24 Tempat Wisata di Lombok

Terletak di Indonesia bagian tenggara, Lombok secara geografis memang membuat wilayahnya memiliki banyak wisata alam yang indah. Tergabung dalam himpunan pulau-pulau Sunda kecil yang ada di bagian barat. Lombok memiliki luas daratan sekitar 5.435 km persegi.

Ada satu hal yang menarik perhatian yakni rentetan pantai yang ada di Lombok terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Ada Pantai Selong Belanak, ada Pantai Mawi, ada juga Pantai Semeti dan masih banyak lagi. Berlibur ke Lombok membuat siapa saja lebih mengenal tentang Indonesia – surga dunia yang indah.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Lokasi: Sembalun Lawang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Pesona.travel

Siapa yang tak mengenal Gunung Rinjani? Tempat Wisata di Lombok ini memiliki pemandangan alam pegunungan yang khas. Ada hawa dan udara yang sejuk serta banyaknya panorama yang indah. Tak hanya udara atau hawanya saja tetapi wisatawan atau pendaki bisa melihat pemandangan danau yang airnya berwarna biru jika dilihat dari ketinggian.

Di tempat ini juga pendaki bisa menggunakan pemandian air panas yang dihasilkan dari mata air alam dan juga kondisi yang ada di sekitarnya yang menakjubkan. Lokasi Gunung Rinjani berada di Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Harga tiketnya Rp. 7500 saja per orang.

2. Pantai Gili Air

Pantai Gili Air

Lokasi: Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Fotowisata.com

Ada lautan yang bening dan benar-benar menyimpan panorama wisata air tak ada duanya. Namanya adalah Pantai Gili Air. Bahkan keindahan bawah laut disini juga menjadi andalan. Wisatawan bisa merasakan sensasi berenang dan sangat seru. Ada terumbu karang yang cantik, ada ikan-ikan yang lucu dan masih banyak lagi.

Lokasi Pantai Gili Air ini berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang. Harga tiketnya sekitar Rp. 8000 per orang. Sementara bagi yang ingin menginap terdapat penginapan dengan harga Rp. 150.000 per orang.

3. Bukit Nanggi Lombok

Bukit Nanggi Lombok

Lokasi: Sembalun, Sambelia, Selong, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Kutalombokholidays.com

Lombok memang terkenal dengan keindahan bawah laut di tiap pantainya. Tetapi ada juga daerah yang menyimpan udara sejuk seperti di Bukit Nanggi Lombok. Bukit ini memberi suasana tenang dan nyaman. Apalagi dengan pemandangan pulau Lombok yang sangat menakjubkan jika dilihat dari ketinggian.

Banyak wisatawan yang datang ke Bukit Nanggi untuk berkemah. Mereka menikmati spot yang keren diatas ketinggian. Lokasinya berada di Gunung Nanggi Mekar, Sari Suela. Harga tiketnya Rp. 10.000 per orang. Kalaupun ingin menginap ada penginapan dengan harga Rp. 250.000 per malamnya.

4. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Lokasi: Jl. Raya Kuta, Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Tidak hanya berada di Bali saja nama Pantai Kuta. Tetapi Lombok juga memiliki Pantai Kuta. Selain pesisir pantai yang indah, disini juga ada spot yang seru. Wisatawan bisa dimanjakan dengan pemandangan pantai yang airnya juga jernih kebiruan. Tentu hal ini bisa membuat siapa saja mudah untuk melihat keindahan terumbu karang dari atas permukaan air.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Lombok. Lokasinya berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut. Ada penginapan di sekitar lokasi wisata dengan kisaran harga RP. 250.000 per malam.

5. Hutan Sesaot Lombok

Hutan Sesaot Lombok

Lokasi: Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Mobillombok.com

Bukan hanya pantai dan bukit, tetapi Lombok juga memiliki hutan wisata yang bisa dikunjungi. Mereka yang suka jelajah hutan bisa datang ke Hutan Sesaot Lombok. Selain adanya keindahan alam sekitar, wisatawan bisa menghirup udara segar yang masih begitu alami. Ada banyak pepohonan besar yang hijau dan rimbun.

Tidak hanya itu, di hutan ini juga ada banyak mata air yang tak perah kering. Konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Lokasi hutan sesaot Lombok ini berada di Sesaot, Narmada. Jika inign menenangkan pikiran, datang ke tempat ini sangatlah tepat.

6. Tiu Kelep Waterfall Lombok

Tiu Kelep Waterfall Lombok

Lokasi: Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Cabeoutdoorservice.com

Masih dengan konsep wisata alam, Lombok memiliki air terjun yang juga indah. Air terjun ni berada di bawah kaki gunung rinjani. Tak hanya tempatnya yang sejuk tetapi juga ada rimbunan dan juga hijaunya pepohonan di tempat ini.

Lokasi air terjun berada di Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Tak sedikit turis yang datang untuk menikmati suasana hutan di sekelilingnya. Ada udara sejuk yang bisa menenangkan pikiran.

7. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Lokasi: Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Thelangkahtravel.com

Gili Naggu ini merupakan sebuah pulau kecil yang banyak memikat para pengunjung. Tempat yang satu ini memang membuat siapa saja bisa menikmati suasana pantai yang alami dan jauh dari keramaian. Gili Nanggu juga dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah serta dimanjakan dengan alam bahari yang cantik dengan snorkeling atau diving.

Mereka yang suka kegiatan memancing juga tak akan bosan datang ke tempat ini. Ada juga pulau kecil yang bisa digunakan untuk berkemah bersama teman-teman. Lokasi Gili Nanggu ini berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah. Tersedia penginapan di sekitar lokasi dengan harga sekitar Rp. 500.000 per malam.

8. Pusuk Sembalun Lombok

Pusuk Sembalun Lombok

Lokasi: Sembalun Bumbung, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Agoda.com

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya yang berupa air terjun dan gunung. Pusuk Sembalun Lombok ini cocok digunakan untuk selfi. Ada keindahan alam yang begitu menakjubkan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang begitu hijau dan udara yang masih terasa sejuk terhindar dari polusi.

Lokasi Pusuk Sembalun Lombok ini berada di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung. Hargaa tiketnya sekitar Rp. 2000 per orang. Tersedia juga penginapan di sekitar lokasi dengan harga per malam Rp. 250.000.

9. Batu Payung

Batu Payung

Lokasi: Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Wisatanasional.net

Meski hanya sebuah batu tetapi objek wisata ini memanglah menarik perhatian. Sebenarnya batu payung merupakan sebuah pantai yang kondisi alamnya benar-benar masih terjaga. Mengapa disebut batu payung? Wisatawan bisa menikmati keindahan batu payung yang menjulang tinggi dan letaknya berada di tepi pantai.

Di tempat ini juga wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai. Ada batu karang, keindahan alam lainnya serta duduk santai berteduh di bawah naungan batu payung merupakan ide bagus untuk menikmati waktu libur. Lokasinya berada di Jalan Kuta Lombok.

10. Seger Hill

Seger Hill

Lokasi: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Berjalanjalan.wordpress.com

Bukan hanya dari pantai yang indah, Lombok juga memiliki bukit seger yang tak kalah keren. Ketika wisatawan berada di atas bukit, mereka bisa menikmati luasnya hamparan Pantai Seger dan dihiasi oleh batu karang yang eksotik. Ada banyak keindahan alam yang bisaa dinikmati dari atas bukit seger yang berwarna hijau ini.

Lokasinya berada di Kuta, Pujut, kabupaten Lombok. Wisatawan bisa datang untuk menikmati waktu bebas dari hiruk pikuk kota. Tak sedikit pula yang mengabadikan momen liburan dengan kamera di tempat ini. Harga tiket hanya Rp. 5000 saja per motor dan Rp. 10.000 per mobil.

11. Air Terjun Mangku Kodek

Air Terjun Mangku Kodek

Lokasi: Sajang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Berbagifun.com

Pesona keindahan air terjun ini terletak di samping kiri dan kanannya. Bagian kiri kanan ini diapit oleh tebing batu yang bisa membius para wisatawan yang datang. Mereka bisa melihat bagaimana air dengan warna kebiruan dan juga menawarkan kesegaran berenang di aliran sungai air terjun.

Lokasi Air Terjun Mangku Kodek ini berada di Sajang, Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Tersedia penginapan dengan harga per malam sekitar Rp. 450.000. Pilih hari libur dan nikmati kesegaran di tempat wisata ini.

12. Pantai Pink

Pantai Pink

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Merahputih.com

Mengapa dinamakan Pantai Pink? Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cantik dan berada di Pulau Lombok. Ada keindahan dari pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Ada juga keunikan tersendiri yang berupa pasir pantai berwarna merah muda.

