Taman Pelangi salah satu destinasi wisata malam yang menyajikan panorama penuh warna di Sleman, Jogja. Indahnya lampion berwarna-warni dan berbegai wahana permainan yang menarik.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 16.30-22.00 WIB, Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Pelangi Joga merupakan taman beraneka warna dan rupa sehingga pengunjung hanya bisa menikmatinya secara maksimal saat malam tiba. Jadwal operasional dilakukan sejak petang, tempat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menjadi alternatif liburan bersama keluarga atau kencan dengan pasangan.

Terletak di halaman Monumen Jogja Kembali, bisa Anda akses menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Ada dua pintu masuk yang dapat dilintasi. Tak sekadar menawarkan lampu lampion aneka rupa, di sini juga tersedia beragam wahana permainan yang tak kalah menantang untuk dijajal.

Berlokasi di Yogyakarta, taman ini juga dikenal sebagai Wisata Taman Monjali atau Monumen Jogja Kembali. Adapun latar belakang penyebutannya sebagai Taman Pelangi Jogja dilandasi oleh suasana dunia malam yang penuh warna. Lampion tersebar hampir di seluruh penjuru, kerlap-kerlipnya menciptakan suasana estetis.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Pelangi Jogja

Daya Tarik Taman Pelangi Jogja
Image Credit: Facebook.com @bisnisistricerdas

1. Kesan Romantis dari Lampion Aneka Rupa

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, destinasi ini menyajikan beragam lampion dengan rupa dan warna berbeda. Ada dua pintu masuk yang disediakan untuk para pengunjung. DI bagian timur, dapat dikatakan sebagai gerbang utama dengan panorama lampion raksasa.

Anda akan disuguhkan lebih banyak warna ketika mengikuti rute yang tersedia. Tak kalah menggoda, bentuk-bentuk lampion tersebut mencakup tokoh kartun, wajah para pemimpin, hewan, serta tumbuhan. Lampion tersebut menggantung di atas kepala pengunjung, yang mana di beberapa spot diletakkan jajaran bangku.

Suasana demikian menciptakan kesan romantis yang tak biasa. Inilah mengapa, Taman Pelangi lebih asyik jika disambangi bersama orang tercinta. Ukuran lampion amat variatif, mulai dari yang kecil, sedang, hingga paling besar tersebar di setiap sudut taman.

Di lain sisi, ada miniatur pohon dan kendaraan yang dipasangi lampu-lampu cantik, sebuah hutan fantasi bertabur bintang, hingga karakter kartun Jepang dan Disney. Rasanya, Anda sedang berada di dalam dunia fantastis.

2. Beragam Wahana Permainan

Seperti layaknya sebuah taman wisata, ada begitu banyak wahana permainan di sini. Mulai dari yang keseruannya biasa saja sampai paling menantang. Tidak hanya untuk anak kecil, tersedia pula untuk orang dewasa. Bisa dibilang, destinasi ini tak pandang usia.

Bagi Anda yang suka berlompatan, menghibur diri di atas fasilitas yang fleksibel, trampolin adalah jawabannya. Wahana yang bisa membuat Anda merasa bebas dan bersenang-senang. Trampolin bisa dimanfaatkan oleh semua orang dari kalangan usia berapa saja selama bisa menjaga keseimbangan diri. Karena itu, patut kiranya untuk Anda coba.

Namun, jangan lupa siapkan kaos kaki terlebih dahulu karena biasanya petugas akan menyuruh pengunjung mengenakan pelindung kaki sebelum memasuki area trampolin. Ini karena tekstur trampolin cukup lembut dan berisi gas.

Bagi Anda yang menyukai pemandangan dari atas ketinggian, disarankan mencoba menaiki bianglala mini. Memang tingginya tidak seberapa, tetapi cukup mampu memberi kepuasan. Bianglala Taman Pelangi Jogja akan membawa Anda menikmati panorama di atas udara. Wahana ini cukup santai dan layak dinikmati para pecinta kedamaian.

Embusan angin tidak akan mengacaukan penampilan Anda sebab pengunjung akan duduk di dalam sebuah kotak transparan. Kerlip lampu-lampu lampion, lalu lalang wisatawan lain, serta lanskap tama secara menyeluruh merupakan sebagian keindahan kecil yang tidak boleh Anda lewatkan.

Khusus wisatawan yang lebih suka bermain air, ada yang namanya speed boat dan perahu dayung. Jika speed boat umumnya dikendalikan menggunakan mesin kemudi, maka perahu dayung justru harus dikemudikan manual oleh pengguna. Anda bisa mengelilingi kawasan danau buatan yang disediakan pihak pengelola.

Bayangkan, Anda akan menjelajah pada malam hari mengingat Taman Pelangi baru dibuka saat petang dan lebih asyik lagi dikunjungi ketika malam menjelang. Akan menjadi suatu tantangan tersendiri saat menikmati wahana air di kegelapan. Dalam suasana remang-remang berteman lampu lampion, serta dinginnya udara malam.

Tersedia pula bola air bagi para pecinta air. Bola air ini memungkinkan Anda untuk bergulingan di atas permukaan air. Umumnya, hanya bisa menampung orang dewasa maksimal sejumlah 3 orang. Anda akan diberikan kesempatan untuk mengendalikan bola air tersebut selama kurang lebih 15 menitan.

Rasakan sensasi terombang-ambing oleh riak air sambil tetap berusaha menjaga keseimbangan tubuh. Khusus para wisatawan yang suka mengemudi, dan biasanya ini aktivitas utama anak kecil, di sini terdapat boom-boom car. Anda akan ditantang mengemudikan mobil mainan secara manual di atas sebuah arena.

Perlu diingat, boom-boom akan cepat berakhir seiring meningkatnya intensitas gesekan atau tabrakan antara pemain satu dengan lainnya. Ini karena arenanya memanfaatkan medan magnet, yang mana akan mengalami penurunan kinerja sejalan jumlah gesekan atau tabrakan tersebut.

Oleh sebab itu, usahakan Anda pandai mengendalikan kemudian agar waktu bermain semakin lama. Tak hanya anak kecil, orang dewasa juga boleh bermain di sini. Memang, arena didominasi oleh si kecil, tetapi tak ada salahnya untuk bergabung. Bahkan, jika tertarik, Anda bisa mengajak si kecil adu balap atau justru mengemudi bersama.

Jika ingin main dalam waktu cukup lama, sebaiknya ambil arena di bagian terluar atau tepi. Hindari berkerumun di tengah karena peluang tabrakan lebih meningkat. Selanjutnya, jika ingin mengunjungi seluruh kawasan Taman Pelangi, ada alternatif kendaraan berupa ATV dan becak mini.

Daripada lelah berjalan kaki, sebaiknya Anda memberdayakan fasilitas yang ada. Berhati-hatilah saat mengemudi, jangan sampai Anda menabrak pengunjung lain. Atas dasar ini, Anda yang rabun senja atau penglihatannya terganggu, tidak disarankan mengemudi sendiri.

Daya Tarik Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Taufiq Fauzhie)

3. Bisa Merangkap Wisata di Monumen Jogja Kembali

Monumen Jigja Kembali atau disingkat Monjali didirikan untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa pada tanggal 29 Juni 1985 silam. HB IX menjadi tokoh yang meletakkan batu pertama setinggi 31,8 meter di tempat ini. Menyiratkan sejarah yang amat berarti, tak ada salahnya Anda sekaligus berkunjung ke sini.

Anda bisa melihat deretan nama tokoh pejuang yang gugur di antara tahun 1948 sampai 1949, replika pesawat, dan masih banyak lagi. Setelah bermain di sini, Anda bisa melanjutkan wisata ke Taman Pelangi. Mengingat, museum ini dibuka sejak pagi hingga sore saja. Dalam sehari, Anda bisa merasakan sensasi dan suasana berbeda. Sangat menggoda, bukan?

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Pelangi

Alamat Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Hasim Ikhwanudin)

Anda dapat menjadikan Monumen Jogja Kembagi sebagai patokan jika ingin datang ke sini. Terletak di km 8 dari pusat kota. Tepatnya, berada di Kabupaten Sleman, Ngaglik, Sariharjo. Adapun pilihan rute terbaik, Anda bisa memanfaatkan Google Map sesuai arah kedatangan. Tidak susah untuk menemukannya sebab tempat ini sudah sangat populer sejak tahun 2011 silam.

Terdapat perbedaan harga tiket masuk di hari kerja dan akhir pekan. Wisatawan perlu membayar sebesar Rp 15.000 jika berusia dewasa, sedangkan anak kecil dipatok Rp 3.000. Sementara itu, pada akhir pekan, tiket dewasa seharga Rp 20.000 dan Rp 3.000 untuk anak kecil.

Pada waktu-waktu tertentu, pihak pengelola juga menawarkan promo untuk pengunjung rombongan. Minimal jumlahnya 30 orang. Jika demikian, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 370.000 saat hari kerja, sedangkan hari libur Rp 480.000.

Tak hanya tiket masuk, pengunjung dikenai tarif pula jika ingin mencoba wahana permainan. Rata-rata dibanderol mulai dari Rp 10.000-an. Jam operasional pukul sampai 22.00 WIB pada hari kerja, sedangkan akhir pekan pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Agar lebih seru, lebih disarankan datang malam hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Pelangi

Aktivitas di Taman Pelangi
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

1. Menguji Adrenalin di Puri Hantu

Tak sekedar seru-seruan yang bersifat menyenangkan dan ceria, Anda bisa merasakan sensasi seram selama di Taman Pelangi Jogja. Caranya mudah saja, hanya perlu masuk ke wahana Puri Hantu. Sebuah rumah hantu yang akan mengantarkan Anda menelusuri ruang-ruang dengan desain sedemikian rupa sehingga begitu mencekam.

Ada setan-setan palsu yang siap menyambut dan menakut-nakuti Anda. Namun demikian, disarankan untuk masuk sendirian ke sini. Terutama, bagi Anda yang menderita gangguan jantung tertentu sebaiknya menghindari Puri Hantu.

2. Piknik Seru

Piknik siang hari di tengah cuaca terik terasa terlalu biasa? Waktunya Anda menghibur diri dengan piknik di malam hari. Ajak teman dekat, keluarga, atau pasangan Anda. Siapkan perlengkapan memadai sejak berangkat dari rumah. Walau tempat ini memiliki fasilitas pendukung seperti foudcourt, namun akan lebih asyik jika Anda yang memasak sendiri.

Pilihlah area yang memiliki mobilitas pengunjung relatif rendah. Tujuannya agar Anda dan rombongan tidak terganggu oleh lalu lintas orang. Nikmati momen kebersamaan semacam ini karena jarang terjadi. Apalagi, jika orang-orang dalam inner circle Anda sudah bekerja semuanya.

Direkomendasikan membawa kudapan manis dan minuman hangat seperti teh atau cokelat. Bahkan, jika memungkinkan, tak sekadar duduk sambil mengobrol, Anda bisa merencanakan bermain game tertentu. Gunakan permainan seperti kartu, monopoli, ular tangga, dan sebangsanya. Pasti akan sangat mengasyikkan.

Aktivitas Dilakukan di Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Edwin Subekti)

3. Berburu Kuliner Lezat

Anda pecinta kulineran? Datang ke Taman Pelangi merupakan keputusan tepat. Adanya foudcourt memungkinkan Anda bisa mencicipi beraneka ragam makanan dan minuman. Dengan harga yang relatif bersahabat, Anda tidak akan terlalu kesulitan membelinya.

Jogja memang terkenal akan kearifan kulinernya. Karena itu, khususnya bagi Anda yang baru datang pertama kali, tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Siapkan budget terbaik untuk mendapatkan pengalaman paling berkesan dan tidak terlupakan. Setidaknya, setelah lelah beraktivitas di hari kerja, Anda bisa mengambil jeda sejenak di akhir pekan dengan makan sepuasnya.

4. Beburu Foto Keren

Disarankan untuk bermain sepuasnya terlebih dahulu sebelum berburu foto. Nikmati setiap detik yang Anda habiskan di Taman Pelangi. Setelah puas mencoba banyak wahana, barulah Anda menepi ke spot-spot yang telah disediakan pihak pengelola.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Pelangi Jogja

Fasilitas Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Inro Pasaribu)

Taman ini memiliki lahan parkir luas yang mampu mengakomodir kendaraan, baik mobil maupun motor. Tersedia fasilitas penunjang berupa mushala, foodcourt, toilet hingga ruang santai. Mengingat berdirinya sudah sejak 10 tahun silam, wajar bila taman hiburan malam ini menawarkan berbagai fasilitas yang memadai.

Taman Pelangi merupakan cerminan dari cerita-cerita romantisme di Yogyakarta. Berada di salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia, membuatnya kerap jadi rujukan liburan. Bahkan, jika Anda datang dari luar kota, banyak hotel di sekitar lokasi yang siap menampung. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget saja.