Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Jawa Tengah. Beragam Objek Wisata Pantai Eksotis, Populer dan Paling Hits Dikunjungi Wisatawan untuk Liburan yang Seru dan Berkesan.

Jika Anda mengenal Jawa Tengah sebagai daerah dengan wisata budaya yang mendunia seperti peninggalan Candi Borobudur, maka itu tidak sepenuhnya benar. Di daerah ini juga terdapat pesona lain berupa pantai yang patut untuk dikunjungi, di sela-sela waktu libur Anda.

Pantai-pantai yang berada di Jawa Tengah, memiliki pesona indah dan magis dengan segelumit cerita mistis yang menguji adrenalin. Mulai dari cerita Ratu Kidul serta berbagai hal yang membubuinya. Terlepas dari semua hal tersebut, Pantai di Jawa Tengah memang memiliki daya tarik dan keindahan alami yang tidak kalah dengan Bali ataupun Malang Selatan.

Sebagai wawasan dan referensi bagi Anda yang merencanakan liburan bersama keluarga Ke Jawa Tengah, berikut daftar wisata pantai di Jawa Tengah yang hits dan populer. Anda wajib mampir untuk menikmati pesonanya yang magis namun tetap romantis, terlebih bersama keluarga ataupun rekan.

1. Pantai Baruna, Semarang

Pantai Baruna, Semarang
Image Credit: Instagram.com @alkimi_on

Pantai ini pasti tidak asing lagi bagi Anda yang berasal dari daerah sekitar Jawa Tengah. Letaknya berada di Pelabuhan Mas Tanjung Bringin. Jika ingin ke sana, Anda bisa menggunakan rute dari jalan masuk arteri Pelabuhan menuju Bandara. Setelah itu belok kiri di perempatan Puri Anjasmoro. Dari situ lokasi sudah semakin dekat, bila bingung bisa menanyakan orang sekitar yang ditemui.

Memiliki keindahan alam yang bisa terekspos dengan jelas tanpa halangan. Terdapat ilalang dengan batu pemecah ombak yang berada di pantai menambah pesonanya. Pemandangan alamnya masih sangat asri walaupun semakin hari banyak pengunjung berdatangan.

Lokasi: Pelabuhan Emas, Desa Tanjung, Kec. Beringin, Kab. Semarang.

2. Pantai Marina, Semarang

Pantai Marina, Semarang
Image Credit: Twitter.com @dolanyok

Lokasinya mudah ditemukan karena sangat dekat dengan pusat kota dan juga bandara. Berjarak sekitar 15 menit hingga 30 menit saja dari lokasi. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat untuk mencapai Pantai Marina yang sangat populer ini. Rute yang bisa diakses yaitu dari arah bandara menuju daerah Yos Sudarso, dengan keadaan jalan yang memadai.

Pantai Marina merupakan ikon dari Kota Semarang yang sangat banyak menarik wisatawan untuk singgah walau sebentar. Penyediaan fasilitasnya juga sangat terawat dan nyaman untuk digunakan. Banyak pepohonan yang rindang tumbuh di sekitar pantai. Sehingga suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawangsari, Kab. Semarang.

3. Pantai Tirang Menco Wedung, Demak

Pantai Tirang Menco Wedung, Demak
Image Credit: Facebook.com @ahmad.a.ii

Berbeda dengan pantai lainnya, akses menuju Tirang Menco Wedung cukup tidak biasa. Lokasinya berada di daerah Demak. Untuk mengaksesnya memerlukan perahu agar bisa melewati Desa Menco sebelum sampai tempatnya. Anda perlu menyiapkan uang untuk membayar sewa perahu dan juga parkir kendaraan jika membawa secara pribadi.

Walaupun aksesnya cukup rumit dan tidak biasa, namun Anda tidak akan kecewa untuk mengujunginya. Saat menyebrang menggunakan perahu, Anda akan disuguhi pemandangan Indah di sekitar sungai. Di sana banyak tumbuh tanaman bakau, selain itu warna airnya juga sangat segar dengan perpaduan biru dan sedikit gradasi hijau yang alami.

Lokasi: Menco, Berahan Wetan, Kec. Wedung, Kab. Demak.

4. Pantai Cipta, Semarang

Pantai Cipta, Semarang
Image Credit: Twitter.com @artikelister

Pantai Cipta sebelumnya bukanlah destinasi wisata pantai. Tetapi lebih dikhususkan sebagai tempat untuk rekreasi saja. Lokasinya berada di daerah Bandarharjo, Semarang. Anda bisa mencapainya dengan menggunakan akses menuju terminal peti kemas, letaknya berada tepat di belakangnya. Namun, harus diakui bahwa jalanan yang akan Anda lalui belum begitu baik.

Keindahan yang ditawarkan adalah pesona coklat dan air laut yang sangat biru. Suasananya sangat tenang dan akan membuat Anda terbius untuk melupakan sejenak kepenatan di kepala. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik ini, terutama saat matahari tenggelam.

Lokasi: Jl. Kw. Cipta III, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

5. Pantai Maron, Semarang

Pantai Maron, Semarang
Image Credit: Instagram.com @wisindo_story

Terkenal dan cukup banyak menjadi pilihan untuk berlibur karena aksesnya yang mudah dijangkau. Letaknya berada di daerah Tugu, Semarang. Akses yang bisa digunakan dari jalur pusat kota Semarang yaitu melalui bandara (Perumahan Graha Padma), jaraknya sekitar 3 kilometer saja. Tepatnya berada di seberang pantai Tirang.

Selain kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju Pantai Maron. Jurusan yang bisa digunakan yaitu Mangkang atau Ngaliyan menuju pemberhentian daerah Jerakah. Pesona pantainya juga sangat alami dan indah. Banyak dijadikan tempat persinggahan wisatawan asing yang sedang menikmati liburan di daerah Jawa Tengah terutama Semarang.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang.

6. Pantai Morosari Sayung, Demak

Pantai Morosari Sayung, Demak
Image Credit: Facebook.com @tugiri.giri.75

Pantai Morosari Sayung terletak di daerah Demak. Akses yang dilalui menuju lokasi juga sangat mudah. Rute yang bisa diakses dari daerah pusat kota menuju desa Bendono yang berada di Demak. Banyak yang mengerti tempat ini, sehingga tidak akan ada kesulitan untuk menemukannya. Terlebih aksesnya juga dekat dengan pusat perkotaan.

Harga tiket yang harus dibayar yaitu Rp 5.000,- per orang. Sedangkan jika menginginkan untuk sewa perahu bisa membayar tambahan biaya sebesar Rp 15.000,- saja. Kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Morosari Sayung adalah pesona hutan Mangrove dan juga restoran pasar terapungnya.

Lokasi: Morosari, Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

7. Pantai Suwuk, Kebumen

Pantai Suwuk, Kebumen
Image Credit: Twitter.com @iwisataindo

Pantai Suwuk merupakan lokasi wisata faovorit terkhusus bagi warga Kebumen. Lokasinya berada di daerah Suwuk. Akses menuju lokasi juga sangat mudah ditemukan. Banyak orang yang mengenal dengan baik tempat ini. Jika Anda ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa jasa pemandu agar lebih mudah untuk mengakses dan eksplor keindahannya.

Keunikan yang dimiliki yaitu bibir pantai dengan pasir kecoklatan yang landai. Keadaan ini bisa Anda manfaatkan untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan yang ada. Selain itu juga bisa melakukan kegiatan olahraga voli pantai dan sebagainya. Lebih unik lagi karena di sana terdapat bangkai Boeing 737 milik perusahaan Garuda Indonesia yang dijadikan tempat teater.

Lokasi: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

8. Pantai Empu Rancak, Jepara

Pantai Empu Rancak, Jepara
Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu pantai dengan pengelolaan yang baik dan terstruktur. Lokasinya di daerah Karanggondang. Jarak yang dilalui dari Jepara sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit saja menuju lokasi.

Terkenal dengan pemandangan alamnya yang terjaga dan masih bebas dari polusi di sekitar. Banyak hasil laut seperti ikan yang bisa Anda nikmati sembari menikmati indahnya deburan ombak pantai. Mulai dari olahan seafood goreng, rebus, hingga bakar.

Lokasi: Desa Karang Gondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

9. Pantai Cahaya, Kendal

Pantai Cahaya, Kendal
Image Credit: Instagram.com @pesona_kendal

Pasti Anda sudah merasakan keindahannya saat mendengar namanya. Pantai Cahaya Kendal merupakan wisata alam yang terkenal di Jawa Tengah. Lokasinya berada di daerah Klampok. Harga tiket masuknya sekitar Rp3000,- saja per orang.

Banyak wahana yang disuguhkan, seperti kebun binatang, pertunjukan lumba-lumba, dan juga kolam renang. Cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak saat liburan sekolah telah tiba.

Lokasi: Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal.

10. Pantai Ngebum, Kendal

Pantai Ngebum, Kendal
Image Credit: Instagram.com @achmad_noer_cholis

Wiasata Pantai hits dan populer selanjutnya di Jawa Tengah adalah Pantai Ngebum. Lokasinya berada di daerah Kendal. Waktu yang diperlukan untuk mengakses lokasi ini dari Kota Semarang sekitar kurang lebih 30 menitan. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 3.000,- per orang dengan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 2.000,- per kendaraan.

Berada di dekat Dermaga dengan aktivitas harian dari penduduk sekitar. Pemandangannya sangat menawan ditambah dengan ombak tinggi yang juga keras menerjang batu karang. Anda bisa mampir untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan menikmati laut lepas yang indah di mata.

Lokasi: Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal.

11. Pantai Moro, Kendal

Pantai Moro, Kendal
Image Credit: Google Maps (Bra M)

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Moro, pastikan kondisi badan Anda benar-benar dalam keadaan Fit. Lokasinya berada di daerah Gubugsari. Perjalanan yang akan Anda tempuh lumayan ekstrem dan akan sangat melelahkan. Ditambah lagi sarana prasarana pendukungnya masih sangat tidak memadai untuk digunakan.

Namun, jangan sedih karena pesona laut dan keindahan alamnya sangat indah. Banyak spot foto yang bisa Anda temui di sana. Tempatnya juga sangat tenang dan nyaman untuk digunakan dalam bersantai.

Lokasi: Gubugsari, Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal.

12. Pantai Muara Kencan, Kendal

Pantai Muara Kencan, Kendal
Image Credit: Facebook.com @pak.rogger

Berada di daerah Tegalan Pidodo Kulon, dengan keindahan yang unik serta eksotis. Menjadi satu kelemahan tempat ini adalah akses yang belum memadai dengan infrastruktur yang buruk. Sehingga keindahannya tidak banyak diketahui oleh orang sekitar ataupun wisatawan dari luar daerah dan luar negeri.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, seperti bermain air dan berenang. Pemandangannya juga tidak kalah menarik dari tempat lain. Laut lepas dengan pohon cemara yang tumbuh di sekelilingnya, menambah cantik pesona alami yang dimiliki.

Lokasi: Jl. Laut, Tegalan, Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kab. Kendal.

13. Pantai Karangmalang, Kendal

Pantai Karangmalang, Kendal
Image Credit: Facebook.com @angrybirdmetal

Warisan alam Indonesia yang sangat menakjubkan yaitu Pantai Karangmalang. Keindahannya tidak banyak diketahui karena aksesnya yang tidak enak. Untuk sampai ke lokasi Anda perlu melalui jalan setapak sepanjang 1 kilometer. Hanya motor saja yang bisa melintasinya, roda empat tidak bisa untuk digunakan dalam akses menuju pintu masuk.

Daya tarik alamnya sangat mempesona, banyak tumbuh ketela di sekitar pantai. Pemandangan alaminya masih terjaga, karena memang tidak banyak yang mengunjungi tempat ini. Namun, Pantai Karangmalang merupakan bagian keindahan dari Kota Semarang yang harusnya tidak dilewatkan.

Lokasi: Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kab. Kendal.

14. Pantai Bandengan, Jepara

Pantai Bandengan, Jepara
Image Credit: Twitter.com @madina_rent_car

Memiliki nama asli Pantai Tirta Samudera, yang lokasinya tidak jauh dari Kota Semarang. Akses menuju lokasi sangat mudah untuk ditempuh. Bisa menggunakan roda dua ataupun empat. Berada tepat di daerah perbatasan Kota, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang mendatanginya.

Menjadi destinasi wisata favorit karena nyaman untuk digunakan berenang. Airnya sangat bersih dan tenang. Pemandangan sekitar juga masih alami dan tidak membosankan. Jauh dari kebisingan kota sehingga nyaman untuk bersantai menikmati waktu liburan bersama keluarga. Fasilitas penunjang yang disediakan juga sangat lengkap dan terawat untuk kemudian digunakan bersama.

Lokasi: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

15. Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan Tanjung Mas
Image Credit: Wikipedia.org

Pelabuhan ini sangat terkenal di daerah Semarang. Lokasinya di daerah Coaster, Tanjung Mas. Aksesnya tentu sangat mudah untuk dijangkau. Tempat ini memang tidak dikhususkan sebagai wisata pantai. Namun, Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas dengan perahu-perahu barang yang berjejer menurunkan muatannya setiap hari.

Keberadaannya menjadi penawar bagi wisatawan yang berada di penginapan yang jauh dari akses pantai lainnya. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kapal-kapal dengan kontainer besar yang menurunkan peti kemas muatannya. Jika senggang bisa berjalan-jalan di sekitar pantainya.

Lokasi: Jl. Coaster No.18, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

Itulah daftar wisata pantai di Jawa Tengah yang Hits dan Populer yang bisa Anda kunjungi. Setiap lokasi memiliki keunggulannya sendiri. Anda bisa memilih jarak tempuh terdekat dari lokasi penginapan yang sudah dipesan. Juga bisa menyewa pemandu untuk menemani perjalanan Anda agar lebih tuntas dan tidak ada yang terlewatkan.