Di Pantai Pink ini wisatawan bisa menikmati kondisi alam yang berbeda dengan lainnya. Bisa juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan snorkeling. Lokasi Pantai Pink berada di Jerowaru, Kabupaten Lombok. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yaitu Rp. 5000 saja per orang.

13. Bukit Tunak

Bukit Tunak

Lokasi: Mertak, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Untuk mereka yang suka berfoto selfi, pemandangan di Bukit Tunak ini dirasa cukup pas. Ada pesona alam yang disekitarnya memang benar-benar indah. Ada juga keindahan gili penyu yang dikelilingi oleh hamparan air laut yang berwarna biru.

Lokasi Bukit Tunak ini berada di Tj. Bungkulan Mertak. Harga tiket hanya Rp. 2500 per orang. Tersedia penginapan di sekitar lokasi wisata yang memiliki tarif per malam adalah Rp. 300.000.

14. Gili Kambing

Gili Kambing

Lokasi: Gili Bembek, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Berugaqelen2010.wordpress.com

Ada yang menyebut Gili Kambing ini dengan nama lain Gili Bembek. Sebuah pulau tidak berpenghuni dan saat ini menjadi sebuah tempat wisata dengan sensasi liburan berbeda. Wisatawan bisa berkemah di tengah pantai dan berjalan kaki di atas pasir tipis yang indah.

Tak hanya itu, keindahan alam bahari disini juga masih terjaga dan begitu eksotik. Lokasinya berada di Gili Bembek, Lombok Timur. Ada pemandangan indah yang tak bisa diungkapkan dengan kata.

15. Pantai Setangi

Pantai Setangi

Lokasi: Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Caderabdul.wordpress.com

Hamparan pasir putih dan juga pantai yang luas adalah pemandangan menyegarkan mata kita. Ada juga warna birunya air laut yang tak henti-hentinya membuat wisatawan berdecak kagum. Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan seperti bermain air ataupun sekadar duduk melihat matahari terbenam.

Lokasi pantai ini berada di Jalan Masyarakat Setangi, Malaka. Harga tikentya Rp. 5000 per orang. Wisatawan juga bisa menginap di sekitar lokasi dengan harga per malam Rp. 650.000.

16. Tiu Tiding, Tiponan

Tiu Tiding, Tiponan

Lokasi: Genggelang, Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Lombokmerdeka1330.blogspot.com

Berikutnya, Objek Wisata di Lombok yang juga tak kalah keren adalah Tiu Tiding Tiponan. Tempat wisata ni dipadukan dengan alam yang masih sejuk dan asri. Wisatawan bisa merasa tenang berada disini meski seringkali masih banyak yang datang di hari biasa.

Di tempat ini, pengunjung bisa santai menikmati percikan air terjun yang dingin dan juga menyegarkan tubuh. Selain itu, beberapa pengunjung juga suka melakukan selfi dengan latar belakang pemandangan air terjun. Lokasinya berada di Genggelang, Gangga.

17. Desa Sade

Desa Sade

Lokasi: Rembitan, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Indonesia-holidays.com

Mengapa Desa Sade menjadi tempat wisata yang direkomendasikan? Tak lain adalah karena destinasi wisata ini masih sangat tradisional. Wisatawan yang berkunjung kebanyakan ingin belajar budaya atau tradisi yang masih begitu dijaga di desa ini. Mereka bisa menemukan pengalaman baru ketika berada di Desa Sade.

Tak hanya itu, wisatawan juga akan dimanjakan oleh rumah-rumah suku adat asli Lombok yang memiliki bentuk masih tradisional. Uniknya lagi, lantai dari rumah suku adat ini terbuat dari kotoran kerbau. Desa Sade berada di Rembitan, Pujut Kabupaten Lombok.

18. Pantai Pandanan

Pantai Pandanan

Lokasi: Jl. Raya Malimbu, Malaka, Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Lombok.panduanwisata.id

Masih berupa pantai, wisata alam paling favorit di Lombok ini bernama Pandanan Beach. Cukup difavoritkan oleh warga setempat. Tetapi tak sedikit juga para wisatawan asing datang untuk berkunjung ke Pantai Pandanan.

