuk dikunjungi adalah telaga sarangan. Yang mana Telaga Sarangan adalah salah satu wisata yang sedang populer saat ini. Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di Telaga Sarangan. Seperti halnya mencoba berbagai wahana air yang tersedia, berfoto ria atau sekedar menikmati kuliner khas Magetan.

Suasana yang sejuk akan semakin terasa karena banyaknya pepohonan rindang di sekeliling Telaga. Mengabadikan foto di tempat ini dengan background pepohonan hijau dan gunung yang megah, bisa Anda unggah di beberapa media sosial. Ajak teman-teman atau keluarga datang ke Telaga Sarangan ini untuk menikmati suasana alamnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Telaga Sarangan, Telaga Pasir, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

3. Dam Jati

Dam Jati
Image Credit: Moimdo95.blogspot.com

Dam Jati merupakan bendungan yang sudah ada sejak zaman Belanda. Dam ini sekarang berubah menjadi sebuah objek wisata kekinian yang menawarkan spot foto menarik. Kamu bisa berfoto berlatar dinding dengan cat warna-warni.

Fasilitas yang bisa Anda temui di sana seperti area parkir untuk kendaraan, tempat istirahat, toilet hingga warung untuk mengenyangkan perut Anda setelah asyik berfoto di spot-spot yang telah disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Godangan, Goranggareng, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan, Jawa Timur.

4. Kampoeng Pinus Sarangan

Kampoeng Pinus Sarangan
Image Credit: Google Maps (Rr. Niken Dian Anggraini)

Kampoeng pinus Sarangan seringkali digunakan untuk outbond, karena memang termasuk wisata edukasi dan rekreasi. Banyak sekali wahana outbound yang bisa digunakan. Tak perlu khawatir karena wahana outbound yang tersedia sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan keamanan. Sehingga cocok sekali berlibur ke Kampoeng Pinus Sarangan bersama keluarga.

Kampoeng Pinus Sarangan dekat dengan telaga Sarangan, sehingga sekali jalan Anda bisa mampir ke dua wisata ini. Di tempat ini Anda juga bisa menyewa sepeda atau ATV Adventure yang dijamin akan menambah keseruan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sarangan No.KM.0,5, Sarangan I, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

5. Taman Genilangit

Taman Genilangit
Image Credit: Pesona.travel

Nah, wisata yang satu ini bisa membuat Anda seolah sedang berada di negeri Sakura. Taman Langit menyuguhkan banyak spot-spot foto instagramable. Salah satunya adalah spot foto dengan pohon sakura dan juga pakaian ala Jepang.

Terdapat pula wahana yang cukup menantang, yakni sepeda terbang dan spot perahu yang berada di tepi jurang. Fasilitas umum lain yang disediakan oleh pengelola yakni wahana bermain anak, kafe, serta spot foto kupu-kupu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

6. Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari
Image Credit: Pesona.travel

Air terjun yang berada di kawasan perkebunan dan hutan pinus ini benar-benar akan memanjakan mata serta menyegarkan pikiran Anda. Udara sejuk dan jernihnya air yang ditawarkan akan membuat Anda betah berada di sana.

Daya tarik yang ada di air terjun ini adalah bila membasuh muka atau mandi di sana, dipercaya akan membuat awet muda. Tiket yang Anda butuhkan untuk bisa menikmati indahnya pesona air terjun ini cukup terjangkau yakni Rp 7000.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genilangit, Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

7. Terowongan Lowo

Terowongan Lowo
Image Credit: Travelingyuk.com

Objek wisata yang bernama Terowongan Lowo ini akan membawa Anda bernostalgia ke masa kecil. Pasalnya di sana Anda bisa seru-seruan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban seperti waktu kecil.

Wisata yang berada di kaki gunung Bancak ini juga menawarkan panorama alam yang indah, seperti area persawahan yang hijau dan asri. Selain itu Anda juga bisa bermain tubing di sungai dengan melewati sebuah terowongan kelelawar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Soco, Giripurno, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

8. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu
Image Credit: Tulisanwardhani.blogspot.com

Cemoro sewu merupakan sebuah objek wisata alam yang di dalamnya terdapat banyak pohon cemara yang hijau dan rindang. Tempat ini bisa memberikan latar belakang rimbunan pohon cemara yang elok dalam foto Anda.

Pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung yang datang, seperti area parkir, masjid, rumah makan, tempat istirahat, taman bermain, kamar mandi, toilet, serta camping ground.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

9. Ujung Kulon Janggan

Ujung Kulon Janggan
Image Credit: Google Maps (Baguz Rustiyan Kurniawan)

Wisata selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi kunjungan wisata di Magetan yaitu Ujung Kulon Janggan. Ujung kulon merupakan sebuah bukit yang mana ketika berada tempat ini Anda akan disuguhkan dengan hamparan bukit yang hijau. Belum lagi banyaknya pohon hijau yang mampu menyejukkan pikiran dan membuat lebih tenang.

Dewasa ini banyak sekali yang mengunjungi tempat ini, sehingga tak heran jika pengelola berinisiatif menambah beberapa spot foto terbaik. Selain tersedia banyak spot foto, ada taman yang bisa digunakan untuk sekedar duduk atau jalan-jalan. Bahkan, tersedia juga tempat penjual kuliner khas Magetan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Janggan, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

10. Telaga Wahyu

Telaga Wahyu
Image Credit: Pesona.travel

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Telaga Wahyu. Telaga ini berada di lereng kaki gunung Lawu. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana adalah memancing ikan sembari menikmati sejuk dan eloknya pemandangan.

Fasilitas yang tersedia seperti becak air untuk berkeliling telaga, area parkir, mushola dan juga warung makan untuk mengisi kekosongan perut Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plaosan III, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

11. Kedung Ngancar

Kedung Ngancar
Image Credit: Travel.cahmagetan.com

Kedung Ngancar adalah sebuah kolam pemandian alami. Memiliki air yang jernih juga menyegarkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan badan juga pikiran setelah lelah beraktivitas seharian.

Hijaunya pemandangan yang ada di sekitar sana akan memanjakan mata Anda. Jika Anda ingin menguji adrenalin, Anda juga bisa meloncat dari atas tebing yang ada di atas kolam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tapen, Kec. Lembeyan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

12. Puntok Geneng High Land

Puntok Geneng High Land
Image Credit: Piknikyok.com

Puntok Geneng High Land adalah objek wisata yang sedang hits di Magetan. Bagi Anda yang senang  berfoto, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Alasannya karena banyak spot foto menarik dengan latar belakang pegunungan.

Jalan sepanjang objek wisata dicat warna-warni, sehingga menambah kemenarikan tempat ini. Anda juga bisa melihat sunrise maupun sunset di gardu pandang yang berbentuk bintang, lambang cinta, bulan, dan sarang burung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kopen, Gonggang, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

13. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari
Image Credit: Google Maps (Febranis Setiawan)

Air Terjun Tirtasari sangat menenangkan ketika dikunjungi, meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi. Sebagian banyak orang menganggap bahwa air terjun Tirtasari salah satu air terjun di Magetan yang memiliki pesona sangat menawan. Batu bertingkat menjadi media turunnya air terjun ini membuatnya semakin indah dilihat.

Rumput dan pepohonan hijau di sekitar air terjun sangat mendukung memberikan suasana yang segar dan sejuk. Sehingga bagi siapapun yang bosan dengan suasana perkotaan yang padat, air terjun ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Agar menambah kesan lebih menyenangkan, ajaklah teman-teman untuk mengunjungi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

14. Bukit Sekitran

Bukit Sekitran
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Selain Puntok Geneng, Bukit Sekitran juga menawarkan spot foto yang menarik dengan latar belakang perbukitan. Banyak tulisan-tulisan menarik yang juga bisa menjadi latar belakang foto Anda.

Fasilitas yang tersedia seperti gazebo untuk bercengkerama, tersedia pula fasilitas umum seperti toilet. Anda juga bisa menikmati indahnya Waduk Gonggan yang berada di sekitar bukit ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Janggan, RT. 12/05, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

15. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo
Image Credit: Andriantw1964.wordpress.com

Pesona yang ditawarkan oleh Air Terjun Pundak Kiwo akan membuat Anda merasa lupa dengan masalah ada. Rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun ini, membuat udara di sana terasa segar.

Air Terjun yang terletak di kecamatan Plaosan ini mengalir di bebatuan yang berbentuk seperti tangga berundak. Namun, perjalanan yang harus Anda lalui untuk menuju tempat ini lumayan terjal, sehingga Anda harus berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawil, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

16. Desa Wisata Wonomulyo

Desa Wisata Wonomulyo
Image Credit: Google Maps (Jaya Hertanto)

Magetan memiliki New Zaeland bernama Desa Wisata Wonomulyo, karena tempat ini diapit oleh pegunungan hijau. Sehingga tak heran jika saat ini banyak wisatawan terutama anak muda yang suka mencari spot foto kekinian. Di tempat ini Anda juga bisa melihat warga sekitar yang mayoritas sebagai petani.

Potensi alam di Desa Wonomulyo yang sangat melimpah membuatnya layak untuk dijadikan tempat wisata alam. Seperti halnya goa, air terjun dan pemandangan yang masih hijau dan asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonomulyo, Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

17. Rumah Hobbit Wonomulyo

Rumah Hobbit Wonomulyo
Image Credit: Travelingyuk.com

Objek wisata di Magetan yang satu ini akan membuat Anda teringat pada film The Lord of The Ring. Objek wisata Rumah Hobbit ini, dibuat mirip dengan rumah yang ada dalam film tersebut. Tempat ini bisa menjadi spot foto yang menarik untuk Anda.

Rumah Hobbit ini dilengkapi dengan sebuah taman yang terletak di depan rumah, selain itu terdapat pula air terjun yang letaknya tak jauh dari destinasi wisata ini yang juga bisa Anda nikmati keindahannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonomulyo, Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

18. Candi Simbatan

Candi Simbatan
Image Credit: Travelingyuk.com

Selain wisata alam, Magetan juga memiliki wisata sejarah, yaitu Candi Simbatan. Saat berkunjung ke sana Anda akan melihat sebuah arca bernama arca Dewi Sri. Di sekitar arca terdapat sebuah air yang dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Salah satu situs budaya yang terletak di kecamatan Nguntoronandi ini dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, toilet gazebo serta warung makan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Simbatan, RT.01/RW.03, Simbatan Watan, Simbatan, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan, Jawa Timur.

19. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Google Maps (Jevalyne Thozan)

Air Terjun bidadari merupakan destinasi baru yang ada di Magetan, lebih tepatnya ini berada di kaki gunung Lawu. Apalagi wisata ini baru di buka pada tahun 2018, sehingga kondisi alamnya masih terjaga.

Air terjun Bidadari memang tidak terlalu besar, tetapi cukuplah untuk membuat pikiran lebih fresh. Tersedia parkir yang luas dengan akses jalan yang mudah untuk dilalui. Jadwalkan liburan Anda ke wisata ini selain hari libur agar bisa leluasa menikmati keindahan alamnya atau foto-foto.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Mbah Djoe Resort

Mbah Djoe Resort
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Salah satu objek wisata yang sedang populer di Magetan ini merupakan sebuah penginapan yang menawarkan pemandangan perbukitan yang elok dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.

Mbah Djoe Resort yang terletak di kecamatan Plaosan ini memiliki gardu yang didesain seperti ujung sebuah kapal. Di sana juga terdapat kolam renang untuk pengunjung serta sebuah kafe untuk memanjakan lidah Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tawangmangu-Plaosan, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

21. Taman Ria Maospati

Taman Ria Maospati
Image Credit: Google Maps (Nit Cakeit)

Wisata alam di Magetan masih sangat terjaga keasriannya. Salah satu rekomendasi wisata alam yang wajib dikunjungi ketika ke Magetan yaitu Taman Ria Iswahyudi. Taman dengan banyaknya pohon tinggi dan rindang ini cocok sekali dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Bahkan, banyak juga yang menjadikan taman untuk mengambil foto prewedding.

Taman yang sejuk ini bisa menjadi solusi untuk sekedar bersantai setelah padatnya pekerjaan. Tak hanya itu, Anda juga bisa piknik bersama teman-teman dan keluarga. Bahkan, tak jarang orang menyebut taman ini sebagai hutan kecil yang indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maospati Klagen Gambiran Bakung, Bakung, Maospati, Kec. Maospati, Kab. Magetan, Jawa Timur.

22. Kebun Strawberry Sarangan

Kebun Strawberry Sarangan
Image Credit: Pesona.travel

Apakah Anda ingin merasakan sensasi memakan serta memetik buah strawberry langsung dari kebunnya? Nah, jika iya, maka Kebun Strawbery Sarangan yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Objek wisata ini berada di sekitar gunung Lawu, sehingga Anda bisa merasakan serunya memetik buah sambil merasakan segarnya udara serta menikmati eloknya pemandangan yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sarangan No.47, Plaosan III, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

23. Sumber Sejok

Sumber Sejok
Image Credit: Infomagetan.com

Sumber Sejok terbilang sebagai wisata baru di Magetan yang menyuguhkan segarnya air berwarna kebiruan. Di samping sumber terdapat tebing-tebing yang semakin mempercantik destinasi wisata ini.

Anda bisa berenang di sumber yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter ini. Anda juga bisa bebas melompat dari tebing ke air yang berada di sisi kanan kiri sumber.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngablak, Krajan, Kec. Parang, Kab. Magetan, Jawa Timur.

24. Dam Jejeruk

Dam Jejeruk
Image Credit: Google Maps (catur ibnu saputro)

Dam Jejeruk adalah sebuah bendungan yang ada di Magetan. Bahkan, saat ini menjadi salah satu wisata paling hits di Magetan. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Bendungan ini salah satunya yaitu berfoto ria. Ada spot foto yang menjadi incaran banyak orang terutama kalangan muda yaitu background aliran air.

Untuk mengabadikan foto dengan background ini, Anda harus turun ke sungai. Foto yang dihasilkan akan sangat bagus, karena seakan-akan Anda berada di depan air terjun yang besar dan lebar. Apalagi air disini sangatlah jernih, sehingga air yang jatuh seperti benang putih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeruk, Candirejo, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

25. Agrowisata Green Garden

Agrowisata Green Garden
Image Credit: Infomagetan.com

Objek wisata yang terakhir ini menyuguhkan berbagai macam tanaman bunga dan juga buah pada lahan seluas 1,5 hektare. Tanaman yang paling populer di sana adalah tanaman bunga matahari.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sana adalah kolam renang dan gardu pandang. Terdapat pula area bermain untuk anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Anda juga bisa membeli bibit tanaman yang dibudidayakan di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Menggolo, Truneng, Kec. Sukomoro, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Itulah 25 tempat wisata di kota Magetan yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Nah, apakah Anda sudah tertarik untuk datang ke sana? Jangan lupa ajak teman ataupun keluarga agar liburan Anda lebih menyenangkan.