16 Tempat Wisata di Sleman

Siapa yang tidak mengenal Jogja, kota istimewa dengan sejuta keajaibannya ini menjadi salah satu destinasi terbesar para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kabupaten Sleman adalah salah satu bagian dari Yogyakarta, tidak kalah dengan provinsinya, kabupaten Sleman juga memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

Sleman terkenal dengan potensi pariwisata dan juga makanan khasnya yaitu salah pondoh. Setiap harinya kabupaten ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang hendak berlibur atau melakukan perjalanan bisnis.

Tempat Wisata di Sleman pun beragam dengan ciri dan keunikan dari masing-masing lokasi wisata. Selain dari sektor pariwisatanya, Anda tentu akan tertarik dengan adat dan budaya warga Sleman. Masyarakatnya sangat ramah dan penuh sopan santun membuat wisatawan betah untuk berlama-lama berlibur di daerah ini.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Lokasi: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Dolanyok.com

Destinasi wisata yang paling terkenal di Sleman adalah Candi Prambanan, candi dengan kisah yang sangat melegenda di masyarakat yaitu Roro Jonggrang dan 1000 candi. Menurut legenda candi ini terbentuk karena kutukan seorang pangeran terhadap putri yang tidak menepati janjinya.

Untuk bisa masuk ke dalam area candi ini Anda akan membayar sebesar Rp 40.000. Letaknya pun tidak jauh dari pusat kota, Anda dapat dengan mudah menemukannya bahkan hanya dengan bertanya kepada warga sekitar.

2. Monumen Jogja Kembali (MONJALI)

Monumen Jogja Kembali

Lokasi: Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Wikipedia.org

Kota Jogja memiliki banyak sekali sejarah pada masa kolonial Belanda khususnya, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam dan belajar sejarah kota istimewa ini silahkan mengunjungi monumen Jogja kembali atau orang sering menyebutnya dengan MONJALI.

Alamat monumen ini berada persis di tepi jalan Ringroad utara daerah ngaglik. Bangunan ini menjadi salah satu saksi sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta melawan penjajah Belanda. Tarif yang dipatok ditempat itu sebesar Rp10.000.

3. Blue Lagoon

Blue Lagoon

Lokasi: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Paketwisatabantul.com

Dilihat dari namanya banyak orang yang pasti akan tahu jika ini adalah sebuah laguna berwarna biru. Karena airnya yang sangat jernih dan nampak berwarna biru maka diberi nama Blue Lagoon. Pemandian ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Jogja khususnya warga Sleman.

Di Sleman sendiri untuk menemukan tempat wisata dimana Anda bisa bermain dengan air memang cukup sulit dan Blue Lagoon dapat menjadi referensi tempat Anda untuk berkunjung. Biaya yang dikenakan untuk setiap pengunjung sangatlah murah yaitu sebesar Rp3.000. Kapan lagi bisa merasakan sensasi pemandian dari mata air murni dengan biaya yang sangat terjangkau.

4. Ice Cream World

Ice Cream World

Lokasi: Jl. Solo No.31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Traveloka.com

Siapa yang tidak suka es krim? Penggemar makanan ini sangatlah banyak di dunia dan jika Anda adalah salah satunya maka Anda wajib untuk mampir di Ice Cream World Jogja. Disana Anda akan merasakan sensasi seperti hidup di dunia serba es krim.

Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto yang sangat instagramable dan cocok bagi Anda yang senang berburu tempat untuk berfoto. Tidak hanya itu Anda juga dapat menikmati berbagai macam es krim dengan rasa yang beraneka ragam. Untuk bisa berkunjung Anda akan dipatok tarif yang cukup terjangkau mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 60.000.

5. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Situsbudaya.id

Di daerah Jogja banyak sekali terdapat candi-candi hindu, salah satunya Candi Ratu Boko. Dilihat dari segi bentuknya candi ini memiliki ciri khusus tersendiri yaitu berbentuk seperti pintu atau lawang dalam bahasa jawa.

Candi ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing, banyak bule yang tertarik karena arsitekturnya yang unik. Tiket masuk Candi Ratu Boko cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk kategori orang dewasa.

6. Candi Sari

Candi Sari

Lokasi: Candisari, Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Slemanonline.com

Candi lainnya yang ada di Sleman adalah Candi Sari atau disebut juga Candi Bendah. Memiliki area yang cukup luas dengan barisan stupa dan dinding candi. Keunikan dari candi ini terletak pada bentuk arsitekturnya yang mirip dengan sebuah gedung namun bernuansa hindu.

Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya pada hari minggu. Banyak masyarakat yang berkunjung bahkan para pelajar yang sedang melakukan studi wisata. Candi ini terletak di desa Gatak daerah Bokoharjo. Dapat dijangkau dengan mudah menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat.

7. Pertunjukan Sendratari Ramayana

Pertunjukan Sendratari Ramayana

Lokasi: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Naratamatour.com

Ketika Anda berkunjung ke Candi Prambanan tidak lengkap rasanya jika tidak menyaksikan pertunjukan sendratari ramayana. Berbagai pertunjukan akan ditampilkan disini mulai dari tarian daerah ataupun drama theatre.

Untuk bisa menikmatinya Anda perlu merogoh kocek cukup dalam karena tarifnya yang lumayan tinggi yaitu sebesar Rp 275.000 sampai Rp 375.000 untuk setiap orangnya. Meski terbilang mahal pertunjukan yang ditampilkan cukup megah dan menakjubkan.

8. Stonehenge

Stonehenge

Lokasi: Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Satu lagi kawasan Objek Wisata di Sleman yang cukup menarik untuk di datangi adalah Stonehenge. Sebuah kumpulan batu berdiri yang membentuk formasi  aneh tapi luar biasa indah. Batu-batu ini terbentuk karena proses alamiah yang kemudian dibiarkan oleh warga dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Terletak pada ketinggian di daerah Desa Petung kecamatan Cangkringan, kumpulan batu-batu ini diperkirakan sudah terbentuk ratusan tahun lamanya namun baru ditemukan akhir-akhir ini. Tempatnya juga cukup mudah untuk diakses oleh pengunjung baik yang berkendara sepeda motor ataupun menggunakan mobil pribadi.

9. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Lokasi: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Siantarman.com

Gunung Merapi menjadi salah satu gunung api yang masih sangat aktif di Indonesia. Banyak sejarah yang terjadi akibat letusan dan erupsi gunung Merapi, hal ini sangat dirasakan oleh warga Jogja dan daerah sekitarnya.

Namun untuk mengetahui tentang sejarah itu Anda tidak perlu untuk datang langsung ke kawahnya, cukup dengan mengunjungi museum gunung Merapi yang ada di kawasan lereng merapi tepatnya di desa Cangkringan. Tarif masuknya sebesar Rp 5.000 per orang.

10. Candi Ijo

Candi Ijo

Lokasi: Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Wikipedia.org

Candi Ijo terletak di daerah Sambirejo dekat dengan Prambanan, memiliki ketinggian 375 mdpl menjadikan candi ini sebagai candi tertinggi yang ada di kota Yogyakarta. Tempat ini sangat ramai dikunjungi khususnya oleh kaum muda karena memiliki banyak spot foto yang indah.

Jika ingin melihat senja di sore hari Candi Ijo dapat dijadikan sebagai rekomendasi tempat yang tepat, karena cukup tinggi pemandangan sunset yang didapatkan pun cukup memuaskan mata yang melihat. Untuk bisa menikmati suasana candi ini Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000.

11. Upside Down World (Dunia Terbalik)

Upside Down World

Lokasi: Jl. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Bagi Anda yang menyukai dunia fiksi wajib rasanya untuk berkunjung ke Upside Down World atau dunia terbalik. Disana Anda akan dapat merasakan sensasi terbalik 180° di dalam sebuah ruangan, cukup mengasyikkan bukan?

Tempat ini mulai ramai dikunjungi pada tahun 2016 dan bertambah jumlah pengunjungnya setiap tahun. Pilihlah hari yang tepat jika Anda ingin datang kesini, karena pada hari Sabtu dan Minggu akan sangat padat khususnya anak-anak dan remaja.

12. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Lokasi: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Traveloka.com

Jogja Bay Waterpark adalah sebuah taman bermain yang luas dengan berbagai macam wahana yang tersedia. Dibangun diatas lahan seluas 7 hektare taman ini memuat banyak sekali tempat rekreasi tidak hanya wahana berayun, namun terdapat juga sebuah waterpark besar yang sangat seru.

Tarif yang dipatok untuk pengunjung sebesar Rp 60.000-Rp 75.000 untuk anak-anak dan Rp 90.000-Rp 100.000 untuk orang dewasa tergantung hari kunjungan. Tempat ini akan lebih ramai pengunjung ketika libur nasional dan libur tahun baru tidak jarang wisatawan dari luar kota juga tertarik untuk datang.

13. Kampung Kinahrejo

Kampung Kinahrejo

Lokasi: Jl. Kinahrejo KM.22, Kinahrejo, Umbulharjo, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Detik.com

Sebuah kampung wisata bernama Kampung Kinahrejo mulai menarik minat banyak masyarakat, pasalnya keunikan budaya dan obyek wisatanya mampu membuat siapapun ingin berkunjung.

Desa ini berada tepat di kawasan kaki gunung merapi, pemandangan yang ada di desa Kinahrejo masih sangat alami seperti masyarakat daerah lereng gunung. Untuk bisa sampai di desa ini Anda tidak cukup hanya menggunakan kendaraan beroda namun juga perlu berjalan kaki.

14. Batu Raksasa Alien

Batu Raksasa Alien

Lokasi: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Tripadvisor.ru

Sebuah fenomena alam luar biasa terjadi di sebuah desa bernama Cangkringan, terdapat sebuah batu raksasa berbentuk seperti lempengan piring atau orang sering menyebutnya ufo milik alien.

Sebenarnya asal dari batu ini merupakan atas letusan gunung Merapi yang menyebabkan batu-batuan turun ke bawah, salah satunya batu ini. Bobot dari batu ini diperkirakan lebih dari 50 ton. Untuk Anda yang menyukai geografi mungkin bisa mencoba untuk datang langsung melihatnya.

15. Trans Studio Mini

Trans Studio Mini

Lokasi: Transmart Carrefour Lantai 3, Jl. Raya Solo KM.8 No.234, Corongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Facebook (Trans Studio Mini Maguwo)

Di Jogja juga terdapat sebuah trans studio mini, meski areanya tidak begitu luas namun cukup menghibur bagi pengunjung yang datang terutama anak-anak. Beberapa wahana juga terdapat didalamnya yang dapat membuat siapapun merasa tertantang.

Tarif untuk masuk ke Trans Studi Mini Jogja sebesar Rp0 atau gratis, karena yang Anda perlukan adalah berbelanja dimana tempat ini disediakan. Jika Anda berkunjung ke Jogja bersama anak-anak Anda cobalah untuk mampir kesini.

16. Tebing Breksi

Tebing Breksi

Lokasi: Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Rri.co.id

Tempat wisata selanjutnya yaitu Tebing Breksi, jika dilihat dari namanya ini bukanlah obyek wisata dimana kita harus bermain-main di tebing. Namun ini adalah sebuah tempat dimana Anda bisa menyaksikan kumpulan bintang-bintang dimalam hari di tempat yang tepat.

Datang kesini bersama pasangan Anda sangatlah cocok karena ini menjadi salah satu tempat paling romantis yang ada di Jogja. Untuk bisa ke tempat ini Anda cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari kota Jogja. Tidak harus bersama pasangan, bersama teman-teman atau kerabat Anda pun tetap dapat menikmati keindahan di Tebing Breksi.

Dan itulah beberapa Destinasi Wisata di Sleman yang ada dan dapat Anda jadikan sebagai referensi tempat liburan bersama keluarga. Jangan lupakan keselamatan ketika Anda pergi berwisata kemanapun.