Air laut di pantai ini masih jernih kebiruan. Arusnya juga tenang dan membuat siapa saja menjadi nyaman. Selain keindahan pesona alam yang eksotik, wisatawan bisa bersantai di pesisir pantai dan menikmati hidangan ikan bakar yang banyak dijual oleh pedagang sekitar.

19. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Lokasi: Senaru, Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Dilombok.com

Air terjun ini memiliki trek yang cukup lumayan jauh dan juga menantang. Tetapi semua itu bisa tertebus ketika sampai di lokasi. Para wisatawan bisa melihat pemandangan alama yang menakjubkan dan menyegarkan.

Air Terjun Sendang Gile ini memiliki percikan air yang membentuk kabut di sekitar air terjun. Anda bisa merasakan bagaimana kesegaran alami dengan suara gemericik yang menenangkan. Lokasinya berada di Senaru, Bayan.

20. Gili Asahan

Gili Asahan

Lokasi: Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Booking.com

Berlibur yang menyenangkan terkadang memang butuh persiapan. Seperti jadwal hari libur yang pasti dan juga budget untuk liburan. Datanglah ke Gili Asahan, tempat wisata di Lombok yang terdengar begitu indah. Nantinya wisatawan bisa melihat bagaimana kondisi alam yang ada di sekitar pulau yang masih terjaga.

Keindahan yang ditawarkan tak bisa dilewatkan begitu saja. Wisatawan bisa menggunakan perahu untuk menikmati keindahan di bawah laut. Lokasinya berada di Sekotong Tengah Kabupaten Lombok.

21. Gili Kondo Lombok

Gili Kondo Lombok

Lokasi: Jl. Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Wisatadilombok.com

Liburan di pulau kecil yang indah dan tak berpenghuni bisa menjadi ide liburan yang menyenangkan. Liburan bisa makin seru dan menarik bersama banyak orang atau teman. Di pulau Gili Kondo ini, wisatawan akan disuguhkan dengan suasana alam yang bernuansa pantai santai.

Lokasinya berada di Jalan Raya Sambelia, Labuhan Pandan. Harga tiket yang dikenal adalah Rp. 400.000 per perahu. Satu perahu bisa memuat 10 orang. Bagi yang ingin menginap juga ada penginapan di sekitar lokasi.

22. Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok

Lokasi: Tumpak, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Ayokelombok.com

Ada suasana pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Selain bisa digunakan untuk berenang dan berman air, pantai ini juga cocok dignakan untuk sekadar bersantai. Juga, di pantai ini wisatawan bisa melihat pasir putih yang halus. Bisa juga berfoto selfi dengan pemandangan yang indah.

Lokasinya berada di Tumpak Pujut Kabupaten Lombok. Untuk penginapan di sekitar lokasi memang masih terbilang cukup mahal. Tetapi jika wisatawan sudah mempersiapkannya tak ada salahnya untuk stay dan bermalam. Tarifnya sekitar Rp. 1.000.000 per malam.

23. Taman Narmada

Taman Narmada

Lokasi: Jl. Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Pesona.travel

Taman Narmada memiliki luas sektiar 2 hektare dan dibangun oleh Raja Mataram. Temapt ini ada sejak tahun 1727. Dulunya Taman Narmada ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan juga tempat upacara. Tetapi sekarang telah beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Lokasinya di Desa Lembuak, 10 km di bagian sebelah timur kota Mataram. Wisatawan yang datang seringkali menikmati waktu santai disini bersama dengan keluarga atau anak-anak. Ada udara sejuk di Taman Narmada yang bisa memaksimalkan waktu santai.

24. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Lokasi: Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Aliaef.com

Tempat wisata yang juga wajib dikunjungi kali ini adalah Danau Segara Anak. Terutama bagi yang suka dengan nuansa alam, objek wisata ini sayang untuk dilewatkan. Danau Segara Anak masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau akrena warna air danau ini berwarna biru seperti warna dari air laut.

Lokasinya ada di kawah Gunung Rinjani. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang bisa dilalui menggunakan kendaraan bermotor. Memang melelahkan tetapi tak akan mengecewakan.

Berbagai tempat wisata yang disajikan ini menunjukkan betapa kaya Indonesia akan potensi wisata. Sebuah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memang merupakan surga dunia. Letak geografis yang membuat kita memiliki banyak gunung berapi. Ada juga keindahan bawah laut yang terkenal dari Destinasi Wisata di Lombok ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak