Pantai Pink Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pink Lombok

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tangsi atau lebih familiar dengan sebutan Pantai Pink di Pulau Lombok tergolong unik dan berbeda dengan hamparan pasir berwarna merah muda. Pantai eksotis yang dapat memanjakan wisatawan dengan pesona alamnya.

Lokais: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.
Map: Cek Lokasi

Pulau-pulau di Indonesia memang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Salah satu pulau yang selalu diincar oleh para wisatawan adalah Pulau Lombok. Keindahan dari pulau ini sudah terkenal di kalangan masyarakat, bahkan hingga ke luar negeri. Salah satu keindahan yang sangat dipuja-puja wisatawan adalah Pantai Pink.

Pantai eksotis ini berada di daerah Lombok Timur. Tempat wisata ini juga sangat indah dan memiliki keunikannya tersendiri sehingga banyak wisatawan yang sering berlibur disini. Bahkan karena keindahannya yang dimilikinya, pantai ini sering diberitakan dan dibicarakan oleh banyak orang.

Terdapat banyak informasi yang dapat digali dari objek wisata ini. Banyak orang juga yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi seputar tempat wisata tersebut sebelum memutuskan untuk berlibur disana. Berikut beberapa informasi yang harus Anda ketahui mengenai Pantai Pink yang menjadi wisata bahari unggulan di Lombok.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tangsi Lombok

Daya Tarik Pantai Tangsi Lombok

Image Credit: Twitter.com @jaeminisbunny

Sebagai objek wisata alam yang terkenal di kalangan wisatawan terutama para pecinta pantai, tempat ini pastinya memiliki beberapa keunggulan sehingga banyak wisatawan yang menyukainya. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki tempat wisata ini.

1. Pasir Berwarna Pink

Sesuai dengan namanya, ada salah satu bagian dari pantai ini yang berwarna pink. Hal itu memang benar adanya karena salah satu bagian pantainya yaitu pasir memiliki warna merah muda atau pink.

Warna merah muda dari pasir ini akan terlihat sangat jelas ketika ombak telah menyapu tepi pantai. Pasir di pantai ini juga sangat lembut dan cocok untuk berjemur.

Asal mula dari warna pasir di tempat wisata ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya. Ada beberapa orang yang memiliki pendapat bahwa warna pink ini berasal dari karang merah yang sudah pecah dan mati. Pecahan tersebut dapat Anda temukan di tepi pantai ini.

Terdapat pendapat lain juga yang menyatakan asal mula dari warna merah muda pasir ini. Banyak yang menduga bahwa hal ini dikarenakan pengaruh dari foraminifera yang merupakan hewan mikroskopik yang dapat menghasilkan warna merah atau pink pada terumbu karang.

2. Keindahan Sunset

Salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan adalah saat matahari terbenam. Hal ini akan menjadi semakin indah apabila melihatnya dari pantai karena pemandangannya akan terlihat semakin jelas. Oleh karena itu, banyak juga wisatawan yang membanjiri Pantai Tangsi saat sore telah tiba untuk menyaksikan momen tersebut.

Daya Tarik dari Pantai Tangsi Lombok

Image Credit: Google Maps (Bunda Sen)

3. Pemandangan Bawah Laut yang Mengagumkan

Keindahan dari alam bawah laut pantai Pink tidak bisa diragukan lagi. Anda pasti akan tersipu-sipu setelah melihatnya. Terdapat aneka ragam terumbu karang dan makhluk air lainnya yang sangat menarik untuk dilihat. Terdapat 1000 jenis ikan, 20 jenis spong, dan 260 jenis terumbu karang yang hidup di tempat wisata ini.

BACA:  Pantai Senggigi, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lombok Barat

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini maka harus mencoba untuk diving agar bisa melihat keindahan bawah laut ini. Air di objek wisata alam ini juga sangat jernih. Oleh karena itu, berbagai jenis terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya dapat hidup dengan nyaman di pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Pink

Rute Pantai Pink

Image Credit: Google Maps (Rustam Rijal)

Lokasi dari objek wisata bahari ini berada di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Barat. Terdapat beberapa jalur yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke lokasi wisata, baik menggunakan jalur darat, udara, dan laut.

Apabila Anda memilih jalur laut maka dapat menggunakan kapal untuk menuju ke lokasi objek wisata alam ini. Anda dapat naik kapal dari Tanjung Bernoa, Bali untuk pergi menuju ke Labuan Bajo. Perjalanannya kira-kira memakan waktu satu hari.

Apabila Anda memilih jalur darat maka dapat memulai perjalanan menggunakan bus. Naiklah bus dari Denpasar untuk pergi menuju ke Labuan Bajo Dari tempat tersebut gunakanlah kapal ferry untuk menyebrang.

Apabila Anda memilih jalur udara maka akan lebih mudah dan cepat. Anda dapat naik pesawat dengan rute Denpasar – Labuan Bajo. Tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar setengah jam.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah sesampainya di Labuan Bajo gunakanlah kapal ferry dengan tujuan ke Loh Liang. Kemudian gunakanlah speed boat agar dapat mencapai lokasi Pantai Pink. Anda juga harus menyediakan uang lebih untuk berjaga-jaga apabila harga untuk menyewa kapal naik.

Terdapat tiket masuk untuk menikmati keindahan dari pantai ini. Bagi para wisatawan yang asli dari Indonesia maka akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,00. Harga berbeda diberlakukan untuk wisatawan asing yaitu sebesar Rp 50.000,00. Jam operasional tempat wisata ini mulai dari jam 08.00 sampai 17.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tangsi

Aktivitas di Pantai Tangsi

Image Credit: Twitter.com @suarantbcom

Terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata alam ini. Berikut beberapa aktivitas yang dapat Anda coba.

1. Snorkeling

Kegiatan ini harus Anda coba saat berkunjung ke Pantai Pink Lombok. Anda akan sangat rugi apabila tidak melakukan kegiatan ini karena salah satu keindahan terbaik dari pantai ini adalah pemandangan bawah lautnya. Anda dapat melihat berbagai macam terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya.

BACA:  18 Wisata Pantai di Lombok Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di tempat wisata ini. Harganya sangat wajar dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Selain itu, apabila Anda tidak tahu caranya melakukan snorkeling maka bisa meminta bantuan dari pemandu yang selalu siap membantu dan melayani para wisatawan.

2. Bermain Pasir

Hal yang tentu saja dapat Anda lakukan ketika berlibur di pantai adalah bermain pasir. Sangat menyenangkan melakukan kegiatan ini. Kegiatan ini akan semakin unik bila dilakukan di pantai ini karena pasirnya yang berwarna merah muda yang mungkin akan sulit Anda temukan di tempat lain.

3. Berenang

Objek wisata alam ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar sehingga akan sangat aman apabila Anda berenang. Air di tempat ini sangat bersih dan jernih sehingga Anda tidak perlu takut kulit Anda akan terinfeksi dengan bakteri-bakteri yang mengganggu.

Anda dapat menyewa peralatan renang yang tersedia di Pantai Pink. Harganya juga wajar dan tidak terlalu mahal. Anda juga bisa meminta bantuan pemandu untuk menemani Anda berenang apabila masih takut.

4. Hooping Island

Kegiatan ini mungkin terdengar asing bagi Anda. Hooping island merupakan pilihan yang tepat karena Anda akan dibawa menelusuri beberapa spot terbaik yang ada di pantai ini dengan perahu kecil.

Tentu saja untuk melakukan kegiatan ini maka Anda harus membayar sejumlah uang untuk menyewa perahu dan pengemudinya. Anda juga akan ditemani oleh pemandu yang akan menemani dan menjelaskan tentang spot-spot yang akan Anda jumpai. Rasanya sangat menyenangkan duduk diatas perahu dengan angin laut yang sepoi-sepoi.

5. Hunting Foto

Salah satu hal yang tidak boleh lupa Anda lakukan adalah berfoto. Sangat rugi sekali apabila Anda tidak berfoto di salah satu pantai terbaik di Indonesia. Terdapat banyak spot yang indah sehingga tempat ini sangat cocok bagi para pecinta fotografi.

Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik Anda agar dapat memotret keindahan tempat ini dengan baik. Anda juga harus berhati-hati jika mengambil foto di tebing atau tempat berbahaya lainnya karena Anda dapat tergelincir jatuh ke bawah.

6. Membakar Ikan

Tidak banyak dan susah untuk menemukan warung makan di objek wisata pantai ini. Oleh karena itu, Anda dapat membakar ikan yang dapat Anda beli dari tempat budidaya ikan setempat. Banyak jenis ikan yang siap untuk dibakar dan disantap seperti lobster, kerapu, dan lain-lain.

Anda tidak perlu khawatir apabila tidak membawa alat untuk memanggang. Para boatmen dapat membantu Anda untuk menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memanggang ikan.

BACA:  45 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Pink Lombok

Penginapan Dekat Pantai Pink

Image Credit: Booking.com

1. Ekas Sunrise

Penginapan ini hanya berjarak kurang lebih sekitar 19 kilometer dari lokasi pantai ini. Anda dapat menemukan penginapan ini di Desa Pemongkong Jerowaru, Ekas.

Terdapat banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini seperti kolam renang, taman, teras, dan lain-lain. Semua fasilitas ini dapat Anda gunakan secara gratis bila menginap disini.

Penginapan ini juga memiliki kamar dengan standar yang bagus. Di masing-masing kamar akan ada pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC. Layanan di penginapan ini dibuka selama 24 jam. Selain itu terdapat layanan lain seperti antar jemput bandara. Harga menginap di tempat ini mulai dari Rp 600.000,00 per malam.

2. Telone Sunset Bungalows

Sesuai namanya, tempat ini berada di Dusun Telone, Desa Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur. Jarak tempat ini dengan Pantai Pink kurang lebih sekitar 13 kilometer.

Konsep dari penginapan ini adalah bungalows. Setiap kamar memiliki beberapa fasilitas seperti AC, tempat tidur yang nyaman, dan lain-lain. Harga per malam untuk menginap di tempat ini mulai dari Rp 405.000,00.

3. Jeeva Beloam Beach Camp

Hotel ini merupakan salah satu hotel terbaik dan megah di Lombok. Jaraknya hanya 2 kilometer dari lokasi Pantai Pink. Anda dapat menemukan penginapan ini di daerah Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Tempat ini merupakan salah satu penginapan yang terdekat dengan lokasi pantai ini karena hanya membutuhkan 13 menit.

Konsep dari penginapan ini adalah “Beach Camp” sehingga unit-unit kamarnya dibuat berupa bungalow. Terdapat sofa daybed dan shower dengan suhu yang dapat diatur sesuai dengan selera wisatawan.

Anda juga dapat menggunakan lainnya seperti layanan antar jemput bandara, layanan kamar, makan siang gratis, dan lain-lain. Selain itu, tempat ini juga menyewakan berbagai peralatan untuk renang, diving, sepeda, dan lain-lain. Harga menginap di tempat ini kurang lebih sekitar Rp 2.950.000 per malam.

Fasilitas yang Tersedia Pantai Pink Lombok

Fasilitas Pantai Pink Lombok

Image Credit: Google Maps (Sandy Dewanto)

Fasilitas di tempat wisata ini cukup standar tetapi lumayan lengkap. Anda dapat menemukan toilet umum, tempat penyewaan peralatan renang, diving, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menemukan tempat budidaya ikan yang tak jauh dari lokasi pantai.

Pengunjung juga dapat menjelajah perairan Pantai Tangsi dengan menyewa perahu. Berkeliling dengan perahu tentu bisa memberi kesan lebih saat menikmati liburan di pantai eksotis di Lombok Timur ini.

Beberapa informasi di atas dapat Anda kadikan sebagai acuan apabila ingin berlibur di Pantai Tangsi atau Pantai Pink. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati baik dalam perjalanan maupun saat bermain di pantai. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup karena sangat sulit untuk menemukan toko ataupun warung di objek wisata alam ini.