Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Meski belum sekondang Bali, tapi Pulau Lombok perlahan-lahan juga sering kali dijadikan tujuan liburan. Keindahan yang ditawarkan pulau ini akan membuat siapapun jatuh hati, terutama wisata baharinya. Jika ingin menghabiskan liburan di pantai unik, Pantai Semeti di Lombok Tengah bisa jadi pilihan. Pantai ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang tidak bisa ditolak oleh siapapun, utamanya tebing dari bebatuan yang unik. Simak ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Semeti

Tentang Pantai Semeti
Image Credit: Twitter.com @detiktravel

Pantai satu ini berada di Pulau Lombok yang mempunyai keunikan tersendiri. Apabila Anda mencarinya di mesin pencarian, Anda mungkin akan menemukan Pantai Mawi. Hal ini dikarenakan Pantai Semeti lokasinya berada di Jl. Pantai Mawi. Dan kedua pantai ini memang masih berdekatan namun tetap saja berbeda soal pemandangannya.

Pantai indah ini dikarunia dengan pasir putih dan juga dekat dengan destinasi pantai lainnya. Yang membuat pantai unik adalah hadirnya batuan karang yang memanjang. Beberapa batuan juga bertumpuk sehingga terbentuk tebing tebing yang indah. Batuan karang ini dikenal dengan Karang Kryptonite, batu yang ada di cerita fiksi Superman.

Pantai ini sebenarnya adalah pantai yang tidak banyak dikenal. Lokasinya terbilang terpencil dengan akses yang masih sulit. Hingga seiring waktu berlalu, nama wisata pantai ini mulai dikenal untuk dijadikan tujuan wisata. bahkan kini menjadi salah satu pantai yang difavoritkan oleh pengunjung. Rasanya tak lengkap jika ke Pulau Lombok belum singgah di pantai eksotis ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Semeti

Daya Tarik Pantai Semeti
Image Credit: Twitter.com @rienpurple

1. Pantai yang Masih Alami

Daya tarik utama yang dimiliki pantai ini adalah karena suasananya yang lebih tenang dengan alam yang asri. Dengan begitu pengunjung bebas untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Airnya yang jernih dengan tebing tebing yang indah akan membuat siapapun betah berlama lama.

Dan tentu saja setiap sudut pantai masih sangat bersih dengan pemandangan yang akan membuat siapapun terpana. Rasanya sayang jika singgah di Lombok tapi tidak menikmati keindahan yang ada di pantai ini. Pantai Semeti Lombok memang sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu menyukai keramaian.

2. Bebatuan Eksotis yang Cantik

Daya tarik berikutnya tentu saja terletak pada bebatuan yang membuatnya begitu unik. Sebenarnya, nama pantai ini sendiri baru banyak diangkat di tahun 2017 an. Namun keunikan inilah yang membuatnya begitu kondang. Pantai cantik ini juga mendapatkan julukan dengan Pantai Kryptonite. Dimana karena julukan tersebut semakin membuat wisatawan penasaran.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, batuan yang tersusun menjadi tebing di pantai ini memang mirip seperti bebatuan yang ada di kisah Superman. Hanya saja, tonggak tonggak yang ada di pantai ini tidak berwarna hijau seperti serialnya. Melainkan abu kehitaman yang semakin menambah keeksotisan pantai di Lombok ini.

3. Memiliki Akuarium Alam

Selain mendapatkan julukan sebagai Pantai Kryptonite, pantai ini juga dijuluki sebagai Akuarium Alam. Dan tentu saja julukan ini memiliki sebab, dimana pantai ini memiliki akuarium di sela sela tebing. Anda bisa menemukan biota laut yang tinggal di sela sela tebing ini. Panorama ini bisa Anda temukan ketika air sedang surut.

Daya Tarik Wisata Pantai Semeti
Image Credit: Twitter.com @bintangtiketid

4. Airnya Begitu Jernih

Pesona yang dimiliki Pantai Semeti memang belum habis, Anda bisa melihat jika air yang ada di pantai ini begitu jernih. Membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah lautnya hanya dari permukaan. Tebing tebing yang ada di tepi mampu menahan ombak. Membuat pantai ini memiliki perairan yang tenang, sangat cocok untuk bersantai.

5. Hadirkan Panorama Indah

Sebenarnya, keindahan pantai ini tidak hanya terletak pada lautnya saja. Sebelum Anda tiba, Anda sudah akan dimanjakan dengan panorama yang ada. Perjalanan menuju pantai melewati area persawahan dengan medan yang cukup menantang. Memang sudah tidak seterjal dahulu, tetapi tetap saja akan menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Irsan Ag)

Pantai menawan di Lombok ini berada di Jl. Pantai Mawi, Selok Belanak daerah Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, NTB. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Selong Belanak dan juga Pantai Mawi. Untuk sampai ke lokasi, Anda harus menempuh jarak sekitar 85 km. Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai dengan beberapa jalur yang bisa Anda pilih.

Rute pertama yang bisa digunakan melalui Jalan Kuta Lombok. Membutuhkan waktu yang lebih lama jika menggunakan jalur ini. Namun Anda bisa menikmati pemandangan deretan pantai sampai akhirnya tiba di Pantai Semeti. Atau Anda juga bisa menggunakan Jalur Pantai Selong Belanak yang menggunakan jalur Selong Belanak.

