Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu tempat rekreasi dan wisata edukasi yang seru di Jogja. Taman hiburan yang menyuguhkan beragam wahana untuk anak dan dewasa, seperti Bianglala Raksasa, Zipline dan Segway.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Nama Sindu Kusuma Edupark atau di singkat SKE mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Ya, tempat wisata yang berlokasi di Yogyakarta ini memang cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi wisatawan yang senang dengan edukasi.

Wisata yang diresmikan dan dibuka untuk pertama kali 2014 ini Mengusung konsep rekreasi dan edukasi, objek wisata ini memiliki aneka ragam wahana yang menarik. Disini, wisatawan akan menemukan bianglala dengan tinggi 50 meter yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Berbagai wahana yang tersedia di tempat wisata ini dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Selain berbagai wahana, ketika kondisi cuaca cerah di area wisata ini wisatawan bisa menyaksikan panorama dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengelola tempat ini juga telah menyediakan fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan.

Wahana yang Tersedia di Sindu Kusuma Edupark

Wahana di Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (angga gonestyca)

Objek wisata SKE ini merupakan destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri, khususnya dalam bidang pendidikan. Lokasi ini memang menjadi tujuan para pelajar yang melaksanakan study tour karena terdapat berbagai wahana edukasi yang menarik.

1. Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan (Ferris Wheel) merupakan ikon utama dari Sindu Kusuma Edupark. Wahana dengan ketinggian 50 meter ini, memiliki 28 kabin dengan kapasitas untuk setiap kabin sebanyak 4 orang dewasa. Jika ke SKE, tentu kurang lengkap jika tidak mencoba wahana yang satu ini.

2. Sindu Kusuma Waterpark

Selain wahana bermain, di area wisata ini terdapat waterpark yang bernama Sindu Kusuma Waterpark. Waterpark ini terdiri dari 3 area wahana, yaitu Giant Slider, Kolam Arus, dan Family Pool. Di area waterpark tersedia gazebo atau balai bengong, Foodcurt, Loket penitipan Barang, dan masih banyak lainnya.

3. Segway

Segway merupakan sebuah kendaraan personal mobility yang unik di import dari Amerika Serikat. Wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda ketika berkeliling menggunakan Segway. Namun, sebelum menggunakan Segway wisatawan akan di training terlebih dahulu oleh tim SKE.

4. Kora-Kora

Di objek wisata ini terdapat Kora-Kora. Wahana dengan bentuk menyerupai kapal bajak laut (viking) ini cukup menantang dan dapat memacu adrenalin wisatawan yang menaikinya. Wahana ini menawarkan sensasi berayun-ayun di udara dengan kemiringan hingga 90 derajat.

5. Light Festival

Terdapat wisata yang menyuguhkan kemeriahan lampu warna-warni yang didatangkan langsung dari Korea bernama Light Fetival. Light Festival merupakan salah satu wahana yang digemari oleh wisatawan yang datang. Malam hari yang gelap akan terasa lebih terang dan hidup. Selain, itu terdapat spot-spot menarik yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

6. Miniatur Candi Borobudur

Pada Edupark ini, wisatawan akan menemukan Miniatur Candi Borobudur. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9 yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia dan termasuk bagian dari World Heritage List yang dikeluarkan oleh UNESCO. Meski hanya berbentuk miniatur, namun candi Borobudur yang ada di sini cukup menarik perhatian pengunjung.

Miniatur Candi Borobudur
Image Credit: Google Maps (Hendry Saputra)

7. Miniatur Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, di kawasan wisata ini terdapat miniatur Candi Prambanan yang tidak kalah menarik. Candi yang terkenal dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso ini juga bisa sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

8. Disaster Room

Wahana edukasi menarik lainnya yang tersedia di Sindu Kusuma Edupark adalah Disaster Room. Nama Disaster sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti bencana. Disini, wisatawan bisa mempelajari berbagai hal penting terkait bencana mulai dari tindakan pertama yang wajib dilakukan ketika menghadapi bencana alam. Wisatawan juga akan di edukasi mengenai pertolongan pertama.

