15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bintan

Bintan, atau seringkali disebut sebagai Pulau Bintan, merupakan destinasi wisata baru yang terletak di wilayah Indonesia bagian barat. Secara administratif, wilayah ini masuk dalam sub Provinsi Riau. Anda yang ingin menikmati sensasi liburan yang berbeda, bisa mengunjungi Bintan.

Disana Anda akan mendapati berbagai macam objek wisata yang eksotis. Kelebihannya adalah belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini, sehingga Anda bisa menikmati keadaan alamnya dengan lebih maksimal.

Jika masih kebingungan dengan berbagai objek wisata yang tersebar di Bintan dan wilayah sekitarnya, berikut merupakan daftar rekomendasi tempat wisata di Bintan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi ketika berada di daerah ini.

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan. – Image Credit by Pesona.travel

Anda yang ingin menikmati eksotisnya keindahan batu granit, bisa mengunjungi Pantai Trikora di Bintan dengan garis pantai yang cukup panjang. Disana Anda bisa menemukan pantai yang masih asri, bentangan batu granit serta pondokkan yang tersedia di tepi pantai.

Selain berenang, Anda bisa melakukan kegiatan lain, seperti snorkling, menjelajahi garis pantai, berjemur, hingga berteduh di pondokkan untuk menghindari sinar matahari.

2. Crystal Lagoon

Crystal Lagoon

Lokasi: Jl. Raja H. No.KM 01, Sebong Lagoi, Kec. Tlk. Sebong, Kab. Bintan. – Image Credit by

Kolam renang ini merupakan bagian dari penginapan mewah yang dibangun di tepi pantai Bintan, yakni Treasure Bay. Airnya jernih berwarna biru kristal dan berukuran hingga 800 meter panjangnya.

Terdapat berbagai macam wahana air yang bisa Anda coba, juga olahraga air yang seru. Panorama alam yang ditawarkan juga indah. Crystal lagoon menjadi kolam renang terbesar di Asia Tenggara hingga saat ini.

3. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung

Lokasi: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan. – Image Credit by Twitter.com @Ben2682

Ingin menikmati gurun pasir khas Bintan? Anda bisa mengunjungi Gurun Pasir Busung yang indah ini. Gurun ini dulunya bekas penambangan bauksit dan berubah menjadi gurun pasir yang cantik.

BACA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Karena belum dikembangkan dengan baik, transportasi menuju tempat ini hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Begitu pula dengan wisatawan, masih sedikit yang mengunjungi tempat ini karena baru dibuka.

4. Danau Biru

Danau Biru

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan. – Image Credit by Trover.com

Meskipun bukan sebagai objek wisata, danau biru masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menemukan tempat wisata yang sepi tanpa pengunjung. Pemandangannya indah dengan air kolam berwarna biru muda terang.

Di sekelilingnya Anda akan mendapati gumuk pasir berwarna putih bersih. Danau Biru merupakan bekas tambang galian yang penambangannya masih dilakukan hingga sekarang, tidak jauh dari Danau Biru.

5. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Lokasi: Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan. – Image Credit by Okezone.com

Di sekitar Pulau Bintan masih sering dijumpai hutan magrove yang masih asri. Bahkan merupakan yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Anda bisa menyusuri hutan bakau ini dengan perahu boat yang disediakan penginapan lokal.

Disana Anda akan menemui banyak hewan dan tumbuhan endemik, sekaligus menikmati pemandangan hutan bakau yang masih alami. Biasanya mengunjungi hutan bakau termasuk dalam paket tur di wisata Pantai Trikora.

6. Pantai Sakera

Pantai Sakera

Lokasi: Tj. Uban Utara, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan. – Image Credit by Pusatinfowisata26.blogspot.com

Pantai favorit yang menjadi objek wisata di Bintan ini selalu ramai dan penuh di akhir pekan dan hari libur. Tidak hanya wisatawan lokal maupun luar daerah, Anda juga akan kerap mendapati turis asing hilir mudik di pantai ini.

Di sepanjang pinggiran pantai, Anda akan menemukan berbagai penginapan dan pondok. Bila berkunjung di luar waktu liburan atau pada hari kerja, Anda bisa menikmati beberapa fasilitas disana secara percuma.

BACA:  13 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

7. Vihara Avalokitesevara

Vihara Avalokitesvara

Lokasi: Tj. Unggat, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Ingin berwisata religi dan mencoba pergi dari objek wisata yang begitu-begitu saja? Maka Anda wajib mengunjungi vihara ini. sebagi vihara terbesar di Asia Tenggara, vihara ini juga merupakan tempat belajar banyak biksu dari berbagai negara.

Anda akan menemukan beragam objek fotografi menarik yang bisa memuaskan hasrat hunting foto. Terdapat patung Dewi Kuan Yin seberat 40 ton dan dilapisi emas yang bisa menjadi objek foto menarik untuk Anda.

8. Pulau Penyusuk

Pulau Penyusuk

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Merupakan tempat yang sering digunakan sebagai tempat melepas penat di akhir pekan, bagi mereka yang ingin sejenak meninggalkan hiruk pikuk kebisingan. Pantai ini masih sepi karena belum dikomersilkan sebagai tempat wisata.

Anda bisa bermain air sampai puas disini, bahkan tidak ada tarif retribusi maupun tiket masuk untuk mengunjungi Pantai Penyusuk. Anda harus berlayar dari Pantai Trikora selama 40 menit untuk bisa sampai disini.

9. Gunung Bintan

Gunung Bintan

Lokasi: Bekapur, Bintan Buyu, Kec. Teluk Bintan, Kab. Bintan. – Image Credit by Limakaki.com

Walaupun terkenal dengan destinasi wisata di pesisir, ternyata Bintan masih menyimpan keindahan alamnya di Gunung Bintan setinggi 340 meter diatas permukaan laut ini. Anda bisa menemukan air terjun yang cantik disana.

Bila berkunjung di antara bulan Juli hingga Agustus, Anda berkesempatan mencicipi buah durian Bintan yang tumbuh subur di sekitar hutan Gunung Bintan.

10. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat

Lokasi: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang. – Image Credit by Muslimobsession.com

Pulau Penyengat merupakan bekas kekuasaan wilayah Kerajaan Johor. Anda bisa menelusuri berbagai macam bangunan bersejarah yang tersebar di sepanjang pulau, yang paling terkenal adalah Masjid Raya Sultan Riau.

BACA:  18 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Masjid ini dibuat selama 40 tahun dan menampilkan arsitektur yang unik. Warnanya kuning dan hijau akan langsung terlihat jelas kemegahannya ketika Anda menginjakkan kaki di pulau ini.

11. Pulau Beralas Pasir

Pulau Beralas Pasir

Lokasi: Tlk. Bakau, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Sering disebut sebagai white sand island, pulau ini hanya dihuni oleh beberapa penjaga pulau saja. Selain tidak berpenghuni, hanya merekalah yang merawat dan menjaga pulau ini agar tetap bersih dan rapi.

Sebagai saran, Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan mengikuti paket wisata dari agen trip lokal karena harganya yang lebih terjangkau. Jika Anda menggunakan paket wisata yang disediakan resort di sekitar Pulau Beralas Pasir, harganya akan lebih mahal.

12. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Tlk. Sebong, Kab. Bintan. – Image Credit by Robbihafzan.wordpress.com

Kawasan pantai ini memang belum setenar pantai-pantai lainnya di Bintan. Penyebabnya adalah akses jalan yang masih susah dijangkau oleh para wisatawan, walaupun letaknya bersebelahan dengan Lagoi, objek wisata terkenal di Bintan.

Pantai ini menawarkan ekosistem pantai yang masih alami karena jaranganya wisatawan yang mampir. Pasirnya putih bersih dan terasa lembut di kaki. Bibir pantainya cukup panjang dengan batu-batu besar yang menghiasi.

13. Air Terjun Gunung Bintan

Air Terjun Gunung Bintan

Lokasi: Bintan Buyu, Kec. Tlk. Bintan, Kab. Bintan. – Image Credit by Pesona.travel

Air terjun ini terletak dalam trek pendakian Gunung Bintan. Airnya jernih dengan nuansa pegunungan yang asri. Tiket masuknya hanya 10.000 rupiah saja.

Untuk menuju lokasi, Anda harus berjalan sekitar 300 meter dari pintu masuk. Disana Anda akan menemukan pemandangan air terjun alami yang indah,

14. MV Doulos Phos

MV Doulos Phos

Lokasi: Lagoi , Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan. – Image Credit by Aitravel.co.id

MV Doulus Phos merupakan kapal yang dulunya mengangkut barang ke seluruh dunia. Pemiliknya kemudian menjualnya dan ia menghabiskan waktu terakhirnya di Pelabuhan Bandar Bentan Telani.

Kabarnya kapal ini akan berubah menjadi penginapan atau hotel. Anda bisa mengunjungi kapal ini sekaligus mengabadikannya dengan latar belakang matahari terbenam yang cantik.

15. Lagoi

Lagoi

Lokasi: Lagoi, Sebong Lagoi, Kec. Tlk. Sebong, Kab. Bintan. – Image Credit by Booking.com

Merupakan pulau eksotis dengan pemandangan alam yang masih alami. Di sepanjang pinggiran pantai banyak ditemui resort mewah dan terkenal hingga mancanegara. Salah satu objek wisata terkenal di Lagoi adalah pantainya.

Disini Anda akan menggunakan mata uang Singapura alih-alih Rupiah Indonesia. Fasilitasnya lengkap, bahkan sering disamakan dengan resort mewah di Bali.

Itulah 15 tempat wisata di Bintan yang paling terkenal dengan menawarkan berbagai objek wisata yang menarik. Persiapkan liburanmu dan rencanakan untuk mengunjungi Bintan dalam waktu dekat!