39 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

24 Tempat Wisata di Lombok

Terletak di Indonesia bagian tenggara, Lombok secara geografis memang membuat wilayahnya memiliki banyak wisata alam yang indah. Tergabung dalam himpunan pulau-pulau Sunda kecil yang ada di bagian barat. Lombok memiliki luas daratan sekitar 5.435 km persegi.

Ada satu hal yang menarik perhatian yakni rentetan pantai yang ada di Lombok terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Ada Pantai Selong Belanak, ada Pantai Mawi, ada juga Pantai Semeti dan masih banyak lagi. Berlibur ke Lombok membuat siapa saja lebih mengenal tentang Indonesia – surga dunia yang indah.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Image Credit: Pesona.travel

Siapa yang tak mengenal Gunung Rinjani? Tempat Wisata di Lombok ini memiliki pemandangan alam pegunungan yang khas. Ada hawa dan udara yang sejuk serta banyaknya panorama yang indah. Tak hanya udara atau hawanya saja tetapi wisatawan atau pendaki bisa melihat pemandangan danau yang airnya berwarna biru jika dilihat dari ketinggian.

Di tempat ini juga pendaki bisa menggunakan pemandian air panas yang dihasilkan dari mata air alam dan juga kondisi yang ada di sekitarnya yang menakjubkan. Lokasi Gunung Rinjani berada di Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Harga tiketnya Rp. 7500 saja per orang.

Lokasi: Sembalun Lawang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Gili Air

Pantai Gili Air

Image Credit: Fotowisata.com

Ada lautan yang bening dan benar-benar menyimpan panorama wisata air tak ada duanya. Namanya adalah Pantai Gili Air. Bahkan keindahan bawah laut disini juga menjadi andalan. Wisatawan bisa merasakan sensasi berenang dan sangat seru. Ada terumbu karang yang cantik, ada ikan-ikan yang lucu dan masih banyak lagi.

Lokasi Pantai Gili Air ini berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang. Harga tiketnya sekitar Rp. 8000 per orang. Sementara bagi yang ingin menginap terdapat penginapan dengan harga Rp. 150.000 per orang.

Lokasi: Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Bukit Nanggi Lombok

Bukit Nanggi Lombok

Image Credit: Kutalombokholidays.com

Lombok memang terkenal dengan keindahan bawah laut di tiap pantainya. Tetapi ada juga daerah yang menyimpan udara sejuk seperti di Bukit Nanggi Lombok. Bukit ini memberi suasana tenang dan nyaman. Apalagi dengan pemandangan pulau Lombok yang sangat menakjubkan jika dilihat dari ketinggian.

Banyak wisatawan yang datang ke Bukit Nanggi untuk berkemah. Mereka menikmati spot yang keren diatas ketinggian. Lokasinya berada di Gunung Nanggi Mekar, Sari Suela. Harga tiketnya Rp. 10.000 per orang. Kalaupun ingin menginap ada penginapan dengan harga Rp. 250.000 per malamnya.

Lokasi: Sembalun, Sambelia, Selong, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Image Credit: Ksmtour.com

Tidak hanya berada di Bali saja nama Pantai Kuta. Tetapi Lombok juga memiliki Pantai Kuta. Selain pesisir pantai yang indah, disini juga ada spot yang seru. Wisatawan bisa dimanjakan dengan pemandangan pantai yang airnya juga jernih kebiruan. Tentu hal ini bisa membuat siapa saja mudah untuk melihat keindahan terumbu karang dari atas permukaan air.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Lombok. Lokasinya berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut. Ada penginapan di sekitar lokasi wisata dengan kisaran harga RP. 250.000 per malam.

Lokasi: Jl. Raya Kuta, Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Hutan Sesaot Lombok

Hutan Sesaot Lombok

Image Credit: Mobillombok.com

Bukan hanya pantai dan bukit, tetapi Lombok juga memiliki hutan wisata yang bisa dikunjungi. Mereka yang suka jelajah hutan bisa datang ke Hutan Sesaot Lombok. Selain adanya keindahan alam sekitar, wisatawan bisa menghirup udara segar yang masih begitu alami. Ada banyak pepohonan besar yang hijau dan rimbun.

