Bukit Sekipan Tawangmangu, Objek Wisata Keluarga Terbaik di Karangayar

Bukit Sekipan Tawangmangu

Bukit Sekipan Tawangmangu di Karangayar memiliki beragam wahana permainan seru dan spot foto selfie keren cocok untuk liburan bersama keluarga. Tempat rekreasi dengan pemandangan pegunungan memukau dan suasana yang sejuk.

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.
Map:
Cek Lokasi

Tawangmangu merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan ini berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini memang dikenal sebagai tempat wisata yang populer di Jawa Tengah. Salah satu destinasi favorit para wisatawan di daerah ini adalah Bukit Sekipan.

Udara di wisata bukit ini lumayan dingin karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu. Tempat wisata ini dulunya adalah kawasan yang digunakan untuk berkemah. Saat ini, kawasan tersebut berubah menjadi kawasan yang dipenuhi dengan berbagai wahana yang seru dan menyenangkan.

Objek wisata ini cukup kekinian pada saat ini. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja yang bisa didapat ketika berlibur di bukit modern ini. Berikut beberapa informasi mengenai bukit tersebut yang harus Anda ketahui sebelum berlibur kesana.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Sekipan Tawangmangu

Daya Tarik Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Timur Laksana)

Tempat wisata ini memiliki beberapa keunggulan sehingga membuatnya menyandang julukan destinasi wisata yang kekinian. Berikut beberapa daya tarik yang dimilikinya.

1. Memiliki Berbagai Wahana yang Seru

Banyak para wisatawan yang mengira bahwa Bukit Sekipan merupakan destinasi wisata bukit pada umumnya. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena terdapat berbagai wahana modern yang sangat seru untuk dimainkan.

Anda akan menemukan wahana seperti sepeda air, kapal titanic, goa hantu, waterboom, studio film 8 dimensi, mini zoo, taman lampion, kampung halloween, kincir-kincir, kiddy boat, kereta mini, super rally, monorail, bombom car, kora-kora, carossel, dan masih banyak lagi. Tentu saja Anda akan sangat puas memainkan semua wahana ini.

2. Pemandangan yang Sangat Indah

Anda akan merasakan hawa dingin tipikal dataran tinggi. Namun, Anda masih merasa seperti di pusat kota karena desain dari tempat ini sangat kekinian dan modern. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang suka berfoto-foto di kawasan ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Sekipan

Rute Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (R Kakung Wahyu W)

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Akses untuk menuju ke lokasi objek wisata ini cukup mudah. Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam apabila Anda berangkat dari pusat kota Solo untuk menuju bukit ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum yang biasanya banyak terdapat di Jawa Tengah atau menggunakan kendaraan pribadi agar lebih praktis. Jalur yang cukup mudah dan sering digunakan oleh para wisatawan lainnya adalah jalan raya Solo – Tawangmangu. Aksesnya cukup mudah dan kondisi jalannya cukup aman dan tidak rusak.

BACA:  15 Tempat Wisata di Grobogan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apabila Anda menggunakan jalur utama ini maka mulailah perjalanan dari Pasar Tawangmangu. Kemudian lanjutkan perjalanan untuk menuju ke Sarangan. 600 meter dari tempat tersebut terdapat Kantor Kelurahan Kalisoro.

Dari kantor tersebut, lanjutkan perjalanan dengan belok ke arah kanan. 500 meter dari tikungan tersebut maka Anda akan menemukan Bukit Sekipan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu menemukan lokasi tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu

Harga Tiket Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu)

Harga tiket masuk untuk menuju bukit ini terhitung sejak juni 2020 mengalami perubahan. Saat ini, harga tiket masuk reguler untuk menuju bukit tersebut sekitar Rp 50.000,00.

Harga ini meliputi beberapa wahana seperti sepeda air, kapal titanic, goa hantu, 90 spot selfi, gembok cinta, replika presiden Indonesia,  waterboom, studio film 8 dimensi, mini zoo, taman lampion, kampung halloween, dan 3D art. Anda pasti akan sangat puas menghabiskan waktu seharian mencoba semua permainan ini.

Anda juga dapat membeli tiket terusan apabila masih belum merasa puas dengan wahana yang termasuk dalam tiket regular. Harga tiket tersebut kurang lebih sekitar Rp 100.000 yang mencakup semua wahana tiket regular, kincir-kincir, kiddy boat, kereta mini, super rally, monorail, bombom car, kora-kora, dan carossel.

Terdapat juga fasilitas foto studio yang juga sangat digemari pengunjung. Terdapat beberapa paket harga yang diberlakukan di fasilitas Bukit Sekipan ini. Paket pertama dengan harga sekitar Rp 50.000,00 telah mencakup CD foto, gratis dua file foto, dan maksimal melakukan pemotretan di dua booth yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin berfoto untuk dua hingga tiga orang maka dapat memilih paket kedua. Paket kedua ini dapat Anda beli dengan harga sekitar Rp 100.000,00. Dengan membeli paket ini maka Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di tiga booth yang berbeda, dan gratis empat file foto.

Jika Anda datang dengan empat hingga lima orang maka dapat memilih paket ketiga. Harga dari paket tersebut adalah Rp 200.000. Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di empat booth yang berbeda, dan gratis delapan file foto.

Apabila Anda datang dengan keluarga dengan jumlah orang sekitar enam hingga delapan maka dapat memilih paket keempat. Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di semua booth, dan gratis sepuluh file foto. Harga dari paket ini sekitar Rp 300.000,00.

BACA:  Candi Cetho, Candi Hindu Dengan Pesona Alam Menakjubkan

Paket terakhir yaitu paket kelima dapat Anda pilih apabila membawa rombongan dalam jumlah besar sekitar sembilan sampai sepuluh orang. Paket ini dapat Anda beli seharga Rp 500.000,00. Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di semua booth, dan gratis lima belas file foto.

Bagi Anda yang ingin bermalam di bukit ini juga bisa menginap di penginapan yang tersedia. Terdapat dua opsi yaitu berkemah di camping ground atau bermalam di penginapan yang nyaman.

Terdapat wisma small room dengan harga Rp 335.000,00 , pavilliun room dengan harga Rp 600.000,00, connecting room dengan harga Rp 600.000,00, villa dengan harga Rp 1.400.000,00, titanic room dengan harga Rp 550.000,00, cottage jepang dengan harga Rp 750.000,00. Harga tersebut adalah harga per malam dan dapat berubah-ubah.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 19.00 WIB. Pada hari Sabtu akan dibuka hingga jam 22.00 karena ada Bukit Sekipan Night atau taman lampion.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Sekipan

Kegiatan di Bukit Sekipan

Image Credit: Facebook.com @bukitsekipan

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat wisata ini. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berlibur disini.

1. Menikmati Semua Wahana Permainan

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke objek wisata ini maka dapat dipastikan sebagian besar kegiatan Anda akan dihabiskan untuk memainkan semua wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Tidak perlu khawatir jika merasa bosan karena semua permainannya diciptakan untuk mengatasi hal tersebut.

Bagi Anda yang ingin bermain air dan berenang di area perbukitan maka dapat mengunjungi wahana waterboom. Tapi Anda juga harus menyiapkan fisik terlebih dahulu karena air di area perbukitan sangatlah dingin. Tetapi setelah Anda melakukan pemanasan dan bermain selama beberapa menit maka akan terbiasa dengan rasa dingin tersebut.

Terdapat juga rumah halloween apabila Anda ingin merasakan sensasi uji nyali seperti di acara horor. Wahana ini menjadi favorit para pengunjung dan selalu dicari-cari ketika berlibur di bukit ini. Walapupun sebagian besar hantu yang disediakan terbuat dari patung, Anda tetap akan merasa ketakutan karena patung tersebut sangat menyeramkan.

2. Nongkrong ala Piknik

Apabila Anda hanya ingin sekedar nongkrong ala-ala piknik maka dapat mengunjungi taman. Pihak pengelola telah mendesain taman ini sedemikian rupa agar wisatawan merasa nyaman dengan suasananya. Taman ini dipenuhi oleh bunga-bunga yang sangat indah.

Banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto-foto bersama keluarga. selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai persinggahan setelah kelelahan bermain di berbagai wahana yang ada.

BACA:  9 Oleh-Oleh Khas Salatiga Paling Populer

3. Berkemah

Terdapat area camping ground yang sangat luas untuk menampung banyak wisatawan. Anda dapat berkemah di tempat ini bila masih ingin menikmati keindahan dari Bukit Sekipan. Hal yang cukup unik dari perkemahan ini adalah pihak pengelola telah menyediakan tenda yang didesai seperti rumah-rumah suku indian.

4. Berfoto

Anda bisa berfoto di area perbukitan ini karena tempatnya yang sangat indah. Selain itu, terdapat studio foto dengan berbagai macam booth yang keren. Anda bisa menggunakan studio tersebut untuk mendapatkan foto yang lebih bagus daripada foto sendiri. Tentunya Anda akan membayar lagi untuk menikmati fasilitas tersebut.

5. Outbound

Apabila Anda adalah tipe orang yang suka dengan tantangan maka dapat mencoba berbagai permainan outbound di tempat wisata ini. Anda dapat mencoba permainan seperti jembatan goyang, flying fox, trampoline, dan masih banyak lagi.

6. Menikmati Suasana Romantis di Taman Lampion

Taman ini tidak akan Anda jumpai di hari-hari biasa. Anda hanya dapat melihat taman ini pada saat hari tertentu saja yaitu hari Sabtu satau event tertentu. Taman ini sangat romantis karena banyak lampion yang akan menerangi malam di bukit ini. Oleh karena itu, banyak pasangan yang datang berlibur ke tempat ini pada hari Sabtu.

7. Lempar Jumrah

Ada salah satu fasilitas yang menarik di tempat wisata ini yaitu miniatur haji. Miniatur ini sangat mirip sekali bentuknya dengan ka’bah. Anda bisa mencoba mengunjungi tempat ini sambil melakukan lempar jumrah seperti yang dilakukan oleh orang muslim saat menunaikan ibadah haji.

Anda juga diwajibkan untuk memakai pakaian ikhram apabila ingin mengunjungi fasilitas ini. Tidak perlu khawatir apabila Anda tidak membawanya karena ada persewaan pakaian tersebut. Hal ini juga dilakukan oleh pihak pengelola untuk mengedukasi para wisatawan tentang ibadah haji.

8. Wisata Kuliner

Bermain seharian dengan berbagai wahana yang ada akan membuat Anda merasa kelaparan. Anda tidak perlu khawatir karena ada area foodcourt yang menyediakan berbagai macam makanan yang lezat dan murah untuk menghilangkan rasa lapar para wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Sekipan

Fasilitas di Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Harjo TV)

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Anda dapat menemukan semua fasilitas umum seperti toilet, ATM center, mushola, dan lain-lain. Selain itu, bagi Anda yang berasal dari luar kota atau memiliki keinginan untuk bermalam di bukit ini maka dapat memesan kamar yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Beberapa informasi di atas dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi seputar Bukit Sekipan Tawangmangu. Lebih baik memilih berlibur di tempat ini pada hari biasa karena pengunjung yang datang tidak terlalu ramai apabila dibandingkan dengan akhir pekan atau libur panjang.