10 Wisata Pantai di Tegal Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Tegal

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Tegal, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer & Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Berbicara tentang kota Tegal yang berada di Jawa Tengah, tentu hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah warteg dan ngapak. Namun, dibalik itu Kota Tegal juga menyimpan keindahan budaya dan wisata pantainya. Kota yang berada pada jalur pantai utara Jawa ini, memiliki sejarah, budaya, kesenian serta keindahan alam yang sangat memukau. Meski tidak diakui sebagai pusat budaya Jawa, namun kesenian di sini berkembang dengan sangat pesat.

Bagi para pelancong baik domestik maupun mancanegara, tidak hanya disuguhi sejarah serta seni dan budaya saja. Ada banyak kerajinan untuk buah tangan yang produksinya berkembang pesat di sana. Untuk yang ingin menikmati keindahan alam. Kota Tegal memiliki banyak wisata bahari yang memikat dan menakjubkan. Jika Anda sedang berencana berlibur ke kota Tegal, tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata terbaik. Berikut daftar wisata pantai di Tegal yang populer dan dapat Anda jadikan referensi untuk dikunjungi.

1. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Image Credit: Twitter.com @ninjahatori_id

Pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tegal ini, terkenal dengan langit senjanya yang indah. Terdapat banyak spot foto yang instagramable sehingga sangat layak jika pantai ini disebut sebagai surganya Tegal.

Selain pemandangan yang indah, di sini Anda dapat menikmati kuliner laut yang terjamin kesegarannya. Anda dapat menikmati hidangan sembari bersantai di anjungan pantai yang menghadap langsung ke laut lepas.

Meski berada di kawasan pantai utara Jawa, bukan berarti pantai ini tidak berbahaya. Jadi, Anda harus tetap berada pada batas aman yang telah ditetapkan petugas ketika berenang. Sebab pada saat tertentu ombak cukup besar disertai angin kencang.

Apabila belum puas dengan berenang, Anda dapat pula menikmati waterboom Wadah Poci yang memiliki ketinggian 15 meter dan siap memacu adrenalin. Saat ingin bersantai dan menikmati kesejukan, hutan mangrove dapat menjadi pilihan yang tepat. Semua fasilitas dan wahana tersebut terletak tidak jauh dari kawasan pantai ini.

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

2. Pantai Muarareja Indah

Pantai Muarareja Indah

Image Credit: Instagram.com @infotegal

Pantai yang terletak di Tegal barat ini, dulu dikenal sebagai kawasan kumuh. Letaknya bersebelahan dengan perkampungan nelayan. Selain kotor, pantai ini juga rusak parah akibat abrasi dan berupa rawa.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

Namun, berkat kesungguhan kelompok sadar wisata yang mengelola tempat ini secara swadaya, kini pantai ini berubah menjadi lebih menarik. Selain itu juga dapat mengembangkan potensi ekonomi warga sekitar.

Berkolaborasi dengan perusahaan cat nasional, kelompok sadar wisata membenahi dan membangun beberapa bangunan baru di kawasan pantai. Bangunan berwarna-warni serta mural keindahan alam bawah laut menambah kesan artistik yang menjadi spot favorit untuk berswafoto.

Selain berenang dan berfoto, Anda juga dapat menikmati kuliner laut yang lezat di sana. Hidangan terasa semakin lezat karena Anda dapat menikmati di sepanjang pantai di antara pepohonan cemara yang memberi kesejukan dan menambah keindahan.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

3. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah

Image Credit: Facebook.com @vivacoid

Pantai yang terletak di sisi jalur pantura Kabupaten Tegal ini, salah satu destinasi wisata yang rekomended. Meski tidak dihiasi batu karang yang berdiri kokoh dan hempasan ombak besar layaknya pantai selatan Jawa, akan tetapi tidak memudarkan pesona pantai ini.

Seperti karakter pantai utara pada umumnya, pantai yang lebih terkenal dengan sebutan Pantai Purin ini ombaknya cenderung tenang. Anginnya juga tidak terlalu kencang. Meski pasirnya tidak berwarna putih dan justru kehitaman, tetapi terkenal sebagai pasir pantai terhalus di seluruh wilayah Tegal.

Selain menyuguhkan keindahan panorama pantai, Pantai Purin juga menyediakan berbagai fasilitas rekreasi keluarga yang lengkap. Mulai dari waterboom, wahana sepeda air, kereta mini, film dokumenter hingga kebun binatang mini. Soal penginapan Anda tidak perlu bingung, tersedia juga hotel dengan berbagai range harga di sana.

Lokasi: Jl. Pemuda No.40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

4. Pantai Pulau Kodok

Pantai Pulau Kodok

Image Credit: Google Maps (Marsito Nur Irchas)

Pantai yang terletak di bagian timur Kota Tegal ini dulunya bernama Pantai Martoloyo Indah. Di sebut Pulau Kodok, karena dulu tempat ini merupakan tambak tempat pemancingan yang di tengahnya terdapat gundukan tanah penuh kodok. Selain itu juga karena banyak pemancing yang terus berpindah tempat layaknya kodok.

Meski belum resmi menjadi tempat wisata, akan tetapi pemerintah sudah mulai merencanakan pembangunannya agar lebih menarik wisatawan. Selain panorama yang indah dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, menurut mitos pantai ini dapat dijadikan terapi kesehatan penderita stroke, diabetes, hipertensi dan asam urat.

BACA:  10 Tempat Wisata di Bandungan Semarang yang Paling Hits

Meski awalnya sepi, tetapi kini mulai banyak pengunjung berdatangan menikmati keindahan pantai yang masih alami ini. Tanpa membayar tiket masuk, Anda sudah dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus memperoleh rasa bahagia.

Lokasi: Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

5. Pantai Marlin

Pantai Marlin

Image Credit: Facebook.com @elley.elley

Pantai ini bisa dibilang belum terjamah. Keindahan panorama yang disuguhkan masih alami. Belum ada pengembangan atau penambahan fasilitas di sekitar pantai. Namun, tetap tak menyurutkan pengunjung untuk menikmati udara sejuk dan bermain air laut yang tenang dan cenderung aman.

Meski sempat terkesan horor dan angker akibat tragedi bocah tenggelam. Lambat laun pantai yang terletak di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal ini kembali disambangi pengunjung. Semoga pemerintah setempat dapat segera melakukan revitalisasi pantai ini, agar dapat lebih menarik tanpa menghilangkan keindahan alami yang telah dimiliki.

Lokasi: Jl. Raya Pantura No.KM11, Pandan Laut, Sidoharjo, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

6. Pantai Dampyak Balongan

Pantai Dampyak Balongan

Image Credit: Google Maps (Rizki Triana)

Pantai yang terletak di perbatasan Kabupaten dan Kota Tegal ini merupakan salah satu pantai yang relatif bersih. Keindahannya yang masih begitu alami dan asri akan membuat Anda ingin kembali mengunjungi.

Meski tidak terlalu luas, akan tetapi pantai ini masih cocok untuk bersantai, berswafoto dan menenangkan diri karena jauh dari hiruk pikuk kota. Menghabiskan waktu di sana akan cukup mengendurkan syaraf Anda yang tegang karena rutinitas keseharian.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, di sini justru tidak terlihat pohon kelapa di sepanjang pantai. Hutan mangrove menjadi pemandangan asri yang menjadi favorit pengunjung terlebih ketika matahari mulai terbenam. Keindahan senja itu semakin jelas terlihat dari tanjung yang terletak di bagian barat pantai.

Lokasi: Dampyak, Kec. Kramat, Kota Tegal.

7. Pantai Larangan

Pantai Larangan

Image Credit: Twitter.com @panjiadsaputra

Pantai yang belum dikelola oleh pemerintah setempat ini letaknya memang tersembunyi. Tidak ada papan penunjuk khusus ke arah lokasi. Jadi Anda harus aktif bertanya kepada penduduk sekitar Desa Munjung Agung yang mengarah ke Desa Larangan.

Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan asri di sekitar pemukiman, sumber mata air sungai dan tambak yang senantiasa menghiasi rumah warga. Sebab mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Meski harus menempuh perjalanan yang terbilang cukup sulit, semua akan terbayar dengan pemandangan Pantai Larangan yang alami, asri dan cukup bersih. Di bibir pantai penuh dengan pohon cemara yang memberi kesejukan bagi pengunjung serta cocok menjadi spot foto untuk kenangan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Enak & Wajib Anda Coba

Tidak jauh dari pantai terdapat juga tempat pelelangan ikan yang memudahkan anda untuk memperoleh hasil laut yang segar. Bagi yang hobi berswafoto dengan background kapal juga terdapat banyak kapal nelayan yang bersandar, jika beruntung Anda juga dapat menyaksikan tradisi sedekah laut (nyadran) yang diadakan tiap tahun.

Lokasi: Jl. Bandeng, Munjung Agung, Kec. Kramat, Kota Tegal.

8. Pantai Batam Sari

Pantai Batam Sari

Image Credit: Instagram.com @anftsa.id

Pantai yang terletak di Desa Panggung ini juga menjadi destinasi wisata favorit warga Tegal. Selain tiket masuk yang tidak mematok harga alias seikhlasnya, berbagai fasilitas juga tersedia di sana. Untuk menuju lokasi pantai juga sangat mudah. Sebab letaknya yang tidak terlalu jauh dari ruas utama jalur pantura.

Anda dapat menikmati panorama pantai sekaligus kuliner khas kota bahari. Soal harga, Anda tidak perlu takut menguras dompet. Semua murah meriah dan soal rasa, Anda juga tidak akan kecewa. Suasana yang tenang serta segala fasilitas yang ada, sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama sahabat juga kerabat.

Lokasi: Batam III, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

9. Pantai Padaharja

Pantai Padaharja

Image Credit: Google Maps (Arton Ortega)

Pantai ini masih alami dan belum terlalu banyak dikunjungi. Suasananya tenang dan sejuk sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin merilekskan pikiran dari kepenatan sehari-hari.

Pantai Padaharja dapat dikunjungi secara gratis. Sebab belum ada pihak yang mengelolanya secara resmi. Semoga kedepannya segera dikelola dan dapat semakin menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Lokasi: Padaharja, Kec. Kramat, Kota Tegal.

10. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Image Credit: Twitter.com @travellatour

Pantai yang kini lebih dikenal dengan nama Pantai Randusanga Indah ini terletak di Kota Brebes. Namun, menjadi destinasi wisata andalan warga Tegal pula. Meski belum menyeluruh, lokasi pantai mulai dikembangkan oleh pihak pengelola guna menambah fasilitas dan semakin menarik pengunjung.

Pantai ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari waterboom, panggung gembira, mushola, toilet, fasilitas perdagangan dan lain sebagainya. Oleh karena memiliki garis pantai yang cukup panjang dan pasir tanpa bebatuan, pantai wisata ini sangat cocok untuk jalan-jalan ataupun bersepeda dengan orang-orang tersayang.

Lokasi: Krajan, Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

Itulah daftar wisata pantai yang hits di Tegal yang dapat Anda jadikan referensi ketika berlibur ke kota Warteg dan sekitarnya. Indonesia begitu luas dan kaya akan keanekaragaman budaya juga keindahan alamnya. Jadi, mari kita nikmati setiap keindahan yang ada di negeri kita tercinta serta menjaga kelestariannya.