Jalur yang kedua ini lebih banyak dijadikan sebagai pilihan, karena lebih cepat. Hanya saja Anda tidak akan banyak menikmati pemandangan indah. Untuk memudahkan para pengunjung, Anda bisa menjadikan Pantai Mawi sebagai patokan. Mengingat keduanya memiliki satu loket yang sama dan jaraknya juga berdekatan.

Perlu Anda perhatikan jika menggunakan mobil, sebaiknya menggunakan mobil yang tinggi. Sebab jalanan menuju pantai cukup berbatu sehingga mobil yang dikendarai juga berpengaruh. Apabila Anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya tidak menggunakan motor matic. Jalurnya memang menantang, namun tidak terlalu berbahaya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Nona cheery)

Untuk menikmati keindahan pantai ini Anda tidak perlu membayar biaya yang besar. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal sekitar Rp 5 ribu apabila mengendarai roda dua. Sementara apabila Anda membawa mobil harga tiketnya sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk ini tentu saja bisa berubah kapan saja dan turis mancanegara akan berlaku dua kali lipat.

Anda bisa berkunjung kapan saja, karena jam operasional Pantai Semeti dari hari Senin sampai hari Minggu. Pantai cantik di Lombok Tengah ini juga bisa dikunjungi selama 24 jam. Namun karena pantai satu ini masih sangat alami, sebaiknya Anda tidak datang terlalu sore. Walaupun keindahan senja di pantai ini memang sayang untuk dilewatkan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Semeti

Aktivitas di Pantai Semeti
Image Credit: Instagram.com @safamarwaeni

1. Menikmati Suasana Pantai

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai satu ini juga banyak. Salah satu yang pasti akan oleh pengunjung adalah menikmati keindahan pantainya. Menikmati hembusan angin khas pantai dengan suara deburan ombak tentu akan membuat Anda menghilangkan segala penat. Apalagi walaupun saat ini sudah banyak dikenal, pantai satu ini masih sangat tenang.

Keindahan yang dimilikinya juga tidak akan bisa Anda abaikan. Begitu Anda tiba, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih luas yang berkilauan ketika terkena sinar matahari. Pasirnya juga sangat lembut, sehingga banyak yang memilih untuk berjemur di atas pasir. Anda juga bisa bermain pasir ataupun bermain di tepi pantainya.

Membawa bekal dari rumah kemudian menggelar karpet dengan berpiknik juga bukanlah ide yang buruk. Kegiatan ini tentu akan semakin menyenangkan jika Anda pergi bersama dengan keluarga. Suasananya yang tenang dengan pemandangan yang indah, djamin akan membuat Anda enggan untuk meninggalkan pantai satu ini.

2. Memancing

Perlu Anda ketahui jika Pantai Semeti memiliki spot untuk memancing yang kondang. Memang berbagai ikan hidup di area pantai ini, bahkan penduduk lokal juga kerap kali menghabiskan waktu untuk memancing. Hanya saja bagi pengunjung yang akan memancing harus membawa sendiri peralatan memancing. Karena masih belum tersedia penyewaan alat memancing.

Ragam Aktivitas di Pantai Semeti
Image Credit: Instagram.com @zhranllaily_

3. Memanjat Tebing

Tebing bebatuan Kryptonite di pantai ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Dan Anda bisa melakukan kegiatan menyenangkan sekaligus menantang. Yakni dengan memanjat tebing tebing tersebut. Memanjat tebing ini, Anda bisa mendapatkan pemandangan dari ketinggian yang lebih menawan. Tetapi tentu saja harus berhati hati, mengingat bebatuan yang ada cukup tajam.

Walaupun demikian, mendakinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan seru. Apalagi bagi Anda yang hobi berburu foto cantik, dengan menaiki tebing ini tentu Anda bisa sekalian hunting foto. Bebatuan unik ini sebenarnya juga bisa ditemukan di pantai lain seperti Pantai Gigi Hiu Lambung misalnya.

4. Berburu Foto Cantik

Kegiatan yang tidak bisa ada abaikan berikutnya adalah berburu foto foto cantik. Dengan alam seindah Pantai Semeti Lombok tentu sayang jika Anda tidak mengabadikan setiap momen Anda di pantai ini. Maka dari itu, pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda. apalagi setiap sudut pantai ini sangat instagramable.

Fasilitas yang Bisa Anda Temukan di Pantai Semeti Lombok

Fasilitas di Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Sylvester Dueloke)

Walaupun pantai satu ini termasuk pantai yang masih tenang dan asri, bukan berarti Anda tidak akan menikmati fasilitas pendukung. Saat ini fasilitas memang masih seadanya, dimana fasilitas resminya adalah gazebo. Namun Anda sudah bisa menemukan warung makan yang menjual makanan maupun minuman di sekitar pantai.

Cepat atau lambat penambahan fasilitas tentu akan dilakukan. Seperti adanya tempat beribadah maupun toilet. Anda bisa menemukan hotel maupun homestay di sekitar kawasan Kota Praya maupun kawasan Pantai Kuta. Harga yang ditawarkan untuk setiap penginapan tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Menghabiskan liburan dengan mengunjungi pantai yang masih terjaga keindahannya tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika datang dengan rombongan orang orang tersayang. Pastikan Anda menjadi pengunjung yang bijaksana, yakni dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan agar pesona Pantai Semeti di Lombok Tengah tetap terjaga.