Tidak hanya itu, di hutan ini juga ada banyak mata air yang tak perah kering. Konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Lokasi hutan sesaot Lombok ini berada di Sesaot, Narmada. Jika inign menenangkan pikiran, datang ke tempat ini sangatlah tepat.

Lokasi: Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Image Credit: Wikipedia.org

Berkunjung ke Pulau Lombok akan terasa kurang lengkap sebelum mengunjungi pantai cantik bernama Pantai Tanjung Aan. Bukan hanya menawarkan kecantikan alam sekitarnya semata, sebab tektur pasirnya yang unik dirasa mampu menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, pengunjung yang mencoba berjalan tanpa alas kaki seakan menginjak butiran merica di telapak kakinya.

Lokasi: Jl. Tanjung Aan, Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

7. Rumah Pohon Gangga

Rumah Pohon Gangga

Image Credit: Wiranurmansyah.com

Sebelum dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit, siapa sangka jika dahulunya Rumah Pohon Gangga difungsikan sebagai tempat mencari sinyal telephon. Agar dapat berselancar tanpa gangguan, masyarakat pun seringkali nongkrong di tempat tersebut secara beramai ramai. Seiring berjalannya waktu, tempat ini pun difungsikan sebagai destinasi wisata lantaran pesona alamnya yang dapat menyejukkan mata.

Lokasi: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara.

8. Bukit Selong

Bukit Selong

Image Credit: Journeyera.com

Umumnya para pendaki hanya berfokus untuk bisa sampai di puncak Gunung Rinjani, tanpa menyadari jika terdapat Bukit Selong yang menawarkan pesona alam menawan. Bagaimana tidak, disini para pendaki akan digusuguhkan dengan landskap bumi berupa punggung dari gunung tertinggi di Lombok.

Daya tarik utamanya terletak pada panorama alamnya yang luar biasa cantik, udaranya yang terasa segar, perbukitan hingga sawah tampak menyatu sempurna.

Lokasi: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur.

9. Aik Nyet Sesaot

Aik Nyet Sesaot

Image Credit: Lombokitusurgaku.blogspot.com

Aik Nyet Sesaot disebut sebagai pemandian mata air alami, dimana air yang digunakan diambil langsung dari Gunung Rinjani. Karena berasal dari alam, wajar saja jika airnya terasa dingin namun menyegarkan. Bahkan lokasinya yang berada di tengah hutan, membuat pengunjung merasakan segarnya udara di sekitar pemandian tersebut. Oleh sebab itu, destinasi wisata ini bsia menjadi pilihan ketika pikiran sedang suntuk.

Lokasi: Aik nyet, Buwun sejati, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat.

10. Tiu Kelep Waterfall Lombok

Tiu Kelep Waterfall Lombok

Image Credit: Cabeoutdoorservice.com

Masih dengan konsep wisata alam, Lombok memiliki air terjun yang juga indah. Air terjun ni berada di bawah kaki gunung rinjani. Tak hanya tempatnya yang sejuk tetapi juga ada rimbunan dan juga hijaunya pepohonan di tempat ini.

Lokasi air terjun berada di Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Tak sedikit turis yang datang untuk menikmati suasana hutan di sekelilingnya. Ada udara sejuk yang bisa menenangkan pikiran.

Lokasi: Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

11. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Image Credit: Thelangkahtravel.com

Gili Naggu ini merupakan sebuah pulau kecil yang banyak memikat para pengunjung. Tempat yang satu ini memang membuat siapa saja bisa menikmati suasana pantai yang alami dan jauh dari keramaian. Gili Nanggu juga dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah serta dimanjakan dengan alam bahari yang cantik dengan snorkeling atau diving.

Mereka yang suka kegiatan memancing juga tak akan bosan datang ke tempat ini. Ada juga pulau kecil yang bisa digunakan untuk berkemah bersama teman-teman. Lokasi Gili Nanggu ini berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah. Tersedia penginapan di sekitar lokasi dengan harga sekitar Rp. 500.000 per malam.

Lokasi: Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

12. Pusuk Sembalun Lombok

Pusuk Sembalun Lombok

Image Credit: Agoda.com

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya yang berupa air terjun dan gunung. Pusuk Sembalun Lombok ini cocok digunakan untuk selfi. Ada keindahan alam yang begitu menakjubkan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang begitu hijau dan udara yang masih terasa sejuk terhindar dari polusi.

Lokasi Pusuk Sembalun Lombok ini berada di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung. Hargaa tiketnya sekitar Rp. 2000 per orang. Tersedia juga penginapan di sekitar lokasi dengan harga per malam Rp. 250.000.

Lokasi: Sembalun Bumbung, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

13. Batu Payung

Batu Payung

Image Credit: Wisatanasional.net

Meski hanya sebuah batu tetapi objek wisata ini memanglah menarik perhatian. Sebenarnya batu payung merupakan sebuah pantai yang kondisi alamnya benar-benar masih terjaga. Mengapa disebut batu payung? Wisatawan bisa menikmati keindahan batu payung yang menjulang tinggi dan letaknya berada di tepi pantai.

Di tempat ini juga wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai. Ada batu karang, keindahan alam lainnya serta duduk santai berteduh di bawah naungan batu payung merupakan ide bagus untuk menikmati waktu libur. Lokasinya berada di Jalan Kuta Lombok.

Lokasi: Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

14. Seger Hill

Seger Hill

Image Credit: Berjalanjalan.wordpress.com

Bukan hanya dari pantai yang indah, Lombok juga memiliki bukit seger yang tak kalah keren. Ketika wisatawan berada di atas bukit, mereka bisa menikmati luasnya hamparan Pantai Seger dan dihiasi oleh batu karang yang eksotik. Ada banyak keindahan alam yang bisaa dinikmati dari atas bukit seger yang berwarna hijau ini.

Lokasinya berada di Kuta, Pujut, kabupaten Lombok. Wisatawan bisa datang untuk menikmati waktu bebas dari hiruk pikuk kota. Tak sedikit pula yang mengabadikan momen liburan dengan kamera di tempat ini. Harga tiket hanya Rp. 5000 saja per motor dan Rp. 10.000 per mobil.

Lokasi: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Image Credit: Ayokelombok.com

Pantai Senggigi, merupakan salah satu dari sekian banyak pantai cantik yang dimiliki oleh Pulau Lombok. Ketika berada disana, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan pasir berwarna putih sepanjang 10 kilimeter hingga membentuk Teluk. Untuk bisa sampai di kawasan wisata, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit aja jika menggunakan kendaraan pribadi.

Selama berada disana, pengunjung bebas bermain pasir, berenang sembari menikmati kesegaran air launtya, snorkeling bersama dengan aneka biota laut yang berenang santai di sekitar terumbu karang, atau bahkan sekedar menyaksikan langit senja yang tampak romantis  bisa dilakukan disini. Setelah puas menikmati keindahan alamnya, jangan lupa menjajal aneka kuliner khas yang banyak dijajakan di sekitar pantainya.

Lokasi: Jl. Raya, Senggigi, Kec. Mataram, Kab. Lombok Barat.

16. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Image Credit: Mobillombok.com

Saat pertama kali melihatnya, kemungkinan besar batuan karang yang tampak berlubang di bagian bawahnya mengingatkan dengan tepat wisata yang berada di Bali bernama Pura Tanah Lot. Bahkan dapat dikatakan jika Pura Batu Bolong, tak kalah indah seperti miliki pulau Bali.

Ketika berkunjung kesana, pengunjung akan merasakan suasana spiritual yang kental. Lebih uniknya lagi, Pura ini menghadap langsung ke arah Selat Lombok dan Gunung Agung Bali.

Lokasi: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat.

17. Gili Kedis

Gili Kedis

Image Credit: Trover.com

Berkunjung ke Pulau Lombok, terasa kurang lengkap sebelum berkunjung ke Gili Kedis. Meski termasuk pulau mini yang hanya memiliki ukuran bak lapangan sepakbola, namun pesona alam yang dimilikinya tak boleh diragukan. Bahkan pulau mungil ini pun tak berpenghuni dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya, sehingga pengunjung seakan berada di sebuah pulau pribadi.

Selama berada disana, pengunjung bsia merasakan hawa sejuk mengingat banyaknya tanaman peneduh yang tumbuh di sekitar bibir pantainya. Rimbunnya pepohonan hijau, tampak berpadu mesra dengan warna pasirnya yang berwarna puti bersih dan dihiasi formasi bebatuan karang berbentuk unik. Ditambah lagi dengan kejernihan airnya, kamu pun bisa melihat keindahan bawah lautnya dengan mata telanjang sekalipun.

Lokasi: Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

18. Gili Gede

Gili Gede

Image Credit: Invest-islands.com

Singgah di Pulau Lombok, terasa kurang afdol sebelum menginjakkan kaki di Pulau Gili Gede. Pulau yang terletak di barat daya Lombok ini, ternyata menyimpan sumber kekayaan alam yang luar biasa.

Bahkan penduduk sekitarnya, memanfaatkan hasil lautnya seperti ikan ataupun mutiara sebagai mata pencaharian utamanya. Bahkan lokasinya yang cukup terpencil, tidak menyurutkan minat pengunjung untuk berlibur ke tempat tersebut.

Lokasi: Pelangan, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

19. Air Terjun Mangku Kodek

Air Terjun Mangku Kodek

Image Credit: Berbagifun.com

Pesona keindahan air terjun ini terletak di samping kiri dan kanannya. Bagian kiri kanan ini diapit oleh tebing batu yang bisa membius para wisatawan yang datang. Mereka bisa melihat bagaimana air dengan warna kebiruan dan juga menawarkan kesegaran berenang di aliran sungai air terjun.

Lokasi Air Terjun Mangku Kodek ini berada di Sajang, Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Tersedia penginapan dengan harga per malam sekitar Rp. 450.000. Pilih hari libur dan nikmati kesegaran di tempat wisata ini.

Lokasi: Sajang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

20. Pantai Pink

Pantai Pink

Image Credit: Merahputih.com

Mengapa dinamakan Pantai Pink? Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cantik dan berada di Pulau Lombok. Ada keindahan dari pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Ada juga keunikan tersendiri yang berupa pasir pantai berwarna merah muda.

Di Pantai Pink ini wisatawan bisa menikmati kondisi alam yang berbeda dengan lainnya. Bisa juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan snorkeling. Lokasi Pantai Pink berada di Jerowaru, Kabupaten Lombok. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yaitu Rp. 5000 saja per orang.

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

21. Bukit Tunak

Bukit Tunak

Image Credit: Travelingyuk.com

Untuk mereka yang suka berfoto selfi, pemandangan di Bukit Tunak ini dirasa cukup pas. Ada pesona alam yang disekitarnya memang benar-benar indah. Ada juga keindahan gili penyu yang dikelilingi oleh hamparan air laut yang berwarna biru.

Lokasi Bukit Tunak ini berada di Tj. Bungkulan Mertak. Harga tiket hanya Rp. 2500 per orang. Tersedia penginapan di sekitar lokasi wisata yang memiliki tarif per malam adalah Rp. 300.000.

Lokasi: Mertak, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

22. Gili Kambing

Gili Kambing

Image Credit: Berugaqelen2010.wordpress.com

Ada yang menyebut Gili Kambing ini dengan nama lain Gili Bembek. Sebuah pulau tidak berpenghuni dan saat ini menjadi sebuah tempat wisata dengan sensasi liburan berbeda. Wisatawan bisa berkemah di tengah pantai dan berjalan kaki di atas pasir tipis yang indah.

Tak hanya itu, keindahan alam bahari disini juga masih terjaga dan begitu eksotik. Lokasinya berada di Gili Bembek, Lombok Timur. Ada pemandangan indah yang tak bisa diungkapkan dengan kata.

Lokasi: Gili Bembek, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

23. Pantai Setangi

Pantai Setangi

Image Credit: Caderabdul.wordpress.com

Hamparan pasir putih dan juga pantai yang luas adalah pemandangan menyegarkan mata kita. Ada juga warna birunya air laut yang tak henti-hentinya membuat wisatawan berdecak kagum. Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan seperti bermain air ataupun sekadar duduk melihat matahari terbenam.

Lokasi pantai ini berada di Jalan Masyarakat Setangi, Malaka. Harga tikentya Rp. 5000 per orang. Wisatawan juga bisa menginap di sekitar lokasi dengan harga per malam Rp. 650.000.

Lokasi: Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

24. Gili Layar

Gili Layar

Image Credit: Befreetour.com

Meski ukurannya cukup mini, nyatanya Pulau Gili Layar menyimpan pesona alam yang mampu memikat perhatian para wisatawan. Keindahannya tersebut tercerminkan pada garis pantainya yang luas dan miliki pasir putih nan bersih, kejernihan air lautnya yang dipadukan dengan bebatuan karang yang siap memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Agar lebih nyaman, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas demi memenuhi kebutuhan para tamunya.

Lokasi: Pelangan, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

25. Pura Lingsar

Pura Lingsar

Image Credit: Tripadvisor.com

Pura Lingsar disebut sebagai Pura terbesar yang dimiliki oleh Pulau Lombok. Selain difungsikan sebagai simbol kepercayaan, Pura satu ini kerap dijadikan sebagai tempat khusus untuk menyelenggrakan  upacara keagamaan.

Dengan keunikannya tersebut, wajar jika Pura ini begitu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Entah itu belajar sejarah ataupun sekedar mengagumi kebudayaan yang ada.

Lokasi: Jl. Raya Lingsar, Batu Kumbung, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat.

26. Gili Sudak

Gili Sudak

Image Credit: Booking.com

Tawarkan pesona hamparan pasir putih nan bersih yang dipadukan dengan warna air lautnya yang biru menyegarkan, dirasa mampu menjadi daya pikat tersendiri ketika mengunjungi Gili Sudak.

Selain kecantikan di daratannya, kamu juga bisa menemukan keindahan bawah lautnya yang tak kalah menarik untuk dieksplor. Usai puas bermain air, jangan lupa cicipi aneka kuliner khas laut hasil dari tangkapan para nelayannya.

Lokasi: Sekotong Barat,  Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

27. Pantai Nambung

Pantai Nambung

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Ketika dalam perjalanan ke arah Lombok Barat  atau lebih tepatnya ke arah Sekotong, tidak ada salahnya mampir ke Pantai Nambung. Jika dari arah Mataram, setidaknya pengunjung hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai di kawasan wisata bahari satu ini. Apa yang membuat pantai ini istimewa dan wajib dikunjungi ? Pasalnya pantai ini memiliki keunikan yang dijuluki sebagai ait terjun asin.

28. Tiu Tiding, Tiponan

Tiu Tiding, Tiponan

Image Credit: Lombokmerdeka1330.blogspot.com

Berikutnya, Objek Wisata di Lombok yang juga tak kalah keren adalah Tiu Tiding Tiponan. Tempat wisata ni dipadukan dengan alam yang masih sejuk dan asri. Wisatawan bisa merasa tenang berada disini meski seringkali masih banyak yang datang di hari biasa.

Di tempat ini, pengunjung bisa santai menikmati percikan air terjun yang dingin dan juga menyegarkan tubuh. Selain itu, beberapa pengunjung juga suka melakukan selfi dengan latar belakang pemandangan air terjun. Lokasinya berada di Genggelang, Gangga.

Lokasi: Genggelang, Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

29. Desa Sade

Desa Sade

Image Credit: Indonesia-holidays.com

Mengapa Desa Sade menjadi tempat wisata yang direkomendasikan? Tak lain adalah karena destinasi wisata ini masih sangat tradisional. Wisatawan yang berkunjung kebanyakan ingin belajar budaya atau tradisi yang masih begitu dijaga di desa ini. Mereka bisa menemukan pengalaman baru ketika berada di Desa Sade.

Tak hanya itu, wisatawan juga akan dimanjakan oleh rumah-rumah suku adat asli Lombok yang memiliki bentuk masih tradisional. Uniknya lagi, lantai dari rumah suku adat ini terbuat dari kotoran kerbau. Desa Sade berada di Rembitan, Pujut Kabupaten Lombok.

Lokasi: Rembitan, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

30. Pantai Pandanan

Pantai Pandanan

Image Credit: Lombok.panduanwisata.id

Masih berupa pantai, wisata alam paling favorit di Lombok ini bernama Pandanan Beach. Cukup difavoritkan oleh warga setempat. Tetapi tak sedikit juga para wisatawan asing datang untuk berkunjung ke Pantai Pandanan.

Air laut di pantai ini masih jernih kebiruan. Arusnya juga tenang dan membuat siapa saja menjadi nyaman. Selain keindahan pesona alam yang eksotik, wisatawan bisa bersantai di pesisir pantai dan menikmati hidangan ikan bakar yang banyak dijual oleh pedagang sekitar.

Lokasi: Jl. Raya Malimbu, Malaka, Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

31. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Image Credit: Dilombok.com

Air terjun ini memiliki trek yang cukup lumayan jauh dan juga menantang. Tetapi semua itu bisa tertebus ketika sampai di lokasi. Para wisatawan bisa melihat pemandangan alama yang menakjubkan dan menyegarkan.

Air Terjun Sendang Gile ini memiliki percikan air yang membentuk kabut di sekitar air terjun. Anda bisa merasakan bagaimana kesegaran alami dengan suara gemericik yang menenangkan. Lokasinya berada di Senaru, Bayan.

Lokasi: Senaru, Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

32. Gili Asahan

Gili Asahan

Image Credit: Booking.com

Berlibur yang menyenangkan terkadang memang butuh persiapan. Seperti jadwal hari libur yang pasti dan juga budget untuk liburan. Datanglah ke Gili Asahan, tempat wisata di Lombok yang terdengar begitu indah. Nantinya wisatawan bisa melihat bagaimana kondisi alam yang ada di sekitar pulau yang masih terjaga.

Keindahan yang ditawarkan tak bisa dilewatkan begitu saja. Wisatawan bisa menggunakan perahu untuk menikmati keindahan di bawah laut. Lokasinya berada di Sekotong Tengah Kabupaten Lombok.

Lokasi: Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

33. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki

Image Credit: Theclassicwanderer.com

Meski namanya jarang terdengar, namun pesona alam yang ditawarkan Pantai Mekaki tak kalah indah seperti pantai populer di Lombok lainnya. Bagaimana tidak, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pasir yang tampak berwarna putih nan bersih serta terasa lembut di kulit.

Warna putih pasirnya, tampak menyatu mesra dengan kejernihan warna lautnya yang terasa menyegarkan. Bahkan di sekeliling pantainya, tampak perbukitan berwarna hijau segar.

Lokasi: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

34. Bangko Bangko

Bangko Bangko

Image Credit: Mobillombok.com

Apakah kamu memiliki hobi surfing ? Jika benar, tampaknya kamu dapat mengasah sekaligus menunjukkan kemampuan dengan bermain surfing di Bangko Bangko. Perlu diketahui bahwa destinasi wisata air ini, telah dinobatkan sebagai 10 besar tempat surfing yang memilki ombak terganas menurut versi Internasional Surfing Association. Para tamu dari jauh pun tak perlu kerepotan, lantaran sudah tersedia penginapan sederhana dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Putih, Batu Putih, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat.

35. Air Terjun Kumbi

Air Terjun Kumbi

Image Credit: Javawisata.com

Pulau Lombok dikenal sebagai salah satu lokasi yang unggul dalam bidang pariwisata, sehingga tidak heran jika banyak sekali tempat wisata alam cantik yang bisa dikunjungi. Dari sekian tempat wisata, air terjun Kumbi bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi liburan. Pasalnya kawasan wisata ini masih perawan, dimana keindahan alamnya masih terjaga dengan baik. Rute menuju lokasi pun cukup mudah dijangkau, sehingga tampak menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Kumbi, Desa Pakuan, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat.

36. Gili Kondo Lombok

Gili Kondo Lombok

Image Credit: Wisatadilombok.com

Liburan di pulau kecil yang indah dan tak berpenghuni bisa menjadi ide liburan yang menyenangkan. Liburan bisa makin seru dan menarik bersama banyak orang atau teman. Di pulau Gili Kondo ini, wisatawan akan disuguhkan dengan suasana alam yang bernuansa pantai santai.

Lokasinya berada di Jalan Raya Sambelia, Labuhan Pandan. Harga tiket yang dikenal adalah Rp. 400.000 per perahu. Satu perahu bisa memuat 10 orang. Bagi yang ingin menginap juga ada penginapan di sekitar lokasi.

Lokasi: Jl. Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

37. Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok

Image Credit: Ayokelombok.com

Ada suasana pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Selain bisa digunakan untuk berenang dan berman air, pantai ini juga cocok dignakan untuk sekadar bersantai. Juga, di pantai ini wisatawan bisa melihat pasir putih yang halus. Bisa juga berfoto selfi dengan pemandangan yang indah.

Lokasinya berada di Tumpak Pujut Kabupaten Lombok. Untuk penginapan di sekitar lokasi memang masih terbilang cukup mahal. Tetapi jika wisatawan sudah mempersiapkannya tak ada salahnya untuk stay dan bermalam. Tarifnya sekitar Rp. 1.000.000 per malam.

Lokasi: Tumpak, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

38. Taman Narmada

Taman Narmada

Image Credit: Pesona.travel

Taman Narmada memiliki luas sektiar 2 hektare dan dibangun oleh Raja Mataram. Temapt ini ada sejak tahun 1727. Dulunya Taman Narmada ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan juga tempat upacara. Tetapi sekarang telah beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Lokasinya di Desa Lembuak, 10 km di bagian sebelah timur kota Mataram. Wisatawan yang datang seringkali menikmati waktu santai disini bersama dengan keluarga atau anak-anak. Ada udara sejuk di Taman Narmada yang bisa memaksimalkan waktu santai.

Lokasi: Jl. Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

39. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Image Credit: Aliaef.com

Tempat wisata yang juga wajib dikunjungi kali ini adalah Danau Segara Anak. Terutama bagi yang suka dengan nuansa alam, objek wisata ini sayang untuk dilewatkan. Danau Segara Anak masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau akrena warna air danau ini berwarna biru seperti warna dari air laut.

Lokasinya ada di kawah Gunung Rinjani. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang bisa dilalui menggunakan kendaraan bermotor. Memang melelahkan tetapi tak akan mengecewakan.

Lokasi: Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berbagai tempat wisata yang disajikan ini menunjukkan betapa kaya Indonesia akan potensi wisata. Sebuah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memang merupakan surga dunia. Letak geografis yang membuat kita memiliki banyak gunung berapi. Ada juga keindahan bawah laut yang terkenal dari Tempat Wisata di Lombok ini.