Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB, Alamat: Dusun Jetis, Dukuh 1, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ketika Anda mengunjungi Kabupaten Bantul, maka salah satu tempat wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi yaitu Selopamioro Adventure Park. Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Selopamioro, Bantul, Provinsi Yogyakarta. Bagi Anda yang sangat gemar dengan olahraga rafting maka sangat disarankan mengunjungi tempat tersebut.

Tidak hanya itu saja, tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan patut untuk Anda saksikan. Karena itulah, ketika Anda kebetulan berada di Provinsi Yogyakarta, maka tak perlu ragu untuk segera melipir ke Kota Bantul dan mengunjungi Selopamioro Adventure Park tersebut.

Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan berbagai macam aktivitas seru beserta dengan keindahan alamnya yang begitu memukau. Tidak hanya itu saja, Anda pun akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang menarik dan lengkap di sana. Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Selopamioro Adventure Park

Daya Tarik Selopamioro Adventure Park Bantul
Image Credit: Google Maps Jati Kurniawan

1. Spot Foto Instagramable

Ada banyak sekali daya tarik yang disuguhkan oleh Selopamioro Adventure Park tersebut. Salah satu keindahan ini yaitu Anda akan menemukan berbagai macam spot foto yang instagenik. Berbagai macam keindahan spot yang ada di sana tentunya tak boleh Anda abaikan dan harus segera diabadikan.

Di tempat ini alamnya memang begitu asri dan ditambah lagi pihak pengelola wisata sudah menyediakan gazebo yang dibuat indah dan keren. Karena itulah, gazebo selain bisa digunakan untuk bersantai juga dapat dijadikan spot foto yang instagramable.

2. Spot Mendaki

Di Selopamioro Adventure Park nantinya Anda pun juga akan menemukan spot untuk melakukan pendakian. Wisatawan yang datang nantinya akan ditantang untuk mendaki area bukit yang dikenal juga dengan nama Fia Ferrata.

Sekalipun tebingnya di sini cukup curam tapi telah ada alat pengaman yang bisa digunakan. Tidak hanya itu saja, di tempat tersebut terdapat semacam gardu pandang yang bisa digunakan untuk menyaksikan pemandangan secara lebih menyeluruh.

3. Spot Camping Ground

Daya Tarik Lain Selopamioro Adventure Park Bantul
Photo Credit: Google Maps Johanes Kharisma

Pihak pengelola setidaknya di sini juga menyediakan dua area untuk berkemah. Pertama berada di area pepohonan dengan space yang luas dan untuk area yang kedua Anda bisa menemukannya di bagian tepi Sungai Oya yang memiliki pemandangan langsung menghadap ke arah Sungai.

4. Outbond

Daya tarik selanjutnya yaitu di Selopamioro Adventure Park ini juga tersedia area outbound bsgi yang ingin melakukan kegiatan tersebut. Nantinya Anda bisa mengikuti beragam paket kegiatan yang dapat dipilih untuk rombongan dalam jumlah yang cukup besar. Paket aktivitas yang ditawarkan tersebut antara lain yaitu:

  • Outbond, Mendaki Via Ferrata, Homestay
  • Outbond, long trip, short trip, home stay
  • Pujasera
  • Outbond, Pujasera

5. Tersedia Kafe Via Ferrata

Selain itu, di tempat ini juga tersedia kafe Via Ferrata yang tentunya akan sangat menggugah selera. Cafe yang sederhana ini berada di kanan jalan berdekatan dengan hamparan batu putih yang terdapat di area sungai. Saat berada di sana Anda bisa mengunjungi cafe dan cafe tersebut dibuka baik itu siang hari ataupun malam hari.

Karena itu, bagi Anda yang memang hobi kongkow bersama dengan teman, maka tak ada salahnya untuk mampir di Cafe Via Verata tersebut. Mengenai harga menunya sendiri terbilang cukup terjangkau. Begitu juga dengan menu yang bisa Anda temukan di sana, Anda bisa mendapatkan menu makanan berat atau ringan serta aneka minuman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Selopamioro Adventure Park Bantul
Image Credit: Google Maps Ruli Oktafiyanto

Area wisata yang satu ini berlokasi di sebuah daerah yang memang cukup terpencil serta rambu yang mini. Namun masih begitu untuk menemukan Selopamioro Adventure Park bukan perkara yang susah, karena saat ini sudah tersedia peta lokasi.

Lokasi dari tempat wisata tersebut terbilang cukup dekat dari Puncak Mangunan dan beberapa area wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini berada di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Untuk rute menuju ke lokasi maka Anda bisa berangkat dari Terminal Giwangan menuju ke selatan. Ketika tiba di area pertigaan barongan ke selatan Anda ambil jalur belok ke kiri, kemudian melintasi Jembatan Silup serta lokasinya terdapat di sebelah kiri.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Selopamioro Adventure Park Bantul
Image Credit: Google Maps Meetmadmatt

Tiket masuk untuk menuju ke area ini nyatanya menjadi daya tarik lain bagi wisatawan Selopamioro Adventure Park. Hari itu dikarenakan memang wisatawan yang ingin menikmati beragam keseruan di sana hanya akan dikenakan biaya parkir saja yaitu sebesar Rp 2.000.

Selain membayar biaya parkir ini, nantinya Anda tidak akan dikenakan biaya masuk atau gratis. Lahan parkir yang ada di sana tersedia banyak dan juga aman. Oleh karena biaya masuknya yang terbilang gratis tersebut, maka wajar jika tempat ini dijadikan sebagai salah satu area wisata favorit ketika akhir pekan tiba.

Aktivitas yang Menarik di Selopamioro Adventure Park

Aktivitas Selopamioro Adventure Park Bantul
Image Credit: Google Maps Hendi Witanto

1. Wisata Rafting

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan selama mengunjungi Selopamioro Adventure Park ini. Salah satu kegiatan wisata tersebut yaitu rafting. Merupakan salah satu permainan air yang mana di sini memakai media ban karet ataupun alat penampung yang sudah di desain secara khusus agar bisa menyusuri area sungai.

Nantinya pengunjung akan dibawa menyusuri sungai dengan mengikuti arus sungai dan meluncur bebas. Kegiatan yang satu ini telah terbukti mampu memacu adrenalin. Susana wisata tersebut akan sangat menyegarkan badan Anda dan juga memanjakan mata.

Kegiatan rafting di Sungai Oyo adalah jawaban bagi para pecinta wisata yang ingin seru-seruan di alam. Berbeda dengan konsep tempat wisata lain yang ada di Jogja, di tempat tersebut nantinya Anda akan menemukan pengalaman yang seru dan berharga.

2. Bersantai

Kegiatan lain yang tak kalah direkomendasikan selama berada di area wisata nan indah ini yaitu bersantai. Di Selopamioro Adventure Park tersebut sudah disediakan fasilitas berupa Gazebo yang sangat indah dan nyaman. Dengan adanya gazebo tersebut tentunya wisatawan bisa duduk bersantai sambil lalu menyantap bekal makanan yang dibawa.

Kalaupun Anda tidak membawa bekal makanan ke tempat ini, maka bisa membelinya di cafe yang sudah ada di sana. Di tempat tersebutlah nantinya wisatawan bisa memilih menu yang nikmat dengan harga yang relatif murah.

3. Abadikan Momen

Untuk kegiatan lain yang juga perlu Anda lakukan selama berada di Selopamioro Adventure Park yaitu mengabadikan momen. Anda perlu membawa kamera ke tempat ini, karena dengan begitu Anda bisa mengabadikan semua spot-spot indah yang ada di sana.

Kegiatan ini tentunya akan sangat direkomendasikan terutama bagi Anda yang memang gemar sekali fotografi. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera atau memastikan perangkat smartphone Anda sudah terisi baterai dengan penuh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Selopamioro Adventure Park Bantul
Image Credit: Google Maps Anie Nina

Destinasi wisata Selopamioro Adventure Park sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan panorama alam serta aktivitas di alam bebas. Untuk mendukung aktivitas wisatawan, maka di sana telah disediakan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai dan menunjang. Salah satu fasilitas tersebut yaitu kamar mandi dan toilet.

Tidak hanya itu saja, pengunjung pun tidak akan kesusahan saat ingin memarkirkan kendaraan mereka di tempat parkir yang aman dan juga luas. Untuk yang kebetulan tidak membawa bekal, maka bisa menuju warung makan yang sudah ada di sana. Begitu pula bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan outbound.

Tempat tersebut sudah menyediakan spot outbound yang tentunya sangat seru. Wahana-wahana lain disediakan untuk membuat wisatawan yang datang ke tempat ini makin betah. Spot-spot foto dibuat semenarik mungkin agar bisa diabadikan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Selopamioro Adventure Park yang penting untuk Anda ketahui. Area wisata tersebut berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya yaitu di Kota Bantul. Anda yang tengah mencari area wisata dengan menyediakan aktivitas rafting, maka tempat tersebut memang sangat recommended untuk dikunjungi.