Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang, Sawungan, Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta termasuk salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai objek wisata paling lengkap dari berbagai kategori. Di daerah istimewa ini, anda bisa mendapatkan wisata, sejarah, pemandangan alam, hingga wisata edukasi. Dari kategori wisata edukasi misalnya, ada Agrowisata Bhumi Merapi dengan konsep alam sekaligus mengusung tema pendidikan bagi anak-anak. Bagi anda yang saat ini berada di Jogja, pilihan ini sangat coco jika anda berkunjung bersama keluarga.

Objek wisata ini dibangun pada tahun 2015 diatas lahan seluas 5.2 hektar. Banyak spot wisata atau bangunan yang layak dikunjungi, mungkin tidak habis jika hanya satu hari saja. Suasana yang nyaman membuat sebagian besar pengunjung rela menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika mereka mendapatkan banyak ilmu secara langsung, baik dari pengalaman pribadi ketika di lokasi, maupun penjelasan dari pihak pengelola.

Mengusung konsep alam dan binatang ternak, Agrowisata Bhumi Merapi tidak pernah sepi pengunjung semenjak pertama kali diresmikan. Hal tersebut tidak lepas dari daya tarik yang membuat pengunjung bahkan rela datang kembali, atau paling tidak merindukan untuk kembali mendapatkan pengalaman seru selama di lokasi. Kebanyakan dari daya tarik yang ada merupakan sebuah bangunan dengan konsep tersendiri yang bisa dimanfaatkan pengunjung, baik untuk aktivitas atau sekadar mengambil foto unik dengan latar belakang cantik.

Daya Tarik yang Dimiliki Agrowisata Bhumi Merapi

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps arie ayeeta

Tidak perlu mengharapkan pemandangan alam yang masih terbentuk alami di lokasi wisata ini. Semua spot yang ada merupakan hasil buatan tangan manusia. Meski demikian, konsep yang diusung sangat unik dan mendidik. Apa saja daya tarik Agrowisata Bhumi Merapi yang dimaksud? Silahkan simak rangkuman singkat berikut!

1. Langlang Buana

Sebuah bangunan ternama dari berbagai penjuru dunia dihadirkan dalam satu kompleks di objek wisata ini. Spot tersebut dinamakan Langlang Buana yang diambil dari kata melanglang buana. Kedua kata tersebut bisa diartikan keliling dunia, tentunya bukan dalam arti sesungguhnya. Ada konsep Mediterania Street, dimana terdapat sebuah perkampungan di zaman Mediterania, lengkap dengan pernak-pernik sehingga menjadikan mirip dengan aslinya.

Di spot yang sama, ada sebuah bangunan yang mengambil konsep dari rumah yang ada di Swiss, tepatnya di pegunungan Alpen. Dikatakan mirip karena bangunan rumah yang ada tersusun dari batu dan kayu, mirip dengan bangunan gaya eropa kasik. Jalanan yang digunakan juga hampir mirip, terdiri dari tumpukan batu alam yang disusun tidak merata. Untuk menambahkan kesan asri, berbagai tanaman dalam pot menghiasi di setiap sudut.

Selain konsep mediterania dan Swiss, Agrowisata Bhumi Merapi juga yang mengusung perkampungan Yunani yang diberi nama Santorini. Dominan warna biru dan putih membuat pengunjung seolah-olah saat itu sedang berada di Yunani. Apalagi bangunan rumah di lokasi membuat konsep yang diusung persis seperti aslinya. Tidak hanya berjalan menyusuri koridor, pengunjung juga bisa beristirahat di sebuah bangku yang diletakkan di salah satu rumah.

2. Lukisan Mural

Daya tarik yang sekaligus dijadikan spot foto utama bagi pengunjung adalah Lukisan Mural. Mungkin anda menganggap bahwa tidak ada istimewa dara lukisan tersebut karena banyak ditemui di beberapa lokasi lainnya. Mungkin bisa dibenarkan, hanya saja tema yang di usung kali ini lebih kedalam hal romantis. Tema yang dimaksud adalah Romeo dan Juliet yang hidup di abad pertengahan, atau dikenal dengan Renaissance. Menjadi semakin unik karena lukisan tersebut berada di sebuah dinding dengan tinggi 6 meter.

Daya Tarik Dimiliki Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps arie ayeeta

3. Taman Hidroponik

Taman hidroponik menjadi daya tarik bagi mereka yang suka akan kegiatan berkebun. Dari buah dan sayuran, anda bisa mendapatkannya di Agrowisata Bhumi Merapi. Menariknya, pengunjung tidak hanya bisa melihat atau menikmati tanaman yang ada di lokasi, melainkan juga mendapatkan ilmu bagaimana cara menanam dan merawatnya. Pihak pengelola siap menjawab semua pertanyaan anda yang masih berhubungan dengan pelestarian tanaman hidroponik.

Bagi yang ingin merasakan kesegaran buah atau sayuran secara langsung, taman ini mengizinkan anda untuk memetiknya. Bukan hanya itu, bagi yang tertarik setelah mendapatkan ilmu dari penjelasan pemilik kebun, anda bisa membeli peralatan taman yang dibutuhkan untuk dilestarikan di rumah, termasuk jenis tanaman yang ingin dibudidayakan.

4. Area Budidaya Hewan Ternak

Bukan hanya tanaman, berbagai hewan ternak juga ada di lokasi wisata edukasi yang berada Sleman ini. Silahkan menikmati kelucuan dari tingkah hewan yang disediakan, ada kambing, kelinci, hewan reptil seperti kura-kura dan ular, dan masih banyak lagi. Informasi penting mengenai setiap hewan tersebut juga bisa anda dapatkan dari pihak pengelola, baik cara merawatnya, mengembangbiakkan mereka, dan juga apa saja jenis makanannya.

Bukan hanya menjadi daya tarik anak-anak, usia dewasa juga cocok mengunjungi salah satu spot yang ada di Agrowisata Bhumi Merapi ini. bagi pecinta hewan misalnya, anda bisa mengenal lebih jauh mengenai berbagai hewan dan sifat mereka. Tentunya setiap hewan mempunyai karakteristik masing-masing. Semua butuh dipelajari agar tidak salah merawat dan mengajaknya berinteraksi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps Wina Indah Pratami

Setelah anda mengetahui berbagai daya tariknya dan ingin segera mengunjungi lokasi wisata tersebut, alamatnya berada di Jl. Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Merapi, jadi tidak terlalu sulit untuk menjangkaunya. Banyak rute yang bisa anda ambil dengan akses jalan cukup baik.

Jadikan pusat kota Yogyakarta sebagai patokan utama, kemudian ambil jalan menuju Kaliurang. Sesampainya di Jalan Kaliurang, arahkan kendaraan ke utara hingga sampai ke Jalan Kaliurang KM 20. Tadi titik tersebut, terpampang dengan jelas papan petunjuk yang bisa dijadikan panduan untuk menuju lokasi Agrowisata Bhumi Merapi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

Seperti halnya tempat wisata lainnya, ada harga yang harus dibayar untuk menikmati semua fasilitas yang ada di lokasi Bhumi Merapi. Dikarenakan fasilitas yang tersedia cukup lengkap, termasuk beberapa permainan untuk anak-anak, maka harga tiket masuknya juga lumayan mahal.

Harga tiket masuk yang dibebankan untuk satu pengunjung adalah 30.000 rupiah. Harga tersebut sudah termasuk semua spot yang ada di lokasi. Akan tetapi untuk berfoto bersama binatang tertentu, ada harga lain yang harus anda keluarkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bhumi Merapi

Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps Sungging Nanda P

Hampir semua aktivitas yang berada di objek wisata ini menarik dilakukan, baik bagi anak-anak maupun dewasa. Sebagian besar aktivitas mengarah kepada pendidikan langsung di lapangan. Namun tentu saja bukan hanya itu, ada spot khusus yang dijelaskan tadi dan tidak termasuk dalam hal pendidikan. Satu hal yang pasti, semua aktivitas sangat menarik dilakukan ketika anda berada di Agrowisata Bhumi Merapi.

1. Field Trip

Tujuan utama dibangunnya lokasi wisata pendidikan ini memang untuk siswa sekolah agar lebih mengenal alam sekitarnya, baik tumbuhan maupun hewan. Maka tidak jarang berbagai sekolah yang mengadakan wisata edukasi di tempat ini. Studi lapangan atau field trip sangat menarik dilakukan, dimana bayak sekali hewan dan tumbuhan yang mungkin masih belum diketahui anak usia sekolah.

Mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan tersebut, asalkan dari kategori hewan jinak. Sebagai contoh adalah kambing jenis Etawa yang juga menjadi hewan peliharaan andalan di objek wisata ini. Selain dapat menyentuhnya langsung atau foto bersama, anak-anak juga bisa langsung melihat proses memerah susu kambing Etawa yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

2. Tunggang Kuda

Bukan hanya belajar yang merupakan aktivitas menarik di Agrowisata Bhumi Merapi, anak-anak juga bisa menunggang kuda poni yang disediakan khusus. Tidak perlu khawatir, kuda jenis ini termasuk salah satu yang paling jinak, pastinya juga lucu dan menggemaskan. Selain itu, ada pawang dari masing-masing kuda yang ditunggangi. Jadi bisa dipastikan keamanan anak-anak selalu terjamin.

Jalur lintasan kuda lumayan panjang, sehingga anak-anak bisa puas menungganginya. Perlu diketahui, kuda poni yang digunakan sebagai fasilitas wisata ini hanya berjalan santai, bukan berlari seperti yang anda bayangkan. Sayangnya, fasilitas tunggang kuda ini tidak termasuk dalam satu paket tiket masuk, jadi ada harga lagi yang harus dikeluarkan.

Aktivitas Seru Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps Coni Yanto

3. Melihat Proses Pembuatan Kopi

Bagi penyuka kopi wajib untuk melihat proses pembuatan kopi agar lebih menghargai setiap kopi yang dinikmati. Bukan hanya sekadar kopi yang bisa anda saksikan bagaimana cara membuatnya, namun dari jenis kopi luwak. Anda bisa melihat mulai dari awal proses pembuatannya, yakni dimulai dari hewan luwak diberi makan biji kopi.

Proses selanjutnya adalah dengan mengambil kotoran dari luwak, dimana biji kopi tidak hancur karena proses metabolisme hewan yang juga disebut dengan musang tersebut. Setelah di cuci bersih dan dibuat steril, biji kemudian dijemur hingga kering dan digiling sebelum disajikan. Uniknya, anda bisa menikmati kopi luwak langsung di lokasi, atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan cara membelinya.

4. Berburu Spot Foto

Dari sedikit penjelasan dari daya tarik Agrowisata Bhumi Merapi diatas, tentunya anda juga berpikiran untuk mengabaikan momen ketika berada di spot yang dimaksud bukan? Pastinya sayang sekali untuk di lewatkan berbagai tawaran spot yang disajikan. Selain yang telah disebutkan, yaitu kampung Yunani, Swiss, dan lukisan mural, ada lagi spot yang tidak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Spot yang dimaksud adalah taman bunga cantik dengan rumah Hobbit di sekitar lokasi.

Jika anda ingin yang lebih unik, ada juga konsep Underground, dimana mengambil tema kereta api bawah tanah. Spot tersebut dibuat persis seperti aslinya dengan lorong sempit khas kereta bawah tanah. Selain itu, bangunan yang terbuat dari batu bata semakin membuat nuansa lebih menarik. Lokasi ini sangat cocok bagi mereka yang suka fotografi gaya klasik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi
Image Credit: Google Maps zulfa parulian

Tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang wisatawan yang mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi. Fasilitas yang dimaksud diantaranya adalah toilet umum yang terjaga kebersihannya, area parkir luas yang dapat menampung banyak kendaran sekaligus, juga mushola yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Fasilitas lain juga masih banyak, seperti restoran atau warung makan bagi yang kehabisan bekal, juga camping ground area yang disediakan khusus bagi pengunjung yang ingin menginap. Apabila anda ingin berkeliling supaya menghemat tenaga, ada Jeep yang bisa di sewa dengan harga yang telah ditentukan.

Masih banyak hal menarik yang bisa anda temukan di lokasi wisata edukasi ini. Alangkah lebih baiknya jika anda langsung mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi supaya lebih jelas dan mendapatkan pengalaman secara langsung. Semua penjelasan dari artikel ini hanya sebatas pengetahuan dasar sebelum anda menuju ke lokasi wisata.