Disini Anda juga akan belajar mengenai beberapa hal terkait kebencanaan seperti simulasi gempa, simulasi badai, simulasi kebarakan, cara CPR, serta adapula tayangan film 3 dimensi yang berkaitan dengan bencana alam.

9. Omah Musik

Bagi sebagian orang musik telah menjadi bagian dari hidup. Tanpa adanya musik hidup akan terasa hampa dan membosankan. Musik juga dapat menjadi salah satu cara orang untuk berekspresi.

Di Omah musik wisatawan bisa mendengarkan musik-musik era 80an dan menikmati sekaligus nostalgia album-album musik musisi Indonesia yang sudah jarang wisatawan jumpai di pasaran bebas. Kehadiran Omah musik juga untuk memuaskan para pecinta barang unik dan langka.

10. Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe

Selain wahana rekreasi, tersedia pula wahana edukasi, yaitu Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe. Disini wisatawan dapat mengetahui berbagai macam jenis batik dan bernostalgia dengan mainan tempo doeloe.

11. 4D Rider

Untuk menambah perhatian dari wisatawan, objek wisata ini juga memiliki 4D rider. Wisatawan bisa menonton film 4 Dimensi ditambah efek-efek menarik dengan sensasi yang seru.

12. 8 Dimensi

Selain 4D rider, disini juga tersedia Cinema 8D yang didukung oleh teknologi dari Korea, wahana ini memberikan pengalaman menonton yang lebih baik sehingga bisa merasakan secara lebih nyata.

8 Dimensi
Image Credit: Kusuma-edupark.com

13. House of Terror

Wahana ini memberikan pengalaman horror yang menegangkan. Wisatawan akan menaiki kereta dan diajak menelusuri dunia lain. Kondisi yang gelap, suasana mencekam, suara-suara yang membuat bulu kuduk naik, dan hantu-hantu akan menemani wisatawan selama berada di wahana ini.

14. Kursi Mabur

Terdapat wahana Kursi Mabur atau Flying Chair yang dapat melayangkan wisatawan hingga ketinggian 4 meter. Wisatawan dapat berayun-ayun di udara sembari menikmati pemandangan di sekitar lokasi taman hiburan.

15. Mobil Gowes

Hal menarik lainnya adalah mengelilingi Sindu Kusuma Edupark dengan menggunakan mobil gowes. Mobil gowes ini memiliki kapasitas sebesar 4 orang. Kegiatan seru mengayuh mobil gowes sembari menjelajah setiap sudut SKE bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat, saudara, bahkan bersama kekasih tercinta.

16. Spot-Spot Foto yang Instagramable dan Aesthetic

Objek wisata ini juga menyediakan banyak spot-spot foto yang Instagramable dan aesthetic yang bisa digunakan untuk swafoto.

17. Wahana Lain di Sindu Kusuma

Selain wahana yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat berbagai wahana lain yang dapat wisatawan nikmati. Wahana lain diantaranya Roti Puter, Kolam Terapi Ikan, Komidi Puter, Montor Tumbur, Kopi puter, dan lainnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Sindu Kusuma Edupark

Lokasi Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Lupiyo Hartadi)

Sindu Kusuma terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya Jalan Jambon Km 3 Sinduadi, Mlati, Sleman. Destinasi wisata ini dibuka pada hari Selasa hingga Minggu. Pada hari Senin objek wisata ini tutup.

Untuk jam operasional, kawasan ini mulai beroperasi pukul 02.00 hingga 21.00 WIB pada weekdays dan pada weekend mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 23.00 WIB. Sedangkan, waterpark dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu dan mulai beroperasi pukul 13.00 hingga 17.00.

Untuk menuju ke objek wisata Sindu Kusuma Eudopark rute yang harus dilalui oleh wisatawan adalah dari Tugu Jogja ke arah barat hingga tiba di perempatan pertama pos polisi.

Selanjutnya, setibanya di perempatan pertama pos polisi belok ke arah kanan menuju ke jalan Magelang. Setelah 3 Km belok ke arah kiri. Selanjutnya ikuti petunjuk arah hingga tiba di lokasi taman hiburan.

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Hanggar Widargo)

Tarif masuk wisata ini dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk tiket masuk utama, wisatawan akan dikenai tarif Rp 20.000,-. Dengan tiket masuk wisatawan dapat menikmati Omah Batik, Omah Musik, Kolam Terapi Ikan, dan Spot Foto.

Untuk masuk ke waterpark wisatawan akan dikenai biaya Rp 50.000,-. Kategori tiket lain adalah entrance plus yang akan dikenai tarif Rp 30.000,-. Dengan tiket tersebut wisatawan dapat menikmati Wahana IX. Sedangkan tiket terusan anak akan dikenai tarif Rp 60.000,- dan tiket terusan dewasa dikenakan tarif Rp 65.000,-.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sindu Kusuma Edupark

Aktivitas di Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Rendhi Cahyadi)

1. Mencoba Berbagai Macam Wahana Menarik

Wisatawan dapat mencoba berbagai macam wahana yang tersedia di edupark ini seperti Cakra Manggilingan. Ketika wisatawan menaiki wahana Cakra Manggilingan dapat melihat seantero SKE serta pemandangan Jogja dan sekitarnya.

Selain wahana tersebut masih banyak wahana seru dan asik untuk dicoba sehingga wisatawan tidak akan merasa bosan di tempat wisata ini

2. Berswafoto

SKE memiliki banyak spot yang menarik sehingga dapat dijadikan sarana berswafoto wisatawan. Terdapat spot foto yang bergaya minimalis dan vintage di SKE. Wisatawan dapat juga mengambil foto di wahana-wahana yang tersedia.

3. Mengunjungi Sindu Kusuma Waterpark

Tidak hanya wisata edukasi, disini juga tersedia waterpark yang sangat sayang untuk dilewatkan. Wisatawan dapat melakukan kegiatan berenang, permainan air, dan kegiatan menarik lainnya yang berkaitan dengan air. Bagi wisatawan yang membawa anak dan keluarga, tentu wahana ini jadi spot yang sangat tepat untuk dinikmati.

4. Berkunjung ke 4D Rider dan Cinema 8D

Wisatawan bisa berkunjung ke 4D rider menonton film dengan efek-efek seru. Pengalaman menonton 4D rider tentu jarang ditemui di sembarang tempat. Disini Anda bisa menikmatinya bersama teman atau keluarga.

Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Cinema 8D yang menyuguhkan teknologi dari korea sehingga dapat merasakan pengalaman menonton yang berbeda dan lebih nyata.

Fasilitas yang Tersedia di Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas di Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Hanggar Widargo)

Fasilitas yang tersedia di SKE bisa dikatakan cukup lengkap. Sebagai objek wisata edukasi yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan, tentu peran fasilitas sangatlah penting.

Beberapa fasilitas utama yang ada disini diantaranya yakni toilet, food corner area waterpark, mushola, gazebo, dan sebagainya. Pada objek wisata ini tersedia Resto dengan konsep industrial dan fun cafe yang memiliki spot foto terbaik di malam hari.

Fasilitas food corner dan cafe memang bisa jadi spot menarik setelah beraktivitas seharian di tempat wisata ini. Disini, Anda bisa menikmati berbagai kuliner untuk menghilangkan rasa lapar sembari beristirahat. Harga dari makanan dan minuman yang disajikan tempat ini cukup terjangkau. Wisatawan tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Selain itu, tersedia fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, kursi pengunjung, tempat penitipan barang, dan sebagainya. Tentu kehadiran fasilitas-fasilitas ini sangatlah membantu wisatawan yang datang.

Itulah beberapa info menarik mengenai wisata Sindu Kusuma Edupark. Jika, sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memberikan edukasi bermanfaat bagi pengunjungnya ini. Spot wisata yang cocok untuk semua kalangan.