14 Tempat Wisata Favorit di Sidoarjo

Tempat Wisata Favorit Sidoarjo

Sidoarjo, kota yang terletak di Jawa Timur dan berdekatan dengan kota Surabaya ini memang tidak asing lagi di telinga kita. Adanya bencana Lumpur Lapindo memang membuat kota ini menjadi pusat perhatian seluruh negeri. Namun, dibalik melimpahnya lumpur yang menggenang sebagian daerahnya, ternyata Sidoarjo juga menyimpan banyak destinasi wisata menarik.

Ada banyak obyek wisata yang perlu Kamu gali keunikannya di Kabupaten nan indah ini. Wisata yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, keluarga hingga wisata edukasi semua ada di kabupaten ini.

Jika kamu berencana pergi ke daerah Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mampir ke kota Sidoarjo. Disini ada banyak referensi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini beberapa tempat yang direkomendasikan.

1. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Lokasi: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Jl. Raden Moh. Mangundipi, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Situsbudaya.id

Nah, setelah puas menjelajah wisata alam, saatnya menuju ke wisata edukasi di Sidoarjo. Museum Mpu Tantular bisa menjadi satu wisata pendidikan yang akan mengingatkan pada sejarah masa lampau.

Saat masuk ke museum, akan ada berbagai pameran-pameran berupa benda-benda yang memiliki nilai sejarah dan pengetahuan. Disini kamu akan diperlihatkan bagaimana sejarah atau asal usul Kabupaten Sidoarjo dari segi geologis maupun dilihat dari sudut pandang historisnya.

2. Pulau Sarinah

Pulau Sarinah

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Mongabay.co.id

Meskipun namanya seperti hotel di Jakarta, pulau ini berada di Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarinah ini merupakan bukti nyata jika akan selalu ada hikmah dibalik sebuah musibah. Pasti kamu sudah tahu tentang bencana lumpur lapindo yang menggemparkan itu. Inilah hasil pengendapan lumpur lapindo yang menghasilkan sebuah pulau kecil.

Meskipun belum bisa dihuni, kini pulau ini telah dibuka dan dijadikan sebagai obyek wisata baru. Warga memanfaatkan pulau ini untuk menanam pohon bakau sehingga berpengaruh terhadap kondisi udara di sekitarnya. Cobalah nikmati wisata edukasi unik ini, karena hanya bisa Kamu temui di Kabupaten Sidoarjo.

3. Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Lemah Putro, Lemahputro, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Triptrus.com

Sebagian wilzyah Indonesia memang memiliki ciri khas batiknya tersendiri. Kabupaten Sidoarjo juga mempunyai pusat kerajinan batik di Kampung Batik Jetis namanya. Akses lokasinya sangat mudah dijangkau karena sangat dekat dengan pusat Kabupaten.

Uniknya, di kampung batik ini wisatawan bisa sekalian belajar cara membuat batik. Intinya Kamu bisa semakin tahu proses pembuatannya dari awal sampai akhir. Bagi Kamu yang ingin mencoba membuat batik juga bisa.

4. Sungai Porong

Sungai Porong

Lokasi: Tlocor, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Risdiken900.blogspot.com

Sungai porong menjadi bagian tempat wisata unggulan Kabupaten Sidoarjo. Pada beberapa sudut pandang, sejauh mata memandang, Kamu akan disambut dengan pepohonan serta pemandangan pegunungan yang begitu menenangkan hati. Bahkan Kamu bisa hunting foto di sungai yang populer di Sidoarjo tersebut.

Untuk Kamu yang menyukai buaya, di sini juga terdapat penangkaran buaya. Kamu bisa melihat proses pemberian makan buaya-buaya yang ada disini. Tak usah khawatir lagi untuk masalah keamanan saat menonton atraksi ini. Faktor keamanan selalu menjadi yang paling penting sehingga ada pawang buaya saat atraksi dilakukan.

5. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Lokasi: Kepetingan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Saat Kamu berkunjung ke Pantai Kepetingan ada satu jenis upacara adat yang bisa Kamu saksikan di sini. Upacara ini ditujukan untuk mengungkapkan ungkapan syukur atas semua hal yang boleh terjadi tahun tersebut.

Yang menarik dari pantai ini yakni Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk, alias gratis. Kamu bebas berkunjung kapanpun ke pantai Kepetingan. Nuansa pantai ini sangat alami dan justru mirip dengan sungai, sehingga akan sangat berbeda saat Kamu menyusurinya.

6. Cafe Kebun Coklat

Cafe Kebun Coklat

Lokasi: RT.12/RW.03, Rw. 2, Penambangan, Kec. BalongBendo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Semangkuksepatu.wordpress.com

Ada baiknya, Kamu mencari tempat peristirahatan yang tetap mempunyai nilai wisata. Cafe Kebun Coklat yang unik ini bisa Kamu jadikan sebagai tujuan wisata santai bersama keluarga maupun teman-teman. Sembari menunggu menu makanan tiba, Kamu bisa menyaksikan kebun coklat yang ada di sekitaran cafe.

Lalu apa saja menu makanannya? Ada cukup banyak jenis makanan yang bisa Kamu cicipi di sini, mulai dari makanan berat sampai makanan ringan yang menggoda. Suasananya pun sangat nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong bersama keluarga atau teman.

7. Alun-Alun Sidoarjo

Alun Alun Sidoarjo

Lokasi: Alun-Alun Sidoarjo, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Surabayadrone.com

Sangat kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah Kota atau Kabupaten tanpa berkunjung ke pusat kotanya. Apalagi di Kabupaten Sidoarjo ini alun-alunnya sangat lengkap fasilitasnya. Saat lapar sudah ada berbagai macam makanan yang siap dihidangkan untuk Kamu. Jika ingin berolah raga juga bisa. Tempat bermain untuk anak-anak pun bisa.

Hal yang terpenting ketika berkunjung kesini tentu saja gratis. Ya, seperti alun-alun pada umumnya berwisata di alun-alun Kabupaten Sidoarjo juga tidak perlu mengeluarkan uang kecuali Kamu membeli makanan di sana. Namun, berbagai jenis makanannya sangatlah terjangkau dan rasanya bisa menggugah selera Kamu.

8. Candi Pari

Candi Pari

Lokasi: Jl. Purbakala, Porong, Candipari Kulon, Candipari, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Travelblog.id

Mari lanjut mengenang kejayaan kerajaan Majapahit di Kabupaten Sidoarjo. Candi Pari merupakan bukti bagaimana kerajaan Hindu ini pernah berkuasa di bumi nusantara. Apabila dilihat dari struktur bangunannya, Kamu akan melihat bentuk candi yang khas.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Candi Pari juga masih digunakan sebagai tempat sembahyang masyarakat Hindu di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Jika waktunya tepat, Kamu bisa bertemu dengan warga yang akan bersembahyang di candi ini.

9. Pazkul Kahuripan Nirwana

Pazkul Kahuripan Nirwana

Lokasi: Jl. Kahuripan Nirwana No.7, Entalsewu, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Indah-haya.blogspot.com

Ada satu lagi tempat nongkrong di Kabupaten Sidoarjo yang sangat direkomendasikan untuk Kamu yaitu Pazkul Kahuripan Nirwana. Tidak hanya namanya saja yang nirwana, namun suasananya juga, karena akan membuat waktu bersama teman-teman Kamu jadi lebih bermakna tentunya.

Bisa dibilang di sinilah sentra wisata kuliner di Kabupaten Sidoarjo. Berbagai jenis pilihan makanan akan ditemui di sana. Ada masakan khas Jawa sampai menu makanan kekinian pun juga ada di sana. Jangan khawatir, harganya sangat ramah kok untuk kantong Kamu.

10. Citra Garden Waterpark

Citra Garden Waterpark

Lokasi: Apollo Foutain Plaza, Entalsewu, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Traveloka.com

Keseruan bermain air di Citra Garden Waterpark bisa Kamu nikmati bersama dengan keluarga. Main air di sini akan sangat puas tentunya, bagaimana tidak ada banyak fasilitas yang mendukung. Contohnya saja family slide dan multi structure slide serta masih banyak lagi yang lainnya.

Ada juga fasilitas-fasilitas tambahan yang sangat memadai meliputi kamar ganti dan toilet yang bisa Kamu gunakan sesudah menikmati aktivitas main air bersama keluarga. Setelah itu Kamu bisa melakukan outbond. Liburan ke wisata ini sangat tepat jika kamu ingin memanjakan putra putri kesayangan.

11. Alas Prambon

Alas Prambon

Lokasi: Jl. Raya Simpang, RT.14/RW.03, Ngingas, Simpang, Kec. Prambon, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Infowisataoutbound.com

Ingin berlibur sambil menambah wawasan anak? Alas Prambon menyediakan berbagai macam wisata edukasi untuk anak. Jadi, Kamu bisa mengedukasi anak tentang cara-cara beternak maupun bertani. Manfaatnya anak semakin tahu bagaimana proses bertani dan beternak yang baik.

Tidak hanya itu saja, anak juga belajar untuk berinteraksi dengan alam. Kamu juga bisa mengajak anak melakukan outbond. Sejumlah fasilitas outbond sudah tersedia di sana, seperti ayunan, jaring laba-laba dan sebagainya.

12. Taman Abhirama

Taman Abhirama

Lokasi: Pondokjati, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kabu. Sidoarjo. – Image Credit by Sidoarjopos.net

Obyek wisata ini mengusung konsep ruang terbuka hijau yang ramah anak. Selain lingkungan, taman ini juga ramah di kantong Kamu. Tidak ada biaya masuk saat mengunjungi obyek ini. Tersedia fasilitas-fasilitas bermain untuk anak sehingga Kamu bisa melepas lelah sambil menyenangkan si buah hati tercinta.

Penataan taman ini sangat baik dengan peletakan taman bermain dan pepohonan yang pas. Taman abhirama juga cocok dijadikan lokasi foto. Pasalnya, banyak sudut yang bisa Kamu manfaatkan untuk berfoto sendiri maupun beramai-ramai.

13. Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru

Lokasi: Jl. Jenggolo No.21, Rw1, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by Travelingyuk.com

Monumen ini mempunyai nilai yang besar bagi masyarakat Sidoarjo. Makna itulah yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang kesini.

Banyak juga yang memanfaatkan monumen ini sebagai background fotonya. Tidak dapat disangkal, monumen yang terletak sangat dekat dengan alun-alun ini mempunyai magnet tersendiri.

14. Delta Fishing

Delta Fishing

Lokasi: Prasungtambak, Prasung, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo. – Image Credit by R1sthree.wordpress.com

Memancing adalah segalanya bagi para pecinta olahraga yang satu ini. Jadi, jika Kamu hobi memancing, kamu bisa mengunjungi delta fishing untuk menaklukkan semua jenis ikan di sana. Salah satunya ada ikan patin yang bisa dibawa pulang nantinya.

Bagi Kamu yang kurang tertarik dengan memancing, ada juga fasilitas outbond yang tersedia di sini. Berenang juga bisa menjadi pilihan wisata yang direkomendasikan di destinasi menarik ini.

Nah, itulah 14 referensi tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang akan menemani liburan Kamu bersama orang tercinta. Pilih destinasi terbaik agar wisatamu semakin menyenangkan.

 

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak