10 Wisata Kuliner di Cilacap yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Cilacap

Cilacap dikenal dengan wisata kulinernya yang populer dan mampu menggugah selera. Beragam makanan khas Cilacap yang lezat dapat menjadi referensi untuk dicoba.

Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang terkenal dengan wisata pantainya. Daerah ini memang berbatasan langsung dengan laut selatan yang terkenal dengan ombak dan pemandangannya yang indah. Banyak masyarakat di sekitar Cilacap juga memilih tempat ini untuk tujuan wisata yang murah dan tidak terlalu jauh.

Selain pantai, Cilacap juga memiliki banyak pilihan wisata lain seperti wisata sejarah di benteng Pendem. Saat berkunjung ke daerah ini, jangan lupa juga untuk mencoba wisata kuliner yang ditawarkan Cilacap. Ada banyak pilihan makanan daerah dan juga tempat-tempat makan yang menyediakan kuliner lezat.

Kebanyakan kuliner di kabupaten ini memang memiliki cita rasa Jawa yang sangat kuat. Ada banyak makanan dengan rasa pedas manis yang menggugah selera. Anda bisa menjelajah banyak rumah makan atau restoran untuk menikmati kuliner lezat. Berikut daftar tempat wisata kuliner di Cilacap yang wajib untuk dicoba.

1. Sop Gurame Warung Makan Mbak Lili

Warung Makan Mbak Lili

Image Credit: Maps.google.com @muhammad rafi

Warung makan Mbak Lili merupakan salah satu tempat makan terkenal di Cilacap. Menu sop gurame menjadi menu andalan yang wajib untuk dicoba. Ikan gurame segar dengan bumbu rempah memiliki rasa yang lezat dengan daging yang sedikit manis.

Sup gurame di warung makan ini adalah cara menikmati olahan gurame yang sedikit berbeda dari biasanya. Kebanyakan warung makan mengolah ikan gurame dengan dibakar atau digoreng. Namun warung makan Mbak Lili mengolah ikan air tawar ini menjadi sop yang lezat dan hangat.

Satu porsi sop gurame di warung ini sangat terjangkau. Cocok untuk dijadikan lauk nasi putih hangat. Anda bisa menambahkan sambal cabai atau sambal terasi agar rasanya semakin nikmat.

Lokasi: Tanjungsari, Gunungsimping, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

2. Mie Anglo Pak Trisno

Mie Anglo Pak Trisno

Image Credit: Hilsya.files.wordpress.com

Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan untuk menikmati olahan mie adalah di warung Mie Anglo Pak Trisno. Warung makan ini menawarkan menu bakmi goreng khas Jawa yang lezat dan menggugah selera. Satu porsi bakmi goreng disajikan dengan daging sapi dan juga sayuran.

Rasanya lezat dan sedikit manis, namun Anda bisa menambahkan sambal untuk mendapatkan rasa pedas. Harga bakmi Jawa di tempat makan ini cukup terjangkau. Anda bisa menikmati bakmi dengan aneka goreng khas Cilacap seperti tempe mendoan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Rejamulya, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

3. Sambel Layah Cilacap

Sambel Layah Cilacap

Image Credit: Mysukmanablog.wordpress.com

Menikmati olahan ayam yang lezat ditawarkan oleh rumah makan yang satu ini. Sambel Layah, tempat yang banyak direkomendasikan untuk dicoba saat berburu kuliner di Cilacap. Satu paket atau satu porsi ayam penyet andalan rumah makan ini harganya cukup terjangkau.

Ada banyak pilihan menu yang ditawarkan untuk pengunjung. Mulai dari ayam penyet sambal terasi, lele sambel lamongan, ayam selimut sambel bledeg, dan masih banyak lagi. Rumah makan ini juga menyediakan menu nasi goreng dengan rasa oriental lengkap dengan telur yang dimasak pedas.

Selain aneka makanan, Sambel Layah juga menyediakan berbagai jenis minuman segar dengan harga terjangkau. Menu minuman seperti jus buah, capucino, sop buah, es teler, dan masih banyak lagi. Cocok untuk Anda yang ingin mencicipi berbagai makanan dan minuman dengan budget hemat.

Lokasi: Jl. Rinjani No.88A, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

4. Lesehan Ikan Bakar 70

Lesehan Ikan Bakar 70

Image Credit: Instagram.com @elokwa.15

Kabupaten Cilacap yang memiliki daerah pantai membuat wilayah ini menjadi salah satu daerah yang memiliki hasil laut melimpah. Masyarakat atau nelayan banyak yang menangkap berbagai hewan laut yang mendiami daerah karang. Tangkapan seperti kerang, udang, ikan kerapu, sotong, dan lain-lain sering diolah menjadi makanan lezat.

Anda yang sedang berada di Cilacap juga bisa menikmati makanan lezat khususnya seafood di tempat makan sederhana ini. Lesehan ikan bakar 70 terkenal dengan menu ikan bakar yang dimasak tradisional menggunakan bumbu asam manis, bumbu pedas asin, dan juga bumbu lada hitam.

Menu makanan di tempat makan ini juga cukup terjangkau. Pengunjung bisa menikmati olahan seafood sepuasnya dengan nasi putih agar lebih kenyang. Olahan seafood yang banyak diburu pengunjung tempat makan ini antara lain ikan bakar, cumi mentega, kerang, cumi goreng tepung, dan cumi bakar.

Lokasi: Jl. Pasir Emas, Pandanarang, Cilacap, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

5. Warung Sate Inggil

Warung Sate Inggil

Image Credit: Sateinggil.business.site

Warung sate yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Cilacap dan sekitarnya. Bagi Anda yang sedang berada di kabupaten ini juga bisa mencoba sate dengan potongan daging ayam yang besar. Rasanya mantap dengan aroma pembakaran yang menggugah selera.

Bumbu untuk sate di tempat ini tidak jauh berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Namun cita rasa sate inggil lebih cenderung manis dan pedas. Penyajian sate khas Cilacap ini biasanya dilengkapi dengan sambal kacang dan kecap. Sambal cabai juga disediakan untuk menambah rasa pedas bagi Anda pecinta makanan pedas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purbalingga Paling Populer

Potongan daging satenya yang cukup tebal membuat sate ini banyak disukai pelanggan. Walaupun tebal, bumbunya terasa hingga ke dalam daging dan teksturnya pun lembut. Enak dan mudah untuk dikunyah dengan bumbu khas sate Cilacap. Harganya cukup terjangkau untuk satu porsi sate inggil ini.

Lokasi: Jl. Flores No.26, Rawapasung, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

6. Rumah Makan Sari Laut

Rumah Makan Sari Laut

Image Credit: Rumah-makan-sari-laut.business.site

Warung makan yang menjadi andalan bagi banyak wisatawan yang datang ke kawasan Teluk Penyu ini menyediakan beragam menu lezat dengan harga hemat. Rumah Makan Sari Laut biasanya menjadi tempat pilihan untuk bersantai setelah berkeliling di Teluk Penyu dan untuk mengisi perut yang lapar.

Rumah makan dengan pemandangan laut ini menyediakan banyak pilihan menu seafood seperti kepiting, udang, ikan kerapu, kerang, dan masih banyak lagi. Seafood yang dimasak dengan bumbu pedas manis menjadi favorit di tempat makan ini. Cita rasanya pun lezat dengan bahan-bahan yang segar.

Pengunjung yang datang ke rumah makan ini bisa bersantap sambil menikmati pemandangan pulau di sekitar teluk penyu yang indah. Makanannya terkenal lezat karena proses pembuatannya yang istimewa dan dilakukan secara tradisional menggunakan api kayu bakar.

Lokasi: Jl. Pasir Emas, RT.1/ RW.17, Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

7. Sambel Ndower Angkringan

Sambel Ndower Angkringan

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Kuliner khas angkringan yang terkenal enak dan murah dapat dinikmati di Sambel Ndower Angkringan. Berbagai gorengan dan menu makanan lezat dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Cocok untuk Anda yang ingin berburu kuliner untuk lauk makan malam.

Tempat makan sederhana ini banyak diminati masyarakat yang sedang berkunjung ke Cilacap. Walaupun menu makanan yang ditawarkan adalah makanan-makanan biasa, namun cita rasanya yang lezat dan khas membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Lokasi: Jl. Dr. Soetomo, Karangcengis, Sidakaya, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

8. Sate Ayam Martawi

Sate Ayam Martawi

Image Credit: Madofot.blogspot.com

Wisata kuliner di Cilacap yang wajib dicoba adalah Sate Martawi. Olahan daging ayam yang menjadi favorit banyak orang. Sate martawi ini biasanya memiliki ukuran yang besar untuk potongannya. Dagingnya pun lembut dan empuk dengan bumbu yang meresap ke daging.

Menikmati sate akan mengenyangkan dengan satu porsi nasi hangat. Namun sate ini juga bisa dinikmati dengan lontong. Jika ingin lebih pedas dan mantap, sate ini dapat beri irisan cabai rawit hijau atau sambal lainnya. Kuliner ini cocok untuk makan siang atau malam dan harganya pun cukup terjangkau.

BACA:  10 Wisata Museum di Semarang yang Paling Favorit Dikunjungi

Tempat makan untuk menikmati sate ini cukup nyaman. Rumah makannya bisa menjadi tempat makan bersama keluarga atau rekan-rekan kerja.

Lokasi: Jl. S. Parman, Damalang, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

9. Dapur Seafood Cilacap

Dapur Seafood Cilacap

Image Credit: Instagram.com @kulinerhitzzzz

Salah satu wisata kuliner di kabupaten Cilacap yang bisa dicoba adalah mencicipi aneka hidangan laut di DSC atau Dapur Seafood Cilacap. Berbagai olahan hasil laut seperti kepiting cangkang, udang, kerang, ikan kerapu, sotong, dan lain sebagainya menjadi menu andalan di rumah makan ini.

Menu yang paling banyak dipesan adalah seafood yang dimasak dengan bumbu saus pedas dan kuah tomyam. Rasa pedasnya mantap dan menggugah selera makan. Rumah makan yang berada dekat dengan kawasan pantai ini juga tidak hanya menawarkan makanan lezat tetapi juga menu-menu yang hemat.

Selain seafood, pengunjung bisa mencicipi berbagai menu lezat mulai dari ikan gurame bakar, ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sayur tauge, hingga nasi goreng. Semua makanannya memiliki cita rasa yang khas dan enak untuk dicoba. Anda bisa menikmati menu-menu tersebut dengan satu porsi nasi putih.

Lokasi: Jl. Rinjani, Depan GOR Wijaya Kusuma, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.

10. Rumah Makan Sate Kambing Sidoroso

Rumah Makan Sate Kambing Sidoroso

Image Credit: Grab.com

Olahan daging kambing menjadi menu andalan di rumah makan ini. Menu yang menggugah selera dengan daging kambing yang tidak bau sama sekali. Banyak orang yang datang ke tempat ini karena rasa olahan daging kambingnya yang enak dan selalu terjaga cita rasanya sejak dulu.

Selain menu daging kambingnya, pengunjung bisa memesan menu lain seperti olahan seafood, ikan gurame bakar, ayam goreng, hingga aneka sop. Semua menu makanan di tempat ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong. Jadi Anda bisa memesan menu lebih banyak tanpa khawatir menguras banyak isi dompet Anda.

Tempat makan ini mudah dijangkau dan biasanya buka dari pagi hingga malam hari. Cocok untuk tempat makan siang dan makan alam atau untuk Anda yang sedang berwisata kuliner di kabupaten Cilacap.

Lokasi: Jl. Bakung No.3, Sidakaya Satu, Sidakaya, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

Itulah beberapa pilihan wisata kuliner di Cilacap yang menarik untuk dicoba. Kabupaten di ujung selatan Pulau Jawa ini tentunya masih memiliki banyak kuliner dan tempat makan yang perlu untuk